8 Rekomendasi Mobil paling Irit Masa Kini Yang Bagus

0
451
mobil paling irit masa kini

Dari dulu hingga kini, faktor irit bahan bakar menjadi pertimbangan penting sebelum membeli mobil. Kata mobil paling irit masa kini pun menjadi keyword yang paling sering dicari dalam google. Sebagai pertanda bahwa ini merupakan salah satu indikator penting dalam proses memutuskan pembelian mobil.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Untuk Anak Muda Yang Terbaru

Terlebih bagi calon user yang memang tinggal di kota padat penduduk dengan mobilitas tinggi. Dimana kemacetan menjadi sebuah pemandangan umum saat jam berangkat dan pulang kerja. Menggunakan mobil paling irit masa kini bahan bakar, merupakan pilihan utama.

Mobil paling irit masa kini Bahan Bakar

mobil paling irit masa kini

Perkembangan dunia otomotif dari waktu ke waktu selalu menghadirkan beragam gebrakan yang tidak jarang diluar nalar. Entah dari berbagai fitur yang sengaja ditanamkan pada mobil, maupun desain mobil yang dibuat mewah dan sedap dipandang mata.

Namun satu hal yang tidak berubah dan selalu dicari oleh calon user mobil dari masa ke masa. Satu hal ini adalah pemakaian bahan bakarnya. Pasalnya bila bahan bakar yang dipakai boros, maka biaya operasional berkendara menjadi tinggi. Ini menjadi sebuah dilema bagi beberapa orang.

Satu sisi ingin mobil keluaran yang mengakomodir kenyamanan dengan desain yang memenuhi selera. Tapi disisi lain, dari segi penggunaan bahan bakar hal itu tidaklah memungkinkan, karena beberapa hal dan faktor tertentu.

Namun, semenjak teknologi LCGC (Low Cost Green Car) mulai diperkenalkan dan dipakai pada banyak mobil keluaran belakangan tahun ini. Semuanya menjadi semakin mudah, calon user mobil hanya tinggal mencari info pembanding saja diantara mobil yang diincarnya.

Daftar Mobil paling irit masa kini Terbaru 2021

mobil paling irit masa kini

Berikut ini akan disajikan delapan ulasan mobil paling irit masa kini yang bisa dijadikan rujukan,

  1. Suzuki Celerio M/T (27,9 km / liter)

Mobil besutan dari Suzuki ini merupakan jenis city car berkapasitas 998 cc, yang dirilis pada tahun 2015. Menduduki peringkat pertama dengan gelar mobil paling irit masa kini konsumsi bahan bakar. Suzuki Celerio masih menggunakan transmisi manual, dengan lima kecepatan ber bahan bakar bensin.

Suzuki Celerio hanya menghabiskan bensin 1 liter untuk jarak tempuh sepanjang 27,9 kilometer. Estimasi mobil bergerak dalam kecepatan 100 km/jam.

  1. BMW 320d (27,2 km / liter)

Identik sebagai kendaraan mewah, mobil BMW 320d ini mampu mematahkan stigma tersebut. Bahkan mampu menyabet gelar sebagai mobil paling irit masa kini dikelasnya.

Bermesin diesel dengan sistem turbochange diesel, BMW 320d ini memiliki kapasitas mesin 1.995 cc. memiliki tenaga maksimum sebesar 184 dk, setara dengan 4.000 RPM. Hanya menghabiskan bahan bakar 1 liter untuk perjalanan sejauh 27,2 km. estimasi mobil bergerak dalam kecepatan 100 km/jam.

  1. Mitsubishi Mirage (24,95 km / liter)

Rekomendasi mobil paling irit masa kini selanjutnya adalah Mitsubishi Mirage. Dengan desain tampilan bergaya sporty, jelas menyasar segmen user kawula muda. Berkapasitas mesin 1.193 cc, dan di dukung sistem CVT, dengan torsi maksimal 100 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Mampu menjadikan mobil ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 24,95 km. sebuah prestasi yang mencengangkan bukan? Berminat memiliki mobil ini?

  1. Astra Daihatsu Ayla X Elegant MI A/T (22,1 km / liter)

Dari kelas mobil menengah ada ayla, mobil besutan astra Daihatsu ini hanya membutuhkan bahan bakar satu liter untuk menempuh 22,1 km perjalanan. Ini sesuai dengan jenisnya tercipta, yaitu mobil city car model hatchback irit bahan bakar.

  1. Honda Civic Turbo (21 km / liter)

Selain Mirage, ada Honda Civic Turbo yang masuk ke dalam jajaran mobil paling irit masa kini dengan gaya sporty. Mobil yang dirilis oleh Honda pada tahun 2019 ini memiliki kapasitas mesin 1500 cc, mampu menempuh jarak sejauh 21km dengan hanya mengonsumsi bahan bakar satu liter saja.

  1. Toyota Sienta (20,6 km / liter)

Dari pabrikan Toyota, ada sienta dengan transmisi manual yang masuk ke dalam jajaran mobil paling irit masa kini. Dalam satu liter bahan bakar, mampu menembus jarak tempuh sejauh 20,6 kilometer.

  1. Kia Picanto (19 km / liter)

Mobil dengan bobot hanya 800 kg, bermodel hatchback, hadir dengan dari pabrikan Kia. Walau tidak setenar Toyota, Astra maupun Daihatsu, Kia tetap memiliki user setia di Indonesia. dengan segala keunggulannya Kia Picanto hadir sebagai mobil paling irit masa kini.

Bagaimana tidak, picanto mampu menembus jarak 19km dalam 1 liter bahan bakar. Benar benar sebuah mobil perkotaan yang irit.

