Cara Survei Harga Spare Part Motor BeAt Terbaru Dan Original

0
459
harga spare part motor BeAt

Selama ini, harga spare part motor BeAt cenderung stabil. Jika pun ada kenaikan, tidak terlalu signifikan. Akan tetapi sepertinya sulit berharap harga spare part mengalami penurunan. Meskipun di pasar otomotif harga motor cenderung turun akhir-akhir ini.

Baca Juga : Sebelum Membeli Mobil Ini, Wajib Anda Tahu Penyakit Wuling Confero Dan Keunggulannya

Kebutuhan akan spare part tentu tidak bisa dihindarkan oleh para pengguna motor. Karena pada dasarnya kendaraan merupakan barang yang terus berkurang nilainya secara ekonomi. Hal ini terjadi akibat penurunan nilai barang dari waktu ke waktu. Baik karena penggunaan maupun korosi.

Spesifikasi dan Harga Motor BeAt

harga spare part motor BeAt

Motor BeAt telah menjadi salah satu model motor matic paling laris di Indonesia. Berdasarkan hasil survei lapangan, hampir tidak ada ruas jalan utama yang tidak dihiasi dengan melintasnya motor BeAt. Ini membuktikan bahwa minat masyarakat tingi terhadap spesifikasinya yang berupa:

1. Desain

Dari sisi desain, motor Honda BeAt memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis motor Honda lainnya. Otomatis harga spare part motor BeAt berbeda dengan spare part Honda model lain. Desain yang kecil ini diminati oleh mayoritas wanita dan remaja dengan ukuran fisik menyesuaikan.

Karena ukurannya yang kecil, jenis motor ini tergolong ringan. Sehingga pengguna dengan fisik sesuai dapat membawa motor tanpa takut dan khawatir tidak bisa menguasai saat di jalan. Sayangnya, desain minimalis ini membuat motor BeAt cenderung kurang nyaman dibawa kecepatan tinggi.

2. Mesin

Motor Honda BeAt versi terbaru mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc, setelah versi pertamanya hanya 108 cc. Peningkatan kapasitas ini tentu menjadi kabar bagik bagi para penggunanya. Apalagi pada banyak bagian tidak mempengaruhi harga spare part motor BeAt.

Kapasitas mesin yang dimiliki oleh sebuah motor berpengaruh pada kinerjanya saat mengaspal di jalanan. Kendaraan dengan kapasitas mesin lebih besar memiliki kemampuan berpacu dalam kecepatan tinggi. Selain itu, performa mesin berpengaruh pada daya tahannya terhadap perjalanan berat.

Menilik kemampuan yang dimiliki oleh motor BeAt, sebaiknya memang motor ini tidak digunakan di medan berat. Cukup tangguh jika hanya digunakan untuk kebutuhan perjalanan pendek sehari-hari. Namun kurang layak jika digunakan touring ke luar kota atau menempuh medan yang berat.

3. Kapasitas Bensin

Pada generasi awal, Honda BeAt hanya mampu menampung bensin sebanyak 4 liter. Namun di varian terbarunya, kini motor mini ini sanggup menampung hingga 4,2 liter bensin. Perubahan tersebut mungkin berpengaruh pada harga spare part motor BeAt di beberapa bagian.

Dengan kapasitas bensin yang lebih besar, tentu jarak tempuh yang bisa dicapai lebih jauh. Selain menghemat waktu untuk mengunjungi SPBU, kapasitas bensin yang lebih banyak bisa menyelamatkan pengguna dari kehabisan bahan bakar di saat yang tidak diinginkan.

4. Ban

Ada selisih sedikit ukuran ban motor BeAt bagian depan dengan bagian belakang. Jika di bagian depan motor ini menggunakan ban ukuran 80/90 sedangkan di bagian belakang menggunakan ukuran 90/90. Diameter kedua bagian ban tersebut sama, yaitu 14 inchi.

Perbedaan ukuran tersebut menunjukkan bahwa ban belakang perlu memiliki lebar yang lebih besar nilainya dari ban depan. Dengan harapan, ketika lebar ban lebih besar, motor lebih tahan terhadap tekanan penumpang dan terjalnya medan perjalanan.

Sedangkan tinggi ban keduanya sama yaitu 90 mm. Hal ini berarti bahwa keduanya dapat diisi dengan tekanan udara yang sama. Namun umumnya tekanan udara ban bagian belakang harus lebih tinggi dari yang depan. Karena ban bagian belakang harus menanggung beban lebih berat.

