5 Jenis Motor Untuk Harian Nyaman dan Tidak Bikin Capek

0
1147
motor untuk harian

Jenis motor untuk harian? Pertanyaan satu ini tentu beragam sekali jawabannya karena pendapat orang tentulah berbeda-beda. Bergantung dari kenyamanan masing-masing.  Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam keseharian setiap orang pasti membutuhkan motor untuk melakukan mobilitas. Untuk saat kebanyakan orang-orang lebih menyukai motor matic karena lebih mudah dan praktis.

Baca Juga : Daftar Harga Dan Spesifikasi Mobil Perkotaan Paling Laris 2020-2021

Terlebih untuk para wanita, motor matic dianggap sebagai kendaraan favorit. Tidak butuh main persneling hanya membutuhkan fokus saja. Tidak hanya motor matic, motor jenis lain pun banyak digunakan sebagai alat transportasi harian. Motor bebek misalnya, pamor motor ini tidak pernah kalah dengan motor yang lainnya.

Jenis Motor Untuk Harian yang Cocok Untuk Aktivitas

Dewasa ini penggunaan motor untuk aktivitas sehari-hari semakin meningkat. Hal ini dilatar belakangi begitu mudahnya untuk mendapatkan motor, berbeda dengan puluhan tahun silam. Aneka jenis motor pun semakin beragam. Lalu jenis motor seperti apakah yang sesuai untuk harian, simak ulasannya di bawah ini;

1. Honda All New Vario 150

motor untuk harian

Rekomendasi jenis motor untuk harian yang pertama adalah Honda All New Vario 150. Jenis motor satu ini nampaknya sangat populer di kalangan masyarakat luas. Bagaimana tidak pengguna motor ini terbilang cukup tinggi. Motor ini bahkan telah digunakan sebagai alat transportasi harian. Keunggulan dari Honda All New Vario 150 ini adalah postur tubuhnya yang di desain sangat cocok untuk orang Indonesia.

Ukuran tingginya selaras dengan tinggi rata-rata orang Indonesia. Motor jenis matic ini dilengkapi dengan tanki bensin dengan kapasitas 5,5 liter. Cukup irit ketika digunakan dan aman ketika digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Keunggulan lainnya adalah adanya fitur  Idle stop system  dimana mesin akan otomatis berhenti jika lebih dari 3 detik.

Fitur lain yang ada adalah fitur keamanan selain memiliki ban yang kuat, yaitu tubeless. Tidak lupa pula adanya mesin pendingin cair sehingga mesin motor tidak aka terlalu cepat panas layaknya motor yang lain. Tampilannya yang menarik juga membuat motor ini cocok untuk keseharian. Untuk harganya berkisar diantara 23 juta rupiah. Harga yang cukup terjangkau.

2. Yamaha Nmax

motor untuk harian

Jenis motor untuk harian selanjutnya adalah Yamaha Nmax. Motor skutik yang direkomendasikan ini memiliki panjang 1.955 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm. Tidak hanya untuk harian, motor jenis ini pun cocok apabila digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Motor keluaran Yamaha satu ini memiliki fitur yang mengagumkan.

Menggunakan mesin dengan teknologi variablevalveactuation yang berfungsi untuk menjaga mesin agar performanya selalu prima.Keunggulan lainnya adalah ukuran bagasinya yang luas sehingga mampu memuat dua helm. Memiliki kapasitas mesin yang besar adalah ciri khas Yamaha Nmax selain memiliki posisi duduk yang nyaman.

Hingga wajar motor ini nyaman untuk aktivitas sehari-hari atau kegiatan touring. Keunggulan selanjutnya adalah adanya fitur keselamatan anti-lockbrakingsystem yang berfungsi untuk mencegah roda belakang terkunci saat dilakukan pengereman mendadak.

Dari segi harga, motor skutik satu ini dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis motor untukk harian yang lain. Harga motor ini mencapai 27 jutaan, tapi harga yang ditawarkan ini sebanding dengan serangkaian keunggulan yang dimiliki.

