Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022

0
35
Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022
Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022

Saat ini motor terlaris di Indonesia didominasi oleh keluaran Honda dan Yamaha. Kedua brand tersebut keluaran Jepang tersebut telah mendominasi pasar kendaraan di Indonesia sejak lama. Perkembangan berbagai jenis serta model kendaraan yang semakin kekinian banyak menarik minat penggunanya. 

Baca Juga: Perjalanan GM atau General Motor Indonesia Hingga Saat Ini

Konsumen Indonesia sudah lama mengenal dan sangat identik dengan dua brand besar tersebut. Sedangkan jenis yang saat ini sangat laris dipasaran adalah motor matic. Selain trendi, skuter matic sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang ramah bagi pemula. 

Berbeda dengan jenis bebek, matic tidak membutuhkan persneling untuk bisa memacu kendaraan. Pada skuter matic, penggunanya dapat memacu jalannya kendaraan menggunakan handle gas. 

Tanpa mengubah persneling, pengguna dapat meluncur dengan aman. Pasaran skuter matic ini kemudian membuat sejumlah brand otomotif berlomba-lomba memproduksi jenis matic dengan beragam model dan keunggulannya. 

Hingga saat ini, matic menjadi motor terlaris di Indonesia dengan berbagai fitur tambahan yang mempermudah pengguna menjalankan kendaraannya. Berbeda dengan Yamaha dan Suzuki yang sedikit tertinggal dari Honda dan Yamaha. 

Meskipun Suzuki telah mengeluarkan produk matic, namun antusiasme masyarakat Indonesia terhadap produk ini tidak sebesar Yamaha dan Honda. Sedangkan Kawasaki lebih fokus pada berjualan motor sport atau trail. 

Sebenarnya, Kawasaki juga mengeluarkan produk matic, namun masih mencirikan motor sport. Jenis matic Kawasaki adalah J125. Bodinya sangat besar dan bonsor, sehingga terkesan seperti motor gede. 

Namun, Kawasaki J125 ini masih belum dirilis di Indonesia, Kawasaki Indonesia lebih fokus pada sport dan trail. Kawasaki Heavy Industries (KHI) sebagai indukan PT KMI juga menjual skutik J125 dan J300, kedua jenis ini memang tidak dimasukkan ke Indonesia, namun hanya beredar di pasar Eropa. 

Motor Terlaris dari Astra Honda

Salah satu motor berasal dari produk Honda. PT Astra Honda merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, perakitan, serta distributor berbagai produk keluaran Honda. 

PT Astra Honda atau AHM menjadi pelopor industri kendaraan roda dua di Indonesia, perusahaan ini didirikan pada tanggal 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Perusahaan ini hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).

Perusahaan otomotif dari Jepang ini selalu memberikan produk-produk terbarunya dan tentunya mengikuti perkembangan teknologi dan trend. Perkembangan ini membuat produk Honda menjadi motor terlaris di Indonesia. 

Konsumen otomotif di Indonesia juga lebih banyak memilih kendaraan dari produk ini. Produk yang banyak dikeluarkan adalah skuter matic atau skuter matic. Berikut ini adalah beberapa jenis kendaraan yang diminati oleh masyarakat Indonesia.

  1. Honda Beat Series 
  2. Honda New Vario 125 eSP
  3. Honda Scoopy eSP
  4. Honda New Vario 150 eSP
  5. Honda Revo
  6. Honda New Vario 110 FI eSP
  7. Honda CB 150 R Street Fire
  8. Honda CBR 150 R
  9. Honda Supra Series
  10. Honda Sonic 150 R
  11. Honda Verza

Harga dari masing-masing produk tersebut berbeda sesuai dengan spesifikasi mesin yang dimiliki. Semakin baik mesin dan fitur kendaraan tersebut, maka harganya juga akan menyesuaikan. 

Produk roda dua terlaris dari AHM masih diduduki oleh varian Beat, skutic atau sekuter matic ini masih menjadi primadona. Beat dipilih karena memiliki body slim dan fiturnya selalu menyesuaikan kebutuhan pengguna serta kebutuhan konsumen. 

Sedangkan posisi kedua dan ketiga diduduki oleh New Vario 125 eSP dan Scoopy eSP. New Vario 125 eSP memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc, sedangkan Scoopy eSP dengan kapasitas 110 cc. 

Motor Terlaris dari PT. Yamaha

Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022_Motor Terlaris dari PT. Yamaha
Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022_Motor Terlaris dari PT. Yamaha

Produk berikutnya berasal dari Yamaha. Selain AHM, PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur juga menjadi produk motor berikutnya. Perusahaan ini telah memproduksi banyak kendaraan roda dua, dan telah menjadi gaya hidup masyarakat. 

Sama seperti Honda, jenis motor terlaris dari Yamaha terlaris adalah skuter matic. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 6 Juli 1974. Namun, perusahaan ini telah beroperasi di Indonesia sekitar tahun 1969. 

Banyak produk keluaran Yamaha yang menjadi primadona, diantaranya adalah RX King pada tahun 1983. Jupiter di awal tahun 2000 an, Mio pada sekitar tahun 2004, hingga produk terbarunya saat ini yaitu Fazzio Hybrid Connected. 

