Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat

0
412
Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat
Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat

Tidak ada kata velg terbaik untuk motor karena semuanya relatif tergantung pada penggunaan. Jadi kita akan bedah bersama sehingga Anda menjadi lebih paham terkait aspek kendaraan ini.

Baca Juga: Fungsi Bahu Jalan di Jalan Tol Beserta Peraturannya

Memang banyak orang awam sering memiliki persepsi kurang benar terkait pemilihan ini. Kabar angin bisa memberikan informasi yang salah dan berbahaya karena berpotensi mengancam nyawa.

Jangan dianggap sepele karena kesalahan penggunaan velg bisa berbuntut pada kecelakaan. Jadi Anda memang perlu tahu bagaimana kekurangan dan kelebihan masing-masing ketika digunakan pada motor.

Kami sudah menyediakan informasi sebagai acuan agar para pengendara menjadi lebih paham. Aspek seperti ini jangan sampai dipandang sebelah mata karena bisa memberikan dampak merugikan.

Spoke Wheel Velg Terbaik untuk Motor

Pada dasarnya spoke wheel adalah jenis yang banyak kita temui di jalan dan harganya murah. Paling mudah membedakan adalah dari jeruji yang terdapat pada bagian sehingga aspek visualnya mudah dibedakan.

Apakah ini benar-benar yang terbaik tentu saja tidak oleh karena itu kami akan membahas apa kekurangan dan kelebihannya. Sehingga velg terbaik untuk motor Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah acuan dalam pemakaian.

  • Kelebihan 

  1. Murah adalah aspek penting yang perlu kita jadikan acuan ketika menggunakan jenis ini. Banyak motor yang secara default menggunakannya dan harganya juga relatif murah.
  2. Kemudian aspek berikutnya yang bisa menjadi acuan adalah perbaikannya relatif mudah. Bengkel press untuk memperbaiki spoke wheel yang penyok juga sangat banyak.
  3. Jika digunakan untuk perjalanan jarak dekat tentu ini menjadi opsi terbaik karena ringan. Sehingga beban utama pada mesin motor tidak akan terlalu tinggi saat dipakai.
  • Kekurangan 

  1. Hal paling tidak disukai dari jenis ini adalah bahannya yang relatif mudah penyok. Sehingga ketika digunakan pada lintasan kurang ideal akan memperpendek usia secara signifikan.
  2. Dari segi estetika velg terbaik untuk motor sendiri juga tidak terlalu cantik sehingga sekarang banyak orang lebih memilih menggantinya. Kita tidak bisa mengendarai kendaraan yang tidak terlalu disukai bukan.
  3. Bahan yang digunakan pada versi ini juga kurang tangguh sehingga rawan mengalami kerusakan berat. Jika kita gunakan tentu saja akan relatif sulit memberikan hasil optimal.

Berdasarkan pertimbangan kekurangan dan kelebihan tadi tentu kita bisa menentukan sendiri. Apakah spoke wheel dapat menjadi opsi paling tepat digunakan selama berkendara atau justru perlu dihindari.

Velg Motor Tipe Cast Wheel

Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat_Velg Motor Tipe Cast Wheel
Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat_Velg Motor Tipe Cast Wheel

Sekarang tipe cast wheel merupakan yang paling populer dan sering menjadi opsi default dari pabrikan. Biasanya ini juga disebut velg bintang karena bentuk jari-jarinya seperti bintang.

Untuk urusan kelebihan dan kekurangan tentu saja akan kami bahas secara rinci. Sehingga ini bisa dijadikan sebagai salah satu aspek dalam melakukan pemilihan apakah tepat guna atau tidak.

Kelebihan 

  1. Jika digunakan velg terbaik untuk motor untuk jarak jauh tipe cast wheel ini memiliki stabilitas paling bagus. Hal tersebut bisa diperoleh karena bobot lebih berat sehingga membuat stabilitas berkendara semakin terasa.
  2. Memang dulu orang sering beranggapan cast wheel tidak cocok untuk lintasan buruk. Namun teknologi sekarang sudah mampu membuatnya dapat digunakan pada berbagai medan.
  3. Kecuali terjadi sebuah kecelakaan hebat maka tipe ini tidak akan mudah rusak. Metode casting yang dilakukan pabrikan sudah sangat optimal sehingga daya tahannya tinggi.

Kekurangan 

  1. Kekurangan terbesar ketika kita menggunakan tipe ini adalah sangat sulit diperbaiki. Metode casting velg terbaik untuk motor yang permanen membuat press tidak dapat dilakukan dengan mudah.
  2. Karena bobotnya yang tinggi ini membuat beban utama pada mesin menjadi bertambah. Sehingga ketika digunakan untuk dalam kota akan terasa kurang efisien terhadap bahan bakar.
  3. Kemudian karena produksi casting baja permanen maka velg ini tidak bisa disetel ulang. Ketika velg terbaik untuk motor terjadi bengkok atau apapun itu maka pemilik akan cukup kesulitan untuk memperbaikinya.

Dengan mengetahui semua aspek tadi tentu sekarang Anda bisa melihat apakah ini layak dijadikan pilihan. Apabila Anda memang sering perjalanan jauh maka tipe tersebut bisa menjadi opsi tepat.

Velg Motor Tipe U Shape

Tipe u shape sendiri sebenarnya adalah suku cadang aftermarket dan jarang sekali pabrikan mengeluarkan secara resmi. Sehingga penggunaan dari jenis ini cukup terbatas pada kegiatan balapan saja.

Namun tidak ada salahnya jika velg terbaik untuk motor jenis satu ini kita bahas agar Anda menjadi lebih tahu bagaimana performanya. Karena ketika kita tidak mengetahuinya akan bisa salah dalam menentukan opsi secara optimal.

