Mengenali fitur-fitur unggulan dan juga penyakit Wuling Cortez sebelum membeli akan sangat membantu calon pembeli untuk membuat keputusan. Salah satu MPV yang meramaikan dunia otomotif di tanah air sejak tahun 2018 ini telah mampu memikat banyak orang.

Baca Juga : Trik Memilih Mobil Bekas di bawah 100jt Yang Berkualitas

Melalui PT. SGMW Motor Indonesia, mobil asal Tiongkok ini berusaha untuk merebut pasar MPV di Indonesia. Wuling Cortez hadir dengan lima warna yang memesona sehingga calon konsumen memiliki banyak pilihan. Burgundy Red, Dazzling Silver, pristine White, Sand Brown dan Starry Black adalah lima pilihan warna yang ditawarkan.

Inilah Keunggulan Dari Wuling Cortez

Sebelum membahas tentang penyakit Wuling Cortez, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu keunggulan yang dimilikinya. Dibandingkan dengan para pesaingnya, Wuling Cortez ini terbilang memiliki fitur yang sangat menarik dengan harga yang lebih terjangkau. Simak beberapa fitur unggulan Wuling Cortez pada setiap variannya.

Wuling Cortez CT Tipe S

penyakit Wuling Cortez

Tipe S merupakan varian terendah dari Cortez CT dan tentu saja harganya paling murah dibanding dengan tipe lainnya. Kehadiran Cortez CT tipe S ini menawarkan harga kompetitif namun mampu memberikan kenyamanan dan juga pengalaman berkendara yang powerful. Terdapat dua pilihan transmisi yang ditawarkan oleh tipe S ini.

Fitur transmisi manual

Wuling Cortez CT tipe S dengan transmisi manual ini memiliki harga terendah di keluarga Cortez CT. Tipe ini dilengkapi dengan spoiler belakang lengkap dengan cladding hitam yang melekat. Selain itu, roof rail juga sudah disematkan pada MPV tipe terendah dari Wuling Cortez.

Sabuk keselamatan disediakan untuk seluruh penumpang dan Dual SRS Airbag pada bagian depan. Keunggulan lain yang dimiliki CT tipe S dengan transmisi manual adalah remote control yang juga bisa difungsikan untuk membuka kaca jendela dan bagasi. Transmisi manual dari tipe S ini memiliki enam percepatan.

Fitur CVT

Kabin dalam Wuling Cortez CT tipe S CVT dilengkapi captain seat pada baris tengah. Advance 8” Entertainment System memberikan kemewahan dalam akses infotainment. Perangkat kontrol bisa diakses melalui lingkar kemudi. Kemewahan pada tipe ini juga ditunjukkan dengan adanya fitur keyless entry lengkap dengan start / stop button.

Wuling Cortez CT Tipe C

penyakit Wuling Cortez

Penyakit Wuling Cortez yang kerap dijumpai akan dibahas terpisah setelah mengenali keunggulan dari masing-masing tipe. Wuling Cortez CT tipe C merupakan tipe yang diluncurkan pertama kali bersama dengan tipe L, mendahului tipe S yang justru diluncurkan paling akhir. Keunggulan dari Wuling Cortez tipe C yaitu :

Rem tangan elektrik

Wuling Cortez tipe C merupakan varian medium dari Wuling Cortez. Rem tangan elektrik yang penggunaannya cukup hanya dengan menyentuhkan jari, sudah melengkapi fitur dari tipe C ini. Hal ini membedakan dengan Wuling Cortez tipe S dimana rem tangan masih manual seperti mobil pada umumnya yaitu dengan cara menarik tuas rem.

Fitur Hill Hold Control

Fitur Hill Hold Control (HHC) ini hanya dimiliki oleh Wuling Cortez tipe C dan L. Fitur HHC akan sangat bermanfaat ketika mobil harus berhenti pada kondisi jalan menanjak atau menurun. Fitur ini akan menahan pergerakan mobil sehingga tidak mundur atau meluncur ketika pengemudi melakukan perpindahan kaki dari rem ke tuas gas.

Auto On Headlamp dan Fog Lamp

Wuling Cortez tipe C sudah dilengkapi dengan auto on headlamp dan juga fog lamp yang memberikan pengalaman berkendara semakin nyaman. Dual SRS Airbag pada bagian depan dan sabuk keamanan di bagian depan serta tengah melengkapi keamanan pengguna mobil ini.

