Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!

0
232
Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!
Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang populer di Indonesia saat ini dan penting sekali melakukan cek motor secara berkala guna mesin selalu awet dan sehat. Bahkan, hingga kini jumlah pengendara motor di jalanan Indonesia semakin meningkat. 

Baca Juga: Berikut Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Anak Muda

Salah satu alasan mengapa sepeda motor menjadi alat transportasi utama bagi masyarakat Indonesia adalah karena lebih lincah dan dapat digunakan untuk menyusuri jalanan sempit agar mencapai tujuan dengan cepat. Apalagi di kota besar seperti Jakarta yang tingkat kemacetannya tinggi.

Kebanyakan orang tidak menggunakan sepeda motor setiap hari. Mereka menggunakannya untuk berpergian santai ke kampus atau pergi bekerja. Sehingga, kondisi ini memaksa motor harus bekerja cukup keras karena diburu oleh waktu.

Perlukah Kita Merawat Motor?

Tahukah Anda, dengan mencuci sepeda motor dapat membantu menjaga motor tetap bersih dan bebas dari kotoran, terutama di musim hujan. Kotoran dapat mempengaruhi pengoperasian sepeda motor. 

Kotoran yang terperangkap di antara bantalan rem, ban sepeda motor dan ruang lainnya dapat membuat sepeda motor tidak nyaman untuk digunakan

Sama seperti mencuci motor, perawatan motor juga perlu dilakukan. Tujuan perawatan sepeda motor adalah untuk meremajakan performa mesin sepeda motor. Sepeda motor injeksi dan karburator sama-sama membutuhkan perawatan sepeda motor. 

Namun, bagaimana cara melakukan servis sepeda motor yang benar? Mengapa Anda harus melakukan cek motor secara berkala? Apakah dengan melakukan cek secara berkala dapat meminimalisir mesin motor cepat aus dan rusak? 

Pada pembahasan berikutnya, kami akan membahas seputar komponen motor apa saja yang perlu rutin di servis secara berkala.

Komponen Motor yang Perlu di Cek Secara Berkala

Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!_Komponen Motor yang Perlu di Cek Secara Berkala
Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!_Komponen Motor yang Perlu di Cek Secara Berkala

Berikut ini beberapa komponen motor yang perlu dilakukan cek motor secara berkala, diantaranya yaitu:

  • Oli Mesin

Komponen pertama ada oli mesin, dimana menggunakan sepeda motor biasanya tidak asing lagi dengan namanya penggantian oli setiap bulannya. Oli mesin memegang peranan penting pada mesin sepeda motor. Bahan ini berfungsi sebagai pelumas performa pada mesin kendaraan bermotor.

  • Busi

Perlu Anda ingat bahwa jangan sesekali meremehkan kondisi busi motor Anda. Sekalipun busi adalah suku cadang aftermarket atau suku cadang kecil, jika ada masalah dengan busi, mesin sepeda motor tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. 

Busi sendiri merupakan bagian penting dalam proses pembakaran dalam mesin saat kondisi aktif. Oleh karena itu, jika busi kotor, sebaiknya pengguna motor segera menggantinya tanpa membersihkannya. 

Aki biasanya digunakan untuk menjalankan sistem kelistrikan sepeda motor. Jika sepeda motor masih menggunakan aki basah, sebaiknya pengguna mengecek kondisi air aki secara berkala. 

Namun, jika Anda telah menggunakan jenis aki yang kering, biasanya diperlukan waktu 1,5 hingga 2 tahun untuk menggantinya Hal ini terjadi jika Anda rutin menggunakan sepeda motor.

  • Lampu Motor

Bukan hanya aki saja, lampu motor juga memiliki batasan umur pemakaian. Jika Anda merasa komponen penerangan pada motor mulai melemah atau tidak terang sama sekali, sebaiknya segera periksa dan ganti bila perlu. 

  • Kampas Rem 

Rem adalah bagian penting lain dari sepeda motor. Kampas rem merupakan komponen yang perlu diganti secara berkala karena berkaitan langsung dengan keselamatan Anda saat berkendara. 

Seperti yang kita ketahui bersama, banyak kecelakaan terjadi karena rem rusak atau daya rekat rem buruk. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kondisi kanvas yang mulai aus atau mulai menipis sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal.

  • Kampas Kopling

Bagi pengguna motor sehari-hari, kampas kopling juga harus diganti jika Anda rutin cek motor secara berkala. Apalagi jika terpal sudah terlalu aus dan tidak lagi berfungsi maksimal saat digunakan untuk berkendara.

  • Filter 

Filter udara merupakan bagian dari sepeda motor yang memiliki umur yang cukup pendek. Itu tergantung pada jenis filter yang digunakan dan penggunaan sepeda motor. 

Filter yang tidak diganti dapat menimbulkan kebisingan selama pengoperasian kendaraan. Karena lalu lintas masuk dan keluar terhalang oleh kotoran yang menempel di sana. Untuk itu, agar sepeda motor Anda tetap dalam kondisi prima, gantilah suku cadang tersebut secara berkala.

  • Ban

Terakhir, jika Anda sedang cek motor secara berkala maka komponen yang satu ini juga perlu diganti, yaitu ban. Ban merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah sepeda motor, apalagi jika sepeda motor tersebut digunakan secara rutin di jalan yang buruk. Biasanya ban harus diganti setahun sekali, tapi itu juga tergantung pemakaian dan kondisi ban itu sendiri. 

Kapan Motor Perlu Diservis?

Anda dapat cek motor secara berkala dan mengetahui kapan motor tersebut perlu diservis berdasarkan angka pada speedometer. Angka-angka pada speedometer menunjukkan jarak yang ditempuh oleh sepeda motor Anda. Jarak ini juga dapat menunjukkan seberapa baik mesin sepeda motor Anda bekerja. 

Dalam hal ini, Anda dapat menservis sepeda motor Anda setiap 2000-3000 km pada speedometer kendaraan. Jangan lupa untuk mengganti oli mesin agar mesin bekerja lebih baik dan lebih maksimal setelah perawatan.

Selain menggunakan nomor referensi pada speedometer, Anda juga dapat melakukan servis sepeda motor berdasarkan bulan perawatan terbaru. Biasanya, Anda dapat melakukan perawatan setiap 23 bulan sekali dalam setahun. 

Untuk diingat, Anda bisa membuat catatan di buku harian Anda untuk mengingatkan Anda untuk merawat sepeda motor Anda. Jangan sampai ketinggalan bulan, agar semua komponen di dalamnya tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Waktu yang tepat untuk melakukan servis lainnya adalah saat sepeda motor Anda bermasalah. Anda harus segera memperbaikinya jika Anda menemukan sesuatu yang salah dengan sepeda motor Anda, baik itu busi, karburator, filter, atau komponen lainnya. 

Keterlambatan penanganan komponen yang rusak dapat berakibat fatal bagi komponen lainnya. Memang, komponen-komponen sepeda motor saling berhubungan. Jika tidak segera diservis, Anda dapat menambah biaya dengan harus turun dari mesin.

Jadi jangan ragu untuk segera memperbaikinya jika terjadi masalah pada sepeda Anda. 

Di atas adalah beberapa tips untuk Anda tentang cek motor secara berkala dan timing servis yang tepat untuk sang kendaraan. Apakah Anda ingin tetap berpegang pada angka speedometer atau melakukannya secara teratur setiap beberapa bulan, semua keputusan ada di tangan Anda. 

Namun tentunya jika sepeda motor Anda mengalami masalah, segera cek motor secara berkala dan perbaiki agar tidak merusak komponen lain hanya karena komponen lain rusak.

Ketahui Apa Saja Manfaat Servis Motor

Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!_Ketahui Apa Saja Manfaat Servis Motor 
Pentingnya Cek Motor Secara Berkala, Mesin Awet dan Tahan Lama!_Ketahui Apa Saja Manfaat Servis Motor

Berikut beberapa alasan dan manfaat melakukan servis motor yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  • Kinerja Mesin dan Performa Motor Semakin Baik

Penggunaan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari menyebabkan fungsi beberapa bagian menjadi terganggu. Beberapa komponen mesin juga akan merasakan dampaknya. 

Kotoran dari pembakaran atau sisa oli mesin juga bisa mempengaruhi performa mesin. Perawatan mesin secara rutin dapat menjaga performa mesin agar pengoperasiannya dapat kembali normal dan bertenaga.

  • Mesin Lebih Awet

Kualitas motor secara keseluruhan dapat memburuk seiring waktu. Namun, jika Anda tidak berniat mengganti motor, lakukan cek motor secara berkala dan perawatan intensif untuk menjaga umur mesin tetap panjang. 

Perawatan mesin dapat mengurangi risiko kerusakan serius, sehingga tidak perlu mengganti suku cadang mesin yang lebih mahal.

  • Lebih Hemat BBM

Salah satu keuntungan dari perawatan sepeda motor secara teratur adalah penghematan bahan bakar. Jika kondisi mesin terjaga, konsumsi bahan bakar mesin akan tetap irit dibandingkan sepeda motor yang tidak pernah diservis secara rutin. 

Perawatan mesin secara teratur membantu menjaga proses pembakaran pada tingkat tertinggi untuk penggunaan bensin yang lebih efisien.

  • Motor Lebih Aman

Perawatan sepeda motor secara rutin dapat membantu Anda mengetahui kondisinya saat ini. Selain melihat kondisi sepeda motor Anda dari luar atau dalam, Anda juga bisa mengetahui apakah sepeda motor Anda masih aman untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Jika Anda sering menggunakannya di medan yang cukup kasar dan kondisi ban mobil sudah aus atau muncul retakan di beberapa sisi, sebaiknya segera ganti ban karena dapat membahayakan keselamatan Anda sendiri.

Baca Juga: Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah

Pembahasan mengenai tips cek motor secara berkala di atas, diharapkan dapat menjadi referensi sekaligus menambah informasi bagi para pembaca terutama pengguna motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here