Perbandingan Jenis Kualitas Harga Spare Part Motor CBR 150R

0
547

Pengguna sepeda motor dari zaman ke zaman selalu mengalami peningkatan. Secara tidak langsung ini menjadi sebuah indikator bahwa kebutuhan akan spare part motor meningkat. Sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh segelintir oknum nakal yang menyediakan harga spare part motor cbr 150R di bawah standar.

Baca Juga : Daftar Harga Spare Part Motor Byson dan Anggaran Perawatan

Kini memiliki kendaraan pribadi, sepeda motor misalnya, seperti menjadi sebuah keharusan. Hal ini tentu saja memiliki sebuah risiko, yaitu keharusan untuk merawat performa mesin motor tersebut. Pasalnya motor yang tidak dirawat dengan baik, akan beresiko mengalami deselerasi, alias penurunan performa.

Jenis Kualitas dan Harga Spare Part Motor CBR 150R

Awal Mula

harga spare part motor CBR

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada dua macam jenis kualitas harga spare part motor CBR 150R di pasaran. Pasalnya kebutuhan akan spare part motor ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tentu saja ini merupakan imbas dari semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor.

Hal ini dilatarbelakangi dengan tuntutan zaman yang selalu menginginkan perubahan  dan pergerakan dengan cepat. Sementara jika hanya mengandalkan moda transportasi umum, dinamika kehidupan tidak berjalan sesuai dengan target. Selain itu, tentu ada berbagai alasan lainnya yang melatarbelakangi keputusan memiliki kendaraan pribadi

Kembali ke jenis kualitas spare part. Sudah disinggung di awal, bahwa adanya dua macam jenis kualiatas spare part ini. Tidak lain karena adanya permintaan akan kebutuhan spare part kendaraan bermotor yang murah dan dapat dengan mudah ditemukan.

Hal ini ternyata kemudian dimanfaatkan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Di pasaran, harga spare part motor CBR 150R yang asli original, selain mahal juga sulit ditemukan. Bahkan di bengkel resmi AHM sekalipun.

Awalnya ini terjadi karena memang sepeda motor Honda CBR 150R khususnya yang versi OLD, adalah motor import dengan sistem CBU. Sistem CBU ini maksudnya adalah sebuah proses import motor yang sudah dalam kondisi komplit. Sudah tahap selesai perakitan.

Sehingga resikonya ketika motor memerlukan penggantian spare part, maka akan mengalami kesulitan dalam mendapatkannya. Bagaimana tidak? Motor tersebut di import secara utuh, pasti spare part yang digunakan juga berasal dari asalnya. Inilah yang mengakibatkan adanya oknum nakal yang memanfaatkan kesempatan.

Varian Kualitas Spare Part Motor CBR

harga spare part motor CBR

Saat ini, motor CBR 150R terbagi menjadi 2 varian, yaitu varian old dan new. Keduanya dibedakan oleh sistem. Pada motor CBR varian old, sistemnya adalah CBU, sementara yang new tidak. Kehadiran sepeda motor All New CBR 150R di kancah dunia otomotif, memberikan angin segar pagi para pengguna CBR.

Pasalnya sepeda motor Honda All New CBR 150R, di desain dan dibuat langsung di Indonesia. Sehingga secara keseluruhan spare part yang digunakannya asli produk lokal Indonesia. inilah poin pentingnya, yaitu akhirnya tersedia harga spare part motor CBR yang murah, dan mudah didapatkan.

Walau begitu, tetap masyarakat harus waspada dan berhati hati dalam proses pembeliannya. Jangan sampai karena tergiur harga yang murah, dan ketersediaan stok yang memadai. Mengakibatkan dirinya terjebak pada kualitas produk yang rendah. Alias produk palsu, entah memang palsu, atau malah produk produk rekondisi.

Spare part rekondisi ini maksudnya adalah spare part bekas yang dikemas kembali menjadi seperti baru. Sungguh mengkhawatirkan sekali, bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencermati harga spare part motor CBR 150R.

  1. Perhatikan Kemasannya

Ketika akan membayar sejumlah harga spare part motor CBR, hal pertama yang harus dilakukan adalah, perhatikan kemasannya. Masih benar benar tertutupkah? Segel produk utuhkah? Adakah sobekan atau goresan? dan sebagainya. Ini penting untuk menghindarkan diri dari membeli produk spare part yang palsu atau rekondisi.

  1. Perhatikan Fisik Spare Part

Setelah dibayar, maka buka dan perhatikanlah fisik spare part yang dibeli. Adakah hal yang tidak wajar? Benarkah penampakan fisik umumnya spare part tersebut benar benar seperti barang baru?

Sebab spare part yang palsu, biasanya tampilan fisik spare part, tidak sempurna. Pasalnya dalam proses produksi spare part palsu, tidak memiliki standar kualitas yang jelas. Bahkan bisa dibilang hanya ala kadarnya, ini terjadi karena mengejar kuantitas produksi.

Selanjutnya, samakan spesifikasi fisik dari spare part yang dibeli dengan standarnya melalui website resmi. Karena, meski dibuat semirip mungkin dengan spare part yang asli. Spare part tiruan pasti akan dibuat dengan bahan yang berbeda. Misal, spare part asli dibuat dengan baja, sementara yang palsu dibuat dengan besi.

  1. Perhatikan Kode dan Nomor Seri

Langkah selanjutnya setelah membayar sejumlah harga spare part motor cbr adalah perhatikan kode dan nomor seri. Cek kembali kesesuaian kode dan nomor seri yang terdapat pada kemasan dengan pada fisik spare part. Bila perlu, cek juga ke website resmi, untuk melihat kesesuaian di katalog.

  1. Tanyakan Garansi Produk

Setelah melakukan tiga poin diatas, maka saatnya menanyakan tentang garansi produk tersebut. Biasanya, harga spare part motor cbr yang asli akan relative mahal, sebab dalam harga jugal, mengcover garansi produk. Sehingga bila produk yang dibeli tidak memiliki garansi maka harus dipertanyakan.

Kalau pun ada garansi, tetapi garansi yang diberikan hanya sebatas garansi toko. Maka bisa diwaspadai bahwa harga spare part motor CBR yang dibayar merupakan spare part palsu, terlepas produk tersebut di banderol dengan harga yang mahal ataupun murah.

  1. Harganya Masuk Akal

Langkah pamungkas dalam mencermati isu keaslian produk dari harga spare part motor cbr adalah dengan membandingkan harga. Harga yang dibayar dengan harga umum pasaran, bila perlu cari rujukan langsung ke katalog dan atau website resmi, atau bisa juga ke pihak bengkel resminya.

Bagaimana pun kondisinya, harga spare part motor baru yang asli akan lebih mahal dibandingkan dengan lainnya. Ini menjadi standar mutlak. Jangan mudah tergiur dan percaya dengan spare part harga murah. Teliti kembali sebelum membeli.

Solusi mendapatkan Harga Spare Part Motor CBR yang Kompetitif

harga spare part motor CBR

Solusi untuk mendapatkan harga spare part motor yang kompetitif adalah dengan selalu membeli ditempat tempat penjualan spare part resmi, seperti di dealer resmi, bengkel resmi, atau bahkan bengkel bengkel besar yang terpercaya.

Kalau pun ingin membeli via penjual di marketplace secara online, pastikan hanya membeli di penjual terpecaya. Jika ada, cari Official Storenya di marketplace, jangan malas untuk mengecek review customer yang sudah berbelanja lebih dulu. Berhati hati itu baik, dari pada motor mengalami deselerasi?

Baca Juga : Daftar Harga Spare Part Motor KLX 150 L Yang Harus Diketahui

Demikianlah pembahasan serba serbi mengenai harga spare part motor cbr. Untuk menjaga performa mesin, baiknya selalu pakai spare part yang asli dan baru. Karena selain menjaga performa mesin, keselamatan dalam berkendara juga menjadi jaminan saat memakai spare part motor yang asli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here