Wuling Cortez CT Tipe L

Berbeda dengan Wuling Cortez tipe S dan C, Cortez CT tipe L hanya tersedia dalam satu varian yaitu CVT. Wuling Cortez CT tipe L merupakan varian tertinggi dari Wuling Cortez CT dan tentunya juga paling mahal. Sebagai varian tertinggi dan termahal, tentunya tipe L ini  menawarkan fitur unggulan yang jauh lebih lengkap.

Interior

Kursi pengemudi pada Cortez CT tipe L dapat diatur secara elektrik dan ketinggian jok dapat diatur tinggi rendahnya. Reclining seat tidak hanya berlaku untuk kursi bagian depan dan baris kedua, namun juga pada baris ketiga. Setiap baris dilengkapi dengan colokan usb untuk mengisi daya ponsel.

Sistem navigasi pada Wuling Cortez CT tipe L sudah terintegrasi. Dilengkapi dengan layar sentuh 8” untuk infotainment dan didukung 6 speaker untuk sistem audio menjadikan kabin tipe L semakin mewah.

Eksterior

Fitur eksterior yang terdapat dalam Wuling Cortez tipe C secara otomatis juga terdapat dalam tipe L. Tipe L ini dilengkapi dengan bingkai jendela krom dan sun roof. Fitur auto on headlamp dan follow me home melengkapi fitur mewah dari tipe L ini. Auto wiper akan menyala secara otomatis ketika sensor mendeteksi adanya air hujan.

Kelemahan Dan Penyakit Wuling Cortez Yang Sering Dijumpai

Setelah mengetahui aneka fitur unggulan, ada baiknya untuk mengetahui kelemahan dan juga penyakit Wuling Cortez yang sering terjadi. Dengan mengetahui kelemahan serta penyakitnya, calon konsumen dapat dengan bijak memutuskan untuk membeli atau tidak.

Kelemahan Wuling Cortez

Meskipun memiliki aneka fitur unggulan, bukan berarti Wuling Cortez ini tidak memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan yang ada pada Wuling Cortez CT, baik tipe S, tipe C, maupun tipe L, adalah sebagai berikut.

Radius Putar Besar

Wuling Cortez memiliki ukuran badan yang cukup besar. Dengan panjang badan 4.780  mm, lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.755 mm, mobil ini memerlukan radius putar sepanjang 5,6 meter. Hal ini tentu saja sangat menyulitkan ketika harus memutar di lokasi yang sempit.

Belum dilengkapi telescopic steering

Belum adanya fitur telescopic steering ini menjadikan kemudi belum bisa diatur jaraknya sehingga masih harus disesuaikan dari jok kemudi.

Penyakit Wuling Cortez

Diluar beberapa kelemahan yang dimiliki, ternyata ada beberapa penyakit Wuling Cortez yang dijumpai acapkali dijumpai. Meskipun demikian, penyakit tersebut bisa saja terjadi hanya pada beberapa unit kendaraan. Simak beberapa penyakit yang dijumpai pada Wuling Cortez.

Kaki-kaki depan lemah

Penyakit Wuling Cortez yang paling sering dikeluhkan adalah lemahnya kaki-kaki terutama kaki depan. Rata-rata pada penggunaan sejauh 30.000 km, kaki-kaki depan Wuling Cortez ada yang sudah mulai oblak. Bagian steering rack pada kaki-kaki depan cepat aus sehingga menjadikan mudah oblak.

Terlalu banyak piranti elektrik yang berpotensi rusak dan harus diservis

Penyakit Wuling Cortez yang berikutnya adalah banyaknya piranti elektrik yang berpotensi rusak dan harus diservis. Pada Wuling Conrtez CT tipe C, dan tipe L, rem tangan menggunakan rem elektrik. Selain itu juga terdapat sun roof dan bangku depan yang diatur secara elektrik.

Banyaknya piranti elektrik tersebut berpotensi besar menyebabkan penyakit Wuling Cortez juga semakin banyak. Masyarakat Indonesia masih banyak yang gemar untuk menambahkan ataupun mengganti aksesori yang beberapa berhubungan dengan kelistrikan. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan masalah baru.

Baca Juga : Sebelum Membeli Mobil Ini, Wajib Anda Tahu Penyakit Wuling Confero Dan Keunggulannya

Demikianlah beragam fitur unggulan, kelemahan, dan juga penyakit Wuling Cortez yang dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli. Wuling Cortez menawarkan kemewahan MPV dengan harga yang cukup kompetitif. Semoga uraian tersebut di atas dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here