Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus

0
85
Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus
Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus

Semakin berkembangnya zaman semakin berkembang pula ide kreatif manusia salah satunya dengan memanfaatkan mobil yang cocok untuk berjualan. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam pasar perdagangan mau tidak mau memaksa pebisnis agar dapat putar otak mencari inovasi terbaru.

Baca juga: Review Motor Beat Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Berjualan menggunakan transportasi roda empat satu ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Karena unik dan efisien dalam menentukan tempat berdagang.

Berikut Kelebihan Berjualan dengan Mobil

Sebelum Anda memutuskan berjualan dengan si roda empat ini ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Di sini akan kami berikan poin-poin mengenai kelebihan dan kekurangan sebagai pertimbangan Anda.

  • Tidak Membayar Sewa dan Pajak

Kelebihan pertama tentu saja tidak perlu membayar sewa atau pajak kios bangunan. Poin ini tentu sudah jelas karena Anda menggunakan mobil yang cocok untuk berjualan sehingga toko dapat berpindah-pindah tempat kapan saja dan dimana saja.

Anda dapat mencari tempat strategis setiap harinya tanpa perlu menyewa bangunan tetap.

  • Fasilitas Listrik Gratis

Kelebihan selanjutnya yaitu fasilitas listrik gratis karena dengan berjualan menggunakan mobil Anda bisa mendapatkannya melalui Aki serta ditambahkan konverter listrik DC ke AC. Menggunakan listrik tersebut Anda bisa menyalakan lampu serta alat lain penunjang fasilitas dalam berjualan.

  • Tidak Membutuhkan Ruang Luas

Selanjutnya yaitu mobil yang cocok untuk berjualan tidak membutuhkan ruang lebih luas. Jika berjualan di suatu tempat tentu membutuhkan lahan bagi pembeli dine in namun dengan menggunakan si roda empat ini tentu pembeli akan menyesuaikan tempat.

  • Fleksibel

Selanjutnya yaitu fleksibel, Anda dapat berdagang di mana saja tanpa terikat kontrak. Apalagi dengan seluruh peralatan telah tersedia di dalamnya sehingga jika tiba-tiba hujan juga lebih mudah karena tidak perlu ribet dengan peralatan jualannya.

  • Menarik Minat dan Menjanjikan

Berdagang dengan mobil juga menarik minat dan menjanjikan. Hal ini masih baru dan menjadi tren di Indonesia. Berjualan dengan mobil menjanjikan karena kita akan menghampiri pembeli dengan memilih tempat strategis layaknya pedagang keliling.

Namun jika Anda menggunakan mobil yang cocok untuk berjualan pada event tertentu tentu saja akan dimintai dana sewa tempat. 

  • Peluang dan Omzet Besar

Dengan menarik minat dan menjanjikan tentu akan menghasilkan peluang dan omzet besar apalagi kalau Anda menjual makanan. Hal ini karena manusia tentu membutuhkan makanan. Apalagi jika kamu menjual makanan siap saja dengan target market anak kos atau pekerja kantoran. 

Secara hitungan kasar misalnya Anda menjual 50 porsi tiap harinya dengan harga per porsi Rp 12.000 sehingga bisa mendapatkan penghasilan kotor per harinya Rp 600.000 maka dalam sebulan bisa mendapatkan hingga Rp 18 juta.

Bahkan Anda bisa menjual lebih dari 50 porsi dengan salah satu keuntungan fleksibilitas jika berjualan dengan mobil. Sehingga ketika satu tempat sedang sepi Anda bisa mencari lokasi lainnya yang lebih ramai pembeli. 

  • Tidak Memerlukan Banyak Karyawan

Keuntungan lainnya yaitu tidak memerlukan banyak karyawan. Dengan berjualan di mobil Anda hanya memerlukan satu hingga dua karyawan untuk melayani pembeli menimbang luas dari mobil itu sendiri. Bandingkan jika Anda membuka restoran atau berdagang di ruko tentu memerlukan lebih banyak lagi karyawan.

Kekurangan Berjualan dengan Mobil

Setelah mengetahui kelebihannya ketahui juga kekurangannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

  • Berbahaya

Dibalik berbagai keuntungan tentu saja terdapat kekurangannya. Kekurangan pertama dari mobil yang cocok untuk berjualan yaitu berbahaya jika menjual makanan.

Mobil tentu memiliki bahan bakar minyak sedangkan di atas tangki bbm tersebut kita sedang masak atau memanaskan menggunakan kompor gas. Namun Anda bisa mengakali dengan mempersiapkan tempat dengan standar keamanan.

Anda bisa menjual masakan siap racik tanpa perlu dimasak lagi namun jika memang mengharuskan untuk masak maka dapat menggunakan kompor listrik. Perlu juga mempersiapkan keamanan seperti tabung pemadam api serta fasilitas keamanan lainnya. 

Selain itu terdapat bahaya seperti terkena panas wajan atau lainnya karena ruangan lebih sempit. Solusinya yaitu penjual menggunakan pakaian dengan standar seorang koki.

Masih banyak risiko lain mungkin bisa saja terjadi maka sebelum berjualan Anda perlu benar-benar memastikan keamanan dan keselamatannya.

  • Tempat Jualan Sempit

Kekurangan selanjutnya tentu saja tempat berjualan lebih sempit. Beberapa karyawan dalam mobil dengan tugas masing-masing serta tempat yang sempit tentu akan merepotkan dan sedikit ruang gerak.

Namun solusi dari kekurangan ini adalah Anda dapat memodifikasi mobil yang cocok untuk berjualan dengan bentuk lebih baik sehingga bisa menghasilkan space yang cukup luas dan nyaman.

