Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif

0
104
Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif
Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif

Harley Davidson merupakan jenis motor gede atau moge yang masih terkesan eksklusif di kalangan awam. Banyak masyarakat menyebut moge hanya mampu dimiliki oleh kalangan elit atas. Namun, apakah itu benar?

Baca juga: Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring

Jika di Indonesia memang benar, sebab pajak yang harus dibebankan termasuk tinggi bahkan pada kisaran belasan juta rupiah per-tahunnya. Tentu ini dikarenakan CC yang besar serta memang harga belinya tinggi.

Memang keren untuk memiliki moge ini, bisa menjadi raja jalanan dengan body besar. Suara tarikan motor yang besar, membuat siapa saja pasti melirik ketika Kita melaju, sehingga kesan eksklusif muncul.

Hanya saja untuk dapatkan pilihan Harley Davidson Kalian harus merogoh kocek mulai dari 450 jutaan. Itupun untuk varian paling murah, di mana varian lainnya yang lebih bagus bisa sampai miliaran.

Meski begitu tidak masalah mengetahui seluk beluk mengenai moge impian banyak kaum adam ini. Sebab siapa tahu ada rejeki untuk membelinya. Sehingga Kalian bisa menggunakannya untuk touring melintasi provinsi-provinsi Indonesia.

Sejarah Harley Davidson Secara Singkat

Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif_Sejarah Harley Davidson Secara Singkat
Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif_Sejarah Harley Davidson Secara Singkat

Kalian pasti tahu bahwa motor gede ini berasa dari Amerika serikat, sebab nama ini sudah terkenal sekali di dunia otomotif bahkan awam. Hampir sama kepopulerannya jika dibandingkan dengan merek Lamborghini.

Bentuknya yang seakan-akan didesain untuk pria maskulin karena kekar dengan posisi berkendara santai. Membuat pria pasti di dalam batinnya ingin memiliki, ditambah lagi ini merupakan simbol kebebasan di AS.

Sesuai timeline, pencipta Harley Davidson bukan satu orang, melainkan dua teman yang bekerja sama membuat satu motor dengan mesin satu silinder. Diciptakan pada tahun 1903 oleh Bill Harley dan Arthur Davidson.

Jadi nama yang disematkan pada kendaraan simbol kebebasan AS ini berdasarkan dua nama penemunya. Tampilannya yang melawan zaman pada kala itu, tidak langsung membuatnya bisa dilirik oleh kalangan masyarakat awam.

Sebab bagaimanapun jaman dahulu hal baru tidak langsung diterima, pola pikir yang akan takut dianggap radikal menjadi penyebabnya. Namun kesabaran dua kolega ini akhirnya menghasilkan sesuatu pada dua tahun berikutnya.

Ada pembeli pertama yang tertarik pada Harley Davidson 1 dan akhirnya bisnis berkembang menjadi pesat sampai sekarang. Uniknya pada timeline 1903 pasti akan melalui jaman perang dunia 1 dan 2.

Siapa sangka motor ini pernah dipakai untuk keperluan perang dunia 1 dan 2 oleh Amerika Serikat. Seri WLA dibuat dalam jumlah masif untuk keperluan perang bahkan sampai 90 ribu unit.

Penggunaannya dibuat sedemikian rupa agar senapan mesin dapat ditaruh pada bagian bodi, sehingga mempermudah tentara AS untuk melumpuhkan lawan, terbukti dengan kemenangan AS pada perang dunia dan menjadikannya pemimpin dunia.

Namun bukan serta merta kendaraan asal AS bisa langsung menguasai pasar, terbukti pada tahun 1950-an, Triumph berhasil membuat Harley Davidson kehilangan pasar sampai 40% dan pada akhirnya stabil sampai sekarang.

Kelebihan Harley Davidson Dibandingkan Motor Gede Lainnya

Begitu populer di kalangan masyarakat manapun, bahkan bisa digunakan dalam peperangan. Apa yang membuat moge ini menjadi lebih menarik dipilih dibandingkan pilihan lainnya? Pasti ada sesuatu yang menyebabkan itu terjadi.

Khususnya di jaman sekarang yang semakin memberikan opsi pilihan banyak, jelas membuat rider mampu memilih opsi lainnya juga. Tapi kenapa makin kesini malah seakan-akan Harley Davidson seperti barang eksklusif saja?

Jelas karena ada kelebihan yang dimiliki oleh motor gede kali ini, diakui oleh banyak rider bukan hanya pengguna awam. Mengenai apa saja kelebihannya sebenarnya hanya ada 3 yang memang valid.

Lalu apa kelebihan yang dimaksudkan tersebut? Tidak perlu bingung untuk mencari karena Kami akan paparkan apa saja daftarnya. Tujuannya agar memberikan pengetahuan bagi Kalian calon pemilik yang mungkin sedang riset.

  • Harga yang stabil baik baru atau second

Harga dari merek asal Amerika Serikat ini memang cenderung stabil, baik pada jenis baru dan lawas tetap akan stabil harganya. Tapi itu semua juga tergantung dari bagaimana perawatan pengguna, makanya penting rutin merawat.

Bahkan bisa dikatakan semakin lama produk tapi jika kondisi masih bagus, minat pasar apalagi di Indonesia akan lebih tinggi. Sehingga buat harganya jadi lebih mahal, cenderung seperti koleksi karena memang barangnya rare.

