Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

0
374
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pada kendaraan lama dan bekas pasti masalah mesin mobil overheat ini sering terjadi. Apalagi jika mobil tersebut tidak dilakukan perawatan dengan baik, maka sangat mungkin terjadi masalah serius tersebut.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Perawatannya!

Umumnya masalah serius pada kendaraan memang dikarenakan karena radiator dimana kurang begitu diperhatikan. Sehingga salah satu bagian kendaraan dimana sangat penting untuk dirawat ialah air radiator dan harus diganti rutin.

Sering kali pemilik kendaraan mengabaikan masalah tersebut seperti tidak mengganti air radiator berkala. Hal itu berimbas pada beberapa komponen mesin menjadi korban, terutama jika mesin mengalami kenaikan suhu.

Memang naiknya suhu atau overheat pada mesin mobil ini wajib dihindari dengan berbagai macam cara. Salah satunya ialah menjaga dengan sangat baik bagian sistem pendingin mesin kendaraan Anda.

Sebab jika ditengah jalan kendaraan Anda mengalami kenaikan suhu dimana memang sangat panas ini akan menyebabkan kepala silinder bengkok. Sebab kepala silinder dimana bertemu dengan bagian silinder memang harus rata.

Jika terjadi panas yang berlebihan, maka akan menyebabkan kebengkokan dan ini harus diganti dengan baru. Tentunya jika melengkung terlalu parah, maka biaya untuk menggantinya juga lebih mahal.

Walaupun dalam beberapa masalah pada melengkungnya kepala silinder ini dapat diatasi dan diperbaiki. Namun apabila terlalu parah dan dipaksakan, maka dapat menimbulkan kerusakan lain dan biaya lebih banyak harus dikeluarkan.

Penyebab Mobil Overheat yang Perlu Diketahui

Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pasti Anda sering mendengar mobil terbakar saat berjalan. Kebakaran tersebut terjadi pada kendaraan karena mesin mobil terlalu panas, dan salah satu penyebab mesin panas ialah karena memakai pelumas tidak berkualitas.

Sehingga diharuskan Anda menggunakan oli yang bagus dan berkualitas, namun masih ada banyak alasan mengapa kendaraan terlalu panas mesinnya.  Berikut ini beberapa penyebab mengapa mesin mengalami overheat.

Jika membicarakan mengenai suhu mesin kendaraan, maka komponen dimana cukup krusial ialah radiator. Apabila bagian ini mengalami masalah, tentunya otomatis bagian pendingin juga bisa cepat panas.

  • Thermostat tidak bekerja

Alat pengukur suhu mesin kendaraan ini memang erat hubungannya dengan sistem kerja dari radiator. Alat ini digunakan untuk mengatur air radiator supaya tidak keluar dan jika terlalu panas, maka akan didinginkan.

  • Kipas pendingin mati

Kipas pada radiator berfungsi menarik udara sejuk dari luar agar membuat mesin di sisi lainnya dingin. Apabila kipas rusak atau salah memasangnya, maka suhu pasti akan naik dan mobil overheat.

Pastikan selalu keadaan kipas mesin dalam kondisi bagus dan tidak bermasalah. Hal ini akan membantu menghindari dari naiknya suhu secara berlebihan yang menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

  • BBM yang dipakai tidak sesuai

Pemilihan bahan bakar tidak sesuai juga menyebabkan mesin mengalami kenaikan suhu berlebih. Jika BBM tidak cocok, maka bisa membuat knocong dan mesin jadi panas apabila dibiarkan saja.

Mengatasi Mobil Overheat dengan Mudah

Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila mesin mengalami masalah kenaikan suhu berlebihan ini. Seperti menghentikan mobil dan mematikan mesinnya, ini terjadi ketika Anda sedang dijalan.

Pastikan untuk menepi dulu dan mematikan mesin, tunggu hingga temperatur mesin turun lagi. Ini harus dilakukan agar dapat meminimalkan rusaknya kendaraan dimana jauh lebih parah dan membuat Anda dirugikan.

Selain itu setelah menepi dan mesin dimatikan, maka selanjutnya adalah membuka kap mobil. Ini merupakan hal dimana sangat penting untuk dilakukan pengendara jika mesin mengalami suhu panas berlebih.

Dengan membuka kap mobil, maka udara panas di dalamnya akan keluar serta komponen lainnya pada mesin terhindar dari kerusakan. Namun Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati, sebab tuas penyangga biasanya panas.

Saat mein mobil overheat, satu hal dimana tidak boleh dilakukan oleh semua pengendara ialah membuka tutup bagian radiator. Apabila Anda melakukannya, maka bisa membahayakan diri sendiri serta radiator juga mudah rusak.

Mesin mobil yang panas akan menimbulkan uap serta melepaskan air dengan tekanan tinggi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan luka bakar cukup serius apabila terkena kulit langsung, jadi Anda harus berhati-hati.

Jika Anda mengalami masalah ini dan sudah memeriksa semuanya namun belum menemukan penyebabnya. Akan lebih baik jika meminta bantuan dari bengkel saja, terutama jika radiator mengalami kebocoran.

