Sejak 2019 trend Mobil listrik termahal sudah ramai dibicarakan, bahkan di Indonesia pun tak mau ketinggalan memperbincangkan mobil mahal ini. Hal ini tentu saja memancing mobil-mobil konvensional yang sudah punya nama, seperti Porsche dan Mercedes Benz berlomba-lomba untuk membuat mobil listrik.

Baca Juga : Penyakit Motor Vario, Sepele Tapi Menjengkelkan

Tak ketinggalan pembuat mobil sport sekelas Bugatti dan Rolls-Royce yang punya daya kerja mesin yang tinggi pun turut merakit mobil dengan tenaga listrik ini.

Apa Itu Mobil Listrik Termahal

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik dan bertenaga listrik yang dihubungkan menggunakan baterai sebagai pengganti bahan bakar. Hal inilah yang membedakan mobil listrik dengan mobil konvensional yang pada umumnya menggunakan bahan bakar bensin maupun solar untuk mobil diesel. Selain itu mobil listrik lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi yang akan mengakibatkan pencemaran udara.

Mobil listrik pertama kali dibuat tahun 1880, yang kemudian mencuat dan diperbincangkan kembali di akhir abad 19 dan semakin populer di awal abad 20. Perkembangan mobil listrik kemudian mengalami penurunan, yang disebabkan oleh hadirnya mobil konvensional yang lebih murah dari harga mobil listrik saat itu. Namun itu tidak berlangsung lama, karena dengan berkembangnya sistem penyimpanan energi, membuat mobil listrik termahal ramai diperbincangkan kembali.

Cara Kerja Mobil Listrik Termahal

Untuk operasional cara kerja mobil listrik berbeda dengan  mobil konvensional yang digerakkan dengan mesin diesel maupun mesin berbahan bakar bensin. Namun secara umum cara kerja mobil listrik ini sangat sederhana dan cukup simpel, yaitu dengan baterai, motor listrik dan kontroler motor. Ketiga komponen tersebut merupakan jantung dari cara kerja mobil listrik, jadi tanpa tiga komponen tersebut, dipastikan mobil tidak dapat bergerak.

Lalu bagaimana umumnya mobil listrik termahal ini dapat dioperasikan, yuk cara kerjanya berikut ini:

  • Tekan pedal mobil
  • Controller akan mengambil alih pengaturan daya listrik yang dihasilkan dari baterai inverter dan baterai traksi.
  • Kemudian baterai inverter akan mengirim energi listrik ke motor listrik.
  • Sementara baterai traksi yang akan mengubah energi listrik ke energi mekanik.
  • Putaran yang ditimbulkan dari energi mekanik itulah yang akan membuat mobil listrik bergerak.

Jenis-jenis Dan Harga Mobil Listrik Termahal

Trend Mobil listrik termahal kembali menjadi populer sejak bapak Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo meresmikan Mobil listrik buatan anak bangsa. Namun kemunculannya mendapat pesaing yang tidak main-main, karena pembuat mobil merek Mercedes dan Porche juga meluncurkan produk mobil listrik. Adapun jenis mobil listrik termahal yang ditawarkan oleh kedua perusahaan mobil tersebut, adalah sebagai berikut:

Mercedes Benz E300 EQ Power

mobil listrik termahal

Hadirnya E300 EQ Power ini tidak main-main, karena masuk di jajaran mobil listrik termahal yang menembus pasar Indonesia dengan harga berkisar 2 milyar. Mobil dengan mesin 2.000 cc berkolaborasi dengan turbo yang bisa menghasilkan torsi sebesar 350 nm dan tenaga 211 hp. Dengan motor listrik, mobil tersebut mendapat tambahan tenaga sebesar 122 hp dan torsi sebesar 440 nm. Mercedes jenis ini mampu melesat 0-100 dalam waktu 5.7 detik.

BMW i8

mobil listrik termahal

Mobil yang pabriknya ada di Jerman masuk dalam jajaran mobil listrik termahal di Indonesia. Sementar di Indoenesia sendiri mobil listrik seri i8 dengan harga yang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 3,6 miliar hingga 3,9 miliar. Untuk spesifikasi harga segitu, sangat pantas, jika mobil tersebut mengusung mesin 1.499 cc 3 silinder dan diaplikasikan dengan baterai 11.6 kwh, di tambah 2 motor listrik.

