Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

0
305
Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

Membeli mobil bekas menjadi pilihan banyak orang ketika kebutuhan akan kendaraan pribadi tidak lagi dapat dielakkan. Namun, kemampuan keuangan belum memadai untuk membeli yang baru.

Baca Juga: Cari Tahu, Kapan Service Mobil Agar Performa Optimal?

Sebab membeli mobil second jauh lebih hemat dalam masalah harga, bahkan bisa turun hingga 30% dari harga aslinya. Akan tetapi, beli mobil bekas juga tidak boleh sembarangan karena sangat riskan.

Tujuan untuk berhemat bisa saja buyar ketika ternyata Anda harus melakukan banyak perbaikan sehingga harus mengeluarkan biaya tambahan. Bahkan setelah dihitung lagi biayanya bisa mencapai harga seperti beli baru.

Oleh sebab itu, harus teliti saat membeli, tidak boleh sembarangan pilih dan harus penuh pertimbangan. Bukan hanya asal murah, Anda harus melakukan pengecekan menyeluruh sebelum melakukan transaksi.

Saat ini Anda dapat melakukan pembelian dengan berbagai cara, mulai dari beli langsung di showroom mobil bekas ataupun lewat situs jual beli online. Bisa juga melakukan pembayaran lunas atau kredit.

Sebab banyak penjual yang memberikan kemudahan bagi pembeli, terutama di showroom maupun situs jual beli daring. Cara mana yang dipilih harus benar-benar dapat menguntungkan Anda.

Membeli Mobil Bekas di Showroom

Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

Pilihan pertama Anda dapat mendatangi showroom untuk menemukan mobil bekas sesuai keinginan dan budget. Biasanya mobil-mobil yang ada di showroom memiliki kondisi bagus dan surat-suratnya juga lengkap sehingga lebih terpercaya. 

Anda juga akan mendapatkan banyak pilihan dan bisa melihat langsung kondisi mobil, bahkan dapat langsung melakukan test drive langsung. Dengan demikian bisa langsung mendapatkan pengalaman mengendarai kendaraan yang dipilih.

Ketika sudah mendapatkan kendaraan yang diinginkan dan harga sesuai, maka dapat langsung mengurus akad jual beli. Setelah pembayaran dan mendapatkan semua surat-surat kendaraan, maka bisa langsung dibawa pulang.

Namun, jika membeli mobil bekas di showroom Anda harus menyediakan waktu khusus, bisa seharian atau berhari-hari apabila ingin mengecek di beberapa showroom. Sebab tidak bisa hanya mengecek di satu showroom saja.

Biasanya, sebelum membeli Anda butuh beberapa opsi dan pilihan yang disesuaikan keinginan juga budget. Melihat di satu showroom saja terkadang tidak memberikan pilihan cukup sehingga harus memeriksa pilihan di showroom lain.

Selain itu, dengan memeriksa beberapa showroom bisa melihat mana yang memberikan penawaran terbaik. Bisa jadi, Anda akan menemukan harga terbaik sehingga dapat melakukan penghematan.

Siapkan waktu dan tenaga sebelum melakukan touring dari showroom ke showroom ini, karena pasti akan melelahkan. Meskipun cukup melelahkan, tapi semua terbayar dengan menemukan mobil impian Anda. 

Namun, apabila tidak memiliki banyak waktu luang, maka cara ini sangatlah tidak efisien dilakukan. Selain itu, pastikan tidak pergi sendiri apalagi jika mobil yang digunakan tidak untuk diri sendiri.

Membeli Mobil Bekas di Situs Jual Beli

Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong
Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

Selain di showroom, pilihan lain adalah memilih mobil di situs jual beli mobil bekas. Situs seperti ini sangat mudah ditemukan di internet, tapi pastikan untuk memilih yang terpercaya dan sudah memiliki izin resmi.

Cara ini membuat Anda tidak perlu menyediakan waktu luang khusus untuk mendatangi tempat mobil berada sebelum memutuskan membeli. Calon pembeli bisa mengecek secara daring dari foto-foto dan keterangan yang diposting pembeli.

Apabila sudah menemukan sesuai keinginan, bisa langsung menghubungi penjual untuk menentukan waktu pertemuan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas dengan cara ini, yaitu:

  • Cari Situs dan Seller Terpercaya

Menemukan situs terpercaya sangatlah penting agar Anda tidak terjerat kasus penipuan nantinya. Sudah banyak situs jual beli kendaraan bermotor yang bisa dijadikan tempat mencari mobil impian di internet.

Selain situsnya, perlu cek juga sellernya, pastikan seller tersebut mencantumkan alamat resmi dan kontak yang benar-benar dapat dihubungi. Dengan demikian, dapat meminimalkan kemungkinan ditipu penjual tidak bertanggung jawab.

  • Buat Janji Temu Jika Benar-benar Sudah Tertarik

Di situs jual beli Anda dapat menemukan berbagai jenis dan tipe mobil sehingga dapat menemukan yang benar-benar cocok. Setelah menemukan tipe dan jenis paling tepat, barulah membuat janji temu membeli mobil bekas tersebut.

Bisa juga membuat janji temu di beberapa penjual sebagai perbandingan, misalnya membuat janji temu di dua penjual pada hari yang sama. Namun, sebaiknya tidak membuat janji lebih dari 3 penjual. 

  • Buat Janji Temu di Tempat Umum atau Rumah Anda

Pastikan juga menentukan janji temu di tempat umum atau rumah Anda dan hindari melakukan pertemuan di tempat penjual. Hal ini agar meminimalkan risiko bagi pembeli.

Banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi pertemuan, misalnya kafe, restoran, dan tempat umum lainnya. Apabila melakukan pertemuan di rumah, pastikan Anda tidak sendirian.

  • Lakukan Pembayaran Setelah Memastikan Surat Kendaraan

Surat kendaraan juga sangat penting sehingga harus dipastikan keasliannya sebelum  melakukan pembayaran. Jika penjual tidak dapat menunjukkan surat kendaraan asli atau surat yang diberikan diragukan keasliannya, maka jangan membeli.

Bisa juga cek langsung surat-surat tersebut dengan datang ke kantor SAMSAT untuk melakukan pemeriksaan. Lebih baik repot sedikit sebelum membeli daripada nantinya mendapatkan masalah.

Membeli Mobil Bekas Secara Cash

Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

Bukan hanya cara melakukan pembelian yang bisa dilakukan langsung dan online, sekarang metode pembayarannya juga makin beragam. Anda dapat memiliki kendaraan pribadi dengan cara membayar tunai atau kredit.

Ketika memutuskan untuk membayar cash atau lunas pastinya sudah menyediakan dana yang cukup. Hal yang perlu diperhatikan adalah harus memilih penjual terpercaya dan ada layanan purna jual atau garansi.

Keunggulan membeli secara lunas adalah harga lebih bersahabat dan Anda tidak perlu memikirkan membayar cicilan setiap bulan. Hanya perlu memikirkan biaya bensin juga perawatannya saja.

Namun, membeli mobil bekas memang cukup riskan, apalagi bagi yang belum berpengalaman memiliki kendaraan roda empat tersebut. Tidak sedikit pembeli harus mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan setelah akad jual beli.

Jadi, memang harus dipikirkan masak-masak, terutama jika ingin membayar lunas, sebab uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Apabila ingin membeli secara lunas dan cash harus mempertimbangkan hal berikut:

  1. Harga, pastikan memilih kendaraan yang harganya sesuai budget Anda. Misalnya, punya budget 70 jutaan, maka pilihannya bisa Honda City tahun 2004, Hyundai i10 tahun 2009, atau Toyota Vios tahun 2012.
  2. Cek keseluruhan mobil, bagian dalam, mesin, hingga eksterior juga buku servis. Jika perlu bawa seseorang yang ahli untuk membantu melakukan pengecekan.
  3. Pastikan mendapatkan garansi minimal 1 bulan setelah pembelian yang dimuat dalam surat perjanjian.

Karena akan mengeluarkan jumlah uang tidak sedikit, maka kehati-hatian dibutuhkan agar tidak menguras isi kantong dengan percuma. Apalagi mobil bukan jenis barang yang dibeli untuk kebutuhan jangka pendek.

Membeli Mobil Bekas dengan Kredit

Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong
Teliti Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kuras Isi Kantong

Jika tidak punya uang yang cukup untuk membeli mobil second impian, Anda tetap bisa membelinya dengan cara mencicil. Sekarang bukan hanya kendaraan baru yang bisa dicicil, tapi bekas juga bisa.

Banyak lembaga pembiayaan konvensional maupun syariah menawarkan kredit kendaraan seperti ini, tentunya dengan sistem masing-masing. Untuk persyaratannya hampir sama dengan pengajuan kredit mobil baru.

Bedanya, harganya tidak akan terlalu mahal dan dapat disesuaikan dengan kemampuan pembeli. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas dengan cara ini, maka bisa dilakukan dengan cara sangat mudah, yaitu:

  • Pilih showroom yang sudah bekerja sama dengan pihak lembaga pembiayaan, bisa juga di situs jual beli online.
  • Pilih jenis kendaraan yang disukai dan ajukan pembelian kredit.
  • Pihak showroom atau situs jual beli akan memproses pengajuan Anda selama 1×24 jam. Kemudian akan menghubungi setelah ada keputusan diterima atau ditolak.
  • Jika diterima, Anda akan melanjutkan mengurus persyaratan pinjaman dan berbagai dokumen yang diperlukan lainnya.
  • Dilakukan akad jual beli dan mobil diserahkan kepada pembeli. Pihak pemberi pinjaman akan menyimpan BPKB selama masa kredit berlangsung dan mengembalikan kepada pembeli setelah pelunasan.

Jadi, walaupun Anda tidak memiliki cukup uang untuk membawa pulang sebuah mobil bekas, tidak perlu berkecil hati. Ada metode pembelian kredit untuk membantu mempermudah dan memperingan beban sehingga bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Mobil memang sebuah kebutuhan bagi masyarakat saat ini, terutama bagi masyarakat perkotaan. Bahkan dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kesejahteraan sehingga wajar apabila semua orang ingin membelinya.

Baca Juga: Spesifikasi Mobil Honda City Hatchback Terbaru 2021

Akan tetapi, tetap perlu pertimbangan matang saat hendak memiliki mobil. Pastikan dulu Anda benar-benar membutuhkan dan mampu, jika tidak bisa beli baru, dapat membeli mobil bekas dengan benar-benar memperhatikan kualitas kendaraan yang dibeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here