Toyota Raize, Kendaraan Berkualitas untuk Semua Kalangan

0
183
Toyota Raize

Toyota Raize adalah kendaraan yang cukup populer. Popularitas ini bisa dikatakan sebagai hal normal. Itu karena spesifikasi yang dimilikinya sangat mumpuni.

Toyota sendiri memang terkenal sebagai brand kelas atas. Hal itu karena sekarang popularitasnya di Indonesia sangat meningkat.

Seri kendaraan keluaran toyota terkenal memiliki kualitas teruji. Selain itu harganya sendiri tidak terlalu mahal. Perpaduan antara kualitas tersebut menjadi alasan utama mengapa popularitas pabrikan ini sangat tinggi.

Baca Juga : Spesifikasi Mobil Toyota Raize: SUV Keren Bermesin Turbo

Akhir-akhir ini, toyota memang sering bekerja sama dengan Daihatsu. Seri Raize sendiri adalah salah satu hasil kerja sama tersebut.

Raize adalah seri SUV yang keluar bersamaan dengan Daihatsu Rocky. Sama dengan Raize, Daihatsu Rocky juga merupakan hasil dari kerja sama kedua pabrikan ini.

Spesifikasi Lengkap dari Toyota Raize

Toyota Raize

Popularitas Raize sekarang meningkat pesat. Hal ini wajar karena pemasaran yang dilakukan toyota membuat banyak orang penasaran.

Perlu diketahui, spesifikasi yang dimiliki kendaraan ini cukup mumpuni. Untuk lebih lengkap, berikut spesifikasi lengkap dari seri Raize ini.

1. Mesin

Hal pertama yang bisa dilihat dari Toyota Raize adalah mesin. Perlu diketahui, fokus utama dari kendaraan ini terletak pada efisiensi bahan bakar.

Fokus ini membuat Raize sangat irit BBM. Hal tersebut membuat Anda tidak akan disulitkan ketika menggunakan kendaraan ini secara sering.

Mesin 3 silinder yang dimiliki kendaraan ini memiliki kekuatan 1000 cc. Tentu turbocharger sudah ditambahkan. Sebenarnya tenaga maksimum dari seri Raize lumayan besar.

Tenaga maksimumnya berada di angka 98 ps di 6000 rpm. Torsinya sendiri berada pada batas maksimal 140 Nm pada di 2400 sampai 4000 rpm.

Jika melihat pada tenaga tersebut, perlu diingat kalau turbocharger yang ditambahkan memiliki efek besar. Jika turbocharger tidak ditambahkan, tenaga maksimumnya mungkin lebih kecil.

2. Dimensi

Spesifikasi Toyota Raize selanjutnya berhubungan dengan dimensi. Untuk dimensi sendiri sebenarnya tidak terdapat keunikan. Karena dimensi kendaran ini cukup mirip dengan mobil SUV pada umumnya.

Kendaraan ini memiliki panjang 4,030 meter. Untuk lebih dan tingginya sendiri berturut-turut berada di angka 1,71 meter dan 1,635 meter.

Hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah jarak sumbu roda. Kendaraan ini memiliki jarak sumbu roda 2,525 meter. 

Perbedaan jarak tampak depan dan belakang akan terlihat. Jarak tapak depannya berada di angka 1,475 meter dan jarak tapak belakangnya adalah 1,47 meter.

3. Suspensi

Hal selanjutnya yang perlu diketahui dari spesifikasi Toyota Raize adalah suspensi. Sama seperti dimensi, suspensinya sendiri cukup umum.

Pada bagian depan, suspensinya menggunakan MacPherson Strut. Keunggulan utama dari suspensi ini terletak pada harga. Untuk mendapatkannya seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Selain murah, suspensi ini juga memiliki keunggulan dari kuantitas. Penyedianya di Indonesia sangat banyak sehingga Anda tidak akan kesulitan mencarinya.

Jika bagian depan menggunakan MacPherson Strut, bagian belakangnya menggunakan Torsion Beam. Keunggulan utama dari Torsion Beam terletak pada daya redamnya.

Ketika melewati jalan dengan kontur tidak rata, guncangan bisa distabilkan dengan lebih baik. Selain itu, suspensi ini dikenal memiliki bobot yang sangat ringan.

4. Velg dan Ban

Perlu diketahui, Toyota Raize memiliki dua seri. Seri pertama bernama Raize 1.0 Turbo dan seri kedua bernama Raize 1.2 G.

Velg dan ban yang digunakan berbeda untuk setiap seri. Pada Raize 1.0 Turbo, velg yang digunakan memiliki diameter 17 inch. Selain itu ukuran bannya sendiri adalah 205/60R17.

Hal berbeda akan terlihat pada Raize 1.2 G. Ukuran velgnya sedikit lebih kecil karena hanya berukuran 16 inch. Tentu ban yang digunakan juga lebih kecil yaitu 205/65R16.

5. Harga

Sebelumnya telah dijelaskan kalau Toyota Raize memiliki dua seri yaitu Raize 1.0 Turbo dan Raize 1.2 G. Perlu diketahui, ada juga seri mix bernama 1.0 Turbo G.

Oleh sebab itu, seri Raize ini secara total memiliki tiga kendaraan. Harganya sendiri tentu berbeda-beda. Yang paling murah adalah Raize 1.2 G dengan harga 240,75 juta rupiah.

Lalu selanjutnya ada Raize 1.0 Turbo dengan harga 245,25 juta rupiah. Seri mix sendiri memiliki harga paling tinggi. Itu karena Raize 1.0 Turbo G hanya bisa didapatkan dengan uang sebesar 260,15 juta rupiah.

