Penyakit Mobil BMW – Perusahaan BMW tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Identik dengan hasil produksi berupa mobil-mobil mewah, ternyata perusahaan ini juga telah memproduksi pesawat.

Baca Juga : Penyakit Mobil Accord Tahun 1990-an Yang Sering Muncul

Khusus kendaraan beroda empat (mobil), BMW telah menghasilkan berbagai jenis dengan keunggulan maupun kekurangan masing-masing. Nah adapun beberapa penyakit mobil BMW yang umum ditemui yaitu:

Penyakit mobil BMW 320i E90

Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 yang merupakan seri-3 dari generasi kelima. Dengan menggunakan desain interior yang sangat oriental menjadi andalan. Hal tersebut terlihat pada konsol panel dan dashboard yang menghadap ke kursi pengemudi. sehingga tombol lebih mudah untuk diraih dan dioperasikan

Memiliki performa handling yang kuat, kabin yang mewah dan luas. Terlebih lagi dengan kehadiran fitur DSC yang berfungsi saat tikungan tajam untuk menghindari adanya resiko dari gejala oversteer dan understeer. Meskipun demikian, penyakit mobil BMW jenis ini juga tidak dapat dipungkiri, diantaranya sebagai berikut.

  1. Penyakit Mobil BMW Yaitu Setir Yang Berat

Bagian setir pada BMW 320i E90 umumnya sangat ringan dan bagus digunakan saat kondisi normal. Akan tetapi, saat pengemudi hendak memarkir dimana fungsi dari setir ini dibutuhkan lebih, setir cenderung terasa lebih berat. Hal ini tentu akan menyulitkan atau mengganggu penggguna dan menghambat proses parkir.

  1. Mesin Kurang Responsif

Mesin yang digunakan pada kendaraan ini tergolong biasa saja. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, tentu saja kualitasnya mengalami peningkatan. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kendaraan lain jenis lain, tentu penyakit mobil BMW ini adalah mesin yang kurang responsif.

  1. Jaringan Servis Yang Minim

Sebuah kendaraan tentu membutuhkan perawatan yang baik demi memaksimalkan fungsi dan memperpanjang umur penggunaan. Namun pada BMW 320i E90 ini sedikit mengalami kesulitan, karena jaringan servis yang minim dan tidak tersebar merata di berbagai kota di Indonesia.

  1. Nilai Investasi Rendah

Sebagian orang menjadikan sebuah kendaraan sebagai investasi, terlebih untuk sebuah mobil. Khusus BMW jenis ini, jika Anda berniat untuk membeli dan mengggunakan sebagai investasi dinilai kurang tepat. Hal tersebut disebabkan karena nilai jual kembali dari mobil ini cukup rendah.

Mobil BMW 318i E46

penyakit mobil BMW

Tahun 1999 menjadi awal mula kemunculan BMW 318i E46 untuk menggantikan seri BMW E36. Sebagai mobil yang menempati posisi generasi keempat dari seri BMW kelas 3, tentu memiliki beberapa keunggulan yang menarik perhatian. Hal tersebut terlihat dari bentuk yang sporty dan minimalis sehingga tampak berkelas.

Mesin dirancang agar lebih bertenaga akibat adanya beberapa keluhan dari pengguna BMW seri sebelumnya. Menggunakan fitur elektrik yang tidak rumit, AC digital dengan dual zone, dan peredaman kabin yang sempurna. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang menjadi penyakit mobil BMW ini diantaranya,

  1. Membutuhkan Oli Dalam Jumlah Yang Banyak

Salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi dari sebuah kendaraan adalah oli. Sama halnya dengan BMW jenis ini, juga membutuhkan oli meskipun dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu menjadi bagian kekurangan, karena pengguna harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli oli tersebut.

  1. Bagasi Yang Kecil

Ukuran kendaraan yang tidak besar menyebabkan harus dilakukan pengaturan bagian untuk memaksimalkan ruang bagi penumpang dan pengemudi. Oleh karena itu, bagian yang harus dikurangi adalah bagasi. Perubahan ukuran bagasi menjadi lebih kecil menyebabkan barang yang dibawa harus dibatasi.

  1. Lampu Standar Redup

Sebuah lampu standar pada mobil berfungsi untuk memberikan penerangan jalan dihadapan kendaraan. Hal tentu sangat penting demi kelancaran perjalanan dan menghindari terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, yang menjadi penyakit mobil BMW 320i E90 ini adalah lampu standar yang cukup redup.

