Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya

0
282
Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya
Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya

Perawatan mobil listrik yang benar dapat membuat kendaraan jadi lebih awet sehingga tidak mudah terjadi error ketika sedang berkendara. Nah, maka dari itu jika Anda tertarik ingin membeli mobil elektrik ketahui terlebih dahulu cara perawatannya di artikel ini.

Baca Juga: AC Mobil Tidak Dingin? Ini dia Penyebab Beserta Solusinya!

Era mobil elektrik saat ini mulai banyak disuarakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia karena dinilai dapat mengurangi pencemaran udara. Dengan menggunakan kendaraan elektrik ini tentunya berkontribusi dalam mengurangi pencemaran udara.

Dari tahun ke tahun perkembangan mobil listrik semakin pesat, teknologi-teknologi yang disematkan juga semakin canggih. Bahkan kendaraan keluaran produsen ternama Tesla memiliki fitur auto pilot sehingga kendaraan dapat sampai tujuan secara otomatis.

Di Eropa hampir semua orang beralih menggunakan mobil elektrik ini. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Apakah sudah berkembang dan banyak peminatnya? Simak terus artikel di bawah ini hingga selesai untuk mengetahui jawabannya!

Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya
Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya

Perkembangan teknologi di bidang otomotif kian pesat dan beragam, termasuk kendaraan ramah lingkungan mulai dari type hybrid hingga listrik murni. Indonesia memiliki populasi yang terbilang besar sehingga membuat Indonesia menjadi pasar potensial.

Indonesia menjadi penghasil nikel terbesar menjadi sangat diuntungkan dari perkembangan kendaraan elektrik ini. Keuntungan ini akan semakin berlipat ganda ketika Indonesia mampu mengelola nikel termasuk menjadi produk jadi berupa baterai.

Jika Indonesia lebih memfokuskan untuk membuat pabrik khusus mengelola baterai kendaraan elektrik bukan tidak mungkin Indonesia dapat menjadi supplier baterai ke seluruh dunia. Tentu pendapatan akan lebih meningkat dan bisa mensejahterakan rakyat.

Namun, dari sisi penggunaan kendaraan elektrik saat ini mulai banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi hanya di golongan tertentu saya yang mampu memiliki kendaraan listrik dengan berbagai fitur canggih dikarenakan harganya terbilang sangat mahal.

Terlebih lagi saat ini belum meratanya infrastruktur terkait depot pengisian daya listrik kendaraan di seluruh Indonesia. Namun, saat ini mulai terasa perkembangan pengguna kendaraan listrik. Karena terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Penggunaan mobil elektrik dapat memberikan banyak keuntungan seperti perawatan mobil listrik yang mudah, beragam fitur canggih dan masih banyak lagi. Nah, saat ini terdapat banyak produsen kendaraan yang mulai memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Mobil Listrik Terbaik di Indonesia

Perawatan mobil listrik memang terbilang lebih mudah dibandingkan dengan perawatan kendaraan berbahan bakar bensin. Karena hal inilah mulai banyak orang yang mulai memilih mobil listrik. Nah, terdapat beragam pilihan mobil elektrik terbaik di Indonesia seperti berikut.

1. BMW I3

Mobil elektrik terbaik yang telah beredar di Indonesia adalah BMW I3.  Berbeda dengan kendaraan keluaran dari BMW lainnya, untuk BMW I3 ini memiliki desain yang lebih futuristik. Fitur canggih membuat harga BMW I3 ini mahal hingga Rp. 1,34 Miliaran.

2. Tesla Model S

Tesla mengeluarkan kendaraan elektrik model S dengan berbagai fitur dan juga teknologi yang futuristik. Terdapat panel touch screen di dalam kabin yang memiliki banyak fungsi untuk mengatur kebutuhan dalam berkendara. Untuk harganya dibanderol Rp 4,4 Miliar.

3. Toyota Prius

Toyota prius ini mengusung mesin hybrid yang dapat diandalkan untuk melibas jalanan perkotaan. Terdapat beragam fitur canggih dari kendaraan ini yang dapat membuat Anda lebih nyaman ketika berkendara. Harga dari Toyota prius ini sekitar Rp. 800 juta lebih.

4. Nissa Kiks

Pabrikan Nissan juga tidak mau kalah dalam mengikuti perkembangan zaman, salah satu mobil listrik yang dikeluarkannya yaitu Nissan kicks. Perawatan mobil listrik Nissan Kicks juga terbilang mudah serta terdapat berbagai fitur menarik. Harganya dibanderol hanya Rp. 400 jutaan.

5. Toyota Corolla Cross

Toyota corolla cross pilihan terakhir mobil elektrik terbaik yang dipasarkan di Indonesia. Mobil ini menghadirkan desain body yang gagah dan maskulin. Toyota corolla cross ini menggunakan 2XR-FE 1,8 liter. Harga Toyota Corolla Cross sekitar Rp. 460 Juta lebih.

Cara Perawatan Mobil Listrik yang Benar

Sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan listrik pastikan Anda sudah mengerti bagaimana cara perawatan mobil listrik yang benar.  Namun, tahukah Anda perawatan untuk kendaraan elektrik lebih mudah dibandingkan kendaraan dengan mesin pembakaran internal.