5. Pengereman

Honda BeAt varian terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman Combi Breaking System (CBS). Teknologi ini berfungsi meningkatkan keamanan pengendara. Agar ketika menarik tuas rem kiri, terjadi keseimbangan sistem pengereman ban depan dan belakang.

Apakah perubahan teknologi pengereman ini mempengaruhi harga spare part motor BeAt? Bisa jadi, tapi sepertinya tida semua spare part dalam sistem pengereman perlu sering diganti. Hanya bagian setelan saja kadang perlu mendapat perhatian lebih agar selalu aman digunakan.

Spare Part Honda Motor BeAt Paling Sering Perlu Ganti

harga spare part motor BeAt

Ketika sebuah kendaraan sering digunakan, pasti ada bagian onderdil yang mengalami penurunan fungsi. Terutama pada sistem yang banyak bersentuhan langsung dengan manusia dan kondisi jalan. Jika memang sudah perlu diganti, maka berapapun harganya tidak masalah, kan?

Jika memang tidak ada cara yang lebih baik dibanding mengganti spare part kendaraan, sebaiknya pilih onderdil asli saja. Toh harga spare part motor BeAt asli umumnya cukup terjangkau untuk bagian yang perlu sering diganti.

Seperti kampas rem, baik depan maupun belakang, tutup dop, shock absorber, aki, dan ban. Beberapa onderdil tersebut perlu diganti setelah pemakaian rutin selama 1-2 tahun. Untuk kampas rem, frekuensi penggantiannya bisa lebih cepat tergantung volume penggunaannya.

Sementara itu bagian yang harus lebih rutin diganti setelah pemakaian per 10.000 km perjalanan adalah oli. Jika tidak diganti, kinerja mesin akan terganggu yang menyebabkannya lebih cepat rusak.

Harga Spare Part Motor BeAt Terbaru

harga spare part motor BeAt

Adakah perbedaan harga spare part motor BeAt yang asli dan kualitas kw atau palsu? Sebelum membahas masalah harga, sebaiknya para pengendara paham beberapa perbedaan onderdil yang asli dengan palsu. Karena kualitas keaslian barang bisa berdampak pada kinerja mesin selanjutnya.

1. Membedakan Spare Part Asli dan Palsu

Bagaimana membedakan ban, kampas rem, atau kabel spedometer asli sesuai spare part bawaan pabrik atau palsu? Jika Anda perlu mengganti beberapa onderdil motor BeAt, perhatikan beberapa kriteria berikut:

a. Harganya

Harga spare part motor BeAt asli biasanya lebih mahal dari yang palsu. Selisihnya lumayan, misal yang asli 100K, yang palsu sekitar 50-60K. tentu perbedaan keaslinan ini berpengaruh pada kualitas barangnya setelah digunakan.

b. Ukurannya

Pada onderdil yang berukuran kecil dan menjadi bagian dari sistem mesin, biasanya ada perbedaan sekian mm dari ukuran versi aslinya. Perbedaan ukuran yang sangat kecil ini juga berpengaruh pada kinerja mesin setelah jangka panjang.

c. Garansinya

Meskipun harga spare part motor BeAt asli dinilai mahal, ada garansi yang bisa  dinikmati oleh pengguna. Sementara barang palsu sering kali tidak menawarkan garansi. Sehingga ketika ada kerusakan setelah membeli, menjadi risiko yang harus ditanggung pengguna.

d. Bahan dan Spesifikasinya

Bahan ban asli yang sesuai dengan standar pabrik sangat berbeda dengan barang palsu meskipun berukuran sama. Penjual biasanya memberi tahu calon pembeli kualitas barang yang dimilikinya secara jujur. Agar nanti setelah membeli, tidak ada alasan bagi penjual untuk memberi ganti rugi.

e. Kemasannya

Setiap barang asli pasti dikemas dengan baik dan rapat. Jika ternyata ketika membeli Anda mendapati kemasan sudah rusak atau sobek, maka sebaiknya minta ganti untuk menjamin keasliannya

2. Harga Spare Part Motor BeAt Terbaru

harga spare part motor BeAt

Anda bisa mengecek update harga terbaru semua spare part motor Honda di dealer resmi Astra terdekat. Lakukan penggantian onderdil di bengkel resminya agar ditangani oleh para tenaga profesional. Selain menjamin keaslian suku cadang, juga meringankan beban Anda dari mengganti sendiri.

Baca Juga : Kenali Fitur Unggulan Dan Penyakit Wuling Cortez Sebelum Membeli

Inilah ulasan singkat mengenai harga spare part motor BeAt orisinil dan terbaru. Biasakan untuk membeli hanya di dealer dan bengkel resmi untuk menjamin kualitas dan keaslian barang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here