Menghindari Terjadinya Mobil Overheat

Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mencegah kendaraan mengalami suhu panas berlebih ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab hal ini sering terjadi, apalagi jika kendaraan Anda termasuk sudah cukup lama dan membeli bekas.

Apabila tidak dilakukan pencegahan dan terjadi saat berkendara, maka bukan hanya membahayakan Anda saja, namun juga orang lain. Mesin mobil jika terlalu panas dapat menyebabkan kebakaran mendadak.

Sebab masalah ini bukan terjadi tanpa sebab, ada faktor yang mempengaruhinya. Namun penyebabnya juga bisa dicegah dan membuat risiko terjadinya mesin overheat ini lebih minimal.

Untuk pertama Anda bisa mencegah mobil overheat dengan cara mengganti secara berkala air radiatornya. Karena pemakaian yang cukup lama pastinya membuat volume airnya jadi turun dan membuat performa radiator terhambat.

Selain itu pengendara juga harus mengecek kipas pendingin dari radiatornya dulu sebelum mobil jalan agar tidak menyebabkan overheat. Sebab kipas tersebut akan mengalirkan udara dari kisi radiator.

Udara dingin ditarik masuk untuk membuat suhu pada mesin kembali normal. Sehingga kipas pendingin tersebut harus dalam keadaan baik agar tidak terjadi kenaikan suhu mesin secara drastis dan over panas.

Jangan lupa untuk selalu memastikan mesin menggunakan pelumas terbaik. Jika asal memilih oli, maka bisa saja pelumas tersebut tidak bekerja dengan baik dan cepat menguap.

Cara Kenali Mesin Pernah Overheat

Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda berkendara dengan mobil, maka sebelum memakainya sebaiknya untuk melakukan pengecekan lebih dulu. Pengendara bisa melakukan service di tempat terpercaya, terutama jika akan berkendara dalam jarak jauh.

Jangan lupa untuk memperhatikan apa saja ciri mobil overheat agar tidak mengalami masalah nantinya. Pastikan kendaraan layak serta dalam kondisi baik untuk digunakan berkendara dalam jarak jauh.

Jangan sampai ketika ditengah jalan mengalami masalah berat dimana membuat pengendara lain juga bahaya. Seperti jika mesin mobil mengalami temperatur yang terlalu panas, sehingga Anda harus tahu apa saja cirinya.

Pertama mobil ngelitik dalam jangka waktu cukup lama, bahkan hal ini terjadi pada mesin mobil yang berkepanjangan. Ini terjadi jika kendaraan pernah mengalami kenaikan temperatur saat digunakan untuk perjalanan jauh.

Ketika suhu naik sampai sangat panas membuat performanya jadi menurun serta tenaganya juga bisa berkurang. Itulah ciri lainnya mobil overheat, dimana mampu menurunkan performa bahkan secara drastis.

Jika kelebihan panas sudah terlalu parah, maka besar kemungkinan membuat oli di mesin bercampur dengan air. Itu membuat oli jadi berubah warnanya jadi kecoklatan dan dapat membuat blok silinder bengkok.

Indikator peringatan akan muncul jika suhu mesin sudah lebih dari standarnya. Ini harus Anda perhatikan, jika mendapati peringatan tersebut maka segera hentikan kendaraan dan menepi untuk mendinginkan mesin.

Akibat Mesin Mobil Terlalu Panas

Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mobil Overheat? Ketahui Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apabila kendaraan Anda pernah mengalami masalah kenaikan suhu mesin ketika berkendara dalam jarak tempuh yang jauh. Tentunya Anda diharuskan untuk pergi ke bengkel atau mengatasinya sendiri jika bisa.

Oleh karena itu tidak heran jika seseorang sebaiknya mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin mobil overheat mandiri. Sebab jika membawa ke tukang servis, maka ada pertimbangan lainnya seperti biaya.

Sebab sering kali kendaraan yang mengalami masalah ini akan turun mesin, sehingga perlu diperbaiki juga selain gangguan utamanya. Mobil yang mengalami kenaikan suhu berlebihan ini memang mempunyai efek samping.

Beragam jenis risiko yang bisa terjadi apabila suhu mesin mobil Anda mengalami kenaikan. Hal tersebut juga tergantung pada kerusakan serta bagaimana pengguna menangani ketika mendapatkan masalah tersebut.

Jika Anda dengan tepat dan benar melakukan penanganannya, maka tentu saja efek yang disebabkan juga bisa diminimalkan. Tahapan awal dimana sering terjadi jika mobil naik suhunya ialah performa menurun.

Tentunya mobil Anda tersebut jadi gampang panas serta lambat jalannya. Ini seperti layaknya sebuah komputer jika sudah penuh penyimpanannya, maka performanya akan lemot serta gampang sekali panas.

Selain itu jika kendaraan Anda mengalami masalah ini dan tetap dipaksa berjalan tanpa dibarengi perbaikan. Tentu saja akan menyebabkan komponen dalam mobil akan rusak secara permanen, ini justru merugikan.

Baca Juga: Bingung Mau Pilih Motor Matic Atau Manual? Ini Perbandingannya!

Mobil merupakan benda mati dimana memang harus dirawat serta dijaga dengan baik agar tidak mudah rusak. Karena itu Anda harus sering cek kendaraan agar terhindar dari masalah mobil overheat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here