Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik yang Perlu Diketahui

0
96
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik yang Perlu Diketahui
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik yang Perlu Diketahui

Sebelum membelinya, apakah kalian tahu kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik itu sebenarnya? Hanya karena sekarang sedang trend, bukan berarti kalian langsung membelinya tanpa ada pertimbangan matang.

Baca juga : Matic atau Manual, Mana Mobil Pilihan Kalian?

Terlebih lagi, harga mobil listrik itu jauh lebih mahal dari jenis mobil biasa. Jika dananya belum begitu banyak tapi ingin membelinya, harus dipikirkan dengan sematang mungkin. Jadi, nantinya tahu apa yang harus dilakukan sebagai pemilik mobil listrik.

Jika membahas kelebihan dari mobil listrik memang sebenarnya sangat ramah lingkungan. Tapi apakah itu cukup? Maka, kita menyarankan untuk mengenal kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik dari penjelasan berikut.

Ketahui Cara Kerja Mobil Listrik Sebelum Beli

Ketahui Cara Kerja Mobil Listrik Sebelum Beli
Ketahui Cara Kerja Mobil Listrik Sebelum Beli

Umumnya sebuah mobil bisa dijalankan ketika tangkinya telah terisi Bahan Bakar Minyak atau BBM. Entah itu jenis pertalite, premium atau solar, umumnya memang seperti itu. Tapi bagaimana jika mobil dijalankan dengan tenaga listrik, bagaimana kinerjanya? 

Sebenarnya mobil listrik di luar negeri sudah ada dari beberapa tahun lalu. Akan tetapi, di Indonesia baru diperkenalkan sekitar tahun 2020-an. Penggunanya saja masih belum begitu banyak. 

Jika ingin membelinya, kalian juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik. Jika tahu kelebihannya apa saja, semakin meyakinkan kalian sendiri untuk membelinya. 

Mengetahui kekurangannya, akan mencari solusi terbaik setelah membeli atau memutuskan untuk menundanya. Kembali lagi ke topik penjelasan kita tentang kinerja mobil listrik pada umumnya. 

disimpulkan secara garis besar, mobil listrik bisa bergerak dengan memanfaatkan dorongan motor listrik yang ada di dalamnya. Jadi, jika mobil umum atau konvensional terdapat komponen Internal Combustion Engine (ICE). 

Tapi pada mobil listrik adanya dorongan motor listrik sebagai pengganti mesin pembakaran. Kemudian, energi yang dibutuhkan oleh motor listrik berasal dari baterai. Letaknya sendiri biasanya ada pada bagian bawah mobil.

Dimana letak pencolokan chargernya? Tergantung dari jenis mobil yang kalian pilih. Lazimnya, ada pada bagian belakang dekat dengan bagasi mobil. Umumnya, mobil listrik hanya memiliki satu buah motor yang berguna untuk menggerakkan roda belakang dan depan. 

Lalu, apa merk mobil listrik terbaik? Setiap brand memiliki kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik. Paling penting, sesuaikan dulu dengan budget kalian miliki saat ini. Tapi ternyata ada jenis mobil listrik yang memiliki dua motor. 

Itu berarti memiliki kemampuan All Wheel Drive. Dengan begitu bisa melewati medan jalan sulit. Di bawah ini adalah beberapa komponen yang bisa diketahui dalam mobil tenaga listrik.

Komponen-Komponen yang Ada di Mobil Tenaga Listrik

Kalian belum bisa menilai kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik jika belum mengenal komponen-komponen yang ada di dalam mobil listrik. Kita akan memberikan penjelasannya secara umum saja, bukan hanya satu brand tertentu. 

Jadi, ini bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk kalian yang ingin membeli mobil sejenis ini. Dari segi pengendaliannya sendiri, mobil listrik itu sama seperti mobil konvensional pada umumnya. Terutama yang untuk bertransmisi secara otomatis.

Selain itu, pada mobil listrik juga terdapat 2 jenis pedal yang terpasang. Satunya untuk gas dan satunya lagi adalah pedal rem. Membahas mengenai kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, dari sisi kelebihannya memang komponen yang ada di dalam unit mobil.

Tentunya unit tersebut akan lebih sedikit dibandingkan mobil konvensional. Tapi sudah jelas, dari praktisnya mobil listrik dengan komponen yang ringkas, ada juga sisi kekurangannya. Memang harus dilihat dari dua sisi.

Ada komponen mobil listrik yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari penggunanya, yaitu bagian kampas rem. Mobil listrik itu sama saja sebenarnya dengan konvensional karena ada transmisi otomatis. 

