Penyakit Mobil Xenia Yang Harus Diperhatikan

0
482
penyakit mobil Xenia

Dengan segala kelebihan Xenia sebagai mobil MPV atau Multi Purpose Van, tentunya diiringi dengan beberapa penyakit mobil Xenia. Diluncurkan pada 2003 bersama Avanza, Xenia rupanya lebih diprimadonakan oleh para pembelinya. Sebagai mobil yang luas ruang kabinnya, tampaknya memang layak menjadi pilihan untuk mobil MPV.  

Baca Juga : Detail Dan Harga Spare Part Motor R25 Terbaru 2021

Harga yang cukup terjangkau sekaligus dapat dipergunakan untuk berbagai kondisi dan dapat membawa penumpang cukup banyak, maka wajar jika Xenia menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia. Terutama bagi keluarga-keluarga yang memiliki anggota keluarga banyak.

Spesifikasi Xenia

Pada mesin terdapat tiga silinder dengan kode EJ-VE dari mesin 1000 cc. Ada 3 macam yang diluncurkan yaitu Mi. Li, Xi bermesin 1.300 cc. Dengan spesifikasi setara ini, maka pada jalanan yang kurang rata alias bergelombang, penumpang merasakan guncangan yang agak keras. Memang kenikmatan berkendara menjadi berkurang jika demikian.

Kelemahan atau Penyakit Mobil Xenia

penyakit mobil Xenia

Mobil ini memang sudah cukup lawas. Sejak 2003 berarti terhitung sudah hampir 20 tahun berlalu. Namun masih cukup banyak orang yang mencari mobil MPV ini. Memang selain harganya murah, besarnya bagian dalam membuat banyak orang kesengsem dengan penampilan dan kegunaan mobil besar ini. Lalu apa penyakit mobil Xenia?

Harga Jual Jatuh

Sayangnya dengan fungsi membawa barang dan penumpang yang banyak, resale value Xenia kurang bersahabat. Memang harga jual Xenia di pasaran lebih rendah dari Avanza, itu juga mungkin yang menyebabkan harga jual kembali merosot tajam. Sangat disarankan bagi yang ingin harga jual lumayan, pilihan bukan pada mobil ini.

Penyakit Mobil Xenia Bagian Interior

penyakit mobil Xenia

Bagian eksterior seringkali menjadi pilihan yang amat sangat dipertimbangkan orang saat akan membeli mobil. Semakin keren mobilnya, maka semakin banyak peminatnya. Namun tidak sedikit juga orang yang lebih memperhatikan kenyamanan interior mobil. Berikut merupakan kekurangan pada bagian interior mobil yang perlu diketahui.

1. Kaki Terasa Agak Panas

Posisi pipa pada header Xenia generasi awal mengarah ke belakang akibat letak header yang terlalu dekat dengan firewall. Efeknya ketika mobil melintasi jalanan yang macet, semakin lama penumpang bagian depan kiri mobil akan merasakan hangat dan cenderung panas.

Solusi atas penyakit mobil Xenia yang satu ini adalah dengan memasang peredam panas pada bagian firewall yang dekat dengan header. Cukup mudah kok mencari peredam panas seperti ini. Anda dapat mengunjungi gerai-gerai yang menjual audio. Untuk mempermudah carilah yang sudah dilengkapi dengan perekat.

Dengan sedikit sentuhan, maka keberadaan peredam panas ini tidak akan terlihat mengganggu. Letakan tersembunyi, maka orang tidak akan menyadari bahwa ada tambahan peredam panas pada bagian bawah mobil. Nah kaki nyaman karena tidak kepanasan.

2. Kurang Kedapnya Bagian Kabin

Penyakit mobil Xenia berikutnya bagian dalam mobil lebih berisik akibat kurang kedapnya bagian tersebut. Padahal sebagai MPV sangat nyaman sekali jika penumpang bersantai dalam suasana yang tenang. Sayangnya hal itu agak terganggu dengan hadirnya suara-suara bising dari luar mobil.

3. Ketiadaan Height Adjuster

Kursi mobil yang nyaman terkadang memang membutuhkan penyesuaian saat berada dalam kondisi tertentu. Seperti ketika penumpang dalam keadaan mengantuk, maka sangat diperlukan adjuster pada kursi. Sayangnya pada mobil Xenia tidak dilengkapi dengan height adjuster.

