Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

0
412
Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!
Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Mobil mogok di jalan tentu menjadi salah satu momok yang mengerikan untuk pengemudi. Ketika mengalami kondisi ini, salah satu hal yang langsung diperhatikan adalah tangki bