Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet

0
241
Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet
Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet

Bagi sebagian orang, menerapkan cara merawat mesin motor agar tetap awet rumit dilakukan. Akhirnya, yang terjadi adalah perawatan mesin diabaikan. Kemudian menyesal karena saat rusak permasalahannya kompleks dan membutuhkan biaya perbaikan yang mahal.

Baca Juga: Berbagai Macam Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus

Padahal perawatan ini tidak serumit yang dibayangkan. Apalagi bila sudah terbiasa melakukannya, akan terasa mudah. Merawat bagian luar motor bisa dilakukan dengan cara rutin mencucinya.

Lalu, bagaimana dengan perawatan bagian mesin dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh? Simak ulasan berikut untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan ini. Sebelum itu, pahami terlebih dahulu alasan pentingnya perawatan mesin motor.

Pentingnya Merawat Mesin Motor yang Jarang Diketahui

Menerapkan cara merawat mesin motor agar tetap awet menjadi sangat penting karena berbagai alasan. Pertama, kendaraan menjadi lebih tahan lama atau awet, sehingga meminimalisir pengeluaran untuk membeli yang baru.

Alasan penting kedua yaitu mencegah terjadinya kerusakan berat yang berpotensi membuat turun mesin. Pada situasi tertentu turun mesin diperlukan sebagai upaya perbaikan kerusakan yang berat.

Supaya bisa berjalan normal kembali, diperlukan penggantian beberapa komponen. Kondisi ini biasanya membutuhkan biaya cenderung mahal. Melalui perawatan tepat, risiko turun mesin dapat dihindari atau minimal memperpanjang waktu penggantian menjadi lebih lama.

Ketiga, supaya terhindar dari kemungkinan mogok ditengah jalan. Sangat menyebalkan tentu saja karena berpotensi mengganggu berbagai aktivitas penting. Jadi, cara merawat mesin motor agar tetap awet bisa Anda lakukan untuk menghindari kemungkinan buruk seperti ini.

Berbagai Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet yang Bisa Dilakukan

Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet_Berbagai Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet yang Bisa Dilakukan
Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet_Berbagai Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet yang Bisa Dilakukan

Walaupun banyak pengguna motor, masih sedikit yang mempertimbangkan penerapan perawatannya. Agar terhindar dari permasalahan kendaraan rewel dan menjaganya agar tetap awet, coba lakukan beberapa cara merawat bagian mesin berikut:

  • Rutin Periksa Aki

Salah satu komponen penting yang dimiliki oleh motor adalah aki. Baik itu aki berjenis kering maupun basah, keduanya sama-sama memerlukan perawatan. Lakukan penggantian atau pengisian air aki bila jenisnya basah.

Sedangkan untuk jenis kering, lakukan penyetruman supaya daya bertambah. Tidak semua orang bisa mengganti aki ini. Bila dirasa tidak yakin untuk melakukannya sendiri, Anda dapat menggantinya di bengkel.

  • Rutin Mengganti Oli

Cara merawat mesin motor agar tetap awet selanjutnya yaitu rutin ganti oli. Fungsi oli pada sebuah kendaraan yaitu sebagai pelumas. Fungsi lainnya adalah merawat serta mendinginkan mesin saat sedang beroperasi.

Biasanya, maksimal penggantian oli dua bulan sekali. Tapi, terkait intensitas penggantian menyesuaikan dengan penggunaan kendaraan. Penting diketahui, bahwa oli semakin lama akan encer atau berkurang seiring seringnya dipakai.

Dampaknya, perlindungan terhadap komponen mesin menjadi berkurang dan tidak optimal. Apa yang terjadi bila oli terlalu lama tidak dilakukan penggantian? Kerusakan cukup parah bisa mengancam karena adanya gesekan antar komponen.

  • Servis Dilakukan Secara Berkala

Melakukan servis secara berkala merupakan cara merawat mesin motor agar tetap awet lainnya yang tidak kalah penting. Dampak buruk yang terjadi bila mengabaikan adalah dompet terkuras saat kendaraan mengalami kerusakan karena biasanya akan lebih parah.

Sebagai salah satu acuan, Anda bisa melakukan servis setiap jarak tempuh 5.000 km atau kelipatannya. Supaya perawatan terjamin, bawa kendaraan ke bengkel resmi sesuai dengan jenisnya.

Tujuan dari servis berkala ini untuk mencegah kemungkinan lebih besar timbul kerusakan. Jadi, kerusakan dideteksi sedini mungkin agar tidak merembet ke komponen yang lain. Biasanya durasi servis dilakukan setiap dua bulan sekali atau menyesuaikan panduan.

  • Jangan Menggeber Motor

Jangan biasakan menggeber motor atau menarik gas dengan ekstrem saat mengendarainya. Akibat bila Anda sering melakukannya adalah komponen pada bagian mesin rawan mengalami kerusakan.

Terapkan cara merawat mesin motor agar tetap awet dengan menarik gasnya secara perlahan, menyesuaikan kecepatan dari kendaraan. Ketika kendaraan baru saja melaju, jangan menarik gas terlalu kencang.

Bila kendaraan yang digunakan manual, pengaturan gigi sesuaikan dengan kecepatan. Saat melaju di jalan menanjak, atur gigi ke posisi rendah. Akibat dari pengaturan gigi yang tidak sesuai kecepatan akan membuat mesin mudah rusak karena kinerja terbebani.

Bukan hanya membuat mesin lebih awet, tapi penggunaan bahan bakar kendaraan menjadi lebih irit. Jadi, kedua keuntungan bisa Anda peroleh hanya dengan menerapkan satu upaya.

