Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya?

0
103
Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya?
Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya?

Dalam memilih ban terbaik untuk motor tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mengingat ban merupakan salah satu komponen terpenting agar kendaraan dapat berjalan, sehingga memerlukan perhatian khusus.

Baca Juga: Oli Mobil Terbaik, Mengenal Kode dan Jenis – Jenisnya

Selain itu, perannya juga berpengaruh pada bagus tidaknya performa ketika dikendarai. Beberapa jenis ban yang banyak tersebar di pasaran adalah tubeless sampai model IRC, pemilihannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Terkadang, beberapa ban punya beban lebih berat terhadap manuver, pengendalian, hingga tingkat keseimbangan mesin. Oleh karena itu, jika kondisinya selalu optimal, maka pengendara dapat meminimalisir kecelakaan serta meningkatkan keselamatan berkendara.

Jangan sampai menggunakan ban yang sedang booming, tetapi tidak sesuai dengan jenis motornya. Oleh sebab itu, pemilihan ban untuk motor harus selalu disesuaikan dengan budget maupun kebutuhan penggunanya.

Tips Memilih Ban Terbaik untuk Motor

Perawatan ban motor perlu dilakukan agar kondisinya selalu awet sampai beberapa waktu ke depan. Jika sejak awal sudah memilih ban yang tepat, maka melakukan perawatan kedepannya jauh lebih mudah.

  • Pilih yang Sesuai Jenis Motor

Tips pertama yaitu menyesuaikan ban pilihan dengan tipe atau jenis motor yang dimiliki. Misalnya motor bebek, maka menggunakan ukuran maupun tipe yang memang dikhususkan untuk motor bebek.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan Ban Motor

Tips kedua dalam memilih ban terbaik untuk motor, ketahui tujuan dari penggunaan motor Anda. Digunakan untuk keseharian saja atau kebutuhan touring, supaya ban dapat disesuaikan.

Jika banyak dipakai untuk touring, tentu membutuhkan ban dengan karakteristik lebih tahan terhadap jalanan yang rusak.

  • Pilih dengan Desain atau Motif yang Cocok

Memilih motif ban dapat disesuaikan dengan kondisi jalanan yang biasa dilalui, apakah lebih ke basah, tidak rata, atau bebatuan.

Jika banyak berkendara di jalanan bercurah hujan tinggi, maka pakai ban dengan alur rapat agar tidak mudah terpeleset.

Sementara jalanan berbatu atau berpasir seperti yang kerap dilalui kendaraan touring, maka perlu ban offroad. Dengan begitu ketika dikendarai bisa lebih aman serta nyaman.

  • Pilih yang Ukurannya Sesuai

Tips selanjutnya dalam memilih ban terbaik untuk motor adalah memastikan bahwa ukurannya sesuai dengan pelek motor. Hal ini dikarenakan jika ukurannya tidak sesuai, dapat berpotensi pada terjadinya kecelakaan.

  • Pertimbangkan Tingkat Ketebalan Ban

Faktor lain sebelum membeli ban terbaik yaitu memperhatikan tingkat ketebalan ban yang pas dan sesuai jenis motor. Beberapa motor perlu ban dengan ketebalan tinggi, ada juga yang perlu sedang saja.

Tetapi usahakan untuk menghindari ban dengan tingkat ketebalan sangat tipis. Dikarenakan akan berpengaruh pada performanya ketika kendaraan ditunggangi.

  • Perhatikan Waktu Kapan Ban Itu Diproduksi

Tips sebelum membeli ban terbaik untuk motor sangat penting diperhatikan, yaitu terkait waktu pembuatannya. Biasanya ditandai dengan kode unik untuk menginformasikan kapan ban tersebut dibuat.

Apabila sudah semakin lama diproduksi, biasanya kualitasnya juga menurun. Anda dapat memilih ban yang diproduksi beberapa tahun terakhir agar mendapatkan performa lebih optimal.

  • Gunakan Merk Ban Motor Terpercaya

Tips terakhir, adalah menggunakan merk ban motor yang sudah jelas kualitas maupun kontrolnya bagus. Sehingga tidak perlu berpikir berulang kali karena ragu mempertimbangkan performanya.

Beberapa merk ban terbaik untuk motor yang sangat terpercaya bagi masyarakat Indonesia maupun internasional seperti FDR, IRC, Bridgestone, Pirelli, atau merk lainnya.

Rekomendasi Ban Terbaik untuk Motor

Setelah mengetahui bagaimana tips memilih ban motor yang terbaik, Anda juga perlu mengenal rekomendasi ban yang berkualitas. Berikut beberapa rekomendasinya: 

  • Michelin

Michelin merupakan salah satu merk ban motor berkualitas dan sudah teruji di Indonesia. Walaupun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan lainnya, namun kualitasnya memang tidak bisa diragukan.

Dengan harga Rp. 500.000, Anda mendapatkan ban berukuran sekitar 120/70 – 13 inchi yang tangguh juga kuat ketika melewati berbagai medan jalanan.

  • IRC (Inoue Rubber Company)

IRC juga tidak kalah terkenal di Indonesia maupun kancah internasional. Merupakan hasil pabrikan Jepang, dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan motor. Tetapi sebenarnya IRC lebih cocok digunakan pada motor matic.

Ban terbaik untuk motor ini bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 135.000 sampai Rp. 500.000 per bannya.

  • Pirelli

Merk berikutnya adalah Pirelli, yaitu salah satu ban yang sangat cocok dipasang pada motor untuk dipakai sehari – hari. Meskipun begitu, Pirelli juga dapat dipakai pada motor skutik atau skuter matic.

