Tips, Cara Kredit Mobil, serta Keuntungan yang Didapatkan

0
107
Tips, Cara Kredit Mobil, serta Keuntungan yang Didapatkan
Tips, Cara Kredit Mobil, serta Keuntungan yang Didapatkan

Bagi sebagian orang, cara kredit mobil menjadi pilihan terbaik jika membayar tunai dirasa mustahil. Sebab mengeluarkan dana puluhan hingga ratusan juta rupiah bukanlah hal yang mudah, apalagi jika penghasilan tidak mencukupi.

Baca juga : Ini Dia Spesifikasi Suzuki S-Presso Lengkap dengan Kelebihannya

Pembayaran mobil secara tunai sendiri memiliki beberapa kelebihan sehingga beberapa orang memilih menabung untuk membeli kendaraan roda empat. Selain tidak perlu memikirkan cicilan, biasanya kalian juga bisa mendapatkan potongan harga dari dealer.

Seperti sudah kita ketahui, kendaraan roda empat memiliki harga yang cukup mahal bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, memperhitungkan pendapatan dengan jumlah cicilan yang diambil sangat diperlukan untuk menghindari gagal bayar.

Inilah Beberapa Keuntungan Kredit Mobil

Inilah Beberapa Keuntungan Kredit Mobil
Inilah Beberapa Keuntungan Kredit Mobil

Jika membayar secara tunai tidak memungkinkan, maka tidak perlu takut memilih cara kredit mobil sesuai dengan pendapatan. Apalagi ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan seperti berikut.

  • Punya Mobil Dana Terbatas

Sebagian orang lebih memilih pembayaran tunai meskipun harus menabung terlebih dahulu dalam waktu yang cukup lama. Terkadang uang tabungan yang sudah disisihkan juga harus terpakai karena kebutuhan lain atau pemasukan tidak mendukung.

Hal ini tentu tidak dapat dilakukan jika kalian membutuhkan kendaraan roda empat untuk penunjang produktivitas. Oleh sebab itu, cara kredit mobil bisa jadi solusi karena kalian hanya perlu membayar DP dan menyerahkan syarat dokumen untuk membawa kendaraan pulang.

  • Menikmati Insentif Pemerintah

Pemerintah berusaha menggenjot industri otomotif sehingga tidak jarang memberikan banyak insentif menarik bagi kalian yang membeli kendaraan roda empat dengan kredit. Salah satu insentif dari pemerintah seperti peraturan PPnBM yang mulai diterapkan 1 Maret 2021.

  • Meningkatkan Skor Kredit

Jika menggunakan cara kredit mobil serta menikmati fasilitasnya, pelunasan yang lancar akan diberi skor dan disimpan di bank Indonesia. Skor kredit sendiri akan memberikan keuntungan pada kalian di masa mendatang.

Apabila pelunasan lancar, maka skor kredit juga akan semakin baik. Nantinya jika ada keinginan membeli rumah menggunakan KPR atau fasilitas kredit lain, maka bank maupun perusahaan leasing akan menilai kemampuan kalian dalam melunasi hutang dari skor itu.

  • Mencicil Pengeluaran

Kalian tidak perlu mengeluarkan dana sangat besar di dalam satu waktu, namun bisa menggunakan pengeluaran menjadi beberapa bulan atau tahun. Secara psikologis, langkah ini memberikan kenyamanan karena terasa lebih ringan.

Dengan cara kredit mobil, ada uang tabungan tunai yang masih tersisa sehingga bisa diputar untuk keperluan lainnya. Jika perhitungan tabungan dengan DP dan bunganya sudah tepat, maka arus kas akan tetap lancar, salah satunya dalam berbisnis.

  • Termasuk Asuransi

Keuntungan lainnya memilih langkah ini adalah kalian sudah akan mendapatkan asuransi. Umumnya, terdapat paket asuransi yang akan diberikan secara otomatis selama masa kreditnya masih berlangsung.

Dengan adanya asuransi ini, tentu kalian tidak perlu lagi merasa khawatir selama mengendarai mobilnya. Sebab jika ada hal tidak diinginkan seperti senggolan atau kehilangan, maka sudah akan di cover pihak asuransi.

Simak Ini untuk Tips Kredit Mobil

Simak Ini untuk Tips Kredit Mobil
Simak Ini untuk Tips Kredit Mobil

Ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips sebelum menyanggupi semua persyaratan cara kredit mobil agar tidak menyesal dikemudian hari. Berikut adalah beberapa tips serta pertimbangan sebelum kalian mencicil kendaraan roda empat.

Pertama, pilih jenis mobilnya sesuai kebutuhan dan anggaran cicilan yang dimiliki, jangan sampai terlalu memberatkan dan menambah beban keuangan. Saat ini ada cukup banyak jenis mobil di pasaran dengan harga beragam sehingga bisa disesuaikan.

Tentukan juga alasan membeli kendaraan roda empat, apakah untuk kebutuhan keluarga atau pribadi. Jika digunakan untuk keluarga, maka harus menyesuaikan jumlah kursi penumpang di dalamnya agar memadai untuk bepergian bersama.

Sebelum melakukan cara kredit mobil sesuai anggaran dan kebutuhan, kalian bisa melakukan survei harga terlebih dahulu. Informasi ini bisa kalian cari melalui media seperti internet, koran, atau bisa juga dengan langsung bertanya ke dealer.

Bukan hanya harganya saja, penting juga mencari tahu uang muka yang harus dibayarkan. Jika memang memiliki dana cukup besar maka bisa membayar uang muka lebih besar sehingga hutang kredit semakin kecil.

Selain cara kredit mobil, sangat penting memiliki pengetahuan cukup mengenai harganya sebab akan lebih mudah mencari penawaran promo terbaik. Berbagai dealer umumnya memberikan tawaran promo, baik berupa diskon maupun bonus tambahan.

Terakhir, perhatikan mengenai kondisi mobil, baik memilih yang baru maupun bekas. Bukan hanya kondisinya saja, namun juga fitur maupun fasilitas layanan gratis dan beberapa hal lainnya.

Seperti Ini Cara Kredit Mobil

Seperti Ini Cara Kredit Mobil
Seperti Ini Cara Kredit Mobil

Cara melakukan kredit mobil membutuhkan beberapa persyaratan dan langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Selain memiliki dana cukup, kalian juga perlu memperhatikan beberapa hal dan syarat seperti penjelasan berikut.

  •  Mempersiapkan Dokumen

Sebelum mengajukan kredit mobil, kalian harus mempersiapkan beberapa dokumen pribadi untuk kelengkapan administrasi. Dengan dokumen penting ini, maka akan memperlancar proses serta meyakinkan lembaga leasing menerima pengajuan cicilan.

Persiapkan bukti identitas seperti KTP/SIM dan kartu keluarga. Sementara itu, dokumen penting lain berupa NPWP, slip gaji, fotokopi SIUP/TDP/SKDP khusus wiraswasta, bukti bayar PBB dan rekening listrik maupun air, rekening koran, juga keterangan domisili.

  •  Menghitung Penghasilan

Jika sudah memiliki dokumen lengkap, selanjutnya tinggal memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Perhitungan ini sangat penting agar tetap memiliki dana lain selain untuk cicilan.

Cara kredit mobil biasanya memberikan layanan fitur simulasi yang dapat kalian manfaatkan, tujuannya mendapatkan cicilan sesuai kondisi keuangan. Dengan fitur simulasi ini juga dapat mengetahui kisaran biaya yang harus dibayar tiap bulannya.

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka dapat menghindari cicilan yang terlalu memberatkan. Apalagi jika memilih dealer terpercaya dan berpengalaman dalam bidangnya, kalian tentu mendapatkan banyak kemudahan terutama dalam pengajuan kredit.

Umumnya pemberi pinjaman akan melihat cash flow kalian masih cukup sehat untuk kewajiban tiap bulannya. Besaran yang aman adalah 30% dari total pendapatan, jadi jangan sampai memaksakan anggaran tidak masuk akal agar tidak menambah beban keuangan.

  •  Mempersiapkan DP

Sebelum melakukan cara kredit mobil, maka sangat penting mempersiapkan uang muka atau Down Payment (DP) terlebih dahulu. Kisaran DP sendiri cukup bervariasi mulai dari 0% hingga 50%, namun umumnya 20% – 30%,

Pilihan tersebut sesuai dengan pilihan kalian maupun kebijakan pemberi kredit. Seperti dijelaskan sebelumnya, jika memiliki dana lebih maka bisa membayar DP lebih besar karena menunjukkan tanggung jawab komitmen finansial.

  •  Miliki Skor Kredit Baik

Diterimanya pengajuan cicilan kendaraan roda empat sangat bergantung dengan kredit skor yang kalian miliki seperti penjelasan sebelumnya. Lembaga pembiayaan akan menilai kelayakan calon debitur menggunakan pengecekan BI checking,

Skor kredit untuk cara kredit mobil berkisar antara 300 hingga 850, dikatakan aman jika di atas 72 dan dianggap kurang baik apabila di bawah 640. Hasil penilaiannya dibagi dalam angka 1 artinya lancar hingga nilai 5 artinya cicilan macet.

Agar skor ini baik, maka pastikan juga semua cicilan tepat waktu, melunasi semua hutang atas nama kalian, serta hanya memiliki sedikit hutang. Cara lainnya adalah menggunakan kartu kredit secara aktif dan bijak, juga membayar tepat waktu.

Kalian juga bisa mengecek skor tersebut menggunakan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dalam jaringan melalui website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengecek skor secara mandiri tidak hanya mudah, namun juga lebih efisien.

Apabila ternyata skor kurang baik namun masih kategori aman, pengajuan cara kredit mobil masih mungkin diterima. Hanya saja, kalian mungkin akan mendapatkan suku bunga lebih besar sehingga perlu memilih meneruskan pengajuan atau menunggu skor membaik.

  •  Memilih Multi Finance yang Tepat

Saat ini, terdapat cukup banyak produk dan layanan dari pihak pemberi kredit sehingga ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu sampai menemukan yang paling tepat. Pastikan layanan jasa tersebut terpercaya agar memberi kemudahan selama prosesnya.

Pastikan juga jika staff bekerja dengan ramah dan tanggap sehingga tidak akan menemui kesulitan. Staff yang ramah juga akan memberikan kenyamanan jika kalian membutuhkan informasi atau layanan lebih lanjut.

Ada cukup banyak kelebihan ketika memilih multi finance yang tepat. Beberapa di antaranya seperti suku bunga bersaing, persyaratan dan proses mudah, customer service siap dalam berbagai kendala, bunga 0%, juga approval 1 hari kerja.

Baca juga : Wow! Ini Dia Spesifikasi Termewah dari SUV Hybrid Murah Wuling

Memiliki kendaraan roda empat harus disesuaikan dengan pendapatan serta kebutuhan sehingga tidak memberi kerugian setelahnya. Jika tidak membayar lunas, cara kredit mobil bisa dipilih karena memberikan cukup banyak keuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here