  1. New Suzuki Ertiga GX A/T (19 km / liter)

Hadir dari suzuki, dengan menyasar kalangan menengah bawah. Suzuki Ertiga mampu menembus jarak sejauh 19 km untuk 1 liter bahan bakar. Dengan desain interior yang bernuansa kayu, ertiga mampu menghadirkan kenyamanan yang luar biasa.

Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar

mobil paling irit masa kini

Sebenarnya, tidak ada ketentuan mutlak bahwa mobil yang paling irit bahan bakar pasti tidak akan pernah menjadi boros. Karena tiap mobil manapun tetap beresiko untuk menjadi boros. Hal ini menjadi lebih besar peluangnya bila mobil tidak dijaga kondisi mesinnya.

Berikut ini, akan dibahas beberapa penyebab mobil menjadi boros bahan bakar. Semoga dengan tahu apa saja penyebab sebuah mobil menjadi boros, semua kondisi ini bisa diminimalkan untuk timbul pada mobil yang user pakai.

  1. Penggunaan Bahan Bakar Yang Tidak Tepat.

Tidak jarang ditemui mobil mobil dengan spesifikasi tertentu yang mengharuskan menggunakan bahan bakar jenis A. Malah mengisi bahan bakar dengan jenis yang berlainan. Entah karena faktor tidak ada waktu untuk mengantri, terpaksa karena tidak menemukan bahan bakar yang dibutuhkan, atau karena faktor lainnya.

Namun satu hal yang pasti, tindakan ini mampu membuat mesin menjadi tidak stabil. Sehingga bila kejadian ini berulang, maka resikonya bisa merusak mesin, efeknya mesin jadi lebih boros bahan bakar.

  1. Filter Udara Mampet

Tiap ragam jenis kendaraan pasti memiliki filter udara. Posisi filter udara ini cukup penting bagi proses kerja mesin. Sehingga perlu bagi user untuk menjaga filter udara tetap dalam kondisi bersih. Jangan dibiarkan mampet, entah karena kotoran, atau terlewat tidak dibersihkan ketika sedang tune up.

Sebab filter udara yang mampet akan menggangu kinerja piston. Bila piston terganggu, maka mobil akan terasa tidak bertenaga. Efeknya saat mobil terasa tidak bertenaga, maka biasanya secara reflek, pengemudi mobil akan menekan pedal gas mobil lebih dalam.

Kondisi ini secara otomatis, membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih besar dan banyak untuk menggerakkan mobil. Untuk itu, selalu jaga kondisi filter udara supaya mobil user tetap menjadi mobil paling irit masa kini.

  1. Mobil Sudah Dimodifikasi

Memodifikasi mobil merupakan hal yang wajar dan biasa. Namun tindakan ini, bukan berarti tanpa resiko. Memodifikasi mobil, disatu sisi mampu meningkatkan tampilan dan fitur mobil. Tapi disisi lain, modifikasi mobil mempunyai resiko membuat kendaraan menjadi lebih boros bahan bakar.

Sehingga solusinya adalah, pertimbangkan dengan baik proses modifikasi mobil yang akan diterapkan. Supaya tidak ada sesal dikemudian hari, dan performa mesin tetap stabil. Sehingga gelar mobil paling irit masa kini bisa dipertahankan.

  1. Melewatkan Jadwal Tune Up Berkala

Jika akhir akhir ini mobil terasa lebih boros bahan bakar, maka coba ingat ingat kembali. Apakah terlewat jadwal tune up berkala?

Karena ketika jadwal tune up terlewati begitu saja. Maka ada kemungkinan kondisi dalaman mobil menjadi kotor dan tidak terawat. Seperti bagian busi, injektor, celah katup, dan berbagai komponen lainnya.

Selain menjadikan mobil boros bahan bakar, tindakan melewatkan jadwal tune up berkala juga beresiko membuat spare part mobil lebih cepat rusak dan harus diganti lebih awal. Solusinya dari masalah ini jelas, mobil harus dibawa ke bengkel resminya, untuk segera dilakukan tune up.

  1. Menyalakan AC Full Power

Iklim Indonesia yang hanya memiliki dua musim. Menjadikan Indonesia super panas ketika musim kemarau, dan seketika dingin ketika memasuki musim penghujan. Kondisi ini membuat keberadaan AC dalam mobil cukup penting disaat kemarau. Terlebih ketika sedang terjebak macet.

Namun, menggunakan AC dengan suhu tertinggi saat kepanasan juga bukan tindakan bijak. Pasalnya menyetel ac dengan full power mampu membuat konsumsi bahan bakar meningkat drastis. Tentu saja hal ini menjadikan kendaraan lebih boros bahan bakar. Walaupun mobil yang dipakai merupakan mobil dengan klaim mobil paling irit masa kini,

  1. Kondisi Ban Yang Kempes atau Sudah Botak

Kejadian ban bocor, atau kempes akibat proses pemuaian suhu matahari merupakan hal yang tidak terduga. Tapi memaksakan diri mengendarai mobil dengan kondisi ban yang seperti ini membuat mesin mobil bekerja lebih berat. Efeknya tentu saja penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Begitu juga saat ban sudah mengalami kebotakan. Maka dari pada itu, kontrol selalu kondisi ban sesaat sebelum berkendara. Demi menghindari pemborosan bahan bakar yang tidak perlu dan bisa dicegah.

Baca Juga : Perjalanan Panjang Mobil Peugeot dan Kisahnya di Indonesia

Demikianlah artikel ini disusun. Semoga delapan rekomendasi mobil paling irit masa kini masa kini dan berbagai penyebab borosnya mobil, bisa bermanfaat. Sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here