Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat

0
84
Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat
Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat

Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa kawasaki luncurkan motor listrik secara resmi di tahun ini. Seperti kita ketahui, kendaraan listrik kini memang telah menjamur, tidak hanya di Indonesia.

Baca juga: Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem

Memang, banyak sekali manfaat menggunakan kendaraan listrik ini, salah satu manfaat terbesarnya adalah ramah lingkungan. Itu juga merupakan alasan terkuat mengapa Kawasaki meluncurkan produk ini.

Kawasaki Motor Indonesia terus melakukan inovasi baru, salah satunya seperti menghadirkan kendaraan listrik ini. Bahkan pada tahun 2035 nanti, Kawasaki memutuskan untuk seluruhnya beralih ke motor listrik.

Berikut Keuntungan Menggunakan Motor Listrik

Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat_Berikut Keuntungan Menggunakan Motor Listrik
Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat_Berikut Keuntungan Menggunakan Motor Listrik

Sebelum membahas tentang Kawasaki luncurkan motor listrik, ada beberapa keuntungan yang didapatkan apabila Anda menggunakan motor listrik. Berikut ini beberapa keuntungannya, di antaranya sebagai berikut :

  • Lebih Irit

Keuntungan pertama, motor listrik ini bisa dibilang lebih irit dibandingkan dengan motor biasa. Sebab bila menggunakannya, Anda tidak perlu lagi isi bensin ke SPBU. Contohnya saja seperti motor united T-1800.

Motor united T-1800 ini memakai baterai Lithium 60V28Ah yang dapat dipakai melaju sejauh 60 km. Pada kecepatan rata-rata 50 hingga 60 km/jam dan biaya mengisi baterai hanya sekitar RP. 2.700.

Itu untuk sekali pengisian dengan waktu minimal 4 jam. Apabila jarak kantor ke rumah sekitar 50 km pulang pergi, maka dalam sehari Anda hanya mengeluarkan biaya di bawah Rp. 3.000.

  • Lebih Mudah dan Juga Lebih murah

Bisa dibilang, kawasaki luncurkan motor listrik biaya perawatannya mudah dan juga murah. Sebab tidak perlu ganti oli secara rutin atau servis mesin secara berkala. Anda cukup perhatikan ban, kampas serta minyak remnya.

Tidak heran apabila banyak orang lebih memilih motor listrik ini dibanding kendaraan bensin. Dan hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa kawasaki luncurkan motor listrik, karena memang banyak peminatnya.

  • Di Jakarta, Motor Listrik Bebas Pajak

Motor listrik ini harganya jauh lebih murah, sebab Pemprov DKI Jakarta membebaskan pajak untuk kendaraan listrik. Jadi bagi Anda yang tinggal di Jakarta, lebih baik beralih ke kendaraan listrik ini.

  • Ramah Lingkungan

Sebenarnya, alasan utama kawasaki luncurkan motor listrik ialah karena kendaraan ini ramah lingkungan. Dikatakan ramah lingkungan sebab menggunakan energi listrik dan tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran.

Motor listrik ini tidak akan mengeluarkan asap dari knalpot, jadi tidak akan ada karbondioksida tambahan. Sebab kendaraan jenis ini akan memperoleh energi dari baterai di sekitar rumah atau kantor. 

  • Suara Mesin Halus

Keuntungan berikutnya dari kendaraan ini ialah memiliki suara mesin yang halus. Jadi, Anda tidak perlu lagi mematikan suara mesin ketika berkendara di gang atau jalan sempit karena takut mengganggu orang.

Hal tersebut akan membuat Anda lebih percaya diri ketika berkendara. Selain bisa terbebas dari polusi udara, dengan menggunakan kendaraan ini, Anda juga terbebas dari polusi suara.

  • Lebih Efisien

Kendaraan listrik bisa dibilang lebih efisien bila dibandingkan dengan kendaraan bensin. Sebab apabila Anda menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin, Anda perlu mengisi bahan bakar tiap kali menggunakannya.

Tentu itu sangat memakan biaya yang tidak sedikit, berbeda halnya apabila Anda menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik. Biaya yang dikeluarkan hanya seperempat untuk jarak tempuh sama.

Karena menggunakan baterai, Anda tidak perlu repot-repot mengisi setiap kali ingin menggunakannya. Memang perlu diisi, namun tidak perlu sesering kendaraan bensin, jadi bisa dibilang jauh lebih efisien.

Berikut Kawasaki Luncurkan Motor Listrik

Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat_Berikut Kawasaki Luncurkan Motor Listrik
Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat_Berikut Kawasaki Luncurkan Motor Listrik

Kawasaki Motor Indonesia terus melakukan gebrakan baru. baru-baru ini pihak Kawasaki memperkenalkan motor listrik terbarunya “elektrode”. Kawasaki electrode sendiri ialah motocross untuk anak kecil.

Dengan kapasitas mesin setara 50 hingga 80 cc, kelas balap populer di Negara Amerika Serikat. Motor electrode ini tidak dibangun dalam kemitraan dengan anak perusahaan Harley Davidson yaitu StaCy.

Bahkan CEO Kawasaki Hiroshi Ito berkomitmen bahwa pihak kawasaki luncurkan motor listrik minimal 3 secara global. Motor elektrode ini dibekali dengan lithium ion yang ada di dalam rangka sepeda.

Jadi hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2,5 jam untuk mengisi baterai. Baterai memiliki umur 500 siklus pengisian, setelah itu barulah harus mempertahankan kurang lebih 80% dari kapasitas asli.

