Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya

0
378
Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya
Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya

Saat ini, penggunaan spion winglet tampaknya mulai diminati. Walaupun sekilas seperti moge, namun harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk lebih diminati oleh motor – motor pabrikan Jepang.

Baca Juga: Penyebab Turun Mesin pada Motor, Berikut Penjelasannya

Bentuk seperti melebar inilah yang membuatnya ketika diaplikasikan, membuat motor seperti Yamaha R15 tampak seperti motor gede. Walaupun bentuknya unik, namun spion winglet tetap berfungsi sebagai spion kendaraan seperti biasanya.

Selain berperan sebagai aksesoris unik, spion winglet juga membantu agar pengendara motor memiliki jarak pandang luas dengan pengendara lain. Penjelasan kami berikutnya akan menjelaskan apa saja fungsi spion pada kendaraan motor.

Memahami Fungsi Spion pada Motor

Keberadaan spion dalam kendaraan bermotor memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu, pemerintah terus mengawasi penggunaannya agar sesuai dengan standar dan tidak membahayakan pengendaranya.

Beberapa spion justru tidak sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia), namun untuk spion winglet sendiri sudah dijamin aman. Simak penjelasan berikut mengenai fungsi spion pada sepeda motor.

  • Menjaga Kualitas Bodi Motor

Melalui kaca spion, pengendara dapat mengetahui apabila ada bahaya datang dari belakang, sehingga bisa segera menghindar. Dengan begitu menghindari kerusakan bodi motor, mengingat banyak sekali kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

  • Memantau Kondisi Sekitar

Harga spion Winglet buat Yamaha R15 dkk juga dapat dilihat dari fungsinya untuk memantau kondisi sekitar. Melalui pemasangan spion, maka pengendara dapat memantau jarak pandangnya yang tidak dapat dijangkau sendiri.

Oleh sebab itu, memasang kaca spion juga tidak bisa sembarangan. Secara umum, ada ukuran dengan tinggi 75 – 80 mm, lebar 130 – 140 mm, dan tinggi stang 100 – 130 mm supaya aman.

  • Membantu Penglihatan Saat Parkir

Walaupun memarkirkan motor bukanlah sesuatu yang sulit, namun keberadaan spion membantu memantulkan visibilitas belakang. Dengan begitu, jangkauan penglihatan pengendaranya semakin luas saat parkir supaya tidak keluar jalur.

  • Mengukur Jarak dengan Pengendara Lain

Fungsi selanjutnya yaitu mengukur jarak dengan pengendara lain. Terlebih jika dalam posisi ingin membalap, maka spion dapat menjadi pengukur jarak dengan kendaraan yang melintas di belakang atau samping.

  • Menghindari Kejahatan

Fungsi terakhir adalah untuk menghindari kejahatan. Sebelum mencari tahu informasi mengenai harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk, sebaiknya ketahui dulu bahwa benda tersebut sangat berfungsi.

Apalagi jika berkendara malam hari, maka spion berguna untuk memantau gerak – gerik kendaraan di belakang Anda. Sehingga sangat penting untuk menggunakan spion sesuai standar dari pemerintah.

Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk

Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya_Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk
Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya_Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk

Spion winglet memiliki 3 tipe yang dapat Anda pilih untuk dijadikan sebagai aksesori kendaraan motor. Anda dapat memilihnya sesuai tipe motor serta pilihan yang sesuai dengan tampilannya.

Pada umumnya, spion ini sering dipakai untuk motor sejenis Yamaha R15, R25, Kawasaki ZX25R, Ninja 250, Honda CBR250RR, Honda CBR150R, serta Suzuki GSX – R150.

Harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk juga berbeda menurut tipenya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, 3 tipe tersebut antara lain hard plastik biasa, hard plastik lapis carbon, dan winglet full CNC.

Untuk tipe hard plastik biasa, umumnya dibanderol harga Rp. 1,2 juta. Tipe hard plastik lapis karbon harganya sekitar Rp. 1,8 juta. Sementara untuk tipe full CNC, berada pada kisaran harga Rp. 2,4 juta.

Namun beberapa toko otomotif juga menyediakan jasa lapis carbon saja bagi yang sudah memiliki spionnya. Sehingga untuk pemasangan lapis carbon cukup dihargai sekitar Rp. 800 ribu.

Perlu diketahui, bahwa selain bentuknya unik, spion winglet diklaim dapat memberikan efek downforce pada sepeda motor. Efek downforce sendiri merupakan istilah yang merujuk pada gaya turun, yaitu tekanan ke bawah seperti mobil.

Harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk juga terbilang unik, sebab rancangan utamanya terletak pada bagian kacanya. Sebenarnya, untuk desain winglet sendiri sudah pernah diaplikasikan pada Kawasaki maupun Ninja H2R.

Selain unik, spion winglet juga dipercaya jauh lebih efektif jika dipakai untuk motor sejenis Yamaha R15 atau sejenisnya. Jadi, selain memberikan tampilan berbeda serta trendi, pemakaian winglet membuat penglihatan jarak lebih mudah.

