Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

0
137
thumb beli mobil bekas - tips membeli mobil bekas yang aman

Membeli mobil tidak harus dalam kondisi baru. Apabila memiliki budget yang terbatas, mobil bekas adalah solusinya. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli, ada baiknya untuk mengingat terlebih dahulu tips membeli mobil bekas yang aman dan akan tersaji dalam artikel berikut.

Baca Juga : Simak Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar Tetap Awet

Dengan mengetahui tips tersebut, mobil bekas atau second yang kamu beri bisa sesuai dengan keinginan. Selain itu, mobil bekas juga minim sekali mengalami kerusakan baik pada bodi atau mesin. Simak tips selengkapnya dalam daftar di bawah ini.

Berikut Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman

Membeli mobil bekas bukan pekerjaan yang mudah. Apabila salah beli, bisa saja mobil tersebut memiliki banyak kerusakan tapi kamu tidak mengetahuinya. Selain itu bisa saja ada masalah pada surat kendaraan yang dimiliki. Simak tips beli mobil seken di bawah ini.

1. Menentukan kebutuhan terlebih dahulu

Membeli roda empat tidak bisa dilakukan hanya karena anda merasa ingin memiliki saja. Apabila hal ini dilakukan bisa saja mobil yang dibeli akhirnya tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Apalagi rumah yang kamu miliki terlalu kecil sehingga tidak muat untuk menampungnya.

Tanyakan pada diri sendiri kira-kira mobil ini akan dimanfaatkan untuk apa. Misal kamu ingin menggunakannya untuk melakukan perjalanan yang rutin dilakukan. Ada juga yang ingin membeli mobil karena dipakai untuk melakukan bisnis atau usaha.

Setelah mengetahui apa kebutuhan yang dimiliki. Kamu bisa menentukan kira-kira jenis mobil apa yang akan diincar. Jangan asal membeli jika nantinya mobil tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Apalagi harganya cukup lebih mahal daripada mobil bekas lainnya.

2. Berapa budget yang dimiliki

Hal kedua yang harus diperhatikan saat ingin membeli mobil bekas adalah mengetahui berapa budget yang kamu miliki saat ini. Mobil bekas ada yang memiliki harga di bawah Rp50 juta nggak ada yang harganya di atas Rp200 juta.

Mahal atau tidaknya mobil sebenarnya tergantung dengan kemampuan yang kamu miliki saat ini. Apabila budget yang dimiliki cukup besar ada baiknya untuk memilih mobil dengan kualitas yang lebih baik. Sebaliknya jika bujet itu bisa dipakai membeli mobil baru, hindari membeli mobil bekas.

Lakukan riset terlebih dahulu kira-kira mobil apa saja yang ingin kamu beli. Daftar juga semua harganya yang sesuai dengan kemampuan. Dari sana, kamu bisa melakukan proses penilaian kira-kira mobil mana yang paling cocok untuk dibeli dan memberikan keuntungan lebih besar.

3. Melakukan survei secara langsung

Lakukan survei secara langsung pada mobil bekas roda empat yang kamu inginkan. Biasanya di kota besar akan ada banyak sekali showroom yang menampilkan beberapa mobil bekas dengan kualitas yang masih sangat baik. Kamu bisa datang ke sana untuk sekedar melihat-lihat saja.

Tidak perlu takut atau merasa sungkan jika ingin datang dan melihat tanpa langsung melakukan pembelian. Namanya juga pembeli, kamu harus mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan. Tidak asal membeli karena ada perasaan tidak enak saja.

Akan lebih baik lagi jika showroom tersebut memang berada di bawah perusahaan otomotif besar di Indonesia. Biasanya mereka akan melakukan perawatan dengan baik sehingga mobil yang ada di sana minim sekali mengalami cacat.

4. Melakukan pengecekan riwayat service

Mobil second biasanya memiliki buku riwayat service. Dari buku tersebut kamu bisa mengetahui selama digunakan oleh pemilik lamanya apa saja kerusakan yang pernah terjadi. Apabila dari daftar kerusakan itu ada sesuatu yang “besar” lebih baik dipertimbangkan untuk membelinya.

Namun, jika kerusakan yang pernah terjadi hanya kerusakan minor, mobil tersebut masih layak untuk dibeli. Untuk itu selalu minta buku riwayat servis yang dimiliki oleh mobil untuk dicek satu persatu apa saja yang pernah terjadi pada kendaraan tersebut.

5. Mengecek surat kendaraan

Satu hal yang tidak kalah penting dari sekedar body dan juga mesin adalah melakukan pengecekan pada surat kendaraan seperti BPKB dan STNK. Kamu harus membeli mobil dalam kondisi legal dan bukan roda empat hasil curian atau kendaraan yang masih dalam sengketa.

Lakukan pengecekan pada surat kendaraan untuk melihat keasliannya. Apabila pembeli enggan memperlihatkan surat kendaraan tersebut atau surat kendaraan yang ditunjukkan terindikasi palsu ada baiknya untuk tidak membelinya.