Berikut Keunggulan dari Seri Raize

Toyota Raize

Toyota Raize bukan kendaraan yang dibuat secara asal. Toyota dan Daihatsu sudah memperhatikan setiap detail dengan baik.

Perhatian akan detail tersebut membuat berbagai kelebihan sudah dimiliki. Jika Anda penasaran tentang kelebihan-kelebihan tersebut, berikut ulasannya secara lebih detail.

1. Fitur Keselamatan

Keunggulan pertama dari Toyota Raize ini terletak pada fitur keselamatannya. Fitur keselamatan dari kendaraan ini sangat canggih. Terdapat teknologi bernama TSS yang ditambahkan.

TSS sendiri adalah singkatan dari toyota safety sense. Perlu diketahui, TSS membuat pengendara lebih aman dalam memanfaatkan setiap fitur yang dimiliki seri Raize.

Itu karena seri Raize ini memiliki banyak fitur sehingga TSS diperlukan untuk mengontrolnya. Salah satu fitur unggulan yang dimilikinya adalah LDA atau Lane Departure Alert. LDA sendiri akan memberikan pemberitahuan ketika kendaraan keluar jalur.

2. ACC

Keunggulan Toyota Raize selanjutnya terletak pada fitur ACC yang dimiliki. ACC sendiri adalah singkatan dari adaptive Cruise Control. Sebenarnya ACC adalah bagian dari TSS yang sebelumnya dijelaskan.

Namun ada satu hal yang membuat ACC ini spesial. Perlu diketahui, fitur cruise control adalah hal umum pada kendaraan dengan harga kisaran 300 juta.

Namun kebanyakan kendaraan di harga 300 juta memiliki fitur cruise control biasa. Ini berbeda dengan Toyota Raize yang memiliki adaptive cruise control.

Untuk Anda yang belum mengetahui, cruise control berfungsi mengatur jarak aman saat berkendara. Dengan adanya fitur adaptive, jarak aman ini akan disesuaikan dengan lebih baik.

Perlu diingat, ACC tidak akan aktif apabila mobil dibawa pelan. Keberadaannya akan mulai aktif jika pengendara memicu kendaraan di kecepatan 30 km per jam.

3. Velg

Sebelumnya telah dijelaskan kalau velg Toyota Raize berukuran 17 dan 16 inch. Perlu diingat, velg tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu kelebihan.

Itu karena velg tersebut lebih besar dari kendaraan SUV pada umumnya. Hal ini membuat tampilannya terlihat lebih maskulin.

Belum lagi velg tersebut menggunakan warna hitam sebagai finishing. Ini membuat kesan kuat khas mobil SUV semakin menonjol.

4. Ground Clearance

Ground clearance dari kendaraan ini cukup tinggi. Untuk Anda yang belum mengetahui, ground clearance merupakan jarak terendah ke permukaan jalan.

Seri Raize ini memiliki ground clearance 20 cm. Ini tentu membuat keberadaannya sangat nyaman ketika digunakan pada medan yang tidak rata.

Memang ground clearance ini masih kalah tinggi jika dibandingkan dengan produk lain seperti Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander. Sebagai perbandingan Toyota Rush memiliki Ground Clearance 22 cm dan Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance 22,5 cm.

Tetapi jika dibandingkan dengan Nissan Migrate, ground clearance kendaraan ini tetap lebih tinggi. Itu karena ground clearance Nissan Mignate adalah 1,86 cm.

Berikut Kekurangan dari Kendaraan Ini

Toyota Raize

Seri Raize ini bukan kendaraan tanpa kekurangan. Walaupun kekurangan ini bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing, beberapa kebanyakan orang setuju terkait tiga kekurangan utama yang dimilikinya. berikut tiga kekurangan tersebut.

1. Tenaga

Sebelumnya telah dijelaskan kalau tenaga maksimum kendaraan ini bisa mencapai 98 ps dan torsi maksimumnya di angka 140 Nm. Jika dibandingkan kendaraan umum, tenaga ini memang lumayan. Tetapi jika dibandingkan dengan mobil SUV lain, tenaga itu sangat biasa.

2. Ventilasi

Ventilasi belakang sangat penting agar penumpang tetap nyaman. Masalahnya, seri Raize ini tidak memiliki ventilasi belakang. Ini membuat hawa dingin akan langsung mengenai tubuh yang terkadang bisa mengganggu.

3. Tangki

Kekurangan terakhir dari kendaraan ini terletak pada tangki. Kapasitas tangkinya hanya sebesar 36 liter. Ini berbeda dengan mobil SUV lain yang kapasitas tangkinya bisa lebih dari 40 liter.

Kesimpulan yang Bisa Diambil dari Tentang Review Seri Raize

Toyota Raize

Jika mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, seri Raize ini sebenarnya cukup layak direkomendasikan. Itu karena, kelebihannya lebih dominan dibandingkan kekurangan. 

Tetapi terdapat catatan untuk fitur TSS yang dimiliki. fitur TSS tersebut hanya akan didapat oleh seri Raize terbaik.

Oleh karena itu jika Anda berniat membeli seri Raize dan dananya ada, akan lebih baik jika menjatuhkan pilihan terhadap seri Raize terbaik.

Baca Juga : Beberapa Pilihan Mobil Toyota Terbaik Yang Ramah Di Kantong

Ketika hendak membeli kendaraan, pastikan untuk memperhatikan setiap detail dengan baik. selain itu, sadari juga tujuan Anda membeli kendaraan.

Karena tujuan ini perlu dijadikan sebagai prioritas. Jika ternyata tidak sesuai dengan tujuan, Toyota Raize ini tentu tidak direkomendasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here