Rekomendasi Beberapa Oli Mesin Mobil Brio Terbaik

0
83

Pecinta mobil sedan Honda?, Brio mungkin masuk dalam daftar pilihan mobil sedan Honda masa kini. Mobil sedan Brio adalah mobil compact_hatchback yang dibekali tenaga tinggi. Yaa, Brio merupakan mobil sedan dengan performa juara dari jenis mobil sekelas lainnya. Penunjang performa mesinnya ada pada oli mesin mobil Brio

Baca Juga : 9 Keunggulan Mobil Brio Yang Menjadikan Harus Dimiliki

  1. HPM menyediakan dua jenis produk untuk mobil Brio, diantaranya adalah Brio dan Brio Satya. Jika segmen untuk mobil Brio biasa adalah segmen small hatchback, maka Brio satya termasuk dalam segmen LCGC ( Lowcost Green Car).

Meskipun berada pada segmen yang berbeda, kedua jenis mobil Brio ini memiliki banyak persamaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa kedua mobil ini memiliki spesifikasi yang sama alias identik.

Pada awal kemunculannya, Brio Satya hanya menawarkan transmisi manual. Namuj kini Brio Satya juga telah menawarkan transmisi CVT. Meski memiliki trasmisi yang berbeda, sepesifikasi mesin sama saja. Yang membedakan hanyalah beberapa fitur saja.

Spesifikasi Brio dan Brio Satya memiliki spesifikasi yang sama, tak heran jika perawatannya pun sama pula. Seperti halnya oli mesin mobil Brio yang disarankan untuk digunakan misalnya. Sama-sama disarankan memakai jenis oli mesin yang sama jenisnya.

Spesifikasi yang direkomendasikan oleh PT. HPM sendiri adalah untuk menggunakan jenis oli dengan tipe viskositas 0W-20 dan 5W-30. Jenis oli mesin ini sudah bisa didapatkan dari berbagai produsen pelumas.

10 Rekomendasi Oli Mesin Mobil Brio

Jenis oli yang direkomendasikan untuk mobil Brio adalah jenis SAE 0W-20 dan SAE 5W-30. Karena Brio dan Brio Satya membutuhkan pelumas dengan kualitas baik untuk dapat menunjang sistem modern yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa rekomendasi oli mesin mobil Brio:

  1. Honda Automobile Oil E-Pro Gold 0W-20

Oli mesin mobil Brio yang direkomemdasikan adalah oli yang merupakan suku cadang yang dipasarkan HPM. Oli jenis ini merupakan oli yang disarankan untuk dipakai oleh semua jenis kendaraan Honda.

Oli ini juga merupakan Agen Pemegang Merk (APM) ini memiliki desain yang menawan. Untuk botolnya sendiri memilih warna putih, dan memilih warna emas untuk tutup botolnya.

Oli mesin mobil Brio ini termasuk dalam golongan oli sintesis yang memiliki SAE 0w-20 dngan variasi kemasan 1 dan 4 liter. Terbilang memiliki harga yang mahal, oli ini tetap jadi rekomendasi untuk semua jenis mobil Honda Brio. Dengan alasan agar kinerja dan performa mesin tetap terjaga kesehatannya.

  1. Shell Helix Eco 0W-20

Oli jenis ini lebih direkomendasikan untuk mobil Brio Satya yang memiliki segmen LCGC. Oli mesin ini memiliki 2 variasi, yaitu SAE 0W-20 dan SAE 52-30, sesuai kebutuhan mobil Honda Brio.

Alasan mengapa oli mesin ini direkomendasikan untuk Brio Satya adalah karena oli full sintesis ini dibekali teknologi Active Cleansing. Dimana setiap ruangan yang ada pada mesin akan dibersihkan secara menyeluruh.

Tak hanya bertigas sebagai pembersih saja, oli ini juga akan bertugas sebagai pelindung mesin dari sisa-sisa pembakaran. Dan mencegah terjadinya karat pada mesin. Variasi oli ini hanya ada dengan kemasan 3.5liter saja.

  1. Shell Helix Eco 5W-30

Oli jenis ini memiliki dua pilihan yaitu dengan 0W-20 dan 5W-30, dan cocok untuk diaplikasikan pada kedua jenis mobil Brio. Baik itu mobil Brio biasa maupun Brio Satya.

Oli ini termasuk dalam jenis oli semi sintetis yang telah dibekali teknologi active cleasing dan juga fuel ecomony tecnology. Dimana bertugas sebagai pembersih menyeluruh dan penekan pemakaian bahan bakar.

Karena Brio merupakan mobil yang sangat dibekali oleh teknologi yang hemat bahan bakar. Apalagi untuk jenis Brio Satya, yang memang sangat menonjol dalam segi penghematan bahan bakar.

  1. Fastron Ecogreen 0W-20

oli mesin mobil Brio

Aksen hijau muda pada kemasan oli ini menunjukkan bahwa, oli ini memiliki viskositas 0W-20. Dengan ketentuan bahwa oli ini sangat direkomendasikan untuk jenis Brio Satya.

Variasi yang ditawarkan oleh pertamina untuk jenis ini hanya ada dalam 1 kemasan 3.5liter saja. Oli ini ditawarkan sebagai pilihan hemat bagi mereka yang berat untuk memilih jenis oli Shell Helix.