  • Sebelum Memakai, Panasi Motor

Cara merawat mesin motor agar tetap awet terakhir yang mudah tapi jarang dilakukan oleh para pengguna yaitu memanasinya sebelum memakai. Tujuan dari pemanasan ini yaitu supaya oli melapisi komponen mesin.

Untuk proses pemanasan tidak perlu terlalu lama. Bila tidak ada waktu cukup untuk memanasi atau tidak sempat, selama beberapa saat, kendarai motor dengan kecepatan pelan.

Manfaat Merawat Mesin Motor Secara Rutin yang Bisa Diperoleh

Semakin lama usia pakai kendaraan, akan berkemungkinan mengalami penurunan performa. Situasi inilah yang membuat perawatan penting dilakukan. Perawatan akan memberikan banyak manfaat terhadap mesin kendaraan Anda bila dilakukan secara rutin, beberapa diantaranya:

  • Nyaman dan Aman

Penerapan cara merawat mesin motor agar tetap awet akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Sebab, komponen sudah dipastikan selalu dalam kondisi baik, sehingga mampu berfungsi optimal.

Kondisi ini akan secara otomatis mengurangi risiko terjadinya kendala saat berkendara. Terutama bila jarak tempuh jauh, maka keamanan dan kenyamanan menjadi aspek utama yang penting diperhatikan.

  • Lebih Awet

Manfaat berikutnya membuat mesin lebih awet atau tahan lama. Risiko timbulnya kerusakan bisa diminimalisir. Jadi, Anda tidak perlu terlalu sering mengganti karena perawatan sudah dilakukan dengan baik dan berkala.

Akan sangat menguntungkan bagi pengguna yang tidak gemar berganti-ganti kendaraan. Biasanya keawetan ini akan menjadi hal utama yang dijadikan pertimbangan saat menggunakannya.

  • Performa Senantiasa Optimal

Performa akan senantiasa optimal bila Anda menerapkan cara merawat mesin motor agar tetap awet. Situasi ini akan secara otomatis memperpanjang usia pakai. Risiko kerusakan lebih cepat bila performa menurun dan tidak segera diperbaiki.

  • Harga Jual Tetap Tinggi

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, performa yang senantiasa optimal akan berdampak terhadap harga jual tetap tinggi. Jadi, walaupun harga jual menurun, tidak terlalu tinggi karena kondisi kendaraan yang terawat dan tampak lebih rapi.

Mengenai tingginya harga jual, akan menjadi aspek sangat penting bagi beberapa pengguna. Mengingat kendaraan berpotensi mengalami ganti pada kondisi tertentu, baik itu karena ingin berpindah ke keluaran terbaru atau ingin melakukan upgrade.

  • Lebih Irit Bahan Bakar 

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa terjaganya mesin akan membuat bahan bakar menjadi lebih irit. Alasannya karena proses pembakaran yang dilakukan sempurna, sehingga berdampak terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar.

  • Hemat Pengeluaran

Manfaat yang diperoleh bila menerapkan cara merawat mesin motor agar tetap awet terakhir yaitu menghemat pengeluaran. Bagaimana tidak, bahan bakarnya lebih irit dan komponen terkontrol dengan baik, sehingga jarang mengalami perbaikan besar-besaran.

Bahaya Motor Bila Jarang Dirawat atau Diservis

Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet_Bahaya Motor Bila Jarang Dirawat atau Diservis
Beragam Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Awet_Bahaya Motor Bila Jarang Dirawat atau Diservis

Jangan meremehkan rutinitas merawat atau menservis motor karena berbagai dampak bahaya bisa mengancam. Walaupun jarang dipakai, Anda tetap harus merawatnya dengan baik. Bila tidak, yang akan terjadi performa menjadi menurun atau rentan mengalami kerusakan.

Ketika situasinya jarang menggunakan, bagian mesin akan kaku. Cairan yang memiliki peran penting, seperti oli akan mengalami pengendapan, sehingga tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Tujuan dari perawatan rutin untuk meremajakan mesin motor. Penumpukan timbal yang terjadi di karburator atau ruang pembakaran injeksi berpotensi menumpuk bila tidak dilakukan secara berkala. Akibatnya, saluran bensin menjadi tersumbat dan akselerasi kendaraan berkurang. 

Bisa terlihat bahwa dampaknya cukup kompleks, sehingga cara merawat mesin motor agar tetap awet yang tepat sangat penting. Satu permasalahan komponen bisa merembet ke lainnya bila tidak segera diatasi.

Sedangkan oli yang seharusnya diganti tapi tidak dilakukan akan membuat pergerakan bagian seher atau piston melampat, akibatnya tenaga kendaraan berkurang. Bila piston bekerja lebih keras, berat dan luka pada dinding blok seher rentan terjadi.

Dampaknya, kotoran masuk dari filter udara yang membuat hasil pembuangan gas menjadi keruh atau menghitam. Bila beberapa komponen mengalami kerusakan, secara otomatis Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan.

Sedangkan bila Anda rutin melakukan perawatan, bahaya tersebut bisa dihindari karena setiap komponen sudah dikontrol dengan baik. Kalaupun mengalami kendala dan harus diperbaiki, tidak akan separah bila tanpa perawatan berkala.

Baca Juga: Perbedaan New Brio RS Urbanite Edition dengan Brio Tipe Lama

Memang tidak semua orang mampu merawat mesin motor secara mandiri, tapi Anda tidak perlu khawatir. Sebab, banyak bengkel resmi yang menyediakan fasilitas ini, sehingga lebih praktis. Jadi, penerapan cara merawat mesin motor agar tetap awet bisa dengan mudah dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here