Kawasaki luncurkan motor listrik elektroda ini dengan bingkai aluminium ringan dan suspensi kaku di kedua ujungnya. Pada bagian roda, motor listrik ini mempunyai pelek alumunium cor 16 inci. 

Dengan rem cakram belakang 160 mm. Motor listrik electrode ini mampu menghasilkan tenaga 8,1 kw atau setara 6,5 tk. Pada 5.500 rpm dan juga torsi 30,2 Nm pada 1,950 rpm.

Pada tahun 2025 nanti, rencananya pihak Kawasaki akan meluncurkan 10 motor listrik. Tujuan utama mereka ialah ingin beralih semuanya ke elektrik pada tahun 2035 nanti di Amerika, Jepang dan Australia.

Perbedaan Motor Bensin VS Listrik

Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih HematPerbedaan Motor Bensin VS Listrik
Kawasaki Luncurkan Motor Listrik, Dijamin Lebih Hemat_Perbedaan Motor Bensin VS Listrik

Setelah sebelumnya sudah membahas tentang Kawasaki luncurkan motor listrik. Kini Anda juga perlu mengetahui perbedaan dari motor bensin dan juga listrik, berikut ini beberapa perbedaannya, antara lain :

  • Sumber Tenaga

Kedua jenis kendaraan ini sudah pasti menggunakan sumber tenaga yang berbeda. Kendaraan yang satu menggunakan sumber tenaga listrik sedangkan satunya lagi menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya.

Dari segi pemakaian bahan bakar, kendaraan berbahan bakar bensin menghabiskan 1 liter bensin untuk dapat mencapai jarak 30 km. dengan mengacu pada tariff Pertamax yaitu Rp. 8.150 saja. 

Sedangkan pada kendaraan listrik, hanya memerlukan 1.5 kWh untuk mencapai jarak 30 km. dengan mengacu pada tariff Rp. 1.467 per kWh, maka perlu mengeluarkan biaya Rp. 2.200 saja. 

Jadi Anda bisa lebih hemat 83%, ini juga menjadi alasan mengapa Kawasaki luncurkan motor listrik. Untuk masalah performa, kendaraan listrik juga dilengkapi berbagai mode berkendara.

  • Prinsip Kerjanya

Prinsip kerja pada kendaraan biasa memakai prinsip kerja pembakaran 4 langkah. Di mana minyak yang digunakan dikompresi serta dicampur dengan api dari pemantik untuk proses pembakarannya sehingga bisa menggerakkan piston.

Proses pembakaran tersebut yang membuat mesin membutuhkan pemeliharaan secara rutin. Berbeda halnya dengan kendaraan listrik yang memakai prinsip kerja induksi elektromagnetik, dengan sumber energi baterai yang dialirkan ke magnet. 

Untuk menggerakkan poros agar dapat berputar. Tentunya prinsip kerja ini lebih sederhana serta minim permasalahan sebab tidak membutuhkan proses pembakaran dan juga minim komponen yang digunakan.

  • Aspek Lingkungan

Seperti telah dibahas sebelumnya, alasan terbesar mengapa Kawasaki luncurkan motor listrik ialah karena kendaraan ini ramah lingkungan. Berbeda dengan berbahan bakar bensin, yang menghasilkan senyawa-senyawa pemicu polusi udara.

Hal tersebut karena kendaraan bensin menggunakan prinsip kerja pembakaran yang bisa menimbulkan polusi udara. karena kendaraan listrik tidak menggunakan proses pembakaran, jadi dijamin bebas polusi.

  • Pemeliharaan Keduanya

Pemeliharaan kendaraan yang mudah pada kendaraan listrik, menjadikan alasan mengapa Kawasaki luncurkan motor listrik. Bisa dibilang kendaraan berbahan bakar bensin perawatannya harus dilakukan lebih sering.

Kendaraan berbahan bakar bensin tentu memerlukan pemeliharaan rutin dan jangka panjang sebab melibatkan proses pembakaran. Di antaranya pergantian oli, busi dan sebagainya. Apabila kegiatan tersebut tidak dilakukan mesin akan rusak.

Hal tersebut berbeda dengan kendaraan berbahan bakar listrik, yang minim kegiatan pemeliharaan. Sebab mesin yang digunakan sebagai penggerak ialah mesin induksi, jadi tidak memerlukan proses pembakaran.

Hanya saja pada komponen baterai, terdapat usia pakai. Ketika baterai tersebut sudah melewati masa pakai akan terjadi penurunan performa, jadi perlu untuk dilakukan penggantian baterai.

  • Biaya yang Dikeluarkan

Pada kendaraan berbahan bakar bensin, biaya yang dikeluarkan meliputi biaya pemeliharaan rutin. Bila diestimasi membutuhkan biaya 1 juta per tahun, itu belum termasuk pajak dan bahan bakar.

Hal tersebut berbeda dengan kendaraan listrik, yang membutuhkan estimasi biaya rutin per tahun 200 ribu saja. serta biaya bahan bakar yang lebih murah dibandingkan jenis kendaraan bensin.

Begitu pula dengan pajak pertahunnya yang tidak lebih dari 100 ribu. Dalam pemakaian 5 tahun, lebih murah dari segi biaya operasional serta perawatannya. Bahkan diprediksi dapat menghemat biaya hingga 60%.

Baca juga: Posisi Tubuh yang Benar Saat Berkendara Sepeda Motor

Jadi kini Anda sudah mengetahui tentang motor listrik, dan juga beberapa keuntungan menggunakannya. Salah satunya ramah lingkungan, hal itu juga yang membuat Kawasaki luncurkan motor listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here