Spesifikasi New Honda Brio 2023, Jadi Makin Modis dan Keren

0
121
Spesifikasi New Honda Brio 2023
Spesifikasi New Honda Brio 2023

New Honda Brio resmi rilis pada tahun 2023. Banyak orang tentu penasaran dengan spesifikasi New Honda Brio 2023 yang ditawarkan. Pembaruan ini hadir dalam dua varian, yaitu Brio Satya dan juga Brio RS.

Salah satu mobil terlaris di Indonesia ini memang menjadi mobil favorit banyak orang, terutama untuk kebutuhan berkendara dalam kota. Mobil bertipe hatchback subkompak ini cocok sebagai kendaraan utama bagi keluarga kecil dengan 3-4 orang anggota.

Baca juga: Honda Civic New 2023 Tampilan Elegan dan Berkelas

Jika sebelumnya warna merah dan hitam mendominasi warna dari mobil Brio di jalanan, di versi terbarunya ini Honda mengenalkan satu warna baru dan unik. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari New Honda Brio tahun 2023.

Spesifikasi New Honda Brio 2023 Lengkap

Spesifikasi New Honda Brio 2023

Dengan tampilan kian modis, salah satu varian dari Honda ini kembali digadang mampu menguasai pasar kendaraan roda empat di Indonesia. Adapun spesifikasi lengkap dari mobil tersebut adalah:

1. Desain Eksterior

Secara desain, tampilan New Honda Brio sebenarnya masih tetap mempertahankan karakter dari versi sebelumnya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membuatnya terlihat lebih modis dan keren saat kita coba membandingkannya.

Hal ini berlaku untuk kedua tipe New Brio RS dan Satya. Pada New RS, pembaruan ada pada bagian LED Headlamp menggunakan LED Daytime Running Light. Beberapa perubahan minor juga memberikan tampilan lebih keren dari sebelumnya.

Sementara di tipe New Satya, perubahan tidak hanya terletak pada bagian Headlamp yang berupa LED Daytime Running Light saja. Detail pada bagian grille dan velg juga ikut mengalami perubahan menjadi lebih kekinian sehingga menambah modis tampilannya.

Untuk spesifikasi New Honda Brio 2023 di sektor warna, mobil ini menawarkan beberapa opsi baru. Beberapa di antaranya hanya ada di tipe Satya, beberapa warna di tipe RS, dan beberapa warna lainnya adalah untuk keduanya.

Pertama, ada warna Electric Lime Metallic yang merupakan pilihan warna untuk kedua tipe tersebut, lalu ada Meteoroid Gray Metallic yang juga untuk keduanya, dan warna Stellar Diamond Pearl untuk tipe RS.

Selain itu, masih ada warna Phoenix Orange Pearl untuk tipe RS, warna Crystal Black Pearl untuk Satya dan RS, warna Taffeta White untuk Satya, dan warna Rallye Red juga untuk Satya. Pilihan warna yang menarik bukan?

2. Desain Interior

Pada bagian interior, Honda tampaknya tidak pelit untuk menambahkan berbagai hal di dalam mobil terbarunya ini. Untuk tipe RS, kita bisa menikmati beberapa hal baru seperti New Seat Pattern Design yang lebih fresh.

Selain itu, ada juga fitur New One Push Ignition System yang membuat kita tidak perlu menggunakan kunci untuk menyalakan mobil, New Sporty Dashboard Panel Pattern, dan LCD 7 inch Display juga membuatnya tampak makin sporty.

Sementara itu, salah satu spesifikasi New Honda Brio 2023 tipe Satya yang cukup menarik di bagian interior adalah fitur New Auto Up/Down pada jendela sehingga membuat proses buka tutup kaca jendela jadi lebih praktis.

Meski begitu, ada kekurangan di bagian headrest di jok depan yang masih menggunakan model terintegrasi. Alhasil, bagian headrest tidak bisa kita sesuaikan ketinggiannya sehingga terkadang kepala kita tidak bertumpu di tempat yang tepat.

3. Fitur Keamanan

Ada beberapa fitur yang sudah tersemat di kedua varian New Honda Brio di atas. Beberapa fitur tersebut meliputi dual air bag yang siap mengembang untuk kursi depan, side impact beam, dan APAR (alat pemadam api ringan di dalam mobil).

Selain itu, ada juga fitur seatbelt reminder untuk mengingatkan pengemudi agar menggunakannya saat lupa. Ada juga sensor parkir yang akan memudahkan kita untuk mengatur letak mobil di parkiran sempit.

Berbagai spesifikasi New Honda Brio 2023 di atas tentu saja semakin memudahkan kita dalam menggunakan kendaraan tersebut. Beberapa bagian juga membuat kita jadi lebih nyaman dan aman saat berkendara di jalanan.

4. Mesin dan Performa

Dari sektor mesin, tidak banyak spesifikasi yang diubah dari kedua tipe mobil baru dari Honda ini. Sebagian besar komponennya masih sama seperti kapasitas bahan bakar masih 1.199 cc, tipe mesin SOHC, 4 silinder segaris.

Keduanya juga masih menggunakan 16 katup i-VTEC + DBW (Drive by Wire) dengan sistem injeksi PGM-FI. Sementara diameter x langkahnya senilai 73 mm x 71,6 mm. 