Cara Memasang Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk

Karena semakin menjadi trend dan sering diminati, maka keberadaan spion winglet juga semakin beredar luas di pasaran. Ditambah bentuknya terlihat unik daripada spion bawaan motor maupun spion pada after market sebelumnya.

Bentuknya yang sederhana namun membuat motor jadi tampak lebih sangar seperti sport atau motor balap. Awalnya kehadiran winglet sendiri untuk sport berkubikasi besar, tetapi sekarang juga tersedia untuk motor kecil di pasaran.

Harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk didasarkan dari cara pemasangannya, di mana sebenarnya cukup menggunakan konsep plug and play saja. Awalnya winglet terinspirasi dari fairing Kawasaki H2R.

Tetapi kemudian ditambahkan kaca, sehingga selain dapat dipakai untuk aksesoris, juga memiliki fungsi bagi pemotor. Sesuai dengan namanya, saat winglet berada dalam posisi terbuka, fungsinya seperti spion biasanya.

Namun ketika posisinya ditutup, maka wujud dari winglet tampak seperti sayap fairing. Oleh sebab itu, keunikan dari spion winglet ini menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa pengendara motor.

Harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk memang terbilang lumayan cukup mahal dibanding kaca spion lainnya. Namun pada kenyataannya, banyak pemotor melirik spion ini karena bentuknya unik seperti sayap.

Proses pemasangannya sendiri juga dapat dibilang sangat mudah. Anda cukup melepas spion bawaan. Lalu pasang spion winglet pada dudukan spion. Karena konsepnya cukup plug and play, maka hanya tinggal ditancapkan saja.

Selain itu, Anda dapat mengatur spion winglet sesuai keperluan, tidak heran jika jenis winglet ini merupakan pilihan menarik. Apalagi bagi pengendara yang menginginkan agar motornya tampil beda namun tetap mengandalkan keselamatan.

Sebenarnya, memasang spion winglet dapat dilakukan sendiri di rumah, karena terbilang sangat praktis. Namun, Anda juga dapat memasangnya pada dealer – dealer resmi terpercaya untuk menghindari baut – baut yang tidak erat.

Tips Merawat Spion Winglet dan Spion Lain Pada Umumnya

Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya_Tips Merawat Spion Winglet dan Spion Lain Pada Umumnya
Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya_Tips Merawat Spion Winglet dan Spion Lain Pada Umumnya

Sebagai kendaraan yang sering digunakan untuk bepergian, maka motor perlu dirawat agar tidak mudah rusak, apalagi bagian spionnya. Hal ini terdengar remeh, sebab kebanyakan orang lebih memperhatikan bagian bodinya saja.

Posisi spion membuatnya sering terkena sinar matahari, hujan, debu yang membuatnya mudah kotor. Oleh sebab itu, spion perlu mendapatkan perhatian lebih. Karena perannya sangat vital, maka Anda perlu merawatnya dengan cara berikut ini.

  • Bagian Baut Engsel

Harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk terbilang cukup mahal karena kepraktisannya serta bentuk uniknya. Untuk menjaga keawetannya, maka Anda wajib rajin mengecek bagian baut engsel, letaknya di belakang spion.

Apabila bautnya bermasalah, maka kaca spion bisa kendor dan menyebabkan pandangan terganggu ketika akan mengatur jarak dengan pengendara lainnya. Maka dari itu, rajinlah memberi pelumas atau oli di sekitarnya supaya tidak berkarat.

  • Bagian Kaca Spion

Kedua, pada bagian kaca spion yang perlu diperhatikan apalagi jika sudah memasuki musim hujan. Apabila terlalu sering kehujanan lalu tidak segera dilap, maka bisa menimbulkan jamur ataupun bercak – bercak putih.

Tentu saja hal ini dapat mengganggu pandangan ketika berkendara. Oleh karenanya, setelah terkena hujan, pastikan untuk segera mengelapnya. Pastikan menggunakan lap kering supaya bulir airnya meresap dalam kain lap tersebut.

  • Bagian Gagang Spion

Terakhir, adalah pada bagian gagang spionnya. Harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk tentunya sebanding dengan performa serta penampilannya. Oleh sebab itu, pastikan pada bagian gagang spionnya untuk selalu dirawat.

Caranya adalah dengan memberi karet pelindung, jadi jika terkena air hujan, maka gagang tersebut tidak mudah berkarat. Mengingat jika sudah berkarat, kemudian sering dijadikan gantungan helm, akan membuatnya mudah patah.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan silikon yang dicampur oleh air, tujuannya agar air hujan tidak mudah menempel lalu menimbulkan karatan.

Baik spion winglet maupun kaca spion biasa, sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisinya agar selalu awet. Peran spion sendiri sangat vital bagi sebuah kendaraan, jadi jangan diabaikan.

Baca Juga: Cara untuk Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor yang Efektif

Pemasangan spion winglet memang terbilang cukup mudah, namun pastikan untuk selalu rajin merawatnya. Mengingat harga spion winglet buat Yamaha R15 dkk yang mahal, jadi bisa rugi jika tidak dirawat dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here