Mobil Offroad Murah Keunggulan dan Kelemahannya

0
237
mobil offroad murah

Kendaraan offroad adalah jenis kendaraan yang mampu dan biasanya digunakan pada jalan yang sangat curam dan bergelombang. Secara umum, kendaraan ini berjenis mobil, akan tetapi saat ini juga sudah terdapat motor offroad. Pada mobil, harga yang ditawarkan dari mobil offroad murah, hingga yang sangat fantastis.

Baca Juga : Perjalanan Panjang Mobil Peugeot dan Kisahnya di Indonesia

Mobil offroad biasanya digunakan sebagai olahraga ekstrim yang banyak digemari bagi para pecinta otomotif. Untuk mengenali kendaraan tersebut, dapat dilihat langsung pada ukuran ban dengan tapak yang dalam dan lebih besar dari ukuran biasa.  Hal tersebut bertujuan agar mampu berjalan di daerah yang curam.

Jika Anda termasuk dalam salah satu pecinta olahraga ekstrem, memiliki kendaraan ini dapat menjadi pilihan. Berbagai macam keunggulan yang akan diperoleh jika memutuskan untuk membeli mobil offroad. Dari segi biaya, Anda dapat memilih beberapa jenis mobil offroad murah dari daftar berikut inii.

Mobil offroad murah jenis Chevrolet Trooper Tahun 1986

mobil offroad murah

Mobil yang menempati posisi pertama untuk dibahas pada jenis offroad adalah Chevrolet keluaran Amerika Serikat pada tahun 1986. Berdasarkan tahun kemunculan, tentu kendaraan ini adalah kendaraan legendaris yang banyak digunakan sebagai bisnis. Harga yang cenderung stabil menjadi faktor utama.

Chevrolet Trooper menjadi incaran banyak konsumen sejak pertama kali di keluarkan. Bentuk yang tangguh dan penggunaan bahan bakar irit membuatnya sukses menjadi primadona. Kendaraan ini mengalami masa kejayaan pada tahun 90-an. Adapun beberapa keunggulan dari mobil offroad murah ini diantaranya,

  1. Mobil offroad murah dengan eksterior yang gagah dan sangar

Chevrolet Trooper mengadopsi bentuk dari SUV kotak pada era 80-an. Desain kaki-kaki yang tinggi berfungsi untuk mencapai jelajah yang tinggi pula. Dari depan, mobil ini memiliki bentuk lampu yang bulat yang masuk di bagian garis vertikal dan bumper besi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya benturan.

Sejak di keluarkannya, mobil offroad murah ini mencapai masa kejayaan penjualan hingga 5 tahun. Hal tersebut menjadi prestasi yang membanggakan bagi Chevrolet Trooper. Pada varian baru berbentuk facelift, lampu bagian depan berubah menjadi bentuk kotak dengan tambahan grill sehingga terkesan modern.

  1. Interior terkesan kuno

Jika di tinjau pada era sekarang, tentu kendaraan ini terlihat memiliki interior yang cukup kuno. Dashboard dirancang dengan warna dasar cokelat dan spidometer berbentuk kotak tentu sangat jauh dari kesan modern. Posisi dari spidometer tepat di depan setir memudahkan pengemudi melakukan pemantauan panel.

  1. Tingkat kenyamanan yang tinggi

Meskipun banyak digunakan untuk keperlaun bisnis, orientasi dari mobil tetap pada kenyamanan. Bagian kursi/jok menggunakan bahan bludru sehingga terasa empuk dan pas dan kabin yang sangat lapang. Akan tetapi, resiko menggunakan bahan tersebut adalah mudah kotor dan permukaan yang sulit untuk dibersihkan.

  1. Performa mesin yang tinggi

Chevrolet Trooper menggunakan mesin berkapastas 2200cc dengan detail konfigurasi 4 silinder segaris dan 8 katup OHV. Kondisi tersebut menyebabkan mobil mampu menghasilkan daya hingga 4000 putaran rpm. Angka yang cukup fantastis dan mencerminkan kekuatan dan ketangguhan dari sebuah kendaraan.

  1. Harga yang sangat terjangkau

Salah satu faktor yang menjadi penentu kepemilikan sebuah kendaraan adalah harga. Chevrolet Trooper masuk dalam jajaran mobil offroad murah dengan harga hanya berkisar 25 juta rupiah untuk yang keluaran tahun 1986. Harga tersebut cukup membahagiakan bagi para pecinta otomotif saat ini.

Selain berbagai kelebihan yang melekat padanya, mobil ini juga memiliki kekurangan yang wajib diketahui. Misalnya konsumsi bahan bakar yang cukup boros, tidak menggunakan trasnmisi otomatis, dan suspensi pada bagian depan masih kurang kuat untuk medan yang sangat kuat.

Mobil Daihatsu Ferosa Tahun 1995

mobil offroad murah

Salah satu perusahaan otomotif besar Daihatsu ikut memproduksi kendaraan offroad yang diberi nama Daihatsu Ferosa. Saat itu, mobil ini menjadi idaman anak muda karena terlihat lebih gesit dan modern. Meskipun demikian, kendaraan ini mampu menerjang berbagai macam kerikil dan medan yang berat.

Menjadi mobil offroad murah yang muncul pada tahun 1992 yang cukup sukses dan banyak dicari pada saat itu. Kemampuan bersaing dengan para kompetitor wajib di apresiasi. Semua hal itu tentu tidak terlepas dari keunggulan-keunggulan yang di milikinya. Adapun keunggulan tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Desain eksterior yang gagah

Membawa konsep eksterior yang hampir sama dengan Chevrolet Trooper, kendaraan ini juga memiliki desain eksterior yang gagah. Hal tersebut terlihat pada tampilan yang berbentuk kotak yang hampir tidak memiliki lekukan. Selain itu desain pilar B sebagai pelindung rollover dan ground clearence yang tinggi.

  1. Kuat menghadapi jalan yang eksterm

Sebagai salah satu mobil offroad murah, tentu saja kelebihan Daihatsu Ferosa adalah kuat melewaji medan atau jalan yang cukup ekstrem. Keberadaan ground clearence memudahkan mobil ini untuk melewati jalan yang berlumpur hingga banjir. Untuk itu, kendaraan ini sering dijadikan sebagai kendaraan proyek.

  1. Performa dari mesin sangat maksimal

Mesin selalu menjadi otak dari semua kendaraan. Pada Daihatsu Ferosa, mesin yang digunakan berkapasitas 1600 liter. Kondisi tersebut mampu menghasilkan power maksimal 94 Hp dengan putaran mencapai 5700 rpm. Bahkan pada torsi juga mencapai 127 pada putaran 4800 rpm yang dilengkapi dengan 16 katup.

  1. Suspensi yang sangat nyaman

Salah satu jenis mobil offroad murah ini menawarkan suspensi yang sangat memanjakan pengguna. Pemasangan double wishbone lengkap dengan peredam kejut telescopic dan juga stabilizer yang diselipkan pegas torsi bar. Sistem tersebut menjaga kenyamanan meskipun melewati jalanan yang terjal.

  1. Sistem pengereman yang lengkap

Daihatsu Ferosa memiliki sistem pengereman yang sudah di lengkapi dengan cakram dengan booster pada bagian depan. Adapun pada bagian belakang maih menggunakan rem drum dengan leading atau trailing. Saat parkir, kendaraan ini menggunakan mechanical internal expansion pada roda bagian depan.

  1. Harga yang cukup murah

Dari segi kualitas kendaraan, Daihatsu Ferosa termasuk dalam kategori mobil offroad murah dengan harga 55 juta rupiah. Jika dibandingkan harga kendaraan saat ini, tentu itu sangat terjangkau. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, mobil ini bisa menjadi pilihan kendaraan Anda.

Selain keungulan-keunggulan yang memanjakan para pengguna, mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya pada fitur interior masih sangat minim, bahkan sistem keamanan pun masih kurang. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga terbilang boros, dan saat dilakukan penjualan kembali, harga cenderung merosot.

Mobil Suzuki Katana Tahun 1993

mobil offroad murah

Tak jauh berbeda dengan perusahan otomotif lain, Suzuki juga tak ketinggalan untuk memproduksi mobil offroad murah. Diberi nama Suzuki Katana, mobil keluaran tahun 1993 ini juga banjir peminat. Kemampuan bertahan selama 13 tahun, hingga akhirnya pada 2006 lalu, perusaan memutuskan untuk berhenti produksi mobil ini.

Suzuki Katana memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kendaraan lain yaitu model boxy. Memiliki ukuran yang cukup mini tidak menghalangi fungsi dari kendaraan offroad yaitu mampu melewati jalanan yang cukup terjal. Untuk mengetahui secara detail tentang mobil ini, dapat dilihat pada uraian berikut.

  1. Bagian eksterior yang unik

Menjadi berbeda tentu akan menarik perhatian. Sama halnya dengan kendaraan ini, pada bagian depan langsung terlihat bumper yang sangat kuat. Pada bagian belakang terdapat grill yang sangat kuat berbentuk persegi panjang dimana samping kanan dan kirinya terdapat lampu utama.

Suzuki Katana sebagai mobil offroad murah memiliki moncong yang berfungsi untuk menempatkan mesin dan melindungi kendaraan dari tabrakan dari depan. Di bawah lampu utama, terdapat lampu sein yang berfungsi membantu pengendara saat akan membelok agar tidak terjadi tabrakan.

  1. Bagian interor dengan fitur yang mumpuni

Memiliki ukuran kendaraan yang tergolong lebih kecil dari yang lain, menyebabkan ruang kabin pada Suzuki Katana tidak terlalu lega. Hanyak mampu memuat 4 hingga 5 orang saja. salah satu ciri khas kendaraan produksi Suzuki adalah jenis kursi yang selalu berbeda setiap tahun keluarannya.

Dari segi fitur, mobil ini cukup mumpuni. Hal tersebut dapat dilihat pada keberadaan AC, audio/tape, hingga power steering. Selain itu, juga terdapat fitur untuk kaca jendela elektrik, sensor parkir, hingga alarm. Pada masanya semua fitur tersebut dianggap sangat luar biasa.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Mobil paling Irit Masa Kini Yang Bagus

Nah itulah 3 daftar mobil offroad murah lengkap dengan keunggulan maupun kekurangan yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem, mencoba kendaraan ini bukan hal yang membosankan. Terlebih harga yang ditawarkan relatif murah dan tidak menguras kantong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here