  • Mesin dari Harley Davidson

Jangan ditanya jika urusan mesin, sebab moge kali ini memiliki model khas dengan Evolution engine. Dikenal dengan mesin EVO yang gunakan air cooled dipasang 45 derajat, membuat mesin selalu dingin untuk digunakan.

Bahkan air cooled tersebut dipasang dengan model V-Twin Engine, sehingga menghasilkan performa hp lebih besar, bahkan bisa lebih besar dari pada mobil-mobil basic di Indonesia, sehingga harusnya bisa melintasi tol.

Kembali lagi sebab CC bisa sampai 1000 hingga 2000 CC. Itu merupakan CC yang terbilang sepantaran dengan mobil, sehingga kebijakan moge melintasi tol perlu dikaji, sebab memang performa mesinnya kencang.

  • Kenyamanan dikendarai terutama saat perjalanan jarak jauh

Sesuai dengan bentuk bodinya motor besar sekali, membuat pengendara tidak perlu khawatir untuk mengendarainya. Bisa stabil dalam perjalanan jarak jauh terutama saat dikendarai kencang. Menjadi satu keunggulan yang tidak ada tandingannya.

Malahan semakin kencang dipacu akan membuat kestabilan dari Harley Davidson semakin bagus. Sehingga ini akan memberikan rasa nyaman saat sedang touring untuk keperluan apa pun.

Tidak heran banyak artis Ibu kota melakukan touring bersama antar provinsi dengan gunakannya. Sebab memang nyaman dikendarai dengan berbagai fitur memanjakan. Bukan hanya soal pride saja ternyata, memang kualitasnya terbaik.

Jenis-jenis Motor Harley Davidson Terlengkap

Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif_Jenis-jenis Motor Harley Davidson Terlengkap
Harley Davidson Motor CC Besar yang Masih Eksklusif_Jenis-jenis Motor Harley Davidson Terlengkap

Saat ini jenis moge simbol kebebasan asal AS ini yang sudah beredar mencapai 7 jenis. Tentu ini memiliki karakteristik dan kegunaan sesuai dengan pilihan usernya. Jadi tidak boleh asal pilih.

Kebanyakan user langsung kepincut hanya karena bentuknya, padahal kegunaannya tidak akan bisa dimaksimalkan olehnya. Jadi guna meminimalisir hal tersebut, Kalian harus tahu mengenai 7 jenis tersebut agar mengetahui seluk beluknya.

Dari setiap jenis moge akan dibedakan berdasarkan engine, frame, ciri khas, suspensi, dan masih banyak lagi. Jadi Anda bisa langsung cermati semua itu untuk menentukan mana gaya yang cocok dipilih.

  • Touring atau berkendara jarak jauh

Pilihan pertama pada varian jarak jauh, di mana menawarkan kestabilan dalam berkendara jarak jauh. Bahkan layaknya sebuah mobil yang nyaman untuk dikendarai antar provinsi sekalipun, umumnya berat keseluruhan mencapai 400 kg.

  • Cruiser

Pilihan kedua masuk dalam kategori softails, di mana berartian buntut lembut. Di mana ini kegunaannya hampir mirip dengan touring, namun tidak dianjurkan bagi pemula. Sebab tingkat kesulitan mengendarainya tinggi walau bobot ringan.

  • Softail

Berbeda sedikit dengan Cruise, di mana memiliki bentuk sangat kaku layaknya motor laki jaman 90-an. Dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, pada bagian belakang terdapat shockbreaker yang disembunyikan oleh pabrikan.

  • Dyna

Bisa dibilang ini versi city motor gede pabrikan AS ini, sebab bentuk darinya terbilang kecil dan dilengkapi dengan 2 shockbreaker belakang plus karet di mesinnya. Membuat ini cocok digunakan sehari-hari.

  • Sportster

Sesuai namanya ini merupakan tipe dengan mesin dan rangka ramping. Dikatakan paling ringan memang iya dan bersaing dengan dyna. Lalu ukuran CC mesinnya bisa sampai 1200 cc, bukankah sangat kencang?

  • V-ROD

Konsep motor sport diambil dan diterapkan pada jenis satu ini. Di mana ada dua jenis konsep yakni power dan sport, disertai juga dengan cooled sistem yang pastinya buat mesin adem.

  • Buell

Jika jenis lainnya masih ada bentuk-bentuk Harley Davidson, berbeda pada Buell yang didesain memang untuk menyaingi motor sport lainnya. Tapi tetap mengusung brand legendaris dunia tersebut.

Perawatan Motor Harley Davidson Baik dan Benar 

Harga beli selangit dengan kualitas tiada tandingannya, membuat Kalian sebagai pemilik harus memperhatikan perawatan. Sebab banyak juga user yang hanya beli lalu simpan, ujung-ujungnya harus beli sparepart mahal.

Padahal bila dirawat dengan benar pasti hal tersebut tidak akan terjadi. Lalu bagaimana cara merawat? Tidak ada yang berbeda di mana sebenarnya sama saja seperti motor lainnya dengan selalu memanasi.

Selain itu menjaga kelistrikan, busi, oli, dan sebagainya juga urgen dilakukan. Cek tekanan ban, rantai, dan selalu gunakan bahan bakar minyak terbaik. Demi membuat kinerja dari mesin tetap bisa terjaga.

Baca juga: Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Sesudah semua itu dilakukan, boleh digunakan touring sekali kali. Tapi jangan terus gunakan setiap bulan, bagaimanapun ini adalah sebuah barang elektronik. Jadi meski mahal, Harley Davidson tetap perlu digunakan hati-hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here