Hasilnya mobil tersebut bertenaga sebesar 369 hp dan torsi sebesar 570 nm, dengan tenaga tersebut, kemudian disalurkan secara otomatis melalui 8 percepatan. Tidak hanya itu mobil listrik ini digerakkan dengan 4 roda penggerak, sehingga mobil tersebut  melesat dari 0-100 hanya dalam  waktu 4.4 detik. Dengan spesifikasi di atas maka varian mobil ini cukup memukau dan berani bersaing dengan mobil listrik sejenisnya

Tesla model 3

mobil listrik termahal

Mobil listrik termahal berikutnya adalah Tesla Model 3,di negara asalnya Amerika Serikat  Tesla merupakan varian paling murah. Namunketika masuk ke Indonesia Tesla menjadi mobilmahal, hal ini bisa jadi karena pajak yang mahal, dan menjadikan alasan kenapa mobil ini menjadi mahal harganya. Mobil yang dibekali baterai dengan kapasitas 50 kWh dan mampu bergerak sejauh 350 km, sehingga dari segi tampilan, mobil listrik ini bertenaga sebesar 283 hp dan torsi 416 nm.

Tesla Model 3 ini mengukuhkan diri dengan kemampuannya melesat dari 0-100 hanya dalam waktu 5.3 detik. Harga jual varian termurah di negara asalnya ini, kemudian di Indonesia dibanderol dengan harga1.5 miliar dengan status off the road. Tesla model 3 hadir di Indonesia dalam tiga varian, yaitu Standard RangePlus, Performance dan Long Range,

Tesla Model X

mobil listrik termahal

Sebuah mobil pabrikan Amerika Serikat menghadirkan Tesla  model X di persaingan pasar otomotif Indonesia. Model X  di Indonesia menghadirkan tipe 75d dan kapasitas baterai 75 kWh dengan jarak tempuh 416 km. Berkapasitas baterai tersebut, mobil listrik termahal ini bertenaga sebesar 329 hp dan torsi sebesar 658 nmdan digerakkan dengan 4 roda penggerak. Tesla dapat melaju dari 0-100 hanya dalam waktu 5.2 detik, dengan kecepatan maksimum sebesar 209 km/h.

Di Indonesia Tesla model X ini dibanderol dengan harga 2,6miliar, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada proses kustomisasi warna eksterior. Selain itu juga tergantung pada fitur auto pilot, warna interior,  velg dan konfigurasi jok dengan lima penumpang, enam penumpang, maupun tujuh penumpang. Hal ini yang membuat varian ini berbeda dengan varian pabrikan lain di persaingan pasar mobil Indonesia.

BMW i3

mobil listrik termahal

Tidak hanya varian i8 yang hadir di pasar mobil listrik termahal Indonesia, BMW varian i3 hadir sebagai salah satu  mobil listrik yang masuk di pasar otomotif Indonesia. Varian ini juga mengusung baterai dengan kapasitas 42.4 kWh, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 hp dan melaju sejauh 246 km. Sementara untuk varian i3s dibekali baterai dengan kapasitas  yang sama besar dan mampu menghasilkan tenaga 184 hp dan dibanderol dengan harga 1,2 miliar.

Mobil listrik termahal ini mengusung rangka karbon fiber, mobil ini juga menampilkan desain yang sangat dinamis, dan bemper bagian depan menggunakan surround berwarna hitam. Sementara Grill yang menjadi ciri khas dari BMW membuat mobil ini tampil lebih menonjol. Varian ini juga menggunakan suspensi sport sebagai standarisasi dan diturunkan 10 mm untuk menempuh jarak terendah.

Baca Juga : Penyakit Motor Beat Bikin Kesel. Yuk, Cek Untuk Mengatasi

Nah itulah ulasan singkat mengenai mobil listrik termahal yang hadir di pasaran otomotif Indonesia dan mampu bersaing dengan mobil konvensional. Jadi jangan khawatir untuk menjatuhkan pilihan pada mobil listrik ini, karena selain ramah lingkungan,  mobil ini tampil elegan. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi penggemar otomotif di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here