4. Desain Kursi Yang Agak Ketinggalan Jaman

Penyakit mobil Xenia yang mungkin tidak terlalu penting namun cukup mengganggu pemandangan saat berada di dalam adalah desain kursinya yang kurang modern. Banyak orang yang suka dengan tampilan modern karena mobil akan terlihat lebih keren dan mewah. Tentunya akan menaikan gengsi pemilik mobil

5. Belum Ada Fitur Button Untuk Keperluan Start/Stop Engine

Peningkatan fitur tampaknya telah cukup dilakukan oleh pengembang Xenia. Sayangnya keberadaan tombol start/stop engine belum ada. Akibatnya perlu effort lebih untuk menyalakan mobil menggunakan anak kunci. Selain itu tidak adanya fitur kamera belakang. Kamera ini fungsinya untuk memberikan pandangan memadai saat parkir.

Keberadaan kamera belakang ini sesungguhnya merupakan nilai plus dari mobil. Hal ini karena banyak orang yang seringkali merasa kesulitan saat akan parkit. Terutama orang yang belum terlalu mahir. Walaupun mahir, dengan adanya kamera belakang ini akan sangat membantu pengemudi lebih aman ketika bermanuver di tempat parkir. 

Adanya kamera belakang tentunya akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan saat pengemudi di tempat parkir. Juga faktor keamanan untuk mobil dan sekitarnya dapat lebih terjamin. Pasalnya memang dengan ketiadaan kamera mobil akan menjadi nilai yang mengurangi performa sebuah mobil.

Masalah Pada Bagian Mika Di Lampu Utama

penyakit mobil Xenia

Kusamnya lampu Xenia menjadi sdalah satu masalah yang cukup menganggu. Ya kusamnya lampu dapat membuat tampilan estetik mobil menjadi kurang bagus. Solusinya adalah bohlam lampu bisa diperbaiki dan dibawa ke spesialis lampu. Segera ganti dengan onderdil aslinya.

Namun bila tetap ingin mempertahankannya, maka lampu mobil tetap dapat digunakan. Cukup minta teknisi untuk memperbaiki lampu mobil agar terlihat kembali mengkilap seperti sebelumnya. Masalah lampu ini sebenarnya bisa juga disebabkan oleh lampu yang kurang memenuhi standar yang berlaku.

1. Cepat Mengeringnya Bagian Karet Kaca

Penyakit mobil Xenia yang juga kurang membawa kenyamanan adalah bagian karet kaca yang lebih cepat aus. Bila terjadi hal  ini maka ketika kaca mobil dipindahkan posisi entah itu ke atas maupun ke bawah akan timbul suara yang kurang nyaman didengar telinga.

2. Desain Kurang Inovatif

Desain yang kurang futuristik mungkin dapat disebut sebagai salah satu kelemahan mobil Xenia. Meskipun penyakit mobil Xenia ini memang tidak terlalu penting namun dengan desain yang kurang mewah, mungkin menjadi salah satu penyebab harga jual kembali menjadi lumayan jatuh. Pasalnya banyak orang yang ingin tampilan mewah.

3. Suspensi Yang Kurang Nyaman

Penyakit mobil Xenia berkaitan dengan suspensi dapat dikatakan cukup mengganggu. Dengan suspensi yang kurang halus menyebabkan perjalanan menjadi terasa lebih melelahkan karena guncangan yang dirasa cukup keras saat berada di jalan yang bergelombang.

Apalagi untuk perjalanan jauh tentunya akan sangat menyenangkan dan membuat betah berada dalam mobil bila suspensi halus. Getaran dan guncangan tidak akan menjadi hal yang membuat badan merasa sakit dan bahkan pegal-pegal. Perjalanan jauh memang membutuhkan kondisi keamanan lebih pada mobil.

Keunggulan Xenia

penyakit mobil Xenia

Dibalik berbagai penyakit mobil Xenia, ada beberapa keunggulan Xenia yang juga cukup bagus. Diantaranya adalah ruang kabin memang lega, dan yang sangat penting adalah mobil ini irit bensin. Harganya juga terhitung murah dibandingkan mobil MPV kembarannya yaitu Avanza.

Aftersales service cukup bagus. Artinya mudah mencari bengkel resmi serta spare part original juga terbilang murah. Hal ini memang sangat penting bagi pemilik kendaraan. Untuk apa mobil keren, mahal, namun layanan aftersales buruk. Ketika mobil sakit, maka kemana akan mencari tempat untuk mengobatinya.

Baca Juga : Ini Dia Penyakit Mobil Avanza dan Cara Antisipasinya

Itulah beberapa penyakit mobil Xenia yang sering dikeluhkan oleh para pemilik mobil tersebut. Walaupun beberapa kelemahan memang mengurangi daya tariknya, namun keunggulannya juga membuat banyak orang mengesampingkan kelemahan yang ada. Pada akhirnya pilihan memang tergantung pada kebutuhan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here