Jangan Abaikan Penyakit Mobil Taft Berikut Ini

0
164

Meski usianya sudah mulai uzur, Daihatsu Taft masih menjadi SUV yang populer di kalangan penyuka mobil off-road. Mengesampingkan penyakit mobil taft yang biasa dialaminya, mobil besutan Daihatsu ini terkenal memiliki kualitas yang prima. Kendaraan ini juga mampu melewati medan off-road dengan cukup mudah.

Baca Juga : Penyakit Mobil Corolla Tips Merawat Mobil Corolla

Daihatsu Taft memiliki performa yang bagus, gagah, dan garang di berbagai area. Meski demikian mobil jenis ini juga memiliki beberapa kelemahan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena semua ini bisa dicegah dengan melakukan pengecekan secara rutin. Berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh Daihatsu Taft.

Penyakit Mobil Taft yang Perlu Anda Ketahui

penyakit mobil taft

Daihatsu Taft termasuk mobil yang selalu diandalkan bagi para penggemar off-road karena kendaraan ini mampu melewati berbagai medan. Meski demikian, mobil ini juga memiliki kelemahan. Silakan simak penjelasan tentang beberapa penyakit mobil taft yang dibahas pada artikel berikut ini.

Penyakit Mobil Taft, Bodi Gampang Keropos

Daihatsu Taft menggunakan material yang cukup tipis untuk bodinya. Hal ini menyebabkan bodi mobil Taft akan mudah mengalami pengeroposan serta gampang berkarat. Anda sebagai pemilik mobil ini harus memberikan perhatian ekstra dan melakukan perawatan secara rutin agar bodinya tetap terjaga.

Penyakit Mobil Taft, Interior Kurang Nyaman

Salah satu penyakit mobil taft adalah sisi interiornya yang kurang nyaman bagi penumpang. Bisa dimaklumi karena mobil ini sebenarnya di desain sebagai kendaraan dengan medan terjal sehingga yang paling diperhatikan tentunya adalah ketangguhannya dalam menghadapi berbagai kondisi jalan.

Dasbor

Dasbor SUV ini mengusung desain yang klasik berbentuk kotak. Fitur yang terdapat di dalamnya hanyalah fitur seperti audio, AC, speedometer, dan fitur standar lainnya. Fitur AC hanya mampu memberikan kesejukan ala kadarnya, adapun panel audio sifatnya hanya standar saja dan cukup sebagai pengusir rasa bosan di perjalanan.

Kursi

penyakit mobil taft

Bagian belakang mobil memuat dua buah kursi yang saling berhadapan dirasa kurang nyaman bila digunakan untuk perjalanan jauh. Material jok yang digunakan sebenarnya adalah kain berkualitas, namun dirasa masih kurang nyaman dibanding dengan bahan kulit.

Penyakit Mobil Taft, Kopling Keras

Kopling keras merupakan hal yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna Daihatsu Taft. Akan tetapi penyakit mobil taft ini akan teratasi apabila pengendara telah terbiasa mengemudikannya. Cara lain adalah mengganti perangkat dengan tipe silent, meski harganya lebih mahal namun memiliki performa yang lebih baik.

Penyakit Mobil Taft, Miring Ke Sebelah Kanan

Beberapa model Daihatsu Taft masih menggunakan per daun sebagai suspensi-nya. Hal ini akan menyebabkan goncangan yang cukup keras. Suspensi per daun juga mengakibatkan bagian depan mobil lambat laun akan cenderung miring ke sebelah kanan.

Agar mudah mengamatinya, parkirlah mobil di daerah yang datar. Apabila mobil dalam keadaan seimbang kiri dan kanannya maka tidak menjadi persoalan. Namun jika mobil tampak miring, maka suspensi harus di-roll ulang dan lakukan penggantian bushing per.

Akan tetapi penyakit mobil taft ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Pengguna dapat menambahkan satu per tambahan pada susunan per daun yang terletak di bagian kanan depan. Hal ini dapat mencegah bagian kanan depan mobil “kalah” dan menghindari mobil miring ke sebelah kanan.

Penyakit Mobil Taft, Sudut Belok Kecil

Anda akan merasakan sudut belok kecil terutama pada Taft Hiline. Radius putar SUV ini termasuk yang terkecil di kelasnya. Hal ini cukup menyulitkan pengendara saat akan mengambil putaran U-Turn. Namun beberapa model seperti Taft F73 telah mengalami perbaikan atas kelemahan ini.

Penyakit Mobil Taft, Mesin yang Sudah Tua

Penyakit mobil taft kerap terjadi pada mesin mobil mengingat umurnya yang sudah lebih dari 10 tahun. Keluarnya asap hitam yang berasal dari knalpot bisa disebabkan adanya masalah pada sistem injeksi bahan bakar dieselnya. Gantilah katupnya jika timbul suara mesin yang sangat berisik atau getaran serta ketukan yang keras.

Penyakit Mobil Taft, Gigi Gardan Aus

Versi lawas Daihatsu Taft seperti F20 dan F50 memiliki gigi transmisi yang tangguh, namun tidak demikian halnya dengan seri setelahnya. Saat menyalakan mesin mobil, dengarkan apakah terdengar suara “mengaung” pada bagian gardan belakang. Jika terdengar, maka sudah saatnya Anda untuk mengganti gigi gardan.

Penyakit Mobil Taft, Transmisi Bermasalah

Penyakit mobil taft yang cukup membahayakan adalah adanya masalah pada transmisi. Masalah ini terjadi pada bagian sinkromes transmisi, dan akan menyebabkan persneling “loncat” atau berpindah sendiri. Apabila hal ini terjadi tentu bisa membahayakan keselamatan pengendara.

Solusinya adalah dengan membongkar untuk melihat kondisi sinkromes, apakah masih bisa diperbaiki atau harus diganti yang baru karena sudah aus. Namun beberapa bengkel biasanya akan menyarankan penggantian karena harganya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan melakukan perbaikan.

Penyakit Mobil Taft, Pengguna yang Lalai Bisa Menurunkan Performa

Karena umurnya yang tak lagi muda, maka pemilik Daihatsu Taft harus selalu memperhatikan beberapa poin agar penyakit mobil taft tidak menjangkitinya. Sering-sering lakukan pengecekan terhadap oli mesin karena suhu mesin diesel yang tinggi akan membuat oli mesin cepat menguap.

Pengguna harus memperhatikan isi bahan bakar di dalam tangki, jangan membiarkan dalam keadaan kurang dari seperempat tangki. Hal ini akan menyebabkan adanya udara yang terjebak di dalam saluran bahan bakar dan mobil akan sulit dihidupkan ketika pagi hari.

Apabila pengguna sering lalai mengisi bahan bakar, maka dapat menyebabkan tekanan kompresi pada mobil menjadi berkurang. Tarikan mobil menjadi lebih keras sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih boros. Lambat laun akan timbul penyakit mobil taft yaitu mogok dan performanya mengalami penurunan.

Jangan lupakan indikator water sedimenter. Apabila lampu indikator menyala, maka pengguna harus cepat-cepat menguras tangki water sedimenter. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan kotoran dan air agar tidak masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel.

Penyakit Mobil Taft, Berdampak Buruk Jika Menggunakan Ban Besar

Penggunaan ban besar tentu dapat mendongkrak penampilan sebuah SUV. Selain itu penggunaan ban besar akan menambah ground clearance, hingga approach dan departure angle dari sebuah mobil Taft. Hal ini tentu akan menambah kemampuan sebuah mobil dalam menjelajah wilayah dengan medan yang buruk.

Akan tetapi, penambahan ban dengan diameter yang lebih besar bukannya tanpa efek samping. Ban besar tentu akan memberikan bobot yang lebih berat sehingga menambah beban bagi mobil. Kaki-kaki seperti bushing, tie-rod, ball-joint, bearing, dan as roda akan cepat aus.

Disusul dengan yang lain, seperti rigid axle, per daun, coil spring, hingga suspense independen. Kelak penggunaan ban besar juga akan mengakibatkan rem mobil menjadi kurang pakem. Oleh karenanya, sebelum melakukan modifikasi dengan mengganti ban yang lebih besar sebaiknya harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Baca Juga : Penyakit Mobil Opel Blazer, Kelebihan Serta Kekurangannya

Demikianlah beberapa penyakit mobil taft yang bisa dijelaskan pada artikel kali ini. Meski demikian, mobil ini memiliki banyak kelebihan seperti mesin dengan tenaga yang mumpuni dalam medan off-road. Mesinnya bandel, perawatan minim, serta irit bahan bakar. Onderdilnya juga sangat mudah ditemukan dan murah,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here