Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem

0
79
Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem
Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem

Ada beberapa cara merawat rem tromol motor yang perlu diketahui. Dalam spesifikasi kendaraan bermotor, bisa dibilang sistem pengereman tipe drum brake atau rem tromol, masih menjadi jenis pengereman yang mumpuni.

Baca juga: Posisi Tubuh yang Benar Saat Berkendara Sepeda Motor

Bahkan kendaraan yang menggunakan sistem pengereman ini juga tidak kalah pakem dengan rem cakram. Sehingga tidak heran apabila sistem pengereman ini sering dipakai oleh pabrikan produk motor.

Tetapi, meskipun telah teruji handal, tetap saja diperlukan perawatan secara rutin agar kondisinya selalu prima dan ideal. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara perawatan yang benar.

Komponen Rem Tromol Sepeda Motor

Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem_Komponen Rem Tromol Sepeda Motor
Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem_Komponen Rem Tromol Sepeda Motor

Sebelum membahas tentang bagaimana cara merawat rem tromol motor. Anda perlu tahu dulu komponen apa saja yang ada pada rem tromol. Berikut ini beberapa komponen rem tromol sepeda motor:

  • Brake Lining

Komponen pertama yang ada pada rem tromol sepeda motor adalah brake lining. Berfungsi sebagai media bergeseknya tromol rem. Selama terjadi pengereman, kampas makin lama akan semakin menipis.

Maka dari itu, kampas perlu dicek secara rutin agar rem bisa bekerja optimal. Lamanya penggantian tergantung pada ketahanan dan juga bahan yang digunakan untuk menyusunnya.

  • Brake Drum

Komponen berikutnya yang wajib Anda ketahui sebelum mencari tahu bagaimana cara merawat rem tromol motor ialah brake drum. Bagian yang bertekstur keras sebab bahan pembuatnya ialah baja tuang.

Komponen ini bentuknya seperti tabung atau drum, berfungsi sebagai media gesekan kampas rem saat terjadi pengereman. Komponen ini terletak di bagian tengah roda, terbuat dari material padat dan tahan panas. 

  • Brake Cam Lever

Ketika menekan tuas rem, komponen ini akan menggerakkan sepatu rem sehingga rem ikut tertekan. Tuas remnya akan bekerja lewat Brake cam lever, di mana bagian ujungnya saling terhubung.

  • Brake Shoe

Komponen selanjutnya yang perlu diketahui sebelum mencari tau bagaimana cara merawat rem tromol motor ialah brake shoe. Brake shoe berguna sebagai tempat kampas, biasanya bisa dibeli beserta kampasnya sekalian.

Jadi apabila kampas mulai menipis dan perlu diganti, penggantian juga di lakukan beserta dengan brake shoenya. Namun hal ini berbeda pada rem tromol bus, truk serta beberapa kendaraan besar lain.

  • Return Spring

Tugas dari return spring ini ialah mengembalikan posisi brake shoe setelah terjadi pengereman. Terletak di antara kedua sepatu rem, saat selesai pengereman pegas akan menarik sepatu rem agar kembali merenggang.

Dengan begini roda kendaraan bisa berputar kembali. Ada 2 return spring yaitu upper spring untuk mengembalikan sepatu ke tempat asal. Serta lower spring untuk menekan sepatu agar bisa menekan adjusternya.

Beberapa Cara Merawat Rem Tromol Motor

Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem_Beberapa Cara Merawat Rem Tromol Motor
Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem_Beberapa Cara Merawat Rem Tromol Motor

Bila tadi Anda telah mengetahui beberapa komponen penting pada rem tromol. Berikut ini beberapa cara mudah dalam merawat rem tromol motor yang perlu diketahui, di antaranya sebagai berikut :

  • Bersihkan Rem Tromol

Cara merawat rem tromol motor pertama, tentu saja Anda perlu membersihkan remnya terlebih dahulu. Pahami dengan benar bagaimana cara membersihkannya, namun apabila Anda tidak paham, bisa minta bantuan kepada mekanik.

Sebab dalam membersihkannya, perlu membuka as roda serta beberapa baut yang terhubung dengan tutup tromolnya. Ketika roda terbuka, akan terlihat kampas remnya serta tromol yang berdebu pekat, menempel dan lengket.

Cukup bersihkan saja dengan memakai kuas serta air sabun agar debu pekat yang menempel tadi hilang. Jika perlu bersihkan juga kampas remnya menggunakan amplas kasar atau sikat kawat.

Tujuan dari mengapa harus dibersihkan menggunakan kedua benda itu. Sebab agar permukaannya bisa menjadi kasar dan dapat memicu jepitan kampas ke tromol menjadi lebih pakem.

  • Periksa Sistem Rem Tromolnya

Cara merawat rem tromol motor berikutnya adalah Anda perlu memeriksa sistem rem tromol motornya. Periksalah mekanisme kerja kabel, handle rem dan juga tuas remnya. 

Apabila kondisi gerak handle rem terlalu jauh atau di luar spesifikasi ketika pengereman. Anda perlu segera melakukan penyetelan dengan cara memutar mur pada tuas rem yang ada di tromol.

  • Periksa Kondisi Bearing Roda

Tidak hanya memeriksa sistem rem tromolnya saja, namun Anda juga perlu memeriksa konfisi bearing rodanya. Agar rem tromol motornya tetap awet dan juga pakem.

