Mengintip 5 Jenis Mobil Polisi Super Canggih Dan Keren

0
41
mobil polisi

Polisi merupakan pelayan masyarakat yang sering ditemui di berbagai tempat, tak terkecuali jalan raya. Selain motor, mereka juga sering menggunakan mobil polisi, saat sedang menjalankan tugas negara alias patroli.

Baca Juga : Fakta Mobil Pemadam Kebakaran Yang Bisa di Pelajari

Jika diperhatikan lebih dekat, ternyata kendaraan polis tidaklah sama, meski dengan desain tak jauh berbeda. Tepatnya, ada beberapa jenis mobil yang dipakai berdasarkan fungsi maupun pembagian tugas.

Jenis dan Spesifikasi Mobil Polisi

Perlu diketahui, mobil polisi berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Mobil-mobil tersebut dipesan secara khusus dengan spesifikasi yang tak kalah menarik. Nah, berikut adalah deretan kendaraan polisi di Indonesia dari masa ke masa:

Mitsubishi Galant V6

mobil polisi

Mitsubishi Galant V6 termasuk salah satu mobil polisi yang sudah lama digunakan, karena mobil ini hadir pada era 90-an. Meski demikian, mobil ini memiliki spesifikasi ‘mewah’ pada masanya.

Hal tersebut seolah dibuktikan dengan perburuan mobil bekas Mitsubishi Galant V6 yang masih berlanjut hingga kini. Tak hanya itu, pada tahun 2020 silam bahkan sempat ada isu beredar yang menyebutkan bahwa Galant akan terlahir kembali.

Meski mobil tua, Mitsubishi Galant versi lawas sudah dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 2,4 liter. Namun, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 160 tenaga kuda.

Lain hal dengan Mitsubishi Galant versi terbaru yang sudah dibekali dengan mesin 6 silinder berkapasitas 3 liter. Tenaga yang dihasilkan meningkat tajam, yakni 402 tenaga kuda atau lebih cepat dari Ferrari tipe Modena.

Kapasitasnya yang mencapai 2000cc, membuat mobil polisi yang satu ini sangat nyaman untuk diajak ‘ngebut’ di jalanan. Tenaga mesinnya benar-benar patut diacungi jempol, selalu ON baik di perputaran bawah maupun atas.

Hanya saja, Galant V6 terasa sedikit limbung pada kekuatan penuh. Namun, tak perlu cemas karena sistem pengereman mobil ini sudah menggunakan cakram. Dengan begitu, kenyamanan berkendara tetap terasa nyaman.

Mazda 6

mobil polisi

Mazda 6 merupakan mobil pabrikan Jepang yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2007. Mobil jenis ini dipilih sebagai mobil Patwal atau patroli dan pengawalan dengan ciri khas garis merah biru pada bagian body mobil.

Tak hanya patroli khusus, mobil polisi yang satu ini juga digunakan oleh petugas PJR atau Patroli Jalan Raya. Lain hal dengan Mazda 6 yang dipakai sebagai mobil dinas para Jenderal Kepolisian bintang 1 atau 2.

Ciri khas mobil ini ada pada warnanya yang lebih dominan ke arah grey maupun hitam lengkap dengan plat nomor dinas. Pemilihan armada ini bukan tanpa alasan, berikut beberapa kelebihan mobil Mazda 6:

  1. Mesin

Pada versi terdahulu, Mazda 6 dibekali dengan mesin tipe SKYACTIV-G 2,5T DOHC 2,488cc. Mesin canggih tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal sampai 187tk pada perputaran 6000rpm, serta torsi sampai 252Nm pada 4000rpm.

Pada kebutuhan khusus, pihak kepolisian ada yang menyetel ulang bagian ECU serta melakukan tone up, sehingga performanya lebih maksimal lagi. Dengan begitu, tenaga yang bisa dihasilkan meningkat menjadi 197-199tk.

  1. Fitur

Mazda 6 termasuk mobil sedan mahal yang hadir dengan beragam fitur unggulan. Tak hanya pendingin udara atau AC, mobil polisi ini juga dilengkapi heater untuk bagian pengemudi.

Keberadaan on board computer dan automatic head lamps menjadi daya tarik tersendiri yang sulit diingkari. Ditambah dengan tombol multi fungsi pada lingkar kemudi dan cruise control membuat sensasi mengendara semakin istimewa.

  1. Keselamatan

Harga baru yang nyaris menyentuh angka 500jutaan tentu terasa sangat wajar, jika menilik fitur safety yang ada. Bisa dikatakan, hampir seluruh bagian Mazda 6 dilengkapi dengan air bag dan pelindung benturan. Kursi penumpang juga dilengkapi dengan sit belt dan child safety lock.

Hal ini menjadikan Mazda 6 tak hanya cocok sebagai mobil polisi saja, tetapi juga penggunaan pribadi. Lebih dari itu, Mazda juga membekali produk premiumnya ini dengan berbagai fitur keselamatan lainnya. Ada electronic brake distribution, crash sensor, brake assist, dan lain-lain.

Mitsubishi Lancer Ex

mobil polisi

Meski tak selalu berhasil dengan mobil-mobil keluarannya, tetapi Mitsubishi selalu bisa menarik hati para penggemar. Mereka tampak totalitas untuk menyuguhkan sebuah kualitas yang sesuai dengan budget konsumen.

Mungkin hal itu pula yang membuat kepolisian Indonesia sering menggunakan mobil-mobil pabrikan Mitsubishi. Salah satunya Lancer Ex yang diperkenalkan pada tahun 2008 dengan dua pilihan, yakni manual dan otomatis.

  1. Eksterior

Dari segi eksterior, Lancer Ex memberikan kesan elegan dalam sekali tatap muka. Keberadaan fog lamp yang ada di bagian bawah lampu utama mampu menyamarkan kesan garang pada desain head lamp.

Lain hal dengan lampu bagian belakang yang memang sudah elegan, berkat keberadaan rearlamp horizontal dengan desain menyipit. Ciri khas Lancer masih disematkan di sini, yakni pada rearspoiler dengan buritan polos.

  1. Interior

Dengan muatan 5 penumpan, Lancer Ex memiliki kabin yang cukup lapang dengan kursi belakang yang bisa dilipat. Perpaduan warna silver dan hitam membuat dashboard semakin terlihat stylish dan mewah.

Hal tersebut juga tidak terlepas dari fitur unggulan yang disematkan ke dalamnya. Tak hanya AC controller dan gate type, di bagian headunit juga ditanam fitur multimedia dengan teknologi canggih.

  1. Mesin

Dapur pacu Mistubishi Lancer Ex ditenagai mesin tipe 4B11T 4 silinder dengan kapasitas 2000cc yang mengusung teknologi MIVEC. Teknologi ini merupakan mahakarya sendiri yang memiliki kepanjangan Mitsubishi Innovative Valve Timing and Lift Economic Control.

Jangan heran, meski dengan keabsenan turbocharged, mobil ini masih mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150 tenaga kuda dengan torsi 205Nm.

Khusus mobil polisi, Mitsubishi Lancer Ex juga dibekali dengan GPS tracker yang terintegritas dengan pos pemantauan masing-masing. Tak hanya itu, di bagian belakang juga disematkan kamera yang mampu berputar 360derajat, lho.

Ford Focus

mobil polisi

Meski sudah diperkenalkan sejak beberapa tahun sebelumnya, Ford Focus baru resmi dijadikan sebagai mobil polisi di tahun 2009. Pada awal penggunaannya, mobil ini dijadikan sebagai mobil Pengamanan Objek Vital atau Pam Opvit.

Ciri khas armada kepolisian ialah warnanya yang dibuat oranye terang dan biasa terparkir pada kedutaan asing di Indonesia. Seiring inovasi yang dilakukan oleh PT Ford, mobil inipun dipinang sebagai armada Patwal.

Berbekal mesin DURATEC HE berkapasitas 2 liter, Ford Focus mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 145 PS dengan torsi 185Nm. Wajar, jika Samapta pun tertarik dengan mobil keluaran Amerika Serikat ini.

Keistimewaan lain hadir dari fitur-fitur unggulannya, seperti GPS, log book patroli, handy talkie, mini call centre, laptop, repeater, dan lain-lain. Fitur tersebut tidak akan ditemukan pada Ford Focus umum, karena ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepolisian.

Hyundai Elantra

mobil polisi

Hyundai Elantra juga termasuk salah satu jenis mobil sedan kelas premium hasil pabrikan Korea. Hanya saja, pada versi terbaru mobil ini belum dijual secara bebas di pasaran Indonesia, melainkan didapuk sebagai mobil polisi.

Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan mobil patroli milik Polisi Jalan Raya atau PJR, padahal belum resmi diperkenalkan secara umum. Lantas, seperti apa perwujudannya?

  1. Eksterior

Dari segi penampilan, Hyundai Elantra mampu mencuri perhatian bahkan sejak pandangan pertama. Mungkin hal ini disebabkan oleh pengusungan prinsip Fluidic Sculpture, yakni tampilan yang fokus terhadap kontur alami.

Sekilas pandang mobil ini memiliki tampilan body adem dan berkelas. Kesan tersebut diperkuat dengan lampu utama bagian depan yang dilengkapi dengan lampu proyeksi.

Velg tipe Alloy 17 inchi menghiasi kaki-kaki mobil, sehingga mampu menghadirkan kesan gagah. Kesimpulannya, Hyundai Elantra memiliki tampang yang tidak mengecewakan.

  1. Interior

Selaras dengan eksterior, bagian interior mobil pun tak kalah mengagumkan. Desain stylish terpancar kuat pada bagian dashboard mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Ada fitur navigasi, heated front, rear seats, hingga fitur touchscreen yang terintegrasi dengan spion. Menariknya, beragam fitur tersebut disatukan ke dalam steering wheel mounted controls yang disematkan pada bagian kemudi.

  1. Mesin

Jika dibandingkan dengan tipe sebelumnya, dimensi mobil polisi ini sedikit lebih kecil. Namun, seperti pepatah kecil-kecil cabai rawit, Hyundai Erlanta memiliki performa yang luar biasa.

Berbekal mesin Dual CVVT DOHC 16V berkapasitas 1.8 liter, Erlanta mampu menghasilkan tenaga hingga 148 tenaga kuda. Dari penjabaran tersebut bisa disimpulkan, bahwa Hyundai Erlanta memang sangat cocok untuk mobil dinas PJR.

Baca Juga : Mitsubishi Luncurkan Mobil Pajero Sport 2021 Tahun Ini

Bagaimana, kelima mobil polisi di atas sangat keren, bukan? Beberapa di antaranya juga digunakan oleh kepolisian luar negeri. Berbekal kendaraan-kendaraan canggih tersebut, maka pihak kepolisian bisa menjalankan tugas dengan lebih maksimal. Semoga saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here