3. Viar Star NX

motor untuk harian

Rekomendasi jenis motor untuk harian lain yang boleh untuk dipertimbangkan adalah Viar Star NX. Meskipun termasuk jenis motor bebek termurah, motor ini dibekali dengan performa mesin yang mengagumkan. Ada banyak fitur yang terdapat pada motor ini, antara lain fitur keamanan,lampu depan LED dengan tambahan day time running light(DRL).

Motor Viar Star NX ini juga menggunakan mesin berkubikasi 100 cc dan berpendingin udara. Tanki bahan bakar pada Star NX dapat menampung 3,7 liter dengan konsumsi bahan bakar 40 km/ liter. Dilihat dari bodynya, motor ini hampir mirip dengan Honda Blade lawas. Misalnya pada bodi belakang serta yang rendah seperti motor sport.

Demikian pula dengan sepatbor bagian depan. Keunikan jenis motor untuk harian ini terletak pada knalpotnya yang memiliki model yang panjang dengan ujung yang meruncing layaknya bambu runcing. Untuk harganya, Viar Star NX dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu dibawah 10 juta.  Harga yang cukup terjangkau dengan berbagai fitur yang mengagumkan dan kekinian.

4. Yamaha Retro XSR

motor untuk harian

Yamaha Retro XSR adalah jenis motor untuk harian selanjutnya yang direkomendasikan. Berbeda dari motor harian yang lain, motor jenis ini merupakan motor jenis motor bebek. Banyak fitur unggulan yang ditawarkan oleh motor ini, misalnya fitur 4 langkah berpendingin cairan berteknologi VVA dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm.

Yamaha Retro XSR memakai mesin fuel injection 155 cc, pada bagian kakinya mengadopsi suspensi Up side down dan menggunakan ban dual purpose dengan ukuran 110/70 pada bagian depan serta 140/70 pada bagian belakang. Dari segi harga, motor satu ini dihargai sekitar 36 jutaan dengan pilihan warna matte silver premium dan matte black elegance.

Kriteria Motor Untuk Aktivitas Sehari-Hari

Banyaknya jenis motor yang ada saat ini tidak membuat semuanya cocok digunakan untuk aktivitas harian. Ada beberapa kriteria jenis motor harian yang harus dipenuhi. Ada motor yang memang cocok digunakan, ada juga secara tampilan tampaknya cocok, tapi tidak nyaman ketika digunakan. Berikut adalah kriteria yang harus diperhatikan;

1. Perhatikan Jarak Di Bawah 10 Km

Jenis motor untuk harian apabila digunakan untuk aktivitas perjalanan di bawah 10 km, maka motor untuk harian yang cocok adalah bebek matic. Contohnya adalah Honda Vario, Yamaha Mio atau motor bebek lain. Matic lebih disarankan karena jarak yang dekat dan lebih mengutamakan kestabilan. Selain itu, performa motor bisa sangat lincah apabila digunakan di dalam kota yang macet.

2. Perhatikan Jarak Di Atas 10 Km

Apabila aktivitas perjalanan yang ditempuh di atas 10 – 20 km, maka jenis motor harian yang cocok digunakan adalah motor bebek non matic atau semi manual. Sebab, jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Disamping itu, jenis motor ini tidak boros bensin. Menggunakan matic justru akan membuat motor tersebut cepat rusak karena jarak yang ditempuh terlalu jauh.

3. Perhatikan Jarak Di Atas 20 Km

Apabila jarak yang ditempuh adalah di atas 20 km, maka jenis motor untuk harian yang tepat adalah motor khusus untuk laki-laki. Misalnya saja Tiger, Vixion, CBR 150 atau Thunder. Alasannya adalah karena motor ini memang didesain untuk jarak jauh atau untuk keperluan touring. Memilih motor jenis ini akan lebih nyaman, aman serta tidak boros bahan bakar.

Kini dengan informasi jenis motor untuk harian, telah diketahui jenis motor bagaimanakah yang tepat untuk beraktivitas. Baik itu untuk perjalanan jarak dekat atau perjalanan jarak jauh.

Baca Juga : 7 Kriteria Mobil Untuk Mobilitas Tinggi Jangan Salah Pilih

Sebab tidak semua motor cocok digunakan untuk aktivitas tertentu. Dikhawatirkan motor akan cepat rusak apabila terlalu dipaksakan. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat untuk semua pembaca.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here