Perjalanan Panjang Mobil Peugeot dan Kisahnya di Indonesia

0
51
mobil Peugeot

Mobil Peugeot merupakan mobil pabrikan negara Perancis dengan lambang singa. Berdiri tahun 1810 dengan konsentrasi awal bisnis pada bidang perkebunan dan transportasi, yakni sebagai produsen penggilingan kopi dan pabrikan sepeda. Kemudian di tahun 1889 untuk pertama kalinya mulai memproduksi mobil uap.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Dari Mobil Rolls Royce New Ghost

Awal Mula Mobil Peugeot Tercipta

Di tahun 1989, untuk pertama kalinya Peugeot memproduksi mobil uap. Berawal dari kesuksesan ini, maka Peugeot mulai memantapkan diri memproduksi mobil dalam skala besar. Semangat ini menguat setelah Armand Peugeot bertemu dengan Gottlieb Daimler.

Pasalnya Gottlieb Daimler merupakan orang yang menciptakan mobil pertama di dunia. Setelah pertemuan itu, dalam rentang tahun1889 sampai 1890 Armand Peugoet mampu memproduksi mobil bertenaga bensin. Mobil ini diberi nama Tipe 2, mobil ini diketahui menggunakan mesin bensin yang dihibahkan oleh Daimler.

Seiring waktu berjalan, dengan terus melakukan percobaan dan inovasi disana sini. Akhirnya pada tahun 1896 Armand Peugeot resmi mendirikan pabrik pertama dari Automobile Peugeot di wilayah Audincort. Menyusul ditahun 1898 didirikanlah pabrik kedua yang berada di sebelah utara Perancis.

Debut Perdana Mobil Peugeot Di Dunia

mobil Peugeot

11 Juni 1895, merupakan debut perdana dari mobil peugeot dalam ajang balap mobil. Ini juga sebagai penanda bahwa pabrikan peugeot benar benar konsen membangun market. Pasalnya, dalam rally pertama yang diadakan di dunia. Pihak penyelenggara menetapkan aturan bahwa mobil yang dikirim lomba tidak boleh ada yang sama identik.

Sehingga peserta yang mengikuti lomba balap mobil ini, diharuskan untuk benar benar berinovasi untuk menciptakan mobil tangguh versinya sendiri. Bagaimana tidak, panjang arena lintasan balap mobil ini menyentuh angka 1.176km. Sehingga para produsen mobil harus menyiapkan mobil bermesin kuat.

Di ajang balap mobil ini, mobil Peugeot berhasil menyabet juara. Peristiwa ini menjadi tonggak awal dari kejayaan Peugeot hingga kini. Pasalnya, terhitung sudah 210 tahun pabrikan Peugeot beroperasi. Sebuah perjalanan panjang dengan berbagai lika likunya.

Geliat Mobil Peugeot

Setelah berhasil menyabet gelar juara dalam ajang rally. Peugeot mulai kembali fokus mengatur produksi dan inovasi yang akan diciptakan. Terbukti dengan dibangunnya sebuah pabrik baru di tahun 1912. Pabrik ini hingga kini menjadi sebuah pabrik besar dan terkenal.

Dibangun di Sochaux, Perancis. Kini pabrik tersebut dilengkapi dengan museum Peugeot, yang mana isinya merupakan mobil Peugeot yang dihasilkan dari masa ke masa. Tujuannya tak lain sebagai pengingat dan tonggak sejarah panjang berdiri dan beroperasinya Peugeot.

Inovasi Dari Waktu Ke Waktu

mobil Peugeot

Merupakan sebuah pencapaian besar untuk sebuah pabrik yang bukan apa apa menjadi tenar seantero dunia. Pabrikan mobil Peugeot mampu bersaing dan bertahan hingga kini tidak lain karena buah dari usaha dan kerja keras berbagai pihak. Inovasi tiada henti, konsisten untuk terus berkarya menjadi kunci mutlaknya.

Berikut ini merupakan rangkuman daftar produksi mobil Peugeot dari masa ke masa,

  1. Tahun 1889 – 1890

Tahun ini perdana diciptakannya mobil oleh Armand Peugeot. Berupa mobil roda tiga bertenaga uap. Kemudian mulai memproduksi mobil bermesin bensin yang diadopsinya dari hibah tuan Daimler

  1. Tahun1896 – 1898

Berbekal kesuksesan dalam balap mobil, dalam rentang ini Armand Peugeot mulai fokus membangun pabrik. Beberapa jenis mobil berhasil dirilis sebagai sebuah hasil karyanya.

Bahkan di tahun 1912, Peugeot membangun lagi sebuah pabrik yang sampai kini masih bertahan dan menjadi pabrik terbesar yang dimiliki oleh Peugeot.

  1. Tahun 1929

Di tahun ini, Peugeot mulai menerapkan inovasi body tertutup dan berpenggerak depan pada mobil yang diproduksinya. Selain itu, pada tahun ini juga Peugeot mulai menggunakan nama pada mobil produksinya dengan tiga angka, dengan angka nol ditengahnya.

  1. Tahun 1936 – 1941

Di rentang tahun ini, pabrikan mulai memproduksi mobil Peugeot dengan mesin diesel dan listrik. saat itu, mobil mobil pabrikan Peugeot yang bermesin diesel rata rata berjenis van dan dan mobil pengangkut barang. Sementara untuk mobil listrik, rata rata diterapkan pada mobil mobil berukuran kecil.

  1. Tahun 1955

Di tahun ini pabrikan mobil Peugeot untuk pertama kalinya menggandeng perusahaan Pininfarina. Sehingga untuk pertama kalinya mobil Peugeot ditahun ini desainnya menjadi lebih artistik. Selain itu, pada tahun ini juga Peugeot memperkenalkan sistem electromagnetic clutch fan dikendaraan produksinya.

  1. Tahun 1969

Melihat sepak terjang performa mobil mobil produksi Peugeot yang prima. Di tahun 1969, pabrikan Peugeot menyabet penghargaan untuk mobil Peugeot tipe 504 sebagai European Car Of The Year .

Mobil tipe 504 ini juga ternyata menjadi mobil yang paling laris dan diproduksi dalam rentang waktu yang cukup lama. Tersebutlah sampai tahun 2006 lalu, dengan total jumlah produksi mencapai angka 3,7 juta unit di seluruh dunia.

  1. Tahun 1970

Pada tahun ini, pabrikan Peugeot mengalami beberapa kendala sampai era tahun 1990an. Hal ini disebabkan pecahnya perang dunia dan Peugeot sempat berpaling dengan memproduksi peralatan senjata. Sehingga fokusnya terpecah. Sementara itu, ada juga sedikit kendala keuangan pasca proses akuisisi beberapa perusahaan.

  1. Tahun 1990-an

Tahun ini merupakan tahun terburuk yang pernah dialami oleh Peugeot. Rilisnya beberapa jenis mobil Peugeot tidak memberikan dampak yang berarti bagi keuangan perusahaan. Total penjualan menurun drastis, hingga diputuskan untuk berhenti produksi sementara waktu diarea Negara Amerika Serikat

  1. Tahun 2000-an

Sampai pada tahun 2000-an, krisis keuangan yang menerpa perusahaan mobil Peugeot belum juga usai. 18 April 2006 mencatat PSA Peugeot Citroen, bentuk usaha hasil akuisisi Peugeot dengan berbagai perusahaan lainnya yang diambil alih. Mengumumkan bahwa harus menutup pabriknya yang berlokasi di Inggris.

Hal ini terjadi karena manajemen Peugeot terlalu ambisius dalam menetapkan target penjualan. Sementara proses penjualannya sendiri tidak terhandel dengan baik. Sehingga yang terjadi kemudian adalah kondisi pasar dan industri mobil yang menjadi kambing hitamnya.

Masuk Ke Pasar Indonesia

Mobil Peugeot masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970an. Proses masuknya ditangani oleh PT France Motor yang dikemudian hari menjadi salah satu divisi dari PT Astra Internasional. Hingga kini, Peugeot masih berkiprah walau keberadaannya terkalahkan pamornya oleh mobil mobil pabrikan negara lain.

Kesuksesan Mobil Peugeot Di Indonesia

Mobil Peugeot di Indonesia hadir dan sukses dengan beberapa tipe, diantara

  1. Peugeot 505

Mobil Peugeot 505 merupakan mobil yang dibuat dengan model sedan, diperuntukkan untuk masyarakat segmen menengah atas. Mobil ini diketahui rilis sekitar tahun 1980-an.

  1. Peugeot 206

Mobil Peugeot 206 merupakan mobil dengan jenis hatchback kecil. Berjenis city car, tentu saja ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Pasalnya mobil jenis dan tipe ini memang menjadi mobil pilihan masyarakat Indonesia.

  1. Peugeot 406

Mobil seri 406 ini, merupakan mobil berjenis sedan, yang dirilis pada tahun 2000-an.

Mobil Peugeot Di Masa Kini

mobil Peugeot

Tahun 2019 lalu, merupakan awal baru untuk pabrikan Peugeot di Indonesia. Pasalnya Peugeot baru saja merilis dua jenis mobil dengan tipe baru di pasaran Indonesia. Tipe tersebut adalah tipe 3008 dan tipe 5008.

Keduanya diusung dengan sistem SUV, dengan harapan bahwa kehadiran dua jenis mobil ini, mampu membangkitkan kembali pasaran Peugeot di Indonesia yang sempat meredup. Pasalnya Peugeot 3008 dan 5008 hadir dengan beragam keunggulan yang sesuai dengan kondisi pasar.

Peugeot SUV 3008 memiliki lima bangku, dengan transmisi otomatis, dan hadir dengan empat pilihan variasi warna. Sementara untuk Peugeot SUV 5008 memiliki tujuh bangku, dengan enam transmisi otomatis dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang mumpuni.

Desain interior dari SUV 5008 nampak lebih unggul. Pasalnya untuk tipe ini memang sengaja dibuat dengan desain futuristic dan berbagai keunggulan lainnya. Belum lagi dibagian atap dibuat dengan tipe atap black diamond roof dan panoramic sunroof.

Sebenarnya selain berbagai keunggulan yang dihadirkan, pihak Peugeot juga mengakui bahwa ada beberapa fitur yang terpaksa dihilangkan. Seperti fitur rem otomatis contohnya. Pasalnya fitur ini dinilai membahayakan banyak pihak. Hal ini karena kesadaran untuk berkendara dengan baik masih kurang.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Untuk Anak Muda Yang Terbaru

Demikianlah perjalanan panjang mobil Peugeot dan kisahnya di Indonesia. semoga dengan hadirnya mobil suv 3008 dan 5008 dapat membangkitkan kembali kejayaannya di pasaran Indonesia. sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here