  • Dunlop

Perusahaan Dunlop sudah berdiri sejak 1889 di Inggris, sehingga tidak heran bahwa namanya cukup terkenal di Indonesia juga. Dunlop dipakai untuk mobil Formula 1, kemudian memproduksi ban motor yang sangat direkomendasikan.

  • Bridgestone Battlax

Bridgestone merupakan merk ban terbaik untuk motor berjenis tubeless paling awet juga premium. Tidak heran jika dibanderol dengan harga mulai Rp. 600.000 sampai 1,3 jutaan karena cocok pada segala musim maupun medan.

  • Aspira

Nama Aspiran sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, karena teruji tangguh melewati berbagai jenis medan jalanan. Harganya juga terbilang ramah di kantong, yaitu sekitar Rp. 159.000 saja.

  • Corsa

Corsa hasil produksi PT. Multistrada Arah Sarana mempunyai daya cengkram bagus. Cocok digunakan meskipun motor melewati jalanan basah maupun kering serta dikenal akan ketangguhan juga tahan panasnya.

  • Metzeler

Ban terbaik untuk motor selanjutnya adalah Metzeler karena terbukti terus berupaya untuk menyajikan performa berkualitas. Dengan menggunakan teknologi multi zone tension serta multiple radius contour, maka motor dapat melewati berbagai jenis medan.

Tips Perawatan Ban Motor Agar Tahan Lama

Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya_Tips Perawatan Ban Motor Agar Tahan Lama
Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya_Tips Perawatan Ban Motor Agar Tahan Lama

Perawatan terhadap ban motor harus rutin dilakukan agar kondisinya selalu awet juga dan terjaga. Kondisi yang optimal juga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan saat dikendarai serta meningkatkan keselamatan pengendaranya.

  • Memilih Ban Agar Selalu Sesuai Standar Pabrikan

Hindari kebiasaan mengganti ban yang tidak sesuai standar pabrikan, contohnya ban cacing ataupun ban donat. Dikarenakan motor sendiri sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrik agar mendapatkan manuver, grip, pengendalian terbaik.

  • Rajin Mengecek Kondisi Pentil Ban

Agar ban terbaik untuk motor tetap awet, pastikan rajin mengecek kondisi pentilnya menggunakan air sabun. Jika terdapat gelembung, maka menandakan adanya kebocoran, sehingga perlu diganti baru.

  • Menghindari Bawaan atau Beban Terlalu Berat

Sering membawa bawaan berat dapat menyebabkan ban menjadi mudah aus, botak, dan berujung pada kebocoran. Bahkan sistem suspensi maupun mesinnya juga bisa berpotensi rusak apabila kebanyakan muatan.

  • Menghindari Pengereman Mendadak

Pengereman mendadak dapat membuat ban motor juga cepat botak dan aus karena sering bergesekan dengan aspal. Maka dari itu selalu fokus dan menjaga jarak aman dengan pengendara lain agar mendapatkan eco driving.

  • Kurangi Kebiasaan Menjemur Motor di Bawah Terik Matahari

Ban terbaik untuk motor dapat tahan lama jika Anda tidak membiarkannya sering terkena sinar matahari. Hal ini menyebabkan catnya jadi kusam dan belang. Karetnya akan mengalami keretakan jika terkena panas terus menerus.

Mengenal Ciri – Ciri Ban Motor yang Perlu Diganti

Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya?_Mengenal Ciri – Ciri Ban Motor yang Perlu Diganti
Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya?_Mengenal Ciri – Ciri Ban Motor yang Perlu Diganti

Setelah rajin merawat ban motor, Anda juga perlu rutin menggantinya jika dirasa sudah tidak layak pakai. Dengan begitu, potensi terjadinya kecelakaan dapat diminimalisir.

  • Alur Kembang Ban Mengalami Kebotakan

Ban yang sudah gundul atau botak, maka perlu segera diganti. Keadaan seperti ini jika dipaksa dipakai justru berbahaya bagi pengendaranya, karena bisa menyebabkan motor mudah tergelincir.

  • Sudah Menempuh Sekitar 10.000 Kilometer

Normalnya, ban terbaik untuk motor sanggup menempuh jarak sekitar 10.000 – 12.000 kilometer. Tetapi bisa jadi perlu diganti bahkan sebelum mencapai 10.000 kilometer saat dipakai pada jalanan kurang bagus.

  • Ketika Menikung Terasa Goyang

Ketika melewati jalanan menikung atau berbelok, apabila dirasa ban kempes, maka daya cengkram bannya sudah menurun. Segera ganti dengan ban terbaik untuk motor agar terhindar dari kecelakaan.

  • Terdapat Garis Retakan

Apabila Anda menemukan garis retakan pada ban, maka perlu segera diganti. Garis retakan tersebut bisa berpotensi menyebabkan kebocoran hingga meletus, sehingga membahayakan keselamatan pengendaranya.

Ban untuk motor perlu diganti jika tanda TWI (Tread Weat Indicator) sudah mulai memudar. Letaknya berada di tapak ban dan menonjol dengan petunjuk lambang segitiga.

Baca Juga: Cara Agar Harga Mobil Tidak Jatuh Terlalu Anjlok 

Pada intinya, penggunaan ban motor bisa tetap awet jika pengendaranya rutin merawat dan mengecek kondisinya. Ban terbaik untuk motor di atas sesuai standar pabrik dan mengutamakan keselamatan maupun kenyamanan penggunanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here