Perusahaan otomotif gencar menawarkan berbagai macam dan jenis motor matic 2021. Hal ini bukan tanpa alasan. Setelah tahun 2020 yang cukup kelabu akibat pandemi, penjualan motor turun drastis.

Baca Juga : Macam Dan Jenis Motor Honda 2021 Mengaspal Di Indonesia

Hampir semua sektor ekonomi mengalami kelumpuhan. Roda ekonomi nyaris berhenti. Tahun 2021 ini, setelah vaksin tersedia diharapkan semua kembali pulih. Semua sektor industri perlahan menata kembali semangat dan pola produksi agar segera kembali normal.

Bidang pemasaran menawarkan berbagai diskon dan promo untuk menarik minat. Pemerintah melalui bantuan yang digulirkan dan berbagai kebijakan juga mendorong pulihnya ekonomi nasional. Termasuk di bidang otomotif, berbagai motor matic siap menyerbu pasar.

28 Macam Dan Jenis Motor Matic 2021 Terbaik Untuk Anda

Hingga awal tahun ini, setidaknya ada 28 macam dan jenis motor matic 2021 dari tiga perusahan otomotif terbesar. Ketiga perusahaan otomotif yang merajai pasar ini berasa dari Jepang. Sementara motor dari negara lain cukup menjadi warna namun belum bisa menguasai pasar otomotif Indonesia.

Seperti motor matic terbitan China dan Taiwan, masih sepi peminat. Berikut berbagai motor matic dari negeri sakura yang membanjiri pasar otomotif tanah air:

1. Kendaraan Roda Dua Matic dari Honda

macam dan jenis motor matic 2021

Honda menawarkan minimal 8 jenis motor matic yang hampir seluruhnya bisa diserap pasar dengan baik. Bentuknya pun beragam mulai dari yang kecil seperti BeAT. Varian ini cocok digunakan perempuan yang memiliki fisik mungil dengan mobilitas tinggi.

Atau cocok juga digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat kota dengan ruang penyimpanan yang sempit. Sedikit lebih besar dari BeAT, ada BeAt Street yang tampilannya lebih sporty dan trendy dengan stang naked.

Varian ini lebih tenang dari getaran mesin dan stabil saat dibawa dengan kecepatan tinggi. BeAT Street adalah macam dan jenis motor matic 2021 yang cukup tangguh untuk perjalanan jauh. Misalnya untuk perjalanan antar kota antar provinsi dengan jalan berlubang.

Jika pengguna lebih suka motor matic dengan body  besar dan mesin yang stabil, tersedia Vario 125 dan Vario 150. Kedua varian ini berbeda kapasitas mesinnya, yang tentu berdampak pada kemampuan kecepatan maksimal dan daya tahan.

Namun selama perawatan cukup baik, tekanan angin kedua roda sering dikontrol, daya tahannya cukup baik. Khusus untuk para penggemar Vespa, Honda menyediakan varian Scoopy.

Dengan banyak pilihan warna sesuai selera, membuat siapapun pengendaranya tampak elegan sekaligus feminim. Ada lagi macam dan jenis motor matic 2021 dari Honda yang memiliki bentuk mirip NMAX, yaitu PCX 150 dan ADV 150.

Motor ini bentuknya lebih mirip moge dengan body yang besar dan sporty. Cocok digunakan berkendara saat santai maupun terburu-buru. Karena pada kecepatan tinggi pun getaran mesin stabil.

Perpaduan antara skuter dengan mesin matic dapat dijumpai pada Genio, yang terkenal dengan sebutan Skutik. Uniknya, varian ini memiliki bagasi yang cukup luas.

2. Kendaraan Roda Dua Matic dari Yamaha

macam dan jenis motor matic 2021

Yamaha memiliki 10 macam dan jenis motor matic 2021. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa ditolerir. Misalnya pada varian Mio, Yamaha memiliki 3 seri Mio, yaitu Mio Z, Mio S dan Mio M3.

Semua seri Mio awalnya ditarget untuk menyasar pengguna perempuan. Namun seiring waktu, 20-30 persen peminatnya adalah laki-laki. Mio 2021 dari semua seri sudah bertransformasi jauh lebih baik dari saat pertama meluncur di Indonesia.

Baik dari desain, spesifikasi mesin maupun piliha warna. Sementara harganya tetap paling murah. Tidak heran jika peminat Mio tidak surut dengan munculnya banyak varian motor matic lain.

Pelanggan yang memilih body motor lebih besar dari Mio bisa memilih Soul GT AKS SSS. Varian ini merupakan macam dan jenis motor matic 2021 yang memiliki ban lebih besar dari motor matic kebanyakan. Sehingga saat melintas di medan yang cukup berat masih bisa melaju dengan stabil.

Sementara itu Yamaha X-Ride 125 bersaing dengan Honda BeAT Street. Sekilas keduanya memiliki desain serupa. Namun jika diperhatikan lebih dekat memiliki beberapa perbedaan menonjol. Secara performa dan harga, Yamaha X-Ride 125 lebih bisa diandalkan dari Honda BeAT Street.

Selain beberapa varian di atas, Yamaha memiliki Fino 125 yang cukup kompetitif disandingkan dengan Honda Scoopy. Menurut hasil survei perbandingan performa keduanya, pelanggan lebih banyak memilik Yamaha Fino 125 dari Scoopy. Karena dari segi harga lebih murah.

Ada macam dan jenis motor matic 2021 terbaru dari Yamaha yang memiliki beberapa keunggulan sekaligus, yaitu Freego. Varian ini memiliki dua seri: S dan ABS (Anti Breaking System).

Keduanya menawarkan sejumlah fitur menarik. Mulai dari smart indicator karena semua pemberitahuan baik kecepatan maupun tangki disajikan digital, sampai bagasi yang besar.

Dari video trailer yang diluncurkan sejak 2 tahun lalu ini, Freego menyasar tidak hanya kalangan wanita. Kampanye yang diusung adalah varian ini menyasar family man. Sebagai gambaran ayah sekaligus suami yang sibuk namun perhatian dengan keluarga.

Jika dibandingkan dengan Yamaha LEXI yang sedikit lebih mahal, Feego cukup bersaing. Untuk macam dan jenis motor matic 2021 Yamaha seri Max, yaitu: NMAX, XMAX, TMAX adalah tiga seri MAX yang hadir.

Varian ini memenuhi minat pengguna akan moge. Body yang tenang dan besar, membuatnya nyaman dibawa ngebut atau santai di jalan. Ukuran besar membuat kapasitas bagasi seri MAX termasuk yang terbesar dari varian lain.

3. Kendaraan Roda Dua Matic dari Suzuki

macam dan jenis motor matic 2021

Selain Honda dan Yamaha, Suzuki juga menawarkan beberapa macam dan jenis motor matic. Mulai dari Yamaha Address FI, Address Playful, NEX, Burgman 650, 400, 200, dan 125. Masing-masing dengan desain dan kelebihan yang berbeda.

Sehingga penggemar Suzuki memiliki pilihan sesuai dengan selera dan kemampuan finansialnya. Hadirnya banyak pilihan macam dan jenis motor matic 2021 dengan harga bersaing adalah pertanda bahwa industri otomotif kembali menggeliat.

Sinyal positif ini harus disambut dengan gembira bersamaan dengan kebangkitan ekonomi di sektor lain. Agar pandemi yang telah menerjunkan pertumbuhan ekonomi selama setahun terakhir bisa segera diakhiri.

Melihat kenyataan saat ini dengan hadirnya vaksin dan menurunnya angka penyebaran virus, adalah tanda bahwa industri kesehatan semakin kuat. Masyarakat umum mungkin masih dituntut untuk taat pada protokol kesehatan.

Sekaligus telah menjadi gaya hidup baru untuk selalu mengenakan masker dan menjaga kebersihan diri. Selanjutnya, masker seolah menjadi bagian tidak terpisahkan seperti halnya budaya masyarakat untuk mengendarai motor.

Indonesia berbeda dengan negara timur tengah yang hampir tidak ditemukan motor berkeliaran di sana. Di Indonesia, motor sudah ibarat pengganti “kaki” yang wajib dimiliki setiap orang, atau minimal setiap keluarga.

Baca Juga : Macam dan Jenis Motor Yamaha 2021 Terbaru Wajib Diketahui

Uraian singkat mengenai 28 macam dan jenis motor matic 2021 di atas adalah sebagian dari pilihan yang paling diminati pasar. Masih ada pilihan motor dari perusahaan lain yang juga memiliki pangsa pasar sendiri di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here