  1. Kabin Yang Sempit

Sama halnya dengan permasalahan bagasi, kondisi kabin pada kendaraan ini juga tergolong sempit. Pengguna maupun penumpang tak jarang akan mengeluh karena kurang leluasa saat berada di dalam mobil. Selain itu, tempat penyimpanan dalam kabin juga sangat minim.

Mobil BMW 318i E36

penyakit mobil BMW

BMW 318i E36 adalah mobil paling sederhana dari keluarga E36. Memiliki tenaga yang relatif kecil jika dibandingkan dengan mobil lain di generasi yang sama. Pada bagian interior khususnya panel dan dashboard masih sama, akan tetapi fitur yang dimiliki sangat minim. Selain itu, juga terdapat beberapa penyakit mobil BMW yaitu:

  1. Kabin Yang Sempit

Ukuran kendaraan yang tergolong kecil sehingga kabin dari mobil ini juga sangat sempit. Untuk itu, bagi pengguna yang biasanya menggunakan mobil bersama keluarga, mungkin jenis ini kurang cocok. Kondisi ini tentu akan membatasi pergerakan pengguna saat berada di dalam mobil.

  1. Tenaga Tergolong Kecil

Menggunakan mesin yang hanya berkapasitas 1,8 liter dengan 4 silinder segaris sehingga tenaga yang dihasilkan akan kecil. Oleh karena itu, kendaraan ini tidak dapat digunakan dalam untuk jalan dengan medan yang berat seperti pegunungan. Selain itu, batingannya juga terasa dengan keras.

  1. Sering Timbul Suara Dari Dashboard

Salah satu penyakit mobil BMW 318i E36 yaitu sering muncul suara-suara yang berasal dari dashboard. Hal tersebut biasanya terjadi saat kendaraan dijalankan dan tiba-tiba terdengar suara. Suara tidak terdengar terus-menerus, akan tetapi muncul sewaktu-waktu dan cukup mengganggu.

  1. Jaringan Servis Masih Minim

Kendaraan roda empat jenis ini masih kurang memiliki jaringan servis secara menyelurh. Hal ini tentu menyulitkan bagi pengguna ketika ingin melakukan perawatan atau perbaikan pada kendaraan. Biasanya tempat servis dapat ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Mobil BMW 523i E39

penyakit mobil BMW

Mobil yang lahir di generasi kelima ini dikenal sebagai kendaraan kelas premium. Diperkenalkan sejak tahun 1996, yang terus mengalami peningkatan kualitas termasuk perubahan jenis mesin pada tahun 2005. Karena kelas premium, tentu kendaraan ini memiliki eksterior yang keren, menarik, dan mewah.

BMW 523i E39 juga dilengkapi banyak fitur keamanan dan kabin yang luas juga nyaman. Selain itu, jika Anda ingin membeli bekas, harga yang dipatok pun sangat terjangkau. Meskipun demikian, terdapat beberapa penyakit mobil BMW ini yaitu,

  1. Fitur Kelistrikan Mudah Rusak

Karena memiliki fitur kelistrikan yang cukup kompleks, menyebabkan rentan terjadinya korslet hingga kerusakan. Kondisi ini tentu sangat mengganggu jika terjadi saat kendaraan sedang digunakan. Untuk itu, harus penggunaan harus diperhatikan dengan baik dan dirawat.

  1. Mudah Terserang Masalah

Meskipun dikenal sebagai mobil kelas premium, kendaraan ini juga sering terserang berbagai masalah. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik karena usia maupun kesalahan teknis. Adapun bagian yang sering terjadi masalah yang menimbukan penyakit mobil BMW ini yaitu :

  1. Kabel oli mesin mudah bocor
  2. Karet selang sering lepas
  3. Sistem pendingin dan pemanas interior
  4. Fitur elektronik
  5. Pompa bahan bakar
  6. Kerusakan busi

Baca Juga : Keunggulan dan Penyakit Mobil Vios Generasi Pertama

Nah itulah 14 penyakit mobil BMW yang umum terjadi berdasarkan generasi. Penting bagi Anda sebagai pengguna maupun calon pengguna untuk memahami hal tersebut. Meskipun demikian, kendaraan ini masih juga memiliki banyak kelebihan yang dapat menjadi alasan untuk Anda memilikinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here