Apabila kondisi dari bearing roda ini sudah tidak pas akan dapat memicu kampas rem tromolnya menjadi tidak rata. Maka dari itu sangat penting untuk memeriksa bearing roda secara rutin.

Atau periksalah ketika Anda sedang membongkar roda belakang. Jika perlu, Anda bisa juga memberikan minyak gemuk atau grease pada bearing roda agar putaran rodanya menjadi lancar.

  • Periksa Ukuran Ketebalan Kampas Remnya

Cara merawat rem tromol motor selanjutnya adalah Anda perlu memeriksa ukuran ketebalan kampas rem. Dalam memeriksa ukuran ketebalan kampas rem, dengan cara melihat tanda segitiga. 

Tanda segitiga tersebut merupakan tanda indikator keausan rem yang terdapat di tangkai rem pada tutup tromol. Apabila ketebalan dari kampas rem tersebut sudah menipis atau di luar ketentuan.

Maka Anda perlu untuk mengganti kampas rem tersebut dengan yang baru. Disarankan untuk menggantinya dengan 1 set sepatu rem secara lengkap. Jadi penting untuk memeriksa ukuran ketebalannya.

  • Jangan Setting Remnya Lewat Console Box

Cara selanjutnya untuk merawat rem tromol agar selalu dalam kondisi ideal adalah jangan setting rem lewat console box. Penggunaan console box memang tidak dianjurkan karena hasilnya tidak akan menjadi maksimal.

Tidak hanya itu saja, kekurangan penggunaan sistem console box di sini. Anda tidak akan dapat mengetahui secara rinci bagaimana kondisi dari ketebalan kampas rem di bagian rodanya.

  • Bersihkan Setelah Terkena Hujan

Cara merawat rem tromol motor selanjutnya ialah bersihkan setelah terkena air hujan. Saat musim hujan, air yang bercampur kotoran, debu dan juga pasir akan masuk ke sela-sela bagian as roda.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pengereman. Apabila kondisi tersebut terus dibiarkan, dapat mengurangi atau merusak kepekaan rem. Bisa juga menimbulkan suara berderit ketika rem sedang digunakan.

Maka dari itu, sangat penting untuk membersihkan sepeda motor setelah terkena hujan atau setelah melintasi jalan becek. Agar kotoran dan debu tidak sampai merusak bagian sepeda motor.

  • Periksa dan Ganti Minyak Rem Secara Rutin

Cara merawat rem tromol motor selanjutnya adalah Anda perlu untuk rutin mengecek serta mengganti minyak remnya. Sebab keberadaan minyak ini sangat penting guna menunjang kinerja remnya yang mana mengandalkan piston.

Pengecekan ini juga sekaligus sebagai langkah untuk memeriksa kemungkinan adanya rembesan minyak pada roda. Maka dari itu, ketika melakukan servis jangan lupa mintalah kepada mekanik untuk mengeceknya.

Berikut Jenis-Jenis Rem Tromol Motor

Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem_Berikut Jenis-Jenis Rem Tromol Motor
Cara Merawat Rem Tromol Motor agar Pakem_Berikut Jenis-Jenis Rem Tromol Motor

Jika tadi telah membahas tentang bagaimana cara merawat rem tromol motor. Saat ini Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis rem tromol, di antaranya sebagai berikut :

  • Leading Trailing

Jenis pertama ada Leading trailing, satu sepatu remnya berfungsi sebagai leading dan satunya lagi berfungsi sebagai trailing. Leading shoe berarti sepatu menekan tombol dengan putaran tromolnya melawan arah gerak kampas. 

Ciri-ciri dari Leading trailing ialah mempunyai 1 silinder roda di atas serta ujung bawah sepatu rem dibaut pada packing plate. Sehingga permukaan kampas bagian atas ialah yang efektif menekan tombol.

  • Servo

Servo merupakan jenis tromol rem yang mempunyai floating adjuster, artinya penyetel celah remnya dapat bergerak ke kanan dan ke kiri. Servo mempunyai konstruksi yang sama dengan Leading trailing.

Satu silinder roda di bagian atas serta sebuah adjuster pada bagian bawah. Tetapi adjusternya tidak di baut ke backing plate, sehingga dapat bergerak dengan bebas ke kanan dan ke kiri.

Sama halnya seperti jenis Leading trailing dan Leading shoes, servo juga perlu dilakukan perawatan rutin. Untuk perawatannya, Anda cukup ikuti beberapa cara merawat rem tromol motor yang telah dibahas sebelumnya.

  • Leading Shoes

Jenis ini mempunyai 2 silinder roda yang letaknya di ujung atas dan bawah sepatu. Sehingga ketika remnya ditekan, baik permukaan atas maupun bawah kampas seluruhnya akan tertekan ke permukaan tromol.

Leading shoes dibagi menjadi 2 tipe yaitu single leading dan dual leading. Single leading artinya masing-masing roda hanya punya 1 piston. Sehingga hanya dapat menggerakkan salah satu sisi kampas.

Yang kedua adalah tipe dual leading, dual leading sendiri artinya masing-masing silinder mempunyai 2 piston. Sehingga semua permukaan kampas akan dapat tertekan sempurna ke arah tromol remnya.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Motor agar Lebih Awet

Kini Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara merawat rem tromol motor. Sebab sudah ada beberapa cara merawat rem tromol motor yang mudah dilakukan, jadi jangan tunggu rusak, segera rawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here