Yamaha selalu menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen, mulai dari body motor, hingga beberapa fitur tambahan. Berikut ini adalah beberapa motor terlaris keluaran PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. 

  1. Yamaha Mio M3 125
  2. Yamaha N-Max
  3. New Fino Series
  4. Yamaha New V-ixion
  5. Yamaha X Ride
  6. MX King
  7. Jupiter Series
  8. Yamaha All New Soul GT
  9. Aerox
  10. All New Yamaha R15

Mio M3 125 masih menjadi produk unggulan serta motor terlaris bagi para pecinta otomotif, selain memiliki bodi ramping dan elegan, produk ini juga menawarkan beberapa fitur menarik yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Mio M3 125 memiliki kapasitas mesin 125 cc, tempat kedua diduduki oleh NMax yang memiliki kapasitas mesin 155 cc, sedangkan posisi ketiga diduduki oleh New Vixion dengan kapasitas mesin 150 cc. 

Selain matic, motor keluaran Yamaha adalah N-Max dan Fino. NMax memiliki bodi besar dan sporty, sehingga lebih mirip dengan motor gede. 

Motor Terlaris dari PT Kawasaki

Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022_Motor Terlaris dari PT Kawasaki 
Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022_Motor Terlaris dari PT Kawasaki

Produk berikutnya berasal dari Kawasaki dan Suzuki. Tidak sama seperti Honda atau Yamaha, Suzuki dan Kawasaki termasuk kedalam list perusahaan otomotif yang tidak banyak mengeluarkan produk matic.

Kawasaki Motor Indonesia atau KMI merupakan perusahaan otomotif roda dua yang berasal dari Jepang. Produksi kendaraan roda dua ini khusus memproduksi sepeda motor Kawasaki di Indonesia.

Perusahaan ini sudah didirikan pada tanggal 18 Februari 1994 sebagai perusahaan Joint Venture antara Kawasaki Heavy Industries, Ltd—Jepang dengan salah satu perusahaan di Indonesia yaitu PT Sumber Selatan Nusa. 

Meski cukup lama menjadi perusahaan otomotif yang sudah lama berdiri di Indonesia, namun Kawasaki tidak mengeluarkan produk matic di Indonesia. Selama ini Kawasaki lebih fokus menjual motor jenis Sport atau Trail. 

Kawasaki memilih konsisten dengan produk motor sport, meskipun sebenarnya telah menjual jenis skutic di Eropa. Dalam perkembangannya, berbagai jenis motor telah di produksi, mulai dari Ninja hingga Kawasaki ZX25R. 

Beberapa motor terlaris dari Kawasaki adalah Kawasaki KLX 150 dan Kawasaki Ninja 250. Kawasaki KLX memiliki kapasitas mesin sebesar 150 cc, dan Kawasaki Ninja 250 memiliki kapasitas mesin sebesar 150 cc. 

Beberapa produk motor ini tentu memiliki kelebihannya masing-masing dan memiliki bodi yang nyaman untuk digunakan dalam jarak jauh.

Motor Terlaris dari PT Suzuki

Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022_Motor Terlaris dari PT Suzuki
Ingin Beli Motor Baru? Ini Daftar Motor Terlaris Tahun 2022_Motor Terlaris dari PT Suzuki

Sama dengan Kawasaki, konsumen juga tidak memiliki respon baik terhadap Suzuki. Suzuki lebih dikenal dengan motor bebeknya, meskipun saat ini sudah mengeluarkan jenis skutik. 

PT Suzuki Indomobil Motor yang sebelumnya bernama PT Indomobil Suzuki Internasional ini merupakan sebuah perusahaan joint venture antara Suzuki Motor Corporation dan Indomobil Group. 

Perusahaan ini sudah banyak mengeluarkan produk unggulan, selain kendaraan roda dua, Suzuki juga memproduksi kendaraan roda empat. Beberapa kendaraan roda dua Suzuki juga mendapatkan respon baik dari konsumen. 

Motor dari Suzuki adalah Suzuki GSX-S150, Suzuki GSX-R150 memiliki kapasitas mesin sebesar 150 cc. Berbagai pilihan jenis motor terlaris ini, tentu semakin memberikan pilihan bagi para pengguna kendaraan untuk memilih motor sesuai dengan keinginan atau kebutuhannya. 

Namun, sebelum memilih sepeda motor Anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah kondisi mesin, tahun keluar, bodi motor, dan lain sebagainya. Saat memilih kendaraan roda dua ini pastikan Anda sudah menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kebutuhan. 

Sehingga kendaraan dapat membantu aktivitas Anda sehari-hari. Beberapa jenis motor terlaris seperti matic, bebek, sport, hingga trail memiliki fitur menarik dan tentunya membantu pengendara selama menggunakannya. 

Selain Kawasaki, Suzuki, Honda, dan Yamaha, masih ada sederet merek motor lainnya. Hal lain yang harus diperhatikan saat memiliki kendaraan roda dua ini adalah tetap melakukan perawatan secara berkala, dengan begitu kendaraan akan awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. 

Baca Juga: Tips Mudah dan Sederhana Merawat Vespa Matic Agar Tetap Awet

Jangan hanya membeli kendaraan yang paling laris saja, namun pastikan spesifikasi mesin baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap pantau jenis motor terlaris untuk mendapatkan produk kendaraan yang kekinian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here