Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah

0
392
Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah
Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah

Ada berbagai rekomendasi mobil yang cocok untuk traveling dengan harga murah. Sebab, mobil untuk kegiatan traveling ini berbeda pada kendaraan roda empat pada umumnya. Pasalnya, mobil untuk traveling ini memiliki interior, eksterior, serta pilihan mesin khusus.

Baca Juga: Berikut Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Anak Muda

Sehingga, Anda tetap merasa nyaman dalam berkendara dengan jarak yang cukup jauh. Mobil untuk traveling ini biasanya didominasi oleh tipe MPV (Multi Purpose Vehicle) atau mobil keluarga. 

Namun kini, tipe kendaraan kelas SUV (Sport Utility Vehicle) pun direkomendasikan sebagai mobil yang cocok untuk diajak traveling. Maka dari itu, Anda perlu mencari rekomendasi jenis mobil yang sangat cocok untuk kegiatan traveling.

Pastian mobil tersebut dapat dikendarai untuk semua medan. Mengingat, kontur jalan di Indonesia masih didominasi dengan jalanan menanjak yang curam. Sehingga, pemilihan mobil dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

Selain itu, ada beberapa pertimbangan dalam pemilihan mobil yang difungsikan sebagai kendaraan traveling. Salah satunya tentu ada pada harga kendaraan. Pastikan memilih kendaraan traveling sesuai dengan budget yang Anda anggarkan.

Tips Memilih Mobil yang Cocok untuk Traveling 

Memang ada banyak pabrikan kendaraan roda empat yang memproduksi mobil khusus untuk para traveler. Sebab, berkeliling menggunakan mobil dirasa lebih efisien dan hemat biaya. Namun, tidak semua mobil untuk traveling ini memiliki spesifikasi yang lengkap.

Sebagai pengendara, Anda wajib tahu beberapa tips dalam memilih mobil yang cocok untuk traveling. Tips yang pertama, ketahui spesifikasi mesin mobil yang akan digunakan. Sebab, mobil untuk traveling ini berbeda dengan mobil yang digunakan untuk sehari-hari.

Pastikan mobil yang digunakan menggunakan mesin yang cocok untuk iklim tropis. Selain itu, pastikan mesin mobil tidak mudah rusak. Cek kembali bagian komponen penting dari mobil yang akan digunakan, seperti radiator, kompresor, hingga van belt mobil.

Tips yang kedua, cek bagian kabin mobil. Pastikan Anda memilih mobil yang memiliki ukuran kabin cukup luas. Pasalnya, Anda akan membawa barang cukup banyak ketika memiliki rencana untuk traveling menggunakan mobil.

Oleh karena itu, ukuran kabin mobil menjadi pertimbangan dalam pemilihan kendaraan. Selain itu, cek pula kelengkapan interior mobil agar Anda tetap nyaman ketika sedang berkendara. Salah satu interior mobil yang cocok untuk traveling adalah AC mobil hingga Double Din.

Tips yang ketiga, cek bagian fitur keselamatan mobil. Sebab, fitur keselamatan mobil ini menjaga pengendara dari kecelakaan fatal. Pastikan mobil yang akan digunakan telah menggunakan sistem keamanan terbaru.

Tips yang keempat, pastikan bahwa harga mobil traveling sesuai dengan budget yang Anda anggarkan. Tercatat, ada banyak jenis mobil traveling yang cukup ramah dikantong. Jadi, Anda harus lebih selektif dalam memilih kendaraan untuk kepentingan berlibur.

Rekomendasi Jenis Mobil yang Cocok untuk Traveling

Memang, ada banyak pabrikan kendaraan roda empat yang mulai melirik pangsa pasar mobil traveling. Sebab, banyak orang Indonesia yang memilih berlibur dengan menggunakan mobil pribadi.

Tercatat, ada beragam rekomendasi jenis mobil yang dapat difungsikan sebagai kendaraan traveling. Masing-masing jenis mobil ini memiliki kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, ini dia daftar mobil yang cocok untuk traveling dengan banderol harga murah. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Toyota Fortuner

    Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah_Toyota Fortuner
    Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah_Toyota Fortuner

Toyota Fortuner merupakan salah satu kendaraan tipe M-SUV (Middle-Sport Utility Vehicle) yang cukup laris di pasaran. Mobil bertransmisi automatic ini memiliki desain kokoh dan elegan.

Mobil ini menggunakan mesin yang cukup bertenaga. Selain itu, Toyota Fortuner juga dibekali dengan suspensi empuk dan interior yang mewah. Harga banderol Toyota Fortuner ini masih di kisaran 500 jutaan.

  • Mitsubishi Pajero Sport

    Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah_Mitsubishi Pajero Sport
    Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah_Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport adalah salah satu pesaing ketat dari Toyota Fortuner. Secara desain, keduanya tidak jauh berbeda. Mitsubishi Pajero Sport ini memang menjadi salah satu rekomendasi mobil yang cocok untuk traveling.

Kabin dari Pajero Sport ini cukup luas. Sehingga, Anda dapat menaruh koper di bagian belakang mobil. Untuk harga jual, Mitsubishi Pajero Sport ini dibanderol sekitar 500 jutaan per unit.