Maka dari itu, perlu dilakukan pengereman untuk menahan laju saat kondisi sedang berhenti. Untuk lebih jelasnya lagi dan mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, berikut beberapa komponennya :

  1. Traction Battery Pack : Ini adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik, nanti energi tersebut akan disambungkan ke motor listrik. Selain itu, energi listrik dari proses deselerasi juga akan tersimpan di sini.
  2. Electric Motor : Ini gunanya menjalankan mobil yang berasal dari energi listrik yang disalurkan ke motor listrik.
  3. Charging Port : Sama seperti namanya, fungsi dari komponen ini adalah mengisi daya listrik ke dalam baterai melalui charger yang telah ditentukan.
  4. Power Inverter : berguna untuk mengubah arus listrik direct current menjadi alternating current untuk motor listrik. Selain itu, komponen ini bisa melakukan hal sebaliknya sebagai fungsi regenerative braking.
  5. Battery Auxiliary : Disebut juga dengan aki dari mobil untuk menunjang listrik. Hal itu karena traction battery pack memang hanya berguna untuk menyimpan energi listrik untuk motor listrik saja.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Sebelum membeli, memang ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Apalagi jika ini pengalaman baru kalian dalam membeli mobil listrik. Jadi, perlu dipikirkan dengan baik. Sudah mengenal bagaimana kinerjanya serta beberapa komponennya.

Kini mari mengenal kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik. Mobil listrik sendiri kemungkinan besar menjadi kendaraan utama suatu hari nanti dan mobil konvensional kemungkinan sudah tidak akan diproduksi.

Di Indonesia, mobil listrik yang paling dicari saat ini adalah Hyundai. Setiap tahun, pasti mengalami peningkatan dalam penjualannya. Mengabaikan fakta kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, memang sekarang sudah banyak orang Indonesia beralih ke mobil listrik.

Hal tersebut dilakukan dengan berbagai alasannya. Kenapa semakin hari tapi malah mobil listrik diminati banyak orang? Itu karena keunggulannya yang membuatnya diminati. Tapi kekurangannya dapat diatasi.

Agar semakin paham, berikut adalah kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik yang harus kalian ketahui agar lebih selektif ketika membelinya:

  • Kelebihan Mobil Listrik

Setiap produk, tentu mereka akan menyebarkan beberapa kelebihannya. Termasuk dengan mobil listrik. Tapi memang beberapa orang yang telah membelinya membuktikan bahwa mobil listrik itu memang bagus karena:

  • Ramah lingkungan karena memang mobil listrik sama sekali tidak mengeluarkan emisi gas buang. Dan ini merupakan teknologi terbaru.
  • Memiliki torsi instan. Maksudnya, ketika pedal akselerator diinjak, akan langsung berada pada torsi puncak.
  • Kabin menjadi senyap. Ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berkendara dengan nyaman. Karena tidak ada proses pembakaran, sudah jelas jika kabinnya bisa senyap.
  • Bagi kalian yang tinggal di DKI Jakarta, jika menggunakan mobil listrik bebas genap ganjil.
  • Paling penting, jika memiliki mobil listrik maka pajaknya akan lebih murah.
  • Perawatan juga lebih minim karena tidak membutuhkan pelumas listrik, tapi untuk kampas rem memang perlu diperhatikan detail.
  • Kekurangan Mobil Listrik

Jika ada kelebihan, tentu ada kekurangannya. Kekurangan yang ada pada mobil listrik diantaranya adalah:

  • Harga mobil listrik memang masih relatif mahal dibandingkan mobil konvensional.
  • Tempat pengisian energi atau charging masih sangat terbatas. Bila menggunakan listrik rumah tidak memadai.
  • Proses charging membutuhkan waktu lama.
  • Jika baterai rusak, harga baterai baru sangat mahal.

Tips Merawat Mobil Bertenaga Listrik dengan Benar 

Tips Merawat Mobil Bertenaga Listrik dengan Benar 
Tips Merawat Mobil Bertenaga Listrik dengan Benar

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, bisa kita perkirakan sendiri bagaimana cara perawatannya. Meski perawatannya sedikit, bukan berarti kalian malas melakukan pengecekan.

Ingat, jika baterai rusak karena suatu hal, penggantinya sangatlah mahal untuk membeli yang baru. Jadi untuk perawatan pertama, cek radiatornya. Mobil listrik memang memiliki radiator atau pendingin. Tujuannya agar suhu tetap seimbang.

Kedua, perhatikan model pengisian daya. Jika kalian belum tahu ada dua jenis pengisian, yaitu fast charging dan slow charging. Kita rekomendasikan untuk menggunakan slow charging saja.

Ketiga, jangan lupa untuk mengganti oli speed reducer. Baterai yang ada di dalam mobil itu disalurkan ke motor listrik untuk melajukan roda. Dan di sana ada gir ibarat transmisi. Itulah mengapa dibutuhkan pelumas yang cukup untuk menopang kinerjanya.

Keempat, melakukan servis rutin pada bengkel resmi. Biasanya memang di setiap daerah ada setidaknya satu bengkel resmi. Di sana akan diurus oleh ahlinya dan apa yang dibutuhkan mobil kalian saat itu.

Dan kelima, jangan lupa untuk ganti filter AC. Cek juga kampas remnya agar terus berfungsi. Serta terus di charging meski tidak digunakan.

Baca juga : Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Ciri dan Fiturnya

Mau mobil konvensional atau listrik, memang perlu perawatan yang rutin. Jadi, sebaiknya sebelum membeli kenali dulu kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik agar siap merawatnya setelah berhasil memilikinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here