Spesifikasi New Honda Brio 2023 tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 89 HP pada putaran 6000 rpm, sementara torsi puncak mencapai 110 Nm pada putaran 4800 rpm dengan tipe penggerak roda depan (FWD).

5. Suspensi dan Kaki-Kaki

Untuk urusan suspensi, mobil ini cukup tangguh karena memiliki spesifikasi yang terbilang baik. Di bagian depan, mobil ini menggunakan suspensi dari MacPherson Strut. Sementara di belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam.

Untuk spesifikasi New Honda Brio 2023 di sektor pengereman, ban depan mobil ini menggunakan ventilated disc, dan belakang menggunakan teromol. Keduanya sudah dibekali fitur ABS dan juga EBD sehingga menghasilkan sistem pengereman yang andal.

Di bagian velg, kedua mobil memiliki berbedaan yang cukup kecil. Brio Satya menggunakan velg berukuran 14 inci. Sementara Brio RS menggunakan vel berukuran lebih besar, yaitu 15 inci dengan finishing dark chrome.

Terakhir, tipe ban keduanya juga berbeda, yaitu 176/65 untuk tipe Satya dan 185/55 untuk tipe RS. Jadi, kalian bebas memilih yang mana. 

Harga Jual New Honda Brio 2023 Berbagai Tipe

Spesifikasi New Honda Brio 2023

Kedua mobil ini memiliki beberapa tipe yang harganya juga berbeda. Untuk harga jual mobil OTR berdasarkan spesifikasi New Honda Brio 2023 adalah sebagai berikut:

Nama Mobil Tipe Transmisi Spesifikasi Lain Harga (Rp)
Brio Satya S M/T 1199 cc, 89 HP 166.000.000
E M/T 1119 cc, 89 HP 180.600.000
CVT 1199 cc, 89 HP 194.100.000
Brio RS M/T 1199 cc, 89 HP 237.000.000
CVT 1199 cc, 89 HP 247.000.000

 

Harga di atas adalah untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Adapun harga untuk kota-kota mungkin saja berbeda.

Kelebihan New Honda Brio 2023

Spesifikasi New Honda Brio 2023

Meski polesan bagian eksteriornya tidak berubah secara signifikan, tetapi versi terbaru dari Brio tetap memberikan kepuasan bagi konsumen. Berdasarkan spesifikasi New Honda Brio 2023 di atas, berikut kami rangkum kelebihan-kelebihannya:

1. Desain Lebih Sporty

Desain sporty pada mobil ini terlihat berkat penggunaan LED Headlight yang tepat. Selain itu, pembaruan pada bagian Grille dengan aksen chrome yang lebih besar juga menegaskan kesan gagah dan sporty di mobil ini.

Bagian bumper dengan garis-garis tajam dan dinamis juga memberi andil pada tampilannya yang sangat sporty dan cocok untuk kaum muda. Velg untuk tipe Satya juga cukup berbeda dari sebelumnya.

2. Harga Masih Relatif Terjangkau

Kedua mobil baru dari Honda ini dijual dengan harga 100-200 jutaan. Dengan semua spesifikasi New Honda Brio 2023, harga tersebut masih bisa bersaing dengan berbagai pilihan mobil lainnya, termasuk untuk kelas LCGC hatchback sekalipun.

3. Bahan Bakar Tergolong Irit

Iritnya bahan bakar dari mobil versi terbaru Brio ini tidak lain adalah karena pilihan sistem injeksi yang dimilikinya. Selain itu, kerja mesinnya juga cukup efisien dalam menghasilkan tenaga, apalagi bobot mobil ini juga cukup ringan.

4. Harga Jual Bekas Tinggi

Honda Brio terbukti masih memiliki harga jual yang tinggi, termasuk di versi terbarunya ini. Hal inilah yang kerap menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah mobil.

Kekurangan New Honda Brio 2023

Spesifikasi New Honda Brio 2023

Tidak hanya kelebihan saja, mobil ini juga memiliki kekurangan yang sebaiknya menjadi perhatian sebelum memutuskan untuk beli. Di antara kekurangan New Brio adalah sebagai berikut:

1. Ground Clearance Kurang Tinggi

Jika kalian berada di lingkungan tempat tinggal yang banyak polisi tidurnya, maka perlu khawatir dengan ground clearance yang tergolong rendah. Maka dari itu, kalian haris ekstra hati-hati saat harus melewati polisi tidur.

2. Tidak Ada Kamera Mundur

Meski sudah ada sensor parkir di dalam spesifikasi New Honda Brio 2023, kamera mundur untuk semakin memudahkan parkir belum tersedia. Jadi, kalian harus ekstra jati-hati jika ingin memarkirkannya.

3. Bagian Kabin Cukup Bising

Jika kalian mendambakan sektor kabin yang tenang, maka mobil ini akan membuat kalian sedikit kecewa. Pasalnya, tidak ada lapisan kedap suara yang membuat suara dari luar tidak masuk. 

Baca juga: Honda Benly 50cc: Stylish, Irit, Cocok untuk Keseharian

Sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, sudah sepantasnya Honda mengeluarkan versi terbaru dari seri Brionya ini. Meski spesifikasi New Honda Brio 2023 tidak secara signifikan meningkat, tetapi perubahan yang ada cukup memuaskan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini