Saat melihat deretan motor bekas 3 jutaan, tentunya hal ini membuat kebanyakan pengguna kendaraan roda dua langsung tergiur untuk membelinya. Itu karena kebutuhan alat transportasi ini semakin meningkat setiap waktu untuk mobilisasi sementara hal tersebut biasanya tidak didukung dengan kepemilikan dana yang memadai.

Sehingga tidak heran bila beberapa orang kemudian lebih memilih membeli kendaraan dengan harga terjangkau tapi tangguh tenaganya. Namun adakah kendaraan seperti itu? Mengingat sekarang harga kendaraan bermotor baru sudah mencapai puluhan juta rupiah. Hal tersebut tentunya akan sangat memberatkan bagi mereka dengan kondisi finansial terbatas.

Baca Juga : Bukan Hanya OLX, Ada 4 Situs Jual Motor Bekas Lainnya

Dengan kisaran harga semahal itu, tentunya memilih kendaraan kurang dari Rp5 juta bisa menguntungkan beberapa pihak. Maka dari itu bila sekarang Anda sedang memburu kendaraan bekas namun kualitasnya terjamin, disini solusinya. Di bawah ini akan kami beri daftar motor bekas 3 jutaan terpopuler, antara lain:

Honda Supra X 125 2006

Motor bekas 3 jutaan

Motor ini sempat booming masa itu di Indonesia pada saat peluncurannya pertama kali tahun 2006 silam. Sesuai namanya, kendaraan ini memiliki kapasitas mesin sebesar 125 CC dengan harga sekitar Rp3,5 juta. Dengan kapasitas mesinnya itu membuatnya semakin handal dan tangguh meski kondisinya bekas.

Maka dari itu meski harganya selalu terkikis oleh kendaraan skuter akan tetapi nyatanya kendaraan ini tetap diminati semua orang karena ketangguhan dan keiritannya. Mau tahu alasannya? Itu karena selain tangguh, kendaraan ini juga hemat bahan bakar. Itulah sebabnya meski perilisannya sudah lama, namun diincar semuanya.

Berbicara tentang teknologi mesin yang digunakan motor bekas 3 jutaan ini memakai SOHC 1 silinder dengan transmisi M/T 4 percepatan. Menariknya lagi adalah selain irit, tangguh, dan bandel, ternyata harga suku cadangnya juga terjangkau. Hanya saja bila berbicara tentang kualitas bodinya jangan ditanyakan lagi.

Karena kualitasnya cepat turun dan suspensinya terasa empuk. Maka dari itu ketika membelinya dalam kondisi bekas, sebaiknya segera lakukan servis supaya kembali prima. Karena mesinnya sudah tua, otomatis akan lebih aman bila Anda melakukan service di bengkel resminya saja.

Sehingga Anda bisa mendapatkan suku cadang yang original. Yang pasti lakukan perawatan setiap mencapai 3.000 km secara berkala bila sudah memutuskan kendaraan bekas. Selain itu Anda juga harus menyiapkan uang lebih ketika membelinya karena ditakutkan ada sejumlah spare part yang seharusnya diperbaiki.

Motor Mio Sporty CW Tahun 2009

Motor bekas 3 jutaan

Motor bekas 3 jutaan Yamaha Mio ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan sejak peluncurannya, kendaraan ini langsung menyita perhatian para masyarakat setempat. Itu karena dapur pacunya terbilang handal dan sudah berteknologi SOHC serta telah dilengkapi dengan teknologi pendingin udara juga EURO 2.

Sementara itu untuk kapasitas mesinnya sebesar 113.7 CC. Sehingga tenaganya cukup kuat karena teknologi yang dibawakannya cukup modern. Kemudian untuk ukuran diameternya sendiri yaitu 50 x 57.9 mm dengan kapasitas kompresi 7.14 kW setiap putaran 8.000 rpm.

Tenaga torsi terbesar motor ini ada 7.84 Nm setiap 7.000 rpm. Itulah sebabnya kendaraan ini bisa digunakan untuk melewati berbagai macam medan jalanan mulai dari menanjak, menikung, dan menurun. Tenaganya didukung dengan transmisi v-belt otomatis yang sudah berbentuk kick dan elektrik.

Sehingga hal ini membuat pengguna motor bekas 3 jutaan lebih mudah saat mengendarainya di berbagai kondisi medan jalanan. Kelebihan lain dari kendaraan bekas ini adalah desainnya cukup sporty dan pas sekali untuk semua orang. Jadi tidak kebesaran dan kekecilan, serta ringan sehingga lebih enak dipakai.

Karena melihat dari beratnya sendiri hanya 87 kg saja, itu sudah dilengkapi dengan ukuran panjang 1.820x675x1.050 mm. Sementara itu jarak sumbu rodanya adalah 1.240 mm sehingga lebih nyaman dipakai sehari-hari untuk kebutuhan transportasi di semua medan jalanan berliku-liku atau jalan lurus.

Motor Honda GL Pro 1994

Motor bekas 3 jutaan

Seperti yang diketahui bahwa pangsa pasar Honda sangat besar sampai sekarang ini. Salah satu contoh motor bekas 3 jutaan Honda yang populer di kalangan semua orang yaitu GL Pro th 1994. Meski tidak lagi muda usianya dan tidak diproduksi lagi, namun ternyata pasarannya masih dianggap menarik semua orang.

Terlebih kapasitas mesinnya sudah berkapasitas 156.7 CC 3 tak. Jadi tenaganya sangat powerfull. Dalam putaran 8.500 rpm bisa menghasilkan 14.7 Hp.. Sedangkan torsi maksimalnya bisa mencapai 1.3 kgf.m dalam putaran 6.500 rpm.

Dilihat secara umum, tersedia 2 varian motor GL Pro yang terkenal. Yaitu GL Pro White Engine 1985 dan Black Engine. Untuk White engine ini blok mesinnya berwarna putih dan tidak ada perubahan selain memakai CDI-AC untuk mengganti platina agar perawatannya mudah.

Sementara itu untuk motor bekas 3 jutaan yang dimaksud adalah GL Pro Black Engine. Namanya disebut black engine karena catnya berwarna hitam. Salah satu hal menarik dari kendaraan ini yaitu dapur pacunya sangat gahar dan besar. Tenaganya bisa mencapai 16 Hp dalam 8.500 rpm.

Sehingga dapur pacunya lebih baik dari versi terdahulunya. Hal sama juga berlaku pada kompresi mesinnya yang mencapai 9,3 : 1. Bisa dibilang bahwa meski usianya tua, namun motor ini tetap tangguh dan kuat melewati tanjakan, serta juga bandel.

Maka dari itu kendaraan ini masih saja diburu karena melihat dari akselerasinya sangat bagus dan mampu mengimbangi motor lain yang sudah menggunakan mesin 2-stroke. Sayangnya karena saat itu permintaan motor irit bahan bakar tinggi, sehingga di tahun 1994 proses produksinya dihentikan.

Motor Honda Blade 2012 Rp3 Jutaan

Motor bekas 3 jutaan

Motor bekas 3 jutaan ini disukai karena telah didukung oleh teknologi SOHC dengan percepatan 4 langkah. Sehingga hal tersebut membuat dapur pacunya bisa mencapai 8.40 PS dalam putaran sebesar 7.500 rpm. Sedangkan untuk torsinya sebesar 0.83 kgf.m dalam putaran 5.500 rpm.

Kapasitas mesin motor ini masih sama seperti motor Honda Blade terdahulunya yaitu 110 CC. itu saja sudah berteknologi HIVC sehingga hal ini membuat proses pengapiannya semakin baik dan tarikannya bertenaga. Itulah sebabnya dengan segala kelengkapannya tersebut membuat motor ini hemat bahan bakar.

Hanya saja bila dilihat dari segi desainnya tetap tidak kalah menarik dari versi terdahulunya. Keunggulan motor bekas 3 jutaan tersebut mempunyai bentuk lampu utama yang naik dan seinnya panjang beraksen futuristik. Itu saja sudah didukung dengan tambahan inner lens yang membuat pencahayaannya semakin jelas.

Bila dilihat dari sisi depannya, motor ini terlihat sangat sporty karena headnya berbentuk lancip sudutnya. Sedangkan untuk sistem pengeremannya sudah lebih baik karena memiliki rem cakram di bagian belakangnya. Kemudian di bagian lampu belakangnya juga sporty karena lancip dan seperti skubek.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Sedan 50 Jutaan, Jadul tapi Elegan

Dilihat dari mana saja, motor ini memang sangat gentle dan lampu bawahnya cukup lebar. Sedangkan shock depannya berupa gantung seperti motor bebek, berbeda dengan varian terdahulunya yang masih memakai roda shocknya. Maka dari itu motor bekas 3 jutaan ini sering diincar orang-orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here