Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

0
226
Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

Modifikasi mobil jadi campervan kini memang sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pemilik kendaraan beroda empat ini. Selain lebih unik dan menarik, campervan juga memiliki lebih banyak fungsi dibanding mobil biasa.

Baca Juga: Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

Apa lagi, bagi Anda yang suka berpetualang menjelajahi tempat baru. Memiliki sebuah campervan tentunya menjadi keinginan terbesar. Konsep berpetualang menggunakan campervan memang sangat asyik.

Sayangnya, harga campervan sangat mahal dan menguras kantong. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, mobil yang Anda miliki saat ini bisa dimodifikasi menjadi campervan. 

Saat hendak memodifikasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Termasuk di dalamnya adalah memilih jenis mobil yang sesuai. Selain itu, masih banyak pertimbangan lainnya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Campervan, Mobil Ayik untuk Berpetualang

Campervan merupakan mobil yang berfungsi sebagai alat transportasi dan akomodasi untuk beristirahat. Modifikasi mobil jadi campervan harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan atau bodi tambahan.

Fasilitas di dalam campervan biasanya sangat lengkap, mencangkup tempat tidur, tempat duduk, dapur, hingga kamar mandi. Oleh sebab itu, mobil jenis ini sering digunakan untuk berpetualang.

Campervan terkadang masih sering disamakan dengan motorhome atau caravan. Padahal, ketiga jenis mobil tersebut memiliki perbedaan. Mulai dari bentukan hingga fungsinya.

Campervan memiliki bentuk yang ringkas dan tidak begitu besar. Sedangkan motorhome atau caravan memiliki bentuk yang besar dengan wheelbase memanjang, sehingga lebih luas.

Campervan cocok untuk perjalanan atau camping singkat. Sedangkan motorhome, cocok untuk liburan dalam jangka waktu lama. Mengendarai motorhome jauh lebih sulit karena ukurannya yang besar. 

Terlebih lagi saat putar balik atau berbelok. Sedangkan campervan lebih simpel dan mudah dibawa ke jalanan. Untuk parkir, campervan lebih mudah mencari tempat parkir jika dibandingkan dengan motorhome.

Fasilitas di dalam motorhome jauh lebih lengkap dibandingkan dengan campervan. Bahkan, di dalam motorhome juga tersedia ruang keluarga yang bisa diubah menjadi tempat tidur.

Selain perbedaan yang sudah disebutkan, tentu masih banyak perbedaan lainnya. Yang jelas, keduanya memiliki perbedaan.

Jenis Mobil yang Dapat Dimodifikasi jadi Campervan

Sebelum modifikasi mobil jadi campervan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis mobil apa yang cocok. Sebab, tidak semua mobil bisa dijadikan campervan. Idealnya, mobil untuk campervan memiliki ruangan luas.

Berikut ini adalah jenis mobil yang cocok dijadikan sebagai campervan:

  • Daihatsu Grand Max

    Daihatsu Grand Max_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
    Daihatsu Grand Max_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

Mobil satu ini memenuhi kriteria sebagai mobil yang cocok dijadikan campervan. Kabin mobil yang lega dan pintu gesernya menjadi alasan utama. Harganya terbilang ekonomis dibandingkan mobil lain.

Anda bisa menambahkan tempat duduk yang bisa diubah menjadi kasur, meja kecil, dan juga perlengkapan lainnya. Bodi mobilnya juga ringkas dan cukup nyaman dibawa ke jalan raya.

Sehingga, Anda dapat berpetualang dengan lebih bebas dan tidak terbatas. Tidak hanya itu, dengan bodinya yang ringkas, mobil ini juga cocok dibawa untuk keperluan sehari-hari. Jadi, lebih praktis dan fungsional.

  • Chevrolet Trooper

    Chevrolet Trooper_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
    Chevrolet Trooper_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

Chevrolet trooper juga cocok untuk dijadikan modifikasi mobil jadi campervan. Mobil jenis SUV ini memiliki ketangguhan untuk medan yang licin. Sehingga, Anda bisa berpetualang ke lebih banyak tempat.

Jika Anda tertarik menggunakan mobil ini, maka pilih model yang memiliki Hi-roof. Tujuannya adalah agar ruang lebih lega, sehingga lebih nyaman digunakan sebagai campervan.

  • Hyundai H1

    Hyundai H1_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
    Hyundai H1_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

Dimensi yang dimiliki oleh Hyundai H1 sangat mumpuni sebagai campervan. Kabin yang luas dan atapnya juga cukup tinggi. Tapi, tetap modis dan elegan saat dibawa ke jalan raya.

Sebagai gambaran, kabin yang dimiliki oleh H1 ini setara dengan alphard. Mobil ini memiliki dua jenis mesin penggerak, yaitu menggunakan bensin dan diesel yang memiliki tenaga besar.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat kehabisan bensin di tengah jalan. Sebab, Anda bisa mengalihkan ke mode diesel untuk menggerakkan mobil. Oleh sebab itu, mobil ini cocok sekali bagi para petualang.

  • Nissan Evalia

    Nissan Evalia_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
    Nissan Evalia_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

Nissan Evalia, memang sudah cukup lama diluncurkan. Bahkan, namanya sudah hampir terlupakan. Tapi jangan salah, Nissan Evalia sangat mumpuni untuk modifikasi mobil jadi campervan.

Kabinnya cukup luas dan bisa leluasa dimodifikasi dengan desain minimalis. Harganya saat ini juga terjangkau. Apa lagi harga untuk mobil bekasnya sangat bersahabat dan affordable sebagai campervan.

