Jangan Salah Pilih, Ini Dia Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

0
62
Jangan Salah Pilih, Ini Dia Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC
Jangan Salah Pilih, Ini Dia Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

Seperti yang kita tahu, belakangan banyak orang yang menanyakan tips pilih oli mesin buat mobil LCGC. Sudah ditetapkan bahwa mayoritas orang dari semua kelas tidak gengsi, meski LCGC mengusung embel-embel mobil murah.

Baca juga : Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar

Hal ini karena LCGC memberikan berbagai fitur fungsional berdasarkan kebutuhan pengemudi dan penumpang. Tentu saja mobil ini dapat diandalkan, hemat biaya, dan ramah lingkungan.

Tidak heran jika masyarakat tertarik dengan LCGC. Meskipun memiliki reputasi dapat diandalkan, LCGC tetap membutuhkan perawatan rutin agar sesuai dengan fungsinya.

Hal ini dilakukan agar kinerjanya dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Karenanya, pemilihan pelumas adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan.

Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC
Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

Untuk kinerja mesin, pemilihan oli sangatlah penting. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa itu berfungsi sebagai pelumas untuk mencegah keausan mesin. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih oli mobil, terutama untuk kendaraan LCGC.

Mobil LCGC identic dengan kendaraan yang irit dan ramah lingkungan. Tentu saja, mobil membutuhkan oli berkualitas tinggi untuk mempertahankan performa yang baik. Performa optimal mobil dapat berkurang jika kalian menggunakan oli yang salah.

Selain itu, mobil mobil ini perlu dilumasi karena kapasitas mesinnya yang kecil. Belum lagi oli yang diperlukan untuk menjaga mesin tetap dingin.

Penggunaan oli yang tidak tepat mungkin akan mengakibatkan mesin menjadi terlalu panas. Secara alami, efisiensi penggunaan bahan bakar akan menurun dalam jangka pendek.

Sementara itu, keandalan mesin dalam jangka panjang akan terus menurun. Kalian yang menggunakan mobil LCGC membutuhkan oli mesin berkualitas tinggi, idealnya dengan viskositas rendah atau viskositas yang sesuai untuk kendaraan tersebut. Adapun tips pilih oli mesin buat mobil LCGC adalah sebagai berikut:

  • Melihat Buku Panduan Mobil

Salah satu tips pilih oli mesin buat mobil LCGC adalah dengan membaca buku panduan mengenai informasi persyaratan oli yang dibutuhkan. Setelah itu, kalian dapat memilih pelumas yang telah mendapat sertifikasi dari berbagai organisasi, termasuk API, ACEA, ILSAC, dan JASO.

Minyak mineral dan sintetis adalah dua jenis minyak yang paling umum ditemukan di pasaran. Keduanya memiliki berbagai basa, tetapi oli sintetis memiliki ketahanan oksidasi yang lebih besar.

Sangat penting untuk menggunakan oli sesuai dengan pedoman viskositas yang direkomendasikan dan disediakan oleh pabrikan.

Biasanya hal ini terdapat didalam buku panduan. Sebaiknya, gunakan grade oli SAE 0W-20, 5W-30, dan 10W-30 untuk mobil LCGC. Jika kalian lebih suka SAE 10W-30 atau oli mesin dengan viskositas lebih tinggi, kemungkinan lebih sulit untuk mesin mobil.

Untuk mempermudah menghidupkan mesin, kalian dapat memilih oli mesin SAE 0W-20 dan 5W-30. Karena 0W-20 memiliki kemampuan start lebih mudah khususnya saat cuaca sedang dingin.

Terlepas dari hal itu, jika pemilik mobil tidak menggunakan grade oli yang direkomendasikan. Oli tidak dapat sepenuhnya melumasi mesin, yang menyebabkan keausan komponen. Jadi pahami tips pilih oli mesin buat mobil LCGC pertama ini.

  • Penggunaan Oli LCGC Berpengaruh Terhadap Usia Mobil

Tips pilih oli mesin buat mobil LCGC memang penting. Dimana masa pakai mobil akan dipengaruhi oleh pilihan oli terbaik untuk kendaraan LCGC. Selain itu, LCGC digunakan untuk menutupi lalu lintas perkotaan yang padat.

Jadi, kebutuhan oli ini tidak boleh sembarangan. Menurut spesifikasi mesin kendaraannya, setiap pemilik mobil harus menggunakan oli terbaik. Hal ini dikarenakan kendaraan LCGC memiliki komponen mesin yang unik.

Mesin yang lebih kecil, komponen mobil yang lebih rapat dan presisi antara bagiannya merupakan karakteristik kendaraan LCGC. Karenanya, dibutuhkan oli yang lebih encer.

  • Ganti Oli LCGC pada Waktu yang Tepat

Tips pilih oli mesin buat mobil LCGC selanjutnya yaitu jangan menunda mengganti oli jika odometer mobil sudah menunjukkan jarak tempuh tertentu.

Penggantian oli secara teratur menjaga mesin mobil dalam kondisi yang baik. Kabar baiknya, kalian dapat mengganti oli sendiri di rumah. Namun, jangan sampai terjadi kebocoran akibat baut yang kendor.

Rekomendasi Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

Rekomendasi Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC
Rekomendasi Tips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

Kini ada berbagai oli LCGC yang beredar di pasaran. Selanjutnya kita akan mengulas tips pilih oli mesin buat mobil LCGC sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Diantaranya adalah:

  • Titan GT1 Pro Flex SAE 5w-0

Titan GT1 Pro Flex 5W-30 adalah mesin oli performa premium yang dibuat dengan teknologi baru bernama XTL, yang menawarkan performa terbaik saat mesin berjalan pada suhu yang rendah. Selain terbukti mengurangi penggunaan bahan bakar, oli XTL juga hemat biaya.

