Keunggulan dan Penyakit Mobil Vios Generasi Pertama

0
549
penyakit mobil Vios

Mobil Vios adalah salah satu mobil jenis sedan keluaran Toyota. Mobil Vios Gen1 ini merupakan penerus dari Toyota Soluna yang rilis pada 1995 dan diproduksi hanya sampai 2003, dan sayangnya banyak penyakit mobil vios yang kadang meresahkan

Mobil Toyota Vios mempunyai beberapa tipe untuk pasar Asia, di antaranya tipe E Sporty dengan body kit, tipe J standar, dan tipe G dengan tampilannya yang mewah disertai instrument digital. Dengan tampilan kerennya, penyakit mobil ini tetap tidak bisa dihindari.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Karat Pada Kendaraan Bermotor

Untuk tipe mobil Vios yang dipasarkan di Indonesia hanya tipe E yang transimisi manual dan tipe G dengan tansimisi manual dan otomatis. Untuk segi eksteriornya, mobil Vios Gen1 menunjukkan tampilan yang keren dan modern.

Wajar saja jika mobil ini banyak dijadikan bahan modifikasi dan sering digunakan oleh anak muda. Sedangkan interior dari Toyota Vios Gen1 ini sangat nyaman dan modern.

Mobil Toyota Vios ini sudah menggunakan mesin tipe 1NZ-FE yang berkapasitas 1.500 cc dan terbilang sangat responsif. Selain itu untuk sparepart serta perawatannya murah dan sangat mudah ditemukan.

Nah, di dalam artikel ini akan diulas kelebihan serta penyakit mobil Vios yang sering dialami pengendaranya.

Kelebihan Mobil Toyota Vios

penyakit mobil Vios

Meskipun terdapat penyakit mobil Vios, namun tetap kelebihannya menjadi daya tarik tersendiri. Baik dari segi eksterior maupun interiornya, mobil Vios tetap keren dan unggul. Berikut beberapa kelebihan mobil Vios Gen1.

  1. Eksterior Toyota Vios Generasi 1

Sebelum melihat penyakit mobil Vios, sebaiknya lihat terlebih dahulu kelebihan eksteriornya. Mobil Toyota Vios mengusung tampilan yang keren dan modern. Pada bagian depan mobil, didesain head lamp yang opal, segaris dengan grill yang telah dilapisi dengan warna chrome.

Di bagian bumpernya, mobil Vios Gen1 ini telah dilengkapi dengan fog lamp. Selain itu tampilan bumpernya juga keren, karena dilengkapi dengan body kit. Sedangkan, untuk bagian sampingnya, memiliki tampilan yang stylish dan terlihat ceper.

Untuk bagian belakang mobil Vios Gen1 ini, tampilannya sporty dan keren. Dilengkapi dengan stoplamp yang memojok ke samping. Ditambah pula logo toyota yang berlapis warna chromebeserta bumper yang dilengkapi dengan body kita yang keren. Nah, itulah kelebihan eksteriornya dibalik penyakit mobil Vios ini.

  1. Interior Toyota Vios Generasi 1

Untuk segi interior, Toyota Vios tidak kalah keren. Mobil Vios Gen1 ini mempunyai kabin yang nyaman dan luas. Selain itu, fitur-fitur pada interiornya juga berkualitas baik. Bagian dashboardnya memiliki stir dengan speed meter yang terletak di bagian tengah.

Mobil Toyota Vios Gen1 juga sudah dilengkapi AC serta audio sebagai fitur hiburan saat dalam perjalanan berkendara. Mobil jenis ini memuat 2 baris kursi yang bisa diisi maksimal 5 orang penumpang.

Untuk perjalanan jauh yang membutuhkan muatan barang cukup banyak, bagasi mobil ini siap menampung barang cukup banyak.

  1. Mesin Mobil Toyota Vios Generasi 1

Di samping penyakit mobil Vios, mesin yang dimilikinya tetap tidak bisa diremehkan. Mesin yang dimiliki mobil ini sangat responsif karena didukung dengan mesin tipe 1NZ-FE yang berkapasitas 1497 cc.

Dengan demikian, mobil Vios Gen1 ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 107 Hp atau setara putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan, untuk torsi maksimalnya, mobil ini mampu mengeluarkan torsi mencapai 141 Nm atau setara putaran mesin 4.200 rpm.

Selain itu, mesin mobil Toyota Vios ini irit bahan bakar. Nah, pastinya banyak yang setuju bahwa mobil yang irit bahan bakar bakal banyak dicari.

  1. Suspensi Mobil Toyota Vios Generasi 1

Penyakit mobil Vios tidak akan menjadi suatu masalah jika Anda mengetahui suspensinya. Untuk suspensi mobil ini sendiri, sudah dilengkapi dengan kualitas yang sangat baik. Bagian depan mobil telah didukung dengan suspensi jenis Macphersonstrut independen.

Sedangkan, pada bagian belakangnya didukung dengan suspensi poros kaku dan ditambah ETA beam dengan stabilizer. Dengan kedua suspensi tersebut, mobil akan sangat nyaman dikendarai, sekalipun Anda melewati jalan berlubang. Untuk lebih jelas, berikut spesifikasi mobil Toyota Vios Gen1:

  • Tipe Mesin : 1NZ-FE
  • Kapasitas Mesin : 1497 cc
  • Daya Maksimal : 107 Hp/6000 rpm
  • Torsi Maksimal : 141 Nm/4.200 rpm
  • Suspensi Depan : MacPhersonstrut independen
  • Suspensi Belakang : Poros kaku plus ETA beam dengan stabilizer
  • Tipe Bahan Bakar : Bensin

Mobil Toyota Vios Generasi 1 Cocok Untuk Anak Muda

penyakit mobil Vios

Mobil Toyota Vios Gen1 memiliki tampilan eksterior yang keren, sehingga sangat cocok untuk anak muda. Fitur-fitur yang milikinya juga lengkap dan terbaik. Selain itu biaya perawatannya murah dan sparepart mobil ini juga sangat mudah didapat. Konsep modifikasinya pun banyak, tentu akan menarik bagi anak muda.

Kekurangan yang Merupakan Penyakit Mobil Vios Generasi 1

penyakit mobil Vios

Setelah dipaparkan segala kelebihan serta keunggulan mobil Toyota Vios Gen1, terdapat pula kekurangannya. Penyakit mobil Vios Generasi pertama ini, salah satunya yaitu kondisi kaki-kaki yang selalu bunyi. Usia kaki-kaki mobil Vios tidak terlalu panjang, setahun dua tahun sudah bermasalah.

Jika untuk jalanan yang selalu mulus, mungkin kaki-kaki tersebut masih lebih awet. Namun, pada kondisi jalanan Jakarta yang tidak begitu mulus, membuat kaki-kaki pada mobil ini kurang bertahan lama. Itulah salah satu penyakit mobil Vios yang tidak jarang dialami pengendaranya.

Kekurangan lain yang dimiliki mobil Toyota Vios, yaitu letak fitur interior yang berasa di tengah dashbord. Letak tersebut membuat menyulitkan pengemudi untuk menggapainya. Selain itu, mobil ini tidak terlalu banyak difasilitasi dengan fitur-fitur keselamatan. Sebagian orang mengatakan suspensinya juga masih kurang nyaman.

Akan tetapi, dibalik setiap kekurangan dan penyakit mobil vios tersebut, masih banyak yang menggemarinya. Sebab mobil ini memiliki tampilan yang keren dan juga irit bahan bakar. Masih lebih banyak keunggulannya daripada kekurangan yang dimilikinya. Tentu kelebihan dan kekurangan mobil Vios ini akan menjadi pertimbangan Anda saat hendak memilih mobil.

Harga Mobil Toyota Vios Generasi Pertama Bekas

penyakit mobil Vios

Meskipun kekurangan mobil vios menjadi suatu pertimbangan, namun peminat mobil ini tetap banyak. Apalagi dengan harganya yang masih terbilang terjangkau. Untuk harga bekas dari mobil ini sangat beragam. Setelah disurvei dari beberapa situs jual beli mobil bekas khusus Toyota Vios Gen1 2003, mobil ini dibandrol seharga 70 jutaan hingga 80 jutaan.

Sedangkan untuk harga mobil Vios Limo atau ex taxi dibandrol dengan harga sekitar 40 jutaan hingga 60 jutaan. Tentu harga disesuaikan dengan kondisi mobil. Nah, untuk harga tersebut tergolong terjangkau untuk jenis mobil kualitas Vios.

Baca Juga : Penyakit Mobil Accord Tahun 1990-an Yang Sering Muncul

Demikianlah keunggulan dan penyakit mobil Vios Generasi pertama yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Toyota Vios masih sangat banyak penggemarnya, meski dengan beberapa kekurangannya. Bagasinya yang luas serta iritnya bahan bakar menjadi alasan sebagian orang memilih mobil ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here