  • Suzuki XL-7

    Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah_Suzuki XL-7
    Daftar Mobil yang Cocok Untuk Traveling Dengan Harga Murah_Suzuki XL-7

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil traveling kelas L-SUV (Low Sport Utiity Vehicle) dengan harga termurah, maka Suzuki XL-7 dapat dijadikan sebagai alternatif pilihannya. Mobil terbaru dari Suzuki ini mengusung model sport.

Selain itu, Suzuki XL-7 ini menggunakan mesin terbaru yang dapat dipacu di jalanan hingga berjam-jam. Lalu, sistem keamanan dari Suzuki XL-7 ini dapat mencegah pengemudi ketika berkendara.

Keuntungan Berkendara dengan Mobil yang cocok untuk Traveling

Setiap jenis mobil memang memiliki fungsi yang berbeda- beda. Salah satunya adalah digunakan sebagai moda transportasi pribadi menuju ke suatu tempat yang dituju. Hanya saja, setiap jenis mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Terlebih untuk mobil yang digunakan untuk traveling. Pasalnya, mobil yang digunakan untuk traveling ini dibekali dengan spesifikasi khusus. Salah satunya adalah penggunaan ban mobil. Ban mobil traveling ini didesain berbeda.

Sehingga, ban mobil traveling dapat beradaptasi dengan berbagai macam kontur jalan. Seperti jalanan menanjak, jalan berlumpur, hingga melewati jalanan berlubang. Lalu, pemilihan tipe mesin juga wajib Anda perhatikan.

Untuk tipe mobil M-SUV ini lebih disarankan untuk menggunakan jenis mesin mobil diesel. Sehingga, mesin mobil diesel dirasa lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mobil tipe bensin. 

Selain itu, ada beberapa keuntungan jika Anda memilih berkendara dengan menggunakan mobil yang cocok untuk traveling. Salah satunya ada para perawatan mesin mobil. Sebab, mobil untuk kegiatan traveling ini tidak mudah rusak.

Keuntungan yang kedua, sistem kemudi kendaraan roda empat khusus untuk traveling ini dirasa sangat lengkap. Ada beberapa fitur yang mobil traveling yang tidak tersedia di mobil-mobil komersil.

Salah satunya adalah fitur ABS (Auto Braking System) yang memungkinkan mobil melakukan pengereman secara otomatis terdapat kendaraan yang berhenti mendadak. Selain itu, mobil untuk traveling biasanya dibekali dengan mesin bertorsi tinggi. 

Sehingga, mobil dapat digunakan berkendara di semua kontur jalan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan mobil khusus traveling. Sehingga, pengemudi tetap nyaman dan aman ketika melakukan perjalanan jauh.

Cara Melakukan Pengecekan Mobil yang Cocok untuk Traveling

Sebelum melakukan perjalanan ke tempat tujuan, maka lakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu. Pengecekan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi terbaru kendaraan sebelum digunakan berkendara jarak jauh.

Tercatat, ada berbagai komponen yang harus Anda cek sebelum berkendara. Komponen yang pertama adalah busi mobil. Sebab, busi adalah sumber kelistrikan kendaraan. Jika busi mobil bermasalah, maka dapat dipastikan jika kendaraan bisa saja mengalami konsleting di bagian kelistrikan.

Dan komponen lain yang wajib dicek adalah kapasitas oli mesin dan rem. Sebab, mobil yang cocok untuk traveling ini harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk oli mesin dan rem. Jika tidak, maka mobil bisa mengalami overheating hingga turun mesin.

Sebab, biaya servis mobil yang mengalami overheat atau turun mesin ini cukup tinggi. Akibatnya, Anda harus membatalkan rencana traveling karena mobil sedang mengalami kerusakan parah.

Dan komponen selanjutnya yang harus Anda cek adalah kapasitas air radiator. Sebab, radiator berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin mobil. Pasalnya, mesin kendaraan akan mudah panas jika digunakan dalam jarak jauh.

Jika air radiator habis, maka mesin mobil juga mengalami overheating hingga berujung turun mesin. Untuk itu, lakukan pengecekan secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi mesin mobil sebelum digunakan untuk traveling.

Tips Aman Berkendara dengan Mobil yang Cocok untuk Traveling

Agar Anda tetap aman dan nyaman ketika berkendara, maka ada beberapa tips yang harus diaplikasikan oleh pengemudi. Sehingga, pengemudi tetap fokus saat berkendara jarak jauh. Tips yang pertama, Anda disarankan untuk menggunakan jalan tol agar cepat sampai ke tujuan.

Tips yang kedua, Anda disarankan untuk beristirahat di rest area. Sebab, di rest area terdapat beberapa stand yang menjual makanan dan minuman. Sehingga, Anda bisa melepas lelah selama berkendara.

Dan tips yang ketiga, pastikan Anda berhenti untuk beristirahat setelah berkendara selama 3 jam. Sebab, tubuh Anda butuh istirahat agar dapat kembali fokus dalam berkendara. Pastikan Anda istirahat di tempat ramai agar tidak mengundang tindak kejahatan ketika menuju ke tempat traveling.

Baca Juga: Pilihan Mobil yang Memiliki Sunroof, Ada Harga 200 Jutaan

Traveling menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu pilihan alternatif yang kini menjadi tren di masyarakat. Oleh karena itu, beberapa perusahaan otomotif mulai memproduksi mobil traveling yang sesuai dengan keinginan konsumen. Oleh karena itu, ketahui rekomendasi mobil yang cocok untuk traveling dengan harga murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here