15 Jenis Motor Custom Terlengkap (Café Racer, Scrambler, Bobber, dll), Punya Salah Satunya?

0
958
thumb motor custom - jenis motor custom terlengkap

Apa itu Café Racer, Bobber, Street Cub? Ada berapa jenis motor custom sebenarnya dan apa saja jenisnya? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan orang mengenai motor custom. Orang awam dan kamu yang penasaran tentu ingin mengetahui jenis motor kustom terlengkap hingga saat ini.

Baca Juga : Ulasan Lengkap Tips Modif Motor Dengan Konsep Saat Ini

Sampai sekarang, ada belasan jenis, aliran, tipe, atau klasifikasi dari motor custom. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri. Menyenangkan mengetahui jenis-jenis motor custom ini.

Berikut Daftar Jenis Motor Custom Terlengkap 2021

Sekalipun Kamu mengambil komponen dan menggunakan basis motor bekas, harga memodifikasi motor ini bisa lebih tinggi dari membeli motor jadi. 

Mengetahui jenis motor custom dan mempelajarinya dengan baik akan membuat kamu lebih pandai dan hemat dalam merencanakan proyek modifikasi motor custom. Berikut adalah 15 tipe motor custom yang cukup lengkap dan wajib kamu ketahui:

1. Brat Style

bratstyle - jenis motor custom terlengkap

Brat Style sebenarnya bukan spesifik nama tipe motor custom. Brat Style sendiri adalah nama bengkel custom yang cukup populer di Jepang. Brat Style mengacu pada gaya modifikasi ala bengkel tersebut. Brat Style memiliki desain dan tampilan mirip Bobber, namun dengan kesan yang lebih ramah dan jinak. 

2. Scrambler

scrambler - jenis motor custom terlengkap

Scrambler memang memiliki kemiripan dengan Café Racer, meskipun mirip keduanya jelas berbeda. Sayangnya, masih ada yang berpikir keduanya adalah motor custom jenis yang sama. Scrambler adalah motor custom yang diperuntukkan untuk pemakaian jalanan aspal dan jalanan non-aspal.

Lihat saja ban dual-purpose yang digunakan. Ban jenis tersebut pas digunakan di jalanan utama maupun jalanan desa atau pinggiran yang penuh debu dan cukup liar. Scrambler juga menggunakan stang motor sport. Modifikasi Scrambler ini untuk kamu yang sering keluar masuk kota dan pedesaan.

3. Chopper

chopper - jenis motor custom terlengkap

Memiliki tampilan yang khas, mudah bagi kamu untuk mengidentifikasi motor custom satu ini. Chopper adalah motor custom khas dengan ukuran ban depan lebih besar dari ban bagian belakang. Selain ukuran ban yang tidak sama, penempatan stang motor ini lebih tinggi dari motor biasanya.

Karakter lain yang mencolok dari motor ini adalah posisi jok lebih renda dengan ukuran fork yang panjang. Chopper cocok untuk kamu yang menikmati perjalanan panjang di jalanan mulus tanpa perlu banyak bermanuver. Modifikasi ini juga memiliki gaya yang tidak jauh berbeda dengan Bopper.

4. Street Cub

street cub - jenis motor custom terlengkap

Street Cub masuk dalam daftar jenis motor kustom terlengkap 2021. Modifikasi Street Cub cukup unik dan dinilai tidak akan menghabiskan banyak anggaran kamu. Bahan basic dari motor ini adalah motor bebek lama, seperti Astrea Grand, Impres, dan C-Series. Harga motor-motor tersebut cukup murah.

Street Cub ini menyulap motor bebek klasik menjadi lebih berotot, namun tidak kehilangan kodratnya sebagai motor bebek. Street Cub memiliki stang flat bar, sementara bagian belakang, spakbor motor sama sekali dihilangkan. Komponen yang digunakan disini pun jarang ada yang mahal.

5. Flat Tracker

flat tracker - jenis motor custom terlengkap

Dibandingkan dengan motor Tracker pada umumnya, Flat Tracker lebih diperuntukkan untuk ajang balap. Desain motor ini memang tidak cocok untuk pengguna motor harian. Dari sisi kemampuan, Flat Tracker memang mampu berjalan dengan baik di jalanan aspal dan jalanan off-road.

Motor ini memang pantas menjadi motor arena untuk keperluan balap di lintasan oval. Bagian belakang atau buntut dari motor ini lancip dan langsung tersambung dengan jok. Bentuk dari tangki bahan bakarnya terlihat kompak. Pengguna motor Tracker harian tampaknya akan menghindari jenis modifikasi ini.

6. Moped

moped - jenis motor custom terlengkap

Modifikasi Moped bertujuan membuat motor bebek atau motor harian kamu terlihat lebih keren dari sebelumnya. Sebenarnya tidak banyak perubahan bisa kamu rasakan dari sisi mesin dan performa. Memang modifikasi ini sasarannya buka pada peningkatkan performa.

Moped dirancang untuk pengguna motor transportasi sederhana. Jika ingin melakukan modifikasi ini, kamu tidak akan keluar uang terlalu banyak. Modifikasi yang kamu lakukan tidak banyak dengan jumlah komponen yang dibutuhkan juga tidak banyak.

7. Dirt Tracker

dirt tracker - jenis motor custom terlengkap

Persentase off road dari motor Tracker ini lebih tinggi dari motor Tracker lainnya. Memiliki desain dan tampilan mirip Flat Tracker, Dirt Tracker menggunakan buntut tawon yang lebih gambot. Sesuai dengan namanya, Dirt Tracker memang didesain untuk mampu berjalan dengan baik di lintasan tanah.

Ukuran motor ini pun sedikit lebih kecil. Tampaknya, menyenangkan menggunakan Dirt Tracker untuk berpartisipasi dalam balapan lintasan off road. Selain itu, motor ini juga mantap digunakan untuk menjelajahi area luar ruangan yang cukup tangguh untuk dilintasi.

8. Café Racer

cafe racer - jenis motor custom terlengkap

Café Racer tentu saja masuk dalam daftar jenis motor kustom terlengkap tahun ini. Pembahasan mengenai motor ini sudah banyak dan kamu tentu tidak bisa bosan membaca informasi-informasi mengenai motor ini. Inspirasi utama Café Racer adalah motor balap zaman dahulu.

Café Racer memiliki karakteristik unik di bagian jok (single-seater) dan di bagian tangki bahan bakar (ramping dan panjang). Sesuai dengan awal kemunculannya, motor ini memang diperuntukkan untuk balap 1 waktu saja dan kurang cocok untuk digunakan sebagai motor harian.

9. Tracker

tracker - jenis motor custom terlengkap

Motor Tracker adalah motor dengan fungsi yang dinamis. Motor ini bisa tangguh di jalanan aspal dan jalanan non-aspal. Tidak mengherankan jika banyak orang memilih modifikasi ini dengan maksud bisa digunakan di medan mana saja. Tracker memang tangguh di tanah berpasir dan garang di jalanan kota.

Jenis motor custom Tracker ini paling banyak variasinya. Kamu bisa memilih antara Board, Dirt, Street, dan jenis motor Tracker lainnya. Bukan tidak mungkin di masa depan, akan muncul variasi baru dari motor Tracker yang lebih ekstrim dan mencengangkan jagat modifikasi motor custom.

10. Bobber

bobber - jenis motor custom terlengkap

Bobber ini memiliki tampilan seperti misil atau roket berotot yang siap menerjang apapun yang menghalangi jalannya. Kamu tentu akan mendapatkan aura gahar sekaligus intimidatif dar motor custom ini. Otot pada motor ini seolah memberikan kesan bahwa penunggangnya harus sama berototnya dengan motor ini.

Awalnya motor ini disebut Bob-Job di dekade 30-an sampai 90-an. Bobber ini merupakan saingan dari Chopper. Keduanya sering dibandingkan dan diperdebatkan mana yang lebih baik. Bobber lebih menitikberatkan pada performa, sementara Chopper lebih menitikberatkan pada desain dan tampilan.

11. Jap Style

japstyle - jenis motor custom terlengkap

Tidak jauh berbeda dari Tracker dalam hal fungsi. Jap Style adalah modifikasi motor custom yang banyak dipilih oleh kamu yang mencari tunggangan siap pakai di jalanan kota dan desa. 

Gayanya cukup maskulin dengan bana yang besar dan rangka pendek. Jap Style banyak digunakan karena fleksibilitasnya.

12. Street Tracker

street tracker - jenis motor custom terlengkap

Motor Tracker aliran jalanan ini tentu memiliki konsep yang sama dengan motor Tracker pada umumnya. Motor ini harus bisa berjalan sama baiknya di jalanan beraspal dan jalanan tanah berdebu. Tidak heran, jika ban yang digunakan di motor ini bertipe dual-purpose.

Perbedaan aliran Street dengan Tracker biasa ada pada tampilan dan desainnya. Street Tracker sama sekali tidak menggunakan spakbor. Selain itu dimensi atau ukuran motor ini lebih pendek dari motor Tracker pada umumnya. Alhasil, kesan lincah/lihai terasa begitu jelas jika Kamu menggunakan motor ini. 

13. Sinner Socal

sinner socal - jenis motor custom terlengkap

Sinner Socal (South California) memiliki tampilan mirip Chopper. Sinner ini ternyata pengembangan atau variasi dari Chopper. Perbedaan antara keduanya terlihat pada ukuran ban dan tipe stang. Sinner memiliki ukuran ban yang lebih kecil (terlihat kurus) dari Chopper dan menggunakan stang tipe Z, T, atau U.

14. Brat Café

bratcafe - jenis motor custom terlengkap

Brat Café adalah versi kurus dari Café Racer. Motor ini tidak memakai buntut tawon dan menggunakan ban dengan tapak yang lebar, baik di bagian depan maupun di bagian belakang. Brat Café banyak digunakan oleh pengendara bertubuh kecil. Ada kesan lucu dan imut dari modifikasi motor ini.

15. Board Tracker

boardtracker - jenis motor custom terlengkap

Tampaknya motor ini terinspirasi dari motor balap di awal abad ke-20. Pedal sepeda begitu terlihat jelas dengan ukuran ban yang biasanya berukuran sangat besar. Besarnya ban tersebut meningkatkan kegagahan motor. Jok yang diperuntukkan untuk satu orang memberikan kesan menegangkan.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Kesayangan, Agar Tetap Awet Dan Aman

Daftar jenis motor custom terlengkap ini diharapkan bisa memberikan kamu pengetahuan dan inspirasi dalam membangun dan memodifikasi motor custom. Tidak semua tipe motor custom tersebut populer di sini. Mungkin kamu berani untuk memilih tipe yang tidak populer dan membuat banyak orang terkesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here