Pasar Mobil Low MPV Semakin Ramai, Pilih yang Mana?

0
571
mobil Low MPV

Pasar mobil Low MPV semakin ramai dengan kehadiran mobil baru maupun yang hanya diubah tampilannya. Pasar mobil MPV sendiri sangat cocok dengan selera orang Indonesia, yang lebih sering mengutamakan kapasitas dan juga efisiensi. Jadi, mau pilih yang mana?

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Tenaga Listrik yang Menarik

Berbicara soal otomotif memang tidak ada habisnya. Selalu ada saja inovasi yang meramaikan pasar otomotif di tanah air, sehingga bisa jadi pilihan yang sulit. Apalagi jika mobil pilihan itu berada di satu segmen yang sama, entah itu sedan, MPV, SUV, dan segmen mobil lain.

Ini akan menjadi semakin sulit karena soal dimensi, kapasitas, dan mesin yang digunakan itu hampir sama setiap segmennya. Namun, hal ini diperparah lagi jika semua mobil favorit dalam satu segmen itu dirilis dalam waktu yang bersamaan. Ini yang akan terjadi di bulan 11 ini.

Pameran mobil terbesar di Indonesia akan segera digelar, dan pabrikan mobil meramaikan dengan kejutan mobil baru di segmen favorit pecinta otomotif Indonesia, yaitu Low MPV. Jadi, apa itu Low MPV dan mobil dari pabrikan mana saja yang akan meramaikan pasar ini?

Apa itu Mobil Low MPV

mobil Low MPV

Meskipun merupakan segmen mobil paling laris di Indonesia, nyatanya masih saja ada yang tidak paham soal Low MPV. Adapun memang, hampir semua orang Indonesia tidak memiliki pengetahuan soal segmentasi mobil, dan hanya menganggap itu kendaraan roda empat.

Low MPV pada dasarnya merupakan segmen mobil dibawah MPV. MPV sendiri merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia, berarti kendaraan serba guna. Dan benar saja, MPV masih mempertahankan nilai esensi itu.

MPV biasanya memiliki kapasitas yang besar dan didukung dengan efisiensi mesin yang cukup bagus. Sesuai dengan namanya, Low MPV, berarti merupakan versi yang lebih kecil dari MPV sehingga ukurannya menjadi lebih compact dan memiliki mesin yang lebih kecil juga.

Biasanya, MPV memiliki ukuran panjang sekitar 4,6 m dengan lebar 1,8 m dan tinggi 1,7 m. Sedangkan versi Low-nya atau LMPV, panjangnya tidak lebih besar dari 4,2 m, lebar 1,6 m, dan tinggi 1,7 m. Ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan mayoritas pasar Indonesia.

Alasan Banyak Mobil Low MPV Akan Diluncurkan Bersamaan

mobil Low MPV

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa persaingan Low MPV akan segera dimulai lagi dalam waktu dekat, dan perilisan model mobil di segmen ini juga hampir bersamaan. Lalu, kenapa para pabrikan itu memutuskan untuk merilis dalam waktu yang berdekatan?

Mungkin Anda memiliki pendapat bahwa justru ketika merilis dalam waktu yang berdekatan, minat orang akan perlahan turun terhadap mobil pertama. Di momen itu seharusnya brand mengeluarkan produk di segmen yang sama. Tetapi, pendapat Anda ini salah besar.

Oleh karena peminat mobil Low MPV yang sangat besar, membuat brand harus memiliki strategi yang bagus. Pecinta mobil LMPV mungkin sudah menunggu penyegaran dan sedang menunggu untuk mobil tersebut dikeluarkan. Jadi, di tengah hype ini adalah momennya.

Apalagi jika diluncurkan secara bersamaan, orang akan selalu memasukkan semua brand mobil itu dalam pilihannya dan yakin bahwa produk tersebut akan laku. Karena umumnya, brand yang sering salah strategi malah yang sering diabaikan lagi dalam persaingan.

Jadi, beberapa pabrikan besar seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Hyundai, KIA, dan juga Suzuki memutuskan untuk mengeluarkan produk favoritnya itu saat pameran otomotif nanti. Jadi, apa saja mobil yang bakal mereka keluarkan itu dan mana yang paling bagus?

Rekomendasi Mobil Low MPV Terbaik yang Akan Dirilis

mobil Low MPV

Anda sebagai penggemar otomotif, terutama di segmen Low MPV pasti sudah mendengar beberapa bocoran juga soal kapan dirilisnya mobil favorit. Beberapa pabrikan juga pastinya tengah mempersiapkan strategi marketing untuk mobilnya ini. Lalu, apa saja mobil itu?

1. All New Toyota Avanza

Rekomendasi pertama kami di pasar Low MPV adalah Toyota Avanza. Siapa yang tidak mengenal brand mobil ini, kami rasa hampir semua orang sudah pernah melihatnya hingga dijuluki Mobil Sejuta Umat. Dan model Avanza akan segera diperbarui.

Rencananya, pihak Toyota akan merilis All New Toyota Avanza beserta Avanza Veloz di 10 November nanti. Soal harga dari rentang 200 hingga 300 juta. Tetapi di versi paling tinggi nanti, akan ada fitur TSS yang membuat berkendara lebih aman.

2. All New Daihatsu Xenia

Xenia sebagai kembaran dari Avanza juga akan mendapatkan penyegaran. Menurut banyak foto bocoran, Xenia akan bergaya lebih sporty dan macho dibanding kembarannya. Jadi, pecinta mobil low MPV bisa sesuaikan sendiri dengan selera.

Sama seperti Avanza, Xenia juga akan dirilis di tanggal 10 nanti atau 1 hari sebelum GIIAS. Jika dibandingkan dengan versi lama, peningkatan terjadi di fitur safety juga. Tetapi, ada penurunan di banding versi lama dengan penggeraknya jadi FWD.

3. Xpander Facelift

Jika dua mobil sebelumnya itu mendapatkan pembaruan total, lain halnya dengan Xpander. Mobil dari Mitsubishi ini yang pertama kali menyaingi pasar Duo Avanza Xenia di pasar mobil Low MPV karena sebelumnya tidak ada yang bisa bersaing.

Sehingga sejak pertama kali diperkenalkan, Xpander generasi pertama ini langsung menjadi mobil paling laris di pasar LMPV. Menurut foto yang sudah tersebar dan teaser dari Mitsubishi, tidak akan ada banyak perubahan di segi desain dan fitur.

4. Hyundai Stargazer

Hyundai memang tampaknya sangat serius dalam menggarap pasar di Indonesia. Untuk pasar LMPV, Hyundai tengah menyiapkannya dan akan segera dipamerkan di GIIAS 2021. Hyundai juga yakin bahwa ini akan menjadi mobil yang bersaing.

Hyundai Stargazer akan menjadi mobil Low MPV dengan build quality paling baik. Soal Interior, banyak yang mengatakan bahwa layoutnya akan dipasang Head Unit floating untuk semakin modern. Tetapi, banyak yang berharap akan ada fitur Safety Sense.

5. Honda Z-RV

Honda juga tidak ingin ketinggalan di persaingan pasar ini. Sebelumnya di segmen LMPV, Honda memiliki Mobilio, tetapi tampaknya untuk tahun ini, produksinya akan dihentikan dan diganti dengan perilisan model baru, yaitu Honda Z-RV.

Siluet Honda Z-RV sendiri muncul saat video peluncuran Honda City dan Civic. Menampilkan wajah yang garang khas Honda, dengan body yang tampak berotot membuat Z-RV bisa mengubah citra Mobilio yang kalem menjadi lebih garang.

6. Suzuki Ertiga

Ertiga juga menjadi pilihan banyak keluarga di tanah air. Soal kepraktisan, hingga mesin yang digunakan menjadi daya tarik tersendiri. Meramaikan pasar LMPV baru ini, Ertiga tidak memberikan banyak hal baru, hanya penambahan aksesoris.

Pihak Suzuki mungkin tidak menduga bahwa pasar mobil Low MPV akan seramai ini. Ertiga yang sebelumnya menjadi pilihan banyak orang, di tahun ini tampak tidak ada suatu hal yang baru. Suzuki hanya menambahkan body skirt dan e-mirror disini.

7. Wuling Cortez

Cortez mungkin bukan pemain baru di segmen ini dan tidak ada sesuatu yang pembaruan di tahun ini. Tetapi bagaimana pun, Cortez ini telah berhasil menarik pasar Low MPV untuk segera berbenah dan menghadirkan sesuatu yang berkualitas.

Mobil produksi Wuling ini memiliki tagline mobil keluarga yang elegan. Dan benar saja ketika pertama kali melihat bentuknya, sangat pantas jika digunakan sebagai mobil sehari-hari. Tanpa pembaruan juga modelnya masih sangat cocok untuk saat ini.

Spesifikasi Mobil Low MPV yang Cocok untuk Keluarga

mobil Low MPV

Anda yang setelah melihat rekomendasi itu langsung memikirkan untuk mendapatkan salah satu juga tidak boleh bertindak gegabah. Meskipun sangat menarik, pastikan dulu mobil yang dipilih itu memiliki spesifikasi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Mobil sekarang itu memang banyak menunjang fitur, tetapi sebagai sebuah mobil, spesifikasi adalah hal utamanya. Jadi, jangan sampai mobil mengorbankan spesifikasi hanya untuk fitur yang lengkap. Spesifikasi mobil yang dibutuhkan saat ini paling penting ada di soal mesin.

Mesin yang digunakan harus yang modern dengan kapasitas minimal 1500 CC atau 1000 CC Turbo. Mesin seperti ini biasanya telah mampu menghasilkan tenaga sekitar 110 HP dan torsi 140 Nm sehingga tidak ada masalah lagi soal performanya saat dibawa jalan.

Spesifikasi lain juga ada di masalah rem. Usahakan agar semuanya sudah menggunakan cakram agar pengereman dapat lebih baik. Untuk urusan safety mungkin bisa diutamakan juga seperti Avanza dan Xenia yang telah menggunakan Safety Sense untuk lebih aman.

Baca Juga : Beli Mobil Sport Impian, Tips dan Daftar Harga Termurah!

Mobil dengan segmen tertentu seperti ini memang sangat asik untuk diikuti. Apalagi jika dalam satu segmen, mobil yang dihadirkan itu banyak. Termasuk dengan segmen mobil low MPV yang menghadirkan banyak mobil bagus dari produsen yang berbeda juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here