  • Kelebihan 

  1. Dari segi desain ini memang termasuk paling estetik dan sangat bagus ketika dipasang pada motor. Sehingga untuk kontes paling sering memang menggunakan u shape.
  2. Kemudian ketika digunakan untuk jarak pendek juga ideal karena bebannya paling ringan. Sehingga mesin sendiri tidak tersiksa dengan adanya bobot tambahan seperti jenis lainnya.
  3. Penggunaan bahan aluminium juga membuatnya mudah di setel ulang oleh pengguna. Sehingga ketika terjadi penyok atau sejenisnya mudah dikembalikan pada kondisi seperti baru.
  • Kekurangan 

  1. Bentuk setengah lingkaran dari u shape ternyata tidak memiliki tumpuan kekuatan cukup bagus. Sehingga velg terbaik untuk motor memang mudah penyok ketika diberikan beban cukup besar.
  2. Karena bahan yang digunakan terlalu ringan maka stabilitas pada bagian roda juga relatif buruk. Terutama ketika dipakai di tikungan sehingga relatif berbahaya dalam kecepatan tinggi.
  3. Stabilitas yang kurang dari velg ini juga membuat goyah ketika digunakan dalam kecepatan tinggi. Sehingga tanpa adanya modifikasi untuk penahan getaran akan relatif sulit digunakan.

Memang ini adalah jenis yang kurang kami rekomendasikan untuk pemakaian normal. Namun untuk keperluan balap seperti drag ini adalah opsi terbaik sehingga mesin bisa menunjukkan performa maksimalnya.

Menentukan Velg Motor yang Paling Tepat

Dari tiga penjelasan sebelumnya sekarang kita akan masuk dalam tahap penentuan mana yang perlu digunakan. Itu semua velg terbaik untuk motor tergantung pada bagaimana kendaraan akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila kendaraan memang multifungsi seperti untuk kerja dan perjalanan jauh maka solusi terbaik menggunakan cast wheel. Mengapa kita memilihnya karena aspek paling penting ketika berkendara adalah stabilitas.

Sedikit tambahan beban pada mesin tidak akan menjadi masalah selama kita bisa memakainya secara optimal. Berbagai lintasan juga cocok ketika kita menggunakan tipe ini sebagai opsinya.

Jadi apabila Anda adalah pengguna sehari-hari dan tidak ada kepentingan tertentu maka ini merupakan opsi terbaik. Terutama pada jalanan kota cast wheel akan menjadi pilihan terbaik dan membuat motor nyaman.

Namun ketika rumah Anda di pedesaan maka penggunaan spoke wheel adalah opsi yang lebih mantab. Mengapa hal tersebut bisa terjadi alasannya adalah fleksibilitas pada spoke wheel mampu mendukung shockbreaker.

Bahannya yang memiliki fleksibilitas membuat jalanan berbatu tidak menjadi masalah besar. Oleh karena itu kita bisa velg terbaik untuk motor lihat bahwa motor offroad lebih sering menggunakan jenis ini dibandingkan cast.

Keduanya merupakan opsi yang bisa Anda gunakan secara fleksibel dalam merawat kendaraan. Jadi baik di jalanan kota atau desa bisa menggunakan keduanya sebagai solusi terbaik.

Lalu bagaimana dengan u shape, jika Anda bukan pembalap drag maka ini akan jarang sekali digunakan. Sangat jarang kita membutuhkan pengurangan beban secara ekstrim sampai mempengaruhi stabilitas.

Aspek Keamanan Berdasarkan Jenis Velg

Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat_Aspek Keamanan Berdasarkan Jenis Velg
Ketahui Velg Terbaik untuk Motor Anda yang Paling Tepat_Aspek Keamanan Berdasarkan Jenis Velg

Aspek keamanan juga merupakan hal penting yang akan kita pertimbangkan dalam melakukan penentuan velg. Karena velg terbaik untuk motor setiap jenis pasti memiliki titik lemah tersendiri yang perlu diwaspadai.

Paling tidak kami rekomendasikan karena aspek keamanannya kurang adalah menggunakan u shape. Tipe aftermarket ini memang akan cukup buruk dampaknya pada stabilitas kendaraan tanpa modifikasi tersendiri.

Memang ketika motor dengan kondisi default kita ganti menggunakan velg u shape performanya akan hancur. Ini karena setelan pabrik tidak memiliki stabilizer sehingga semuanya bergantung pada roda.

Kondisi seperti ini tentu akan sangat berbahaya ketika diimplementasikan secara sembarangan. Oleh karena itu velg terbaik untuk motor ketika motor bukan untuk kontes, drag, atau modifikasi lebih baik hindari tipe ini.

Aspek keamanan terbaik yang bisa dijadikan acuan adalah cast wheel alasannya dari stabilitas. Motor dengan kondisi prime ketika dipasang menggunakan tipe ini akan jauh lebih stabil.

Titik tumpu berat dan keseimbangan juga menjadi salah satu tolak ukur penting yang perlu dipertimbangkan. Apabila kita menginginkan kenyamanan ketika berkendara dalam jarak jauh tentu harus dijadikan sebagai sebuah pilihan.

Apabila Anda masih ragu karena mungkin cast wheel ini sulit diperbaiki tidak perlu khawatir. Karena kerusakan yang mungkin terjadi pada cast wheel sangat minim kecuali terjadi kecelakaan besar.

 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Lampu Hazard pada Saat Berkendara

Sehingga jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari semua itu sudah memberikan hasil optimal. Jadi kesimpulannya velg terbaik untuk motor adalah tipe cast wheel karena memberikan hasil paling optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here