Keuntungan Membeli OLX Mobil Bekas beserta Tipsnya

0
98
Keuntungan Membeli OLX Mobil Bekas beserta Tipsnya
Keuntungan Membeli OLX Mobil Bekas beserta Tipsnya

Mungkin sebagian dari kalian ada yang ingin membeli OLX mobil bekas. Membeli mobil bekas tidak selamanya merugikan, sebab membeli mobil bekas lebih menghemat biaya dibanding beli mobil yang masih baru.

Baca juga : Fitur MyPertamina, dari Cara Daftar hingga Membeli

Seperti kita ketahui saat ini memang sudah beredar banyak sekali marketplace yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Salah satunya seperti mobil bekas yang dijual di OLX, toko online dalam sebuah aplikasi.

Selain membeli mobil, di OLX kalian juga dapat menjual mobil. Namun dalam menjual mobil bekas, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan agar jualan kalian cepat laku. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Menjual OLX Mobil Bekas

Tips Menjual OLX Mobil Bekas
Tips Menjual OLX Mobil Bekas

Seperti telah dibahas sebelumnya, bila ingin menjual mobil bekas, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika ingin menjual mobil, antara lain seperti di bawah ini.

  • Berikan Informasi Sedetail Mungkin

Tips menjual OLX mobil bekas yang pertama, kalian perlu memberikan informasi sedetail mungkin terkait mobil tersebut. Misalnya seperti interior, eksterior, fitur, teknologi, spesifikasi dan sebagainya.

Selain itu, jangan lupa menceritakan kondisi mobil kalian bahkan ketika tidak sedang atau akan dipakai. Pastikan bahwa meskipun mobil yang akan kalian jual tersebut adalah mobil bekas, namun kondisinya tetap harus terlihat bagus.

Jika kalian menginginkan metode pembayaran tertentu, kalian dapat memberikan informasi di dalam deskripsi bagaimana cara pembayarannya. Sebab dalam transaksi jual beli mobil biasanya menggunakan nominal yang tidak kecil.

  • Pastikan Mobil yang Dijual Terlihat Bersih

Seperti dibahas sebelumnya, meskipun mobil yang akan kalian jual adalah mobil bekas. Namun pastikan bahwa mobil tersebut masih terlihat bagus, bersih dan juga kinclong, nampak seperti baru.

Tidak hanya bagian interior serta eksteriornya saja, namun juga pada bagian mesin. Karena hal tersebut dapat menarik hati calon konsumen. Selain itu mobil bekas kalian akan terkesan terawat dengan baik. 

  • Pastikan Tidak Ada Barang Pribadi

Tips berikutnya bila kalian ingin menjual OLX mobil bekas, pastikan bahwa tidak ada barang pribadi kalian yang tertinggal di mobil. Periksa juga bagian kabin, jangan sampai ada barang yang tercecer.

Pastikan sisi bodi mobil baik internal maupun eksternal juga telah kalian bersihkan sesuai keadaan standar mobil. Bisa dengan melepaskan aksesoris atau stiker tertentu yang melekat di mobil.

  • Pasang Iklan dengan Foto Terbaik

Saat hendak menjual mobil bekas lewat OLX, hal terpenting yang perlu kalian perhatikan ialah foto dari mobil tersebut. Pastikan kalian memasang iklan berkualitas baik serta mempunyai konten yang informatif.

Itu mutlak untuk dilakukan karena foto menjadi salah satu faktor penentu orang-orang mengunjungi iklan mobil bekas. Hindari menggunakan foto yang diambil ketika malam hari, karena hasilnya jadi kurang jelas.

Pasang foto sebanyak-banyaknya dari berbagai macam komposisi dan juga angle yang tepat. Jadi meskipun bekas, mobile kalian akan terlihat tampak bagus, sehingga bisa menarik perhatian para calon pembeli.

Tips Membeli OLX Mobil Bekas

Bila nanti kita telah membahas beberapa tips menjual mobil di OLX. Kini kita akan membahas tentang tips membeli mobil bekas di OLX. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan :

  • Survey Harga Pasaran Mobil yang Diinginkan

Tips membeli OLX mobil bekas yang pertama, kalian harus melakukan survey harga pasaran mobil terlebih dahulu. Dengan melakukan riset harga pasar, kalian akan mempunyai data yang akurat.

Tentang harga mobil bekas pada tahun tertentu. Hal tersebut akan sangat membantu kalian untuk menyaring pilihan mobil bekas yang sangat banyak tersedia di platform OLX.

Pilihlah mobil bekas yang memiliki harga paling rasional. Maksud harga rasional yakni tidak terlalu mahal, agar kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang, namun tidak juga terlalu murah. 

  • Cek Kondisi Mobil, Bagian Interior, dan Eksteriornya

Tips selanjutnya cek kondisi mobil bekas yang akan kalian beli, baik kondisi interior maupun eksteriornya. Pada bagian eksterior, kalian perlu memperhatikan kondisi body mobil, cat mobil.

Suspensi mobil untuk kenyamanan kalian dalam berkendara, cek juga kelistrikan atau penerangan mobil bekas. Serta jangan lupa juga cek kondisi ban dan juga kaca mobil.