  1. Fastron Ecogreen 5W-30

Kemasan yanh ditawarkan dalam jenis oli ini adalah 3.5liter, sama seperti jenis Ecogreen 0W-20. Hanya saja aksen pada kemasan oli ini memiliki desain warna hijau yang lebih tua.

Selain perbedaan warna pada kemasan, oli ini juga hanya memiliki perbedaan pada kandungam viskositasnya saja. Dan oli ini memang direkomendasikan untuk semua jenis mobil Honda Brio dan lainnya.

  1. Total Quartz 8000 Future 0W-20

keuntungan mobil agya

Tak mau kalah dari Shell dan Fastron, Total juga menyediakan jenis oli mesin mobil Brio. Tawaran yang diberikan oleh oli jenis sintesis ini pun tak tanggung, sekaligus menawarkan 2 jenis kemasan.

Kesaman yang ditawarkan adalah kemasan 1 dan 3 liter, dengan banderol harga yang relatif sangat hemat. Jika dibandingkan dengan harga oli Shell dan Fastron, Total adalah varian oli yang memiliki harga rendah.

  1. Total Quartz 7000 Future 5W-30

Pilihan lain yang ditawarkan oleh Total untuk oli mesin mobil Brio adalah varian Total Quart 7000 Future 5W-30. Oli dengan jenis semi sntesis ini cocok digunakan untuk mobil Brio.

Mobil Brio dengan gelar mobil perkotaan yang sering mengalami stop and go, cocok dengan kekentalan oli Total jenis ini. Karena akan sangat aman dan baik untuk kebersihan dan kelancaran mesin mobil Brio.

  1. TOP 1 HP Sport 0W-20

keuntungan mobil agya

TOP 1 adalah salah satu oli dari PT. Topindo Atlas Asia yang merupakan produsen ternama di Asia. TOP 1 menawarkan jenis oli mesin dengan viskositas 0W-20 yang baik digunakan oleh Brio dan Brio Satya.

Karena oli jenis ini memang didedikasikan untuk semua jenis mobil yang memiliki sistem LCGC. Jadi, semua mobil LCGC bisa menggunakan oli TOP 1 HP Sport 0W-20 ini.

  1. Castrol GTX Ultra Clean 5W-30

Sebagai produsen pelumas, Castrol juga tak mau kalah dari produsen lain yang menyediakan oli mesin mobil Brio. Oleh karena itu, Castrol menawarkan oli dengan viskositas 5W-30.

Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh oli jenis ini adalah formula aksi gandanya. Yang memiliki fungsi sebagai pembersih dan juga pelindung mesin dari ausDan kotoran yang dapat menyebabkan karak atau karat.

  1. Motul H-Tech 100 Plus 5W-30

Rekomendasi oli mesin mobil Brio terakhir adalah Motul H-Tech 100 Plus dengan viskositas 5W-30. Dengan spesifikasi ini tentunya menunjukkan bahwa oli ini cocok digunakan untuk kedua jenis mobil Brio.

Tak hanya sebagai pelumas saja, oli Motul juga telah dibekali teknologi mutakhir untuk melindungi mesin. Baik ketika mobil sedang digunakan sehari-hari maupun tidak.

Memilih oli mesih sama seperti memilih pakaian. Jika tidak cocok maka akan memberikan kesan tidak nyaman. Karena itulah, memilih oli mesin sangat perlu diperhatikan.

Karena jika pilihan kita tepat, maka akan terasa cocok yang akhirnya membuahkan rasa nyaman. Nyaman untuk mesin mobilnya dan juga nyaman untuk sang pemilik mobil.

Alasannya karena kesehatan dan kebersihan meain terjaga oleh oli mesin mobil Brio yang cocok. Setelah merasakan kecocokan, maka usahakanlah untuk terus memakai jenis oli yang saja saja.

Jangan sampai karena ingin mencoba yang lain, sering kali merubah jenis oli. Perlu diketahui, perubahan jenis oli mesin mobil Brio dapat menyebabkan kerusakan mesin juga.

Perubahan jenis oli mesin akan menimbulkan adaptasi pada mesin. Dari yang sudah terbiasa dan nyaman, harus melalui perkenalan lagi. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Apapun jenis oli mesin yang akan dipilih untuk digunakan, baiknya lakukan pergantian oli secara berkala. Pergantian inilah yang akan mmerawat mesin mobil lebih sempurna.

Penutup

Karena semua rekomendasi oli mesin mobil Brio yang direkomendasikan diatas merupakan jenis oli yang bagus. Kembali lagi dalam pergantian oli mesin mobil lah yang akan menentukan kesehatan dan kebersihan mobil.

Sebaik apapun oli mesin yang dipilih, jika tidak melakukan pergantian secara berkala dan rutin, akan sia-sia. Masa kerja aktif mesin berkala, jika telah melewati batasannya, maka kualitas oli pun akan mulai berkurang.

Oleh karenanya, perhatikan pergantian oli dengan teratur dan berkala sesuai dengan jadwalnya. Agar mesin mobil terawat, dan kinerja mesin tetap dalam keadaan prima dan bertenaga.

Baca Juga : Beberapa Keuntungan Mobil Agya Yang Perlu Diketahui

Itulah tadi beberapa rekomendasi oli mesin mobil Brio yang mungkin akan menjadi salah satu pilihan untuk digunakan. Jangan lupa untuk pilih jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan yaa. Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here