6. Melihat seluruh body

Tips membeli mobil bekas yang aman nomor enam adalah dengan melihat seluruh bodi yang dimiliki oleh kendaraan roda empat. Sebelum memutuskan untuk membeli, kamu harus melakukan pengecekan ke seluruh body mulai dari bagian luar sampai ke bagian yang paling dalam.

Mobil second biasanya sangat rawan dengan adanya kerusakan seperti goresan atau penyok. Apabila kerusakan minor ini sudah diperbaiki atau tidak begitu mempengaruhi nilai estetik, kamu bisa mempertimbangkannya untuk dibeli.

Sementara itu jika kerusakan pada body khususnya di luar sudah sangat parah. Bahkan, jika dilihat sekilas ada sesuatu yang mencolok. Ada baiknya untuk memilih yang lain. Apabila kamu membelinya, butuh biaya banyak untuk membalikan bagian body agar terlihat lebih sempurna.

7. Mengecek mesin dan seluruh komponen di dalamnya

Lakukan pengecekan pada mesin kendaraan dan seluruh komponen yang ada pada mobil. Hal ini bisa dilakukan sendiri atau bisa juga meminta bantuan pada montir atau teman yang ahli untuk melihat apakah ada kerusakan atau kendaraan dalam kondisi baik.

Saat ini juga sudah ada layanan untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan pada mobil. Jadi, kamu bisa mendapatkan laporan terkait dengan detail kendaraan mulai dari bagian yang kurang baik sampai bagian yang sempurna.

8. Melakukan test drive

Setelah melakukan pengecekan mulai dari body hingga ke mesin serta komponen yang ada di dalamnya. Kamu harus melakukan pengecekan lain dengan cara melakukan test drive. Mobil yang kamu pilih harus dikendarai untuk dilihat bagaimana handling dari kendaraan bekasnya.

Melakukan uji coba ini sangat penting karena sering sekali mobil yang dari luar terlihat menarik, saat dikendarai justru tidak nyaman. Itulah kenapa sesi uji coba ini harus dilakukan untuk melihat apakah tersebut memang layak untuk dibeli atau lebih baik memilih yang lain.

Test drive bisa dilakukan di jalan raya bersama dengan pemiliknya. Jadi apabila ada sesuatu yang aneh atau tidak nyaman, kamu bisa langsung menanyakannya. Jadi, tidak akan merasa kecewa juga akhirnya membelinya.

9. Membeli di tempat yang tepat

Saat ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membeli mobil bekas. Kamu bisa datang langsung ke showroom yang ada di sekitar rumah. Biasanya akan ada Tempat untuk memajang beberapa mobil bekas sehingga kamu bisa melakukan survei ke sana untuk melihat secara langsung.

Kedua dengan membeli secara online, saat ini ada beberapa situs di Indonesia yang menyediakan perantara pembelian mobil bekas. Apabila beli di sana ada baiknya untuk melakukan proses survei terlebih dahulu untuk menghindari adanya data keliru yang diberikan oleh penjual.

Usahakan untuk tidak membeli dengan sistem pembayaran langsung ditransfer pada pembeli. Jangan begitu, jika ada kecurangan uang yang kamu miliki masih bisa kembali dan tidak hilang begitu saja.

10. Tidak tergesa-gesa saat membeli

Aturan yang harus dimiliki jika kamu ingin membeli mobil bekas adalah “santai saja dulu”. Usahakan untuk tidak tergesa-gesa, karena mobil yang didapatkan bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki saat itu.

Membeli mobil dengan tergesa-gesa juga bisa dilihat oleh pemilik kendaraan. Apalagi saat kami mulai menyukainya, mereka bisa menawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal. Untuk menghindari hal seperti ini, ada baiknya untuk santai dan mengumpulkan semua informasi.

Apabila dirasa informasi sudah cukup dan mobil yang kamu butuhkan ditemukan, proses pembelian baru bisa dilakukan. Usahakan untuk tidak memilih satu jenis mobil saja. Pilih beberapa lalu bandingkan satu dengan lain untuk mendapatkan mobil terbaik.

Memahami tips membeli mobil bekas akan membuat kamu lebih hati-hati dan waspada. Mobil yang dibeli akan memiliki kualitas bodi dan mesin yang sempurna. Meski tergolong barang second, secara kualitas tidak ada yang berbeda sama sekali dengan mobil baru.

Baca Juga : Ingin Beli Ban baru? Ikuti Tips Memilih dan Membeli Ban Mobil Baru yang Awet

Terpenting dari semua adalah mobil bekas atau second yang dipilih haruslah resmi dan bukan barang curian. Apabila mobil yang dibeli ternyata barang curian, kamu bisa mengalami masalah. Untuk itu sebelum membeli lebih baik diteliti terlebih dahulu dan tidak perlu tergesa-gesa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here