7 Cara Menghilangkan Karat Pada Kendaraan Bermotor

0
327
cara menghilangkan karat

Karat merupakan hasil reaksi antara besi dengan udara di sekitar. Sehingga muncullah ‘hasil reaksinya’ berupa keroposnya bagian besi yang ditandai dengan warna kuning kehitaman dan tekstur yang khas. Hal ini tentu berbahaya ya, sehingga harus memahami bagaimana cara menghilangkan karat tersebut.

Baca Juga : Ini Dia Penyakit Mobil Avanza dan Cara Antisipasinya

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk cara menghilangkan karat mesin motor satu ini? Ada banyak cara. Mulai dari pengkondisian secara manual hingga harus ditangani secara khusus oleh teknisinya. Namun, sebelum membahas ke sana, kenali dulu yuk dari mana datangnya si karat ini.

Biang Atau Penyebab Terjadinya Karat

cara menghilangkan karat

1. Reaksi Kimia Dua Logam

Di dalam mesin motor, tidak hanya logam jenis besi yang ada. Ada tembaga dan juga jenis lainnya. Nah, karat ini akan muncul ketika dua logam yang berbeda potensialnya berdekatan atau bersentuhan.

Munculnya karat ini lantaran logam dengan potensial rendah, mengeluarkan elektron yang kemudian bereaksi dengan udara di sekitar. Alhasil. Logam dengan potensial yang rendah ini lebih mudah berkarat.

Jadi jangan heran, di bagian sambungan yang dilas pakai tembaga, karat akan lebih subur. Demikian juga dengan logam lain yang beda potensial dengan besi.

2. Elektrolit Tinggi

Kenapa motor tidak baik jika terkena hujan atau air laut? Bukan karena takut masuk angin atau kebasahan. Alasan utamanya adalah elektrolit dalam air hujan dan air laut itu tinggi.

Air hujan cenderung asam, terutama di daerah perkotaan dengan polusi udara yang padat. Semakin asam dan semakin merusak logam besi dengan reaksi karatnya. Demikian juga air laut, ini terlalu banyak garam sehingga makin mudah berkarat.

3. Tampilan Penampang atau Permukaan Tidak Mulus

Kalau membongkar tangki bahan bakar dan menemui karat, coba perhatikan. Pada bagian yang permukaan rata karat akan lebih sedikit dibandingkan bagian yang lebih tidak rata.

Hal ini bisa terjadi karena pada permukaan yang tidak halus, terdapat dua muatan berbeda. Yaitu anode dan katode. Keduanya saling tarik-menarik hingga karat pun muncul dengan gembira.

Jika sudah memahami penyebab munculnya cara menghilangkan karat penyakit pada motor ini, maka bisa diketahui apa saja yang harus dilakukan untuk cara menghilangkan karat. Termasuk, kumpulan ide seru dan cara menghilangkan karat pada motor di ulasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Karat Dengan Cepat Dan Mudah

cara menghilangkan karat

1. Rajin Mandikan

Di musim hujan, maka potensi terkena air hujan dan genangan air pun tinggi. Padahal, air tersebut sifatnya asam. Oleh karena itu, jika selesai bepergian dan terkena air hujan atau genangan, segera bilas dengan air bersih di rumah.

Jika sudah, jangan lupa untuk lap sampai kering. Sehingga tidak memberikan kesempatan bagi oksigen yang ada dalam air, untuk  bereaksi berlebihan. Karena ini menyebabkan tumbuhnya karat dengan cepat.

2. Beri Perlindungan

Tidak hanya tubuh yang butuh diberi perlindungan, motor pun perlu agar performa tetap prima dan siap menjelajah. Salah satu perlindungan yang bisa diberikan untuk menghalau karat adalah pemolesan dengan senyawa khusus.

Ada banyak merek pengkilap dan pemberi perlindungan ini di pasaran. Biasanya dipakai setelah motor dicuci agar lebih berkilau warna serta tampilan luarnya.

3. Pakai Bahan Dari Dapur

Coba cek dapur masing-masing, adakah di rak bumbu dengan nama cuka apel atau baking powder? Jika ada, ambil keduanya dan satukan bersama sikat yang memiliki permukaan lembut.

Cuka apel yang bersifat basa, berpadu dengan baking powder yang juga basa. Mampu menghalau kerak dan noda membandel pada motor. Termasuk karat yang ada di bagian luar atau dalam mesin.

Cara ini efektif dan cepat untuk membersihkan sparepart kecil seperti baut atau lainnya. Tinggal usap-usap dan balur rata, kemudian sikat pelan-pelan dan lap hingga bersih. Karat pun kabur dengan dua bahan dari dapur ini.

4. Oli

Bagian yang rentan dimakan karat adalah knalpot. Selain tricky dalam membersihkan, juga paling sering terkena air genangan. Sehingga karat pun berkembang cepat di sini. Nah, agar karatnya pergi, ada solusi mudah dengan menggunakan oli.

Caranya pun sangat sederhana. Tinggal balur bagian knalpot dengan oli bekas, kemudian panaskan mesin. Sisanya, tinggal mainkan gas untuk hentakkan karat bandel yang bersarang di sana.

5. Update Stempet Atau gemuk

Stempet atau gemuk adalah nutrisi mesin. Dengan teksturnya yang lengket dan kental, membuat aneka sparepart motor bisa bekerja dengan aman dan nyaman. Termasuk, menghalau kedatangan karat.

Jadi melapisi secara berkala dianggap mampu mengantisipasi cara menghilangkan karat. Namun, jika karat sudah terlanjur menyebar dan banyak, tidak perlu khawatir. Sebab  stempet atau gemuk nyatanya merupakan salah satu cara menghilangkan karat pada motor.

Caranya, cukup olesi bagian yang hendak dibersihkan. Diamkan beberapa saat sembari digosok pelan dengan kain atau sikat lembut. Lakukan perlahan hingga karat sedikit demi sedikit menghilang.

6. Kombinasi Pertamax dan Solar

Dua jenis bahan bakar ini, jika disatukan dalam perbandingan 1:2, bisa menjadi ramuan ampuh untuk membasmi karat. Hal ini juga dikemukakan oleh para teknisi di official store mengenai mekanisme pembersihan karat.

Oktan yang tinggi dari Pertamax dan solar, jika dibalurkan dan digosok pada bagian motor yang berkarat ternyata ampuh. Menggosoknya pun cukup mudah, tidak harus mengeluarkan banyak tenaga dan tahu-tahu karat pergi sedikit demi sedikit.

7. Remover

Jika ke enam cara di atas dirasa terlalu merepotkan, mungkin sudah waktunya melirik just remover karat. Produk ini ada banyak di pasaran dan memang diformulasikan untuk menghilangkan karat.

Cara pakainya juga sangat mudah, karena tinggal balur kemudian tinggalkan beberapa saat. Jika dirasa cukup, tinggal lap hati-hati dengan kain, dan karat pun rontok maksimal. Mudah sekali bukan?

Dari tujuh cara menghilangkan karat tersebut di atas, kira-kira mana yang paling mudah? Kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam membasmi karat.

Nah, agar lebih sempurna penyeruan perang terhadap karat di motor, ada baiknya memahami juga dimana saja bagian motor yang rentan terkena karat. Misalnya pada ulasan berikut ini.

Bagian Motor yang Rentan Karat

cara menghilangkan karat

  1. Knalpot

Bagian ini sudah disinggung di atas, kenapa menjadi tempat favorit karat untuk tumbuh. Selain posisinya yang dibawah juga sangat tricky dalam perawatannya. Belum lagi bentuknya yang rumit di bagian leher, membuat proses pembersihan normal tidak optimal.

Jadi tidak heran jika karat sangat sering bertandang ke sini dan merusak sedikit demi sedikit. Jika tidak segera ditangani, bisa keropos dan hancur knalpotnya.

2. Swingarm

Bagian satu ini memegang peran vital bagi kelanjutan hidup motor. Sebab, selain menopang body motor dengan roda belakang, juga memengaruhi kinerja pada gear.

Dari cara menghilangkan karat bisa muncul dan merusak bagian lain yang berdekatan karena sering kena genangan air dan jarang dibersihkan. Jika dibiarkan berkelanjutan, bisa-bisa berhenti total dan tidak bisa digunakan motornya.

Bagaimana, sudah siap berperang melawan karat pada motor? Tentu sudah ya, karena telah memahami bagaimana cara menghilangkan karat, termasuk juga penyebab dan bagian-bagian penting yang sering kena. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here