Pangsa pasar motor matik di Indonesia cukup menggiurkan. Coba saja lihat di jalanan, berapa persen kendaraan yang melintas merupakan motor matik. Itulah sebabnya banyak yang merasa perlu mengetahui informasi harga spare part motor Mio, salah satu pelopor skuter matik di Indonesia.

Baca juga : Kenali Fitur Unggulan Dan Penyakit Wuling Cortez Sebelum Membeli

Komponen Yang Sering Harus Diganti Pada Motor Mio

harga spare part motor Mio

Sebagaimana sebuah alat yang digunakan, komponen dalam mesin motor matik juga berisiko mengalami aus, sehingga menurunkan kinerjanya. Saat hal ini terjadi, sangat penting untuk menggantinya dengan suku cadang baru agar mesin kembali optimal. Di bawah ini suku cadang yang harus sering diganti.

1. Continously Variable Transmission (CVT)

CVT ini merupakan sebuah komponen sebagai penyalur daya yang berasal dari mesin. Ada beberapa rangkaian CVT yang harus diperhatikan, yaitu V-belt, per, kampas ganda, dan roller. Jika salah satu dari rangkaian ini bermasalah, tentu saja akan memengaruhi komponen lainnya.

Hal yang paling sering terjadi adalah munculnya suara dan getaran pada mesin saat kendaraan digas dengan kecepatan rendah. Umumnya penyebab kondisi ini adalah kampas ganda yang kotor atau V-belt yang getas. Penanganannya adalah dengan membawa ke bengkel untuk melakukan pembersihan.

Jika kondisi tersebut dibiarkan berlarut-larut, akan menyebabkan kerusakan yang mengharuskan penggantian spare part dini. Akan lebih efektif jika menjadwalkan perawatan rutin untuk komponen gerak ini. Idealnya setiap 2000 km sekali, motor harus dibawa untuk perawatan CVT ini.

Untuk mudahnya, bisa juga sekalian melakukan pengecekan saat ganti oli. Ada baiknya mengetahui harga spare part motor Mio ini agar dapat menggantinya jika diperlukan.

2. Rantai Dan Gear

Selain CVT, komponen lain yang cukup mendapat beban dalam gerak kendaraan adalah gear dan rantainya. Sebagai penggerak roda, beban yang diterima rantai membuatnya mudah melar. Selain itu, gear juga akan mengalami keausan. Jika dirasa kondisinya sudah mencapai batas, segera ganti dengan set rantai dan gear yang baru.

3. Kanvas Rem

Komponen yang satu ini sangat penting dalam keselamatan berkendara. Saat digunakan, gesekan yang terjadi akan mengakibatkan kanvas rem menjadi aus. Jangan biarkan kampas rem menipis, hingga habis. Gantilah segera jika kampas rem mulai menipis. Cek harga spare part motor Mio, sehingga tahu dana yang harus disiapkan.

4. Filter

Komponen yang satu ini juga perlu rutin dicek. Ada filter udara (air filter) dan bahan bakar. Pada air filter, fungsinya adalah menyaring udara yang digunakan untuk membantu dalam pembakaran bensin. Jika filter ini kotor, udara bersih akan terhambat, sehingga karburator kekurangan suplainya dan terganggu kinerjanya.

Cara paling mudah untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin. Jangan biarkan filter menjadi tersumbat oleh kotoran atau debu selama penggunaan. Namun, filter ini juga perlu diganti secara berkala.

Biasanya, pihak bengkel akan memberikan perkiraan harga spare part motor Mio ini sebelum melakukan penggantian. Sebaiknya melakukan penggantian di bengkel resmi Yamaha. Sebab, bisa saja harga yang diberikan bengkel umum lebih mahal.

5. Busi

Komponen yang satu ini bertugas untuk memercikkan api ke dalam ruang mesin. Nyala api inillah yang menggerakkan piston yang berada di ruang silinder. Hal yang sering terjadi adalah ujung busi terkena oli, atau tekanan udara. Akibatnya, motor akan susah dinyalakan atau tidak bisa dipacu karena tenaganya menurun.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya segera mengganti busi dengan yang yang baru. Perhatikan harga spare part motor Mio ini. Jangan tergiur harga murah yang bisa jadi justru disebabkan produk palsu.

Ketahui Harga Spare Part Mio Agar Tidak Ragu Dalam Melakukan Penggantian

harga spare part motor Mio

Semakin tua usia kendaraan, makin banyak komponen-komponen yang mulai aus dan perlu mendapat perhatian. Mengganti komponen tersebut dengan yang baru akan membuat kinerja mesin kembali optimal dan motor melaju layaknya baru.

Namun, sebelum menggantinya, perlu mengetahui harga spare part motor Mio terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan tergiur memilih sparepart dengan harga anjlok yang mungkin palsu. Selain itu, dengan mengetahui harganya, dapat mempersiapkan dana dengan lebih baik. untuk itu, bisa dicek daftar berikut ini.

1. Komponen Mio Soul

Mio Soul ini merupakan generasi penerus yang menjadi penyempurnaan dari Mio generasi awal. Penyegaran yang ada pada Mio Soul ini tampak pada bodinya yang didesain menjadi lebih berisi. Motor ini juga dibuat lebih rendah, sehingga lebih stabil saat dipacu. Perlu bagi pemilik kendaraan untu tahu harga spare part motor Mio.

Harga Spare Part Mio Soul

  • Relay starter Mio Soul 115 cc Rp.62.000
  • Piston Mio Soul 115 cc Rp.53.000
  • CDI Mio Soul 115 cc Rp.220.000
  • Ring Piston Mio Soul 115 cc Rp.67.000
  • Kampas rem belakang Mio Soul 115 cc Rp.37.000
  • Kampas rem depan/set Mio Soul 115 cc Rp. 75.000
  • Filter Udara Mio Soul 115 cc Rp.29.000
  • V-belt Mio Soul 115 cc Rp.62.000

2. Spare Part Mio J

Motor matik ini dipuji memiliki tarikan kencang dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Kelengkapannya modern dan mesinnya memiliki teknologi inovatif. Selain itu, motor ini memiliki tampilan bodi atraktif dan tampak canggih. Motor ini juga dilengkapi dengan suku cadang. Harga spare part motor Mio dipasarkan dalam kisaran sebagai berikut.

Harga Spare Part Mio J

  • Fuel pump Mio J Rp.195.000
  • Penyaring bahan bakar Mio J Rp.80.000
  • Air filter Mio J Rp.55.000
  • Per CVT Mio J Rp.50.000
  • Injector Mio J Rp.100.000
  • Cover CVT Mio J Rp.215.000
  • Silinder blok Mio J Rp.194.000
  • Mangkok ganda mio J Rp.110.000

Tips Merawat Motor Mio

harga spare part motor Mio

Meskipun tersedia suku cadang dengan harga spare part motor Mio yang cukup terjangkau, bukan berarti penggunaannya dapat sembrono. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menjaga agar motor matik Mio yang dimiliki awet dan tidak rewel. Perlakuan yang tepat akan membuat mesin selalu tampil prima.

Salah satunya adalah rutin melakukan cek aki. Tujuannya adalah untuk menjaga agar mesin tidak keropos. Jika mesin mengalami korosi, motor akan susah dihidupkan. Selain itu, ganti oli secara rutin. Jangan menunggu sampai oli menjadi hitam, mengental, atau bahkan kering. Sebab, ini membuat kinerja mesin menurun.

Penting juga untuk memastikan setelan karburator dalam posisi pas. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko motor tiba-tiba mati saat dikendarai. Untuk menghindari mesin rusak, sebaiknya kendarai motor dengan wajar. Artinya, jangan menggeber gas maupun mengerem secara mendadak.

Hal rutin yang perlu dilakukan sebelum mengendarai motor dalam keadaan mesin dingin adalah memanasinya selama kurang lebih 1-5 menit. Hal ini penting agar mesin tidak mengalami kejutan. Selain itu, pastikan juga agar bensin selalu terisi. Jangan gunakan motor matik hingga bensin habis. Ini dapat merusak mesin.

Baca juga : Cara Survei Harga Spare Part Motor BeAt Terbaru Dan Original

Itulah tadi pembahasan mengenai harga spare part motor Mio dan tips merawatnya agar mesin kendaraan kesayangan tetap mulus. Jangan tunda melakukan penggantian suku cadang jika ditemui adanya keausan atau kerusakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kinerja motor tetap dalam kondisi prima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here