Memang dari segi perawatan terbilang mudah akan tetapi pastikan Anda melakukannya secara konsisten agar kendaraan bisa tetap berjalan dengan baik. Cara perawatan kendaraan elektrik adalah memperhatikan radiatornya.

Sama seperti mobil biasa, mobil listrik juga terdapat komponen radiator yang berguna untuk mendinginkan suhu baterai dari kendaraan elektrik. Nah, maka dari itu penting untuk selalu mengecek air radiator atau coolant agar bisa berjalan dengan normal.

Cara perawatan mobil listrik selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi motor listrik mobilnya. Motor listrik ini memiliki komponen gir yang artinya hampir sama dengan transmisi, sehingga tetap membutuhkan pelumas khusus atau oli untuk menjaga kinerjanya.

Untuk merawat kendaraan listrik dengan lebih mudah Anda bisa service ke bengkel resmi setiap bulannya. Dengan melakukan service ini maka kendaraan akan tetap berjalan dengan baik dan mampu digunakan untuk melibas jalanan dengan lebih ramah lingkungan.

Perawatan mobil listrik terbilang lebih mudah dibandingkan dengan kendaraan konvensional lain. Akan tetapi walaupun mudah bukan berarti Anda melewatkan perawatannya maka dari itu perhatikan beberapa cara perawatan kendaraan elektrik di atas.

Keuntungan Ketika Menggunakan Mobil Listrik

Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinyav

Perkembangan teknologi membawa dampak positif bagi dunia otomotif salah satunya hadir kendaraan listrik. Nah, ternyata terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan mobil listrik ini untuk menemani Anda bepergian sehari-hari.

Keuntungan pertama yaitu dari segi ramah lingkungan. Mobil berbahan bensin umumnya menghasilkan emisi gas Co2 dan Co yang dapat mencemari udara. Berbeda halnya dengan mobil listrik tidak ada pembuangan asap sehingga lebih ramah lingkungan.

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan adalah dari segi perawatan mobil listrik. Dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Mobil listrik hanya terdiri dari baterai saja untuk menggerakkan kendaraan sehingga perawatannya tidak terlalu rumit.

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan adalah aman ketika berkendara lebih terjaga. Kendaraan elektrik ini tentunya sudah melalui proses uji ketahanan kendaraan, uji ketahanan, api, uji ketahanan air, dan uji vibrasi dan juga guncangan.

Transportasi listrik juga dilengkapi dengan intelligent transport system yang dapat memutuskan aliran listrik ketika terjadi tabrakan sehingga akan lebih meminimalisir kerusakan dan menjaga Anda tetap aman. Setiap tahunnya fitur keamanan terus ditingkatkan.

Keuntungan terakhir yang bisa didapatkan adalah Anda akan lebih hemat untuk jangka panjang. Memang jika dilihat harga dari mobil elektrik ini terbilang mahal akan tetapi kedepannya untuk biaya konsumsi pemakaian akan lebih murah dibandingkan bahan bakar.

Kerugian Ketika Menggunakan Mobil Listrik

Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya
Tips Perawatan Mobil Listrik, Ketahui Sebelum Membelinya

Nah, itu tadi beberapa kelebihannya seperti perawatan mobil listrik lebih mudah hingga lebih ramah lingkungan. Akan tetapi tentu tidak ada moda transportasi yang sempurna terdapat juga beberapa kekurangan yang menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membelinya.

Kekurangan pertama adalah dari segi harga. Moda transportasi dengan elektrik ini dibanderol dengan harga yang fantastis bahkan bisa mencapai miliaran rupiah. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mampu memiliki kendaraan dengan banyak fitur canggih ini.

Kekurangan selanjutnya adalah fasilitas untuk mengisi baterai belum memadai. Di Indonesia masih belum banyak depot pengisian baterai sehingga Anda harus mengisi baterai dari rumah. Sehingga Anda perlu waspada dan mempertimbangkan ketika akan bepergian jauh.

Di Indonesia belum banyak bengkel resmi kendaraan listrik sehingga ketika terjadi kerusakan maka akan sedikit kebingungan ketika akan memperbaikinya. Terlebih lagi saat ini belum banyak montir yang mengerti tentang motor elektrik pada moda transportasi elektrik ini.

Kekurangan selanjutnya adalah suara yang ditimbulkan dari kendaraan ini kecil sehingga berisiko tidak diketahui oleh pengemudi lain. Tentu hal ini dapat beresiko menimbulkan kecelakaan sehingga Anda perlu memberikan tanda ketika sedang berkendara.

Kekurangan terakhir adalah keterbatasan dalam berkendara. Seperti diketahui bahwa moda transportasi elektrik ini paling jauh hanya bisa menembus 300 kilometer saja. Sehingga ketika berkendara dengan jarak jauh sangat berisiko kehabisan daya di tengah jalan.

Baca Juga: Deretan Mobil Sport Tercepat dan Termahal di Dunia

Memiliki kendaraan elektrik tentunya dapat memberikan Anda keuntungan dari berbagai aspek dan bisa menikmati fitur-fitur canggih. Akan tetapi sebelum membeli pahami dulu cara  perawatan mobil listrik serta kelebihan dan kekurangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here