  • Kurangnya Kebersihan

Masalah selanjutnya adalah dari segi kebersihan. Dari tempat yang sempit sedikit menyulitkan untuk menjaga kebersihan apalagi saat sedang ramai pembeli. 

Maka solusinya tentu saja dengan membersihkan mobil setiap hari setelah berjualan atau ketika sedang sepi pembeli. Dengan memastikan tempat selalu bersih tentu akan mendatangkan lebih banyak lagi pembeli.

  • Membutuhkan Modal Besar

Kekurangan selanjutnya adalah membutuhkan modal yang besar. Pertama yaitu modal untuk membeli mobilnya, selanjutnya modal untuk memodifikasi ruang jika diperlukan. Karena tampilan mobil yang keren dan unik tentu menjadi salah satu teknik marketing untuk menarik perhatian pembeli.

Selain modal untuk tempat perlu juga memikirkan modal alat dan bahan serta produk yang akan dijual. Tentu itu semua membutuhkan modal yang tidak sedikit.

  • Membutuhkan Perawatan

Selanjutnya yaitu mobil yang cocok untuk berjualan tetap saja memerlukan perawatan. Sebelum memulai bisnis ini tentu harus memikirkan biaya perawatan seperti renovasi, membenahi alat dan bahan yang rusak, ganti oli mesin, ganti kerusakan onderdil, bahkan mungkin tiba-tiba mobil mogok dan harus segera di service. Tentu itu akan memerlukan biaya lagi.

  • Harga Jual Mahal

Selanjutnya adalah harga jual yang mahal. Terutama jika Anda menggunakan mobil dengan banyak modifikasi tentu salah satu cara untuk segera balik modal dengan meninggikan harga jual.

Namun jika kamu lagi-lagi menjual makanan atau minuman maka salah satu cara meninggikan keuntungan namun tetap menjual dengan harga murah yaitu mengurangi porsi atau menjual menu yang tidak memerlukan banyak bahan-bahan. 

Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan selanjutnya akan kami berikan rekomendasi mobil yang cocok untuk berjualan. Terdapat sekiranya lima pilihan yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Toyota Dyna Truck

    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Toyota Dyna Truck
    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Toyota Dyna Truck

Rekomendasi mobil yang cocok untuk berjualan pertama yaitu Toyota Dyna Truck. Jenis ini cocok untuk berjualan dengan konsep Food Truck. Salah satu yang pernah menggunakannya yaitu bisnis Es Teler 77.

Jika Anda pertama kali ingin mencoba bisnis ini bahkan dari pihak Auto2000 akan memberikan persiapan serta training untuk membantu proses bisnis Anda.

  • Daihatsu Gran Max

    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Daihatsu Gran Max
    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Daihatsu Gran Max

Mobil yang cocok untuk berjualan selanjutnya adalah Daihatsu Gran Max. Kelebihan dari mobil ini adalah lebih tahan banjir dibanding kompetitornya. Selain itu kapasitasnya juga lumayan untuk memasukkan perlengkapan-perlengkapan jualan.

Selain itu biaya untuk perawatan lebih terjangkau dan fasilitas bengkel resmi yang mudah ditemui. Selain untuk berjualan makanan, Daihatsu Gran Max juga dapat dimanfaatkan untuk bisnis jenis lain, misalnya pakaian atau ide jualan lainnya.

  • Mitsubishi Colt Diesel

    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Mitsubishi Colt Diesel
    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Mitsubishi Colt Diesel

Rekomendasi mobil yang cocok untuk berjualan ketiga adalah Mitsubishi Colt Diesel. Mobil ini bisa menjadi salah satu pertimbangan karena memiliki dimensi lumayan besar yaitu Wheelbase 3.350 mm dan didukung oleh Chassis kokoh. 

Selain itu Mitsubishi Colt Diesel juga bisa digunakan untuk bisnis kuliner dan non kuliner, misalnya untuk menjual tanaman, pakaian, dan masih banyak lagi.

Namun memang harga jual dari Mitsubishi Colt Diesel baru agak merogoh kocek yang lumayan mahal jadi jika Anda berminat dengan tipe ini bisa juga membeli second namun masih terawat.

  • Isuzu Elf Long Chasis

    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Isuzu Elf Long Chasis
    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Isuzu Elf Long Chasis

Mobil yang cocok untuk berjualan selanjutnya dari Isuzu Elf Long Chasis. Salah satu usaha kuliner yang sudah mencoba kehebatan mobil ini yaitu Street Ramyun. 

Mobil ini dapat menjadi pertimbangan karena memiliki dimensi bodi yang panjang dan luas sehingga memberikan ruang gerak lumayan untuk penjual. Anda juga dapat memasang TV atau layar lebar sebagai hiburan untuk menarik minat pembeli.

  • Daihatsu Espass

    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Daihatsu Espass
    Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Berjualan dan Plus Minus_Daihatsu Espass

Pilihan mobil yang cocok untuk berjualan terakhir yaitu Daihatsu Espass keluaran 1997. Karena mobil keluaran tahun 1997 sistem pengapiannya masih menggunakan platina sehingga lebih tahan air. 

Model jenis ini juga memiliki ruang kabin besar sehingga mampu menampung lebih banyak barang. Selain itu, mobil second dari jenis ini juga terbilang cukup murah dibandingkan jenis di atas. Untuk Anda yang ingin menjual selain makanan, misalnya perabotan rumah tangga secara keliling, mobil jenis ini adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Gojek Uji Coba Motor Listrik, Lebih Menguntungkan Semua Pihak

Segala kemudahan bisa Anda dapatkan. Khususnya di sini dalam berbisnis salah satunya dengan pilihan mobil yang cocok untuk berjualan tanpa perlu memikirkan sewa tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here