  • Top 1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20

Basis sintetis dari Top 1 HP Sport Fully Synthetic Lubricants SAE 0W-20 memiliki molekul yang stabil. Performa dan masa pakai oli mobil LCGC ini dapat dimaksimalkan.

Tips pilih oli mesin buat mobil LCGC ini mengandung Xtra Clean Additives. Tujuannya adalah untuk melindungi peralatan dan menjaganya tetap bersih dalam berbagai skenario penggunaan.

Selain itu, bahan-bahan dalam Xtra Clean Additives membersihkan mesin hingga ke celah terkecil dan mencegah partikel kotoran menempel.

Uji kelayakan ILSAC GF-5 juga lolos dari Top 1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20. Harga pelumas ini mulai dari Rp. 320 ribu.

  • Pertamina Fastron Gold OW-20

Oli mobil Pertamina Fastron Gold 0W-20 LCGC memenuhi persyaratan API SN dan ILSAC GF-5. Pelumas ini memiliki kemampuan untuk menjaga mesin tetap aman dan menghemat bahan bakar.

Selain itu, Pertamina Fastron Gold 0W-20 mungkin menawarkan ketahanan yang baik terhadap oksidasi dan panas mesin.

Hasilnya, oli bertahan lebih lama dan mobil dapat beroperasi dengan baik dalam berbagai kondisi. Kalian harus menyiapkan dana sekitar Rp. 338 ribu untuk pembelian oli mobil LCGC ini.

  • Top 1 Zenzation

Tips pilih oli mesin buat mobil LCGC selanjutnya adalah Zenzation Top 1 yang dibanderol dengan harga Rp 300 ribu ini memiliki sejumlah keunggulan.

Masa pakai oli yang lebih lama, ketahanan terhadap oksidasi dan suhu tinggi, perlindungan mesin yang baik, dan efisiensi bahan bakar adalah beberapa di antaranya.

  • Total Quartz 8000 SAE OW-20

Persyaratan Layanan API SN dan ILSAC GF-5 telah mengakreditasi Total Quartz 8000 SAE 0W-20. Oli mobil LCGC ini dibuat khusus untuk mesin yang membutuhkan oli dengan viskositas rendah.

Dengan bantuan teknologi Total Fuel Economy Homologated, oli ini dapat memaksimalkan kinerja sekaligus meningkatkan efisiensi mesin. Total Quartz 8000 SAE OW-2 dibanderol mulai dari Rp 290 ribu.

  • Total Oil Quartz SAE 0W-20

Tips pilih oli mesin buat mobil LCGC berikutnya adalah Total Oil Quartz SAE 0W-20 yang menyediakan oli dengan viskositas rendah. Pelumas telah lulus uji ILSAC GF-5 dan standar SN Layanan API. 

Oli ini juga memiliki teknologi Total Fuel Economy Homologated. Hanya dengan Rp. 66 ribu kalian sudah bisa mendapatkan Total Oil Quartz SAE 0W-20.

  • Eneos Motor Oil 0W20 SN 1LT

Mempertahankan penggunaan oli, seperti dengan melakukan penggantian rutin dan menggunakan oli sebaik mungkin, sama dengan mempertahankan umur mesin. Dari sini, kalian bisa menggunakan Eneos Motor Oil 0W20 SN 1LT.

Umur mesin yang lebih lama dapat dipertahankan dengan pelumas ini. Untuk harganya juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 80 ribu.

  • Shell Helix Exo

Tips pilih oli mesin buat mobil LCGC berikutnya adalah Shell Helix Exo. Tingkat kekentalan ganda dalam pelumas ini dapat membantu membersihkan mesin dan menawarkan kinerja terbaik.

Shell Helix ECO Full Syn 0W-20 dan Shell Helix ECO Semi Syn 5W-30 adalah dua jenis pelumas mesin kendaraan sintetis Shell Helix ECO yang berbeda.

Komposisi Active Cleansing Technology hadir di kedua produk ini. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk dari mesin yang menghambat kinerja.

Oli mobil LCGC ini memenuhi kriteria ILSAC GF-5 untuk polutan gas buang dan penghematan bahan bakar. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp. 250.000.

Perbedaan Oli Mesin LCGC dan Non LCGC

Perbedaan Oli Mesin LCGC dan Non LCGC
Perbedaan Oli Mesin LCGC dan Non LCGC

Baik oli LCGC maupun non-LCGC memiliki kapasitas dan performa yang setara. Namun, mesin LCGC disarankan untuk bekerja dengan oli encer dengan peringkat SAE 0W-20.

Oli mobil dengan dan tanpa LCGC memiliki lapisan film untuk mengurangi keausan akibat gesekan. Kedua oli juga memiliki kemampuan untuk mendinginkan mesin dan membersihkannya.

Secara teknis, ada perbedaan dalam reaksi oli mesin dengan pengoperasian mesin. Misalnya, oli mesin 0W-20 digunakan pada mesin Toyota Calya 1.2 dan mesin Toyota Raize 1.2.

Desain mesinnya juga kecil, dan teknologinya telah ditingkatkan dengan celah komponen yang pas. Bagaimanapun, beban kerja mesin dan kompresi bervariasi. Sementara mesin mobil Raize dirancang untuk memaksimalkan kinerja, mesin mobil Calya difokuskan pada efisiensi bahan bakar.

Baca juga : Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan

Itulah beberapa tips oli pilih mesin buat mobil LCGC beserta rekomendasinya. Terlepas dari hal itu, gunakan pelumas yang sesuai dengan kondisi mobil sehingga kinerja mesin tetap optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here