4 Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang, Kalian Wajib Tahu

0
84
Tanda oli mesin Mobil berkurang
Tanda oli mesin Mobil berkurang

Mengetahui beberapa tanda oli mesin Mobil berkurang adalah hal wajib bagi pemilik kendaraan. Karena kalau terus berkurang, bahkan sampai habis tidak tersisa akan berdampak pada performa mesin dan secara keseluruhan.

Seperti yang kalian ketahui, bahwa peran oli ini sangat penting. Bukan hanya sebagai pelumas saja, melainkan sebagai pembersih sekaligus mampu menyerap suhu panas, sehingga komponen mesin masih tetap dingin.

Baca juga: Dampak Kelebihan atau Kekurangan Oli pada Mobil 

Dengan kinerja seperti itu, lambat laun kapasitasnya juga akan berkurang. Kalau masih dalam batas wajar tidak masalah. Tetapi bila sampai lupa kerusakannya akan sangat parah, ke semua komponen.

Ini Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang

Tanda oli mesin Mobil berkurang

Untuk mengetahui apakah pelumas ini masih atau sudah berkurang sebenarnya mudah. Cara pertama dan paling sederhana adalah melakukan pengecekan, cobalah lihat level pada alat ukurnya, cukup masukkan ke dalam saja.

Tunggu beberapa detik, kemudian angkat. Lihat berada di level berapa, apakah masih di atas tanda minimum artinya masih aman. Kalau sudah berada di bawah tanda minimum tandanya kalian harus mengisinya.

Tetapi, untuk melakukan langkah tersebut terkadang ada rasa malas atau memang lupa akibat pekerjaan padat. Maka dari itu ada cara lain dengan mengetahui beberapa tanda oli mesin Mobil berkurang.

Agar kalian paham dan menghindari kerusakan parah pada kendaraan, mari simak beberapa pertandanya, hampir semua mobil memiliki gejala sama. Jadi, perhatikan dan simak pembahasannya sebagai berikut.

Peringatan dari Lampu Indikator

Tanda oli mesin Mobil berkurang

Tanda oli mesin Mobil berkurang pertama adalah lampu indikator pada kendaraan menyala. Hal ini kemungkinan adanya penurunan level dari pemula sehingga, kalian harus memperhatikan peringatan tersebut.

Ketika lampu indikator ini terlihat menyala, sebenarnya kendaraan tersebut ingin memberitahu kalian mengenai beberapa hal. Pertama kemungkinan tekanan pelumas tersebut sangat rendah, sehingga levelnya menurun.

Seperti yang kalian ketahui, tekanan tersebut merupakan faktor paling penting dalam menjaga kesehatan mesin. Maka dari itu, jangan sampai berada di titik rendah untuk jangka waktu lama.

Untuk mengetahui apakah tekanannya menurun atau tidak, sebaiknya pergi ke bengkel terdekat agar dapat diperiksa lebih lanjut. Tanda oli mesin Mobil berkurang ini menunjukkan indikasi lain yang patut menjadi perhatian.

Kemungkinan Kebocoran

Pada dasarnya oli tidak akan berkurang walau dalam jangka waktu yang lama. Tetapi kualitasnya memang menurun, terlebih kalau kendaraan tersebut sering digunakan, oleh karena itu kalian harus rutin menggantinya.

Dari penjelasan ini, ada kesimpulan penting bila oli pada mesin berkurang, bisa jadi indikasi ada yang tidak beres. Salah satunya adalah terjadi kebocoran sehingga levelnya menurun.

Oleh karena itu, saat tanda oli mesin Mobil berkurang tersebut terjadi. Sebaiknya kalian lakukan pengecekan terlebih dulu apakah memang levelnya berkurang atau tidak. Jika iya, langsung bawa ke bengkel.

Bila selama ini kalian benar dalam melakukan perawatan dan mengemudikan mobil. Serta faktor kelebihan konsumsi tidak mendukung, kemungkinan besar terjadi kebocoran sehingga jumlahnya terus menurun, hingga di bawah batas minimum.

Sensor Oli Rusak

Ketika tanda oli mesin Mobil berkurang tersebut terjadi, kemungkinan kedua kalau tidak oli bocor adalah bagian sensornya rusak. Jangan meremehkan komponen ini karena bisa menjadi masalah besar.

Nantinya kendaraan tidak mampu menampilkan bagaimana keadaan pelumas secara tepat. Bisa saja, jumlahnya sudah berkurang dan di bawah level minimum, akibat rusak pembacaannya jadi berbeda, sehingga sangat penting memperhatikannya.

Lampu indikator memang jadi tanda oli mesin Mobil berkurang yang harus diperhatikan dan jangan meremehkannya. Langsung cari apa penyebabnya agar, segera mendapatkan solusi, baik soal sensor atau kapasitasnya.

Suara Mesin Terdengar Kasar

Tanda oli mesin Mobil berkurang

Kondisi suara mesin ternyata juga berpengaruh besar dalam menentukan kualitas kendaraan, apakah dalam keadaan baik atau memang perlu perhatian. Maka dari itu dengarkan dengan seksama, jangan hanya tancap gas saja.

Perhatikan bagaimana suaranya, kalau perlu fokus mendengarkan. Jika memang masih sama seperti kemarin, tidak ada masalah. Tetapi kalau terdengar berbeda dan cenderung kasar, mungkin ada kendala.

Mesin yang terdengar kasar merupakan tanda oli mesin Mobil berkurang, terutama saat melakukan starter. Hal ini wajar saja karena kondisi pelumas sendiri berada dalam kapasitas minimum.