  • KIA Carnival

    KIA Carnival_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
    KIA Carnival_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

KIA Carnival merupakan mobil keluaran 2000-an yang cocok dijadikan sebagai campervan. Dari segi dimensi memang cukup memadai meski kabinnya tidak begitu luas. Tapi, mobil ini memiliki pintu geser.

Sehingga, memudahkan untuk keluar masuk dan lebih praktis. Tidak hanya itu, KIA Carnival juga memiliki sunroof yang dapat dibuka saat Anda hendak beristirahat atau menikmati pemandangan langit dari dalam mobil.

Harga bekas yang dibandrol untuk modifikasi mobil jadi campervan ini adalah 30 hingga 50 jutaan saja. Harga tersebut tergolong murang untuk mobil saat ini.

  • Suzuki APV

    Suzuki APV_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!
    Suzuki APV_Modifikasi Mobil Jadi Campervan, ini Tipsnya agar Aman!

Suzuki APV merupakan mobil yang populer pada tahun 2000-an. Dari dimensinya, jelas mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai campervan. Kabinnya sangat luar dan bisa memuat banyak perlengkapan.

Sehingga, Anda bisa memodifikasinya dengan lebih leluasa. Selain itu, harganya cukup terjangkau untuk mobil berdimensi luas.

Tips Modifikasi Mobil jadi Campervan yang Aman

Untuk memodifikasi mobil-mobil tertentu menjadi campervan tentunya tidak mudah. Selain banyak yang harus Anda persiapkan, biayanya juga tidak murah. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah budget.

Meski demikian, melakukan modifikasi jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membeli satu set campervannya langsung. Faktor keamanan dari campervan juga harus diperhatikan.

Sebab, mobil ini nantinya akan menjadi tempat tidur, bahkan tempat tinggal sementara. Selain itu, berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin memodifikasi mobilnya menjadi campervan:

  1. Menentukan tujuan untuk berpetualang yang ingin Anda tuju menggunakan campervan. Sebab, tujuan petualangan akan mempengaruhi desain dan spesifikasi mobil.
  2. Tips modifikasi mobil jadi campervan berikutnya adalah dengan menentukan desain yang diinginkan. Pastikan Anda memilih desain paling nyaman dan aman untuk berpetualang ke tempat tujuan.
  3. Pastikan memasang perlengkapan pengaman yang bisa untuk mempertahankan diri agar perjalanan Anda lebih aman. 
  4. Pastikan perlengkapan kabin terikat atau menempel secara sempurna. Tujuannya agar saat terjadi goncangan, peralatan di dalam kabin tidak lepas dan terlempar ke sana ke mari.
  5. Lebih baik tidak menambah roof permanen. Sebab, nantinya dimensi akan semakin tinggi dan beban semakin berat. Anda bisa menggunakan yang portabel karena dapat dilepas pasang.

Selain memperhatikan tips di atas, pengemudi campervan juga harus memiliki sikap berkendara yang baik. Saat modifikasi mobil jadi campervan, maka bobotnya semakin berat.

Sehingga, kemampuan manuver mobil juga semakin turun dan tidak bisa semaksimal sebelum dimodif. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh melakukan manuver mendadak dan kecepatan maksimalnya adalah 80 – 100 km/jam.

Kelebihan yang Dimiliki Oleh Campervan

Campervan memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan mobil biasa. Terutama saat digunakan untuk liburan jarak jauh, campervan menjadi mobil yang paling direkomendasikan. 

Dengan menggunakan campervan, Anda dapat leluasa berpetualang menjelajah tempat baru tanpa khawatir tempat tidur. Sebab, di dalamnya sudah terdapat tempat tidur dan fasilitas penting lainnya.

Bahkan, Anda bisa memodifikasi campervan yang memiliki toilet. Sehingga, semua kebutuhan Anda bisa tersedia di dalamnya. Kelebihan melakukan modifikasi mobil jadi campervan juga dapat menjamah tempat yang jarang pengunjung.

Artinya, Anda bisa mengunjungi bahkan menghabiskan waktu di tempat indah yang tidak ada pengunjungnya. Anda bisa menenangkan diri di sana dan tidak perlu khawatir dengan kerumunan orang-orang.

Suasana saat berpetualang menggunakan campervan juga sangat seru. Anda bisa merasakan suasana baru yang sebelumnya tidak pernah di dapatkan. Jiwa Anda menjadi lebih bebas.

Salah satu yang membuat berpetualang menjadi sulit adalah banyaknya barang bawaan. Jika menggunakan mobil biasa yang kapasitasnya standar, maka Anda tidak dapat membawa banyak banyak.

Lain halnya saat Anda menggunakan campervan. Sebab, mobil ini sudah didesain agar dapat memuat banyak barang. Bahkan, di dalamnya Anda bisa menambahkan kulkas dan peralatan memasak.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang suka camping. Karena, Anda bisa menikmati suasana berkemah yang modern dan praktis tanpa harus bongkar pasang tenda. 

Selain melakukan modifikasi, Anda juga bisa menyewa campervan di beberapa kota destinasi wisata tertentu. Sehingga, Anda bisa menggunakannya hanya saat berlibur saja.

Baca Juga: Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!

Campervan menjadi tren tersendiri di kalangan petualang. Jika Anda tertarik melakukan modifikasi mobil jadi campervan, maka pastikan memperhatikan tips di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here