Sedangkan untuk bagian interior mobil, kalian perlu memperhatikan bau mobil tersebut. Meskipun terlihat sepele, hal ini penting untuk diperhatikan karena demi kenyamanan kalian dalam berkendara.

Cek juga karet pada pedal, kopling, rem dan akselerator. Cek instrument dashboard mobil, sistem audio dan juga suara. Jangan lupa juga cek bagian atap mobil.

  • Cek Performa Mesin

Tidak hanya bagian interior dan eksteriornya, namun juga performa mesinnya. Periksa ketika kondisi mesin yang dingin. Cek kondisi fisik mesin, jangan lupa cek kabel-kabel sebab ada kemungkinan baterai tertutup korosi.

Peras selang karet yang mengalir ke AC, radiator dan bagian lainnya. Jangan lupa cek belting, radiator, cairan mobil dan pelumas. Oli harus berwarna hitam atau cokelat tua namun tidak berpasir.

  • Periksa Semua Berkas Serta Surat Kendaraan Secara Detail

Hal terpenting lainya yang tidak boleh ketinggalan, kalian wajib memeriksa semua berkas serta surat kendaraan secara detail. Hal tersebut sangat penting khususnya saat kalian membeli dari pemiliknya langsung.

Beberapa hal yang perlu dicek antara lain seperti legalitas mobil, nomor mesin, faktur pembelian, nomor plat dan sebagainya. Memeriksa keaslian berkas sangat penting agar kalian terhindar dari membeli mobil curian.

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Membeli OLX Mobil Bekas

Setelah kalian membeli mobil bekas di OLX, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian perhatian setelah membeli mobil bekas di OLX, antara lain seperti di bawah ini.

  • Cek Kondisi Mesin dan Ganti Olinya

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan setelah membeli OLX mobil bekas adalah cek kondisi mesin dan ganti olinya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar dalaman mesin mobil tetap prima.

Perlu diingat, ketika kalian mengganti oli kuras hingga habis dan bersih. Setelah itu barulah isi dengan oli yang baru. Kualitas oli menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga performa mesin.

  • Cek Karet atau Bushing

Karena kalian membeli mobil bekas, tidak ada salahnya bila langsung mengganti karet-karetnya termasuk bushing. Sebab komponen berbahan karet mempunyai batas usia pakai, dimana bila komponen ini bermasalah.

Biasanya akan mengalami retak atau getas dan dapat menimbulkan bunyi berdecit. Bushing ini biasanya letaknya di bagian yang menghubungkan sasis dengan arm agar tidak terjadi gesekan antar logam.

  • Periksa Kaki-kaki

Hal berikutnya yang perlu kalian perhatikan setelah membeli OLX mobil bekas adalah memeriksa kaki-kaki. Mulai dari gardan, suspensi, tie rod dan roda-roda seperti rem, pelek dan ban.

  • Periksa Sistem Kelistrikannya

Sistem kelistrikan juga perlu untuk diperiksa, mulai dari kabel-kabel, baterai hingga lampu kendaraan. Pastikan semua bagian tersebut dalam keadaan baik. Jangan lupa juga untuk mengecek ulang aliran-aliran kelistrikan. 

  • Lakukan Tune Up Mesin atau Servis

Saat mobil sudah sampai di tangan, sebaiknya segera langsung lakukan servis atau tune up. Ketika kalian melakukan tune up, pastikan cek beberapa komponen penting seperti thermostat, radiator, dan timing belt.

Bila kalian merasa repot atau tidak punya waktu luang untuk melakukan pengecekan sendiri. Maka tidak ada salahnya bila kalian melakukan tune up atau servis di tempat terpercaya.

Keuntungan Membeli OLX Mobil Bekas

Bila kalian berencana membeli mobil bekas, tidak perlu malu. Sebab ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bila memilih mobil bekas. Berikut ini beberapa keuntungan membeli mobil bekas, antara lain:

  • Harganya Jauh Lebih Murah

Seperti telah dibahas tadi di awal, bila kalian membeli OLX mobil bekas, harganya jauh lebih murah. Dibandingkan bila kalian membeli mobil baru, yang harganya pasti lebih mahal dari lainnya.

  • Fitur Bagus

Setiap orang tentunya memiliki kriteria mobil idamannya sendiri-sendiri, tetapi tidak jarang harga mobil tersebut sangat mahal. Lain halnya bila kalian mengincar mobil bekas, kalian bisa memilih spesifikasi yang sesuai keinginan.

Namun didukung dengan harga yang pastinya jauh lebih terjangkau. Jadi, bila kalian menginginkan mobil sesuai spesifikasi, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal. Kalian biasa memilih OLX mobil bekas yang layak pakai.

  • Biaya Bulanannya Lebih Mahal

Dengan adanya mobil baru, bertambah juga biaya yang harus kalian keluarkan. Sebab mobil baru pastinya memerlukan premi asuransi yang jauh lebih mahal. Pajak kendaraannya juga lebih mahal dibanding mobil bekas.

Baca juga : Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar

Jadi bagi kalian yang ingin membeli atau menjual mobil bekas di OLX, jangan dulu gegabah. Pahami dulu beberapa tips dalam membeli atau menjual OLX mobil bekas yang telah dijelaskan tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here