Perlu kalian tahu, saat seseorang menghidupkan kendaraannya, akan terjadi gesekan antara komponen. Hal tersebut tidak terjadi parah karena hadirnya pelumas, sehingga mampu mengatasinya dengan baik, sehingga aman saja.

Tetapi saat kapasitasnya di tangki tersebut berkurang, maka kemampuannya dalam menghindarkan komponen ini dari gesekan sangat minim. Sebenarnya masih bisa, hanya saja kurang maksimal, dan cenderung semakin parah.

Saat keadaannya sudah tidak terkendali tanda oli mesin Mobil berkurang akan muncul tetapi suaranya benar-benar terdengar kasar sekali. Bahkan dari kejauhan orang akan tahu kalau kendaraannya bermasalah.

Pada dasarnya suara mesin menjadi sangat kasar bukan hanya masalah olinya berkurang saja. Bisa jadi pelumas tersebut sudah terkontaminasi baik itu berbagai jenis kotoran sampai panas.

Maka dari itu kalau terdengar hal kurang menyenangkan ketika pertama kali starter, lebih baik langsung cek. Kalau tidak keadaan pelumasnya di bawah minimum, pasti minta ganti baru karena kualitasnya menurun.

Kondisi Mesin Kurang Bagus

Tanda oli mesin Mobil berkurang

Tanda oli mesin Mobil berkurang selanjutnya adalah performa kendaraan khususnya pada komponen mesin menjadi berkurang. Hal ini terjadi saat keadaan pelumas tersebut berada di bawah batas minimum.

Maka dari itu, kinerja pada mesin sendiri akan kurang bagus. Salah satunya adalah kurangnya responsif, hal tersebut akan dapat terlihat ketika kalian mencoba melintas di jalan tanjakan.

Semakin menanjak, para pengemudi pasti merasakan kalau dayanya semakin berkurang. Bahkan, kalau memaksakannya sedikit terlihat hampir hilang, walau menginjak pedal sampai mentok ke bawah, bukan hanya itu saja.

Kendaraan Melambat

Ketika kalian merasakan bahwa tanda oli mesin Mobil berkurang ini terjadi maka, kemungkinan besar percepatan pada kendaraan tersebut akan melambat. Hal tersebut terjadi ketika kalian menekan pedal.

Seharusnya, menunjukkan peningkatan pada lajunya tetapi, pada kondisi tersebut tidak ada respon. Kalau ada pasti membutuhkan waktu lama, bisa jadi beberapa detik kemudian baru melaju.

Kondisi seperti ini sangat tidak bagus terutama saat kalian melintas di jalan tol dan hendak mendahului kendaraan di depan. Bila gejala seperti ini terjadi, harap lakukan pengecekan segera.

Jerking atau Jerkiness

Tanda oli mesin Mobil berkurang adalah mesin yang kurang responsif dengan ciri-ciri selanjutnya adalah terjadinya Jerking atau Jerkiness. Kondisi ini terjadi ketika kendaraan melaju tiba-tiba bergetar atau bergerak kasar.

Gejala seperti ini jangan hanya menjadi pertanda kalau oli berkurang. Tetapi, cek dulu bagian depan yaitu kondisi ban, apakah mengalami kerusakan atau tidak. Selanjutnya bagaimana sistem injeksinya.

Kalau semua aman, beralih ke bagian suspensi atau transmisi, bila memang tidak ada masalah. Maka kemungkinan ada pada mesin dan paling mungkin keadaan pelumas yang tidak sesuai standar.

Jika kalian mengendarai dan merasakannya, cobalah langsung bawa ke bengkel terdekat. Biar mendapatkan pengecekan, kalau ternyata oli berkurang bisa ditemukan titik masalah lalu mendapatkan penanganan segera, agar tidak menyebar.

Jangan menunda sehingga mobil bisa berhenti seketika, karena kalau masalah pelumas tersebut dampaknya ke berbagai komponen sangat cepat. Maka perhatikan dengan benar terutama saat di jalan.

Adanya Asap Tebal

Tanda oli mesin Mobil berkurang

Mungkin, selama beberapa hari ini kalian pernah melihat kalau kendaraan tersebut mengeluarkan asap tebal. Jika itu terjadi, jangan diremehkan tetapi langsung bawa ke bengkel saat itu juga.

Sebenarnya, kendaraan itu mengeluarkan asap setiap hari, tetapi tidak terlalu tebal dan pekat. Warnanya sendiri transparan bukan hitam atau abu, bila hal itu terjadi pada mobil kalian mungkin ada masalah.

Baca juga: Teknik Mengganti Oli Mobil Pada Mobil Lawas yang Tepat

Penyebab paling umum adalah keadaan oli yang mungkin sudah berkurang atau memang kualitasnya menurun. Jadi pelumas tersebut menjadi ikut terbakar pada ruang pembakaran, hasilnya asap menjadi tebal.

Pada dasarnya, kejadian ini bukan sepenuhnya akibat oli berada di bawah batas minimum. Bisa juga akibat kebocoran pada ring piston, hal itu menjadi penyebab utama kebocoran pada oli.

Kembali lagi ke atas kalau terjadi kebocoran maka, kemungkinan kapasitas dalam tangki akan menurun. Maka sangat penting untuk membawanya ke bengkel segera agar berbagai kerusakan dapat diminimalkan.

Dalam kendaraan satu komponen sudah mengalami kendala, maka elemen lainnya juga punya kemungkinan sama. Maka dari itu, perhatikan benar tanda oli mesin Mobil berkurang agar segera mendapatkan penanganan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini