Perkiraan Harga Ban Motor Matic Merk Lokal dan Internasional

0
764
ban motor matic

Harga ban motor matic ini memang cukup beragam. Harganya pun memang lebih mahal dibandingkan dengan harga ban motor bebek. Dari segi ukurannya, ban motor matic memang lebih besar dibandingkan dengan ban motor bebek. Maka tidak heran apabila harga ban untuk motor matic ini lebih mahal.

Baca Juga : Perbedaan Bengkel Mobil Matic Umum, Resmi dan Spesialis

Selain itu, ban motor matic ini terdiri dari dua jenis, yakni ban tubeless dan ban dalam. Jenis ban tubeless ini memang lebih disarankan karena proses penambalan akibat kebocoran ban dirasa lebih cepat dan praktis.

Hanya saja, ban tubeless ini tidak dapat dipasang pada semua motor matic. Hanya motor matic yang menggunakan velg besi saja yang dapat menggunakan ban tubeless. Sedangkan untuk motor matic yang masih menggunakan velg ruji, biasanya tidak dapat menggunakan ban tubeless. Sebab, velg tersebut khusus digunakan untuk ban dalam.

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Motor Matic

ban motor matic

Setiap pemilik kendaraan roda dua ini terkadang bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban motor. Penggantian ban motor matic ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Maka dari itu, ini dia waktu penggantian ban motor matic yang tepat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Tapak Ban Gundul

Umumnya, pemilik kendaraan roda dua akan mengganti ban motor matic miliknya jika terlihat gundul. Hal tersebut disebabkan karena motor telah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tapak ban yang telah gundul juga cukup berbahaya . Sebab, daya rekat ban pada aspal jalan semakin menipis. Alhasil, Anda berisiko kecelakaan karena tapak ban telah gundul.

Untuk itu, segera ganti ban motor lama Anda dengan yang baru. Harga ban motor matic ini cukup beragam. Tergantung spesifikasi ban motor matic yang Anda gunakan.

  1. Ban Motor Pecah

Ketika ban motor Anda pecah, maka pemilik kendaraan roda dua ini wajib membeli ban motor kembali. Sebab, ban motor pecah memang tidak dapat digunakan kembali.

Sehingga, Anda disarankan untuk membeli ban motor baru sesuai dengan spesifikasi dan ukurannya. Apabila membeli ban motor lebih besar atau lebih kecil, maka akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam berkendara.

Sebab, velg motor tidak akan kompatibel dengan ban motor yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran standar. Selain itu, Anda juga mengalami kerugian karena harga ban motor matic yang terlalu besar atau kecil yang telah Anda beli justru tidak dapat digunakan.

  1. Ban Motor Rusak Parah

Ban motor matic yang telah rusak parah ini harus segera diganti. Salah satu contoh kerusakannya ini dikarenakan tertembus benda tajam seperti paku payung. Menancapnya paku tersebut membuat kondisi ban motor matic rusak parah.

Sebab, paku tersebut menimbulkan lubang yang cukup besar. Biasanya, untuk ban jenis tubeless ini harus ditambal dengan metode tip top aga lubang tersebut dapat ditambal dan ban motor Anda dapat digunakan kembali.

Perkiraan Harga Ban Motor Matic Merk Lokal

ban motor matic

Rata-rata motor matic ini menggunakan ukuran ban sekitar 80/90 untuk ban depan dan 90/90 untuk ban belakang. Ukuran tersebut memang standar ban motor matic yang ada di Indonesia, seperti Honda Scoopy, Honda Vario, Yamaha Mio, Yamaha Xeon, hingga Suzuki Nex.

Memang, masing-masing ban dengan ukuran tersebut dapat digunakan untuk semua jenis motor matic. Hanya saja, pemilik motor dapat memilih mau menggunakan ban motor matic tubeless atau yang menggunakan ban dalam. Maka dari itu, Anda wajib tahu perkiraan harga ban motor matic untuk merk lokal dan internasional sebelum membelinya.

Ban untuk motor matic yang pertama adalah FDR. Ban motor FDR ini memang diproduksi oleh perusahaan lokal atau asli Indonesia. Secara kualitas, ban FDR ini tidak kalah dengan ban-ban merk luar negeri. Ban FDR ini tersedia dalam dua jenis, yakni FDR Tubeless dan FD Biasa.

Untuk harga dari ban motor matic merk FDR tipe tubeless ini dibanderol seharga Rp. 177.000 untuk ukuran 90/90 (ban belakang) dan Rp. 160.000 untuk ukuran 80/90 (ban depan). Selain itu, FDR biasa ini dibanderol dengan harga Rp. 185.000 untuk ukuran 90/90 (ban belakang) dan Rp. 153.000 untuk ukuran 80/90 (ban depan).

Perkiraan Harga Ban Motor Matic Merk Internasional

ban motor matic

Untuk merk internasional, ban merk Michelin menjadi salah satu rekomendasi untuk ban motor matic. Michelin menjadi salah satu merk ban motor dan mobil tertua di dunia. Sebab, perusahaan tersebut telah dibangun sejak tahun 1907. Michelin juga mengeluarkan produk ban matic. Hanya saja, ban untuk motor matic ini hanya tersedia tipe tubeless saja. Harga ban motor matic merk Michelin ini memang lebih mahal dibanding merk lokal.

Tercatat, untuk ban ukuran 80/90 (ban depan) tipe M29s dijual seharga Rp. 250.000. Sedangkan, untuk ukuran ban 90/90 (ban belakang) tipe M29s dijual seharga Rp. 300.000. Memang, harga ban merk internasional ini lebih mahal. Namun, daya cengkram dan keawetannya tidak perlu diragukan lagi.

Ban Motor Matic Merk Lokal dengan Internasional, Bagus Mana

ban motor matic

Memang, memilih ban untuk motor ini bukan perkara mudah. Sebab, merk ban untuk motor ini cukup beragam. Anda dapat membeli ban matic, baik tubeless atau biasa dari merk lokal atau internasional. Sekilas, memang tidak ada perbedaan yang cukup mencolok antara ban merk lokal dengan internasional.

Hanya saja, ban matic merk internasional ini menggunakan teknologi terbaru yang dapat menambah daya cengkram ban ke aspal. Sehingga, risiko terjadi kecelakaan akibat ban selip dapat diminimalisir. Selain itu, keawetan penggunaan ban merk luar negeri ini tidak perlu diragukan lagi.

Untuk harga ban motor matic merk internasional ini terbilang cukup mahal. Anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 untuk satu ban saja. Apabila Anda memiliki budget lebih, memang disarankan untuk menggunakan merk luar negeri. Sebab, dari segi kualitas tidak perlu diragukan.

Selain itu, pabrikan ban lokal juga mengeluarkan produk khusus untuk motor matic. Ban motor matic merk lokal ini terdapat dua jenis, yakni ban tubeless dan ban biasa yang menggunakan ban dalam. Anda tidak perlu khawatir, ban merk lokal ini telah sesuai standar jalanan Indonesia yang sedikit keras dan bergelombang.

Sehingga, motor tetap aman ketika digunakan berkendara di jalanan. Harga ban motor matic merk lokal ini memang jauh lebih murah. Untuk tipe ban tubeless ini dibanderol seharga Rp. 160.000 hingga Rp. 177.000. Untuk tipe ban biasa ini dibanderol seharga Rp. 153.000 hingga Rp. 185.000.

Apabila Anda ingin menggunakan ban berkualitas, maka kami sarankan untuk menggunakan ban matic merk luar negeri seperti Michelin. Jika Anda ingin menggunakan ban matic standar dengan harga murah, maka kami sarankan menggunakan ban merk lokal seperti FDR.

Baca Juga : Simak 4 Raja Mobil Matic Murah dan Terbaik, Ada Favoritmu ?

Setiap pemilik motor matic wajib tahu jenis-jenis ban beserta ukurannya. Sebab, Anda harus tahu ukuran dan jenis ban yang sesuai dengan motor. Selain itu, Anda juga harus tahu perkiraan harga ban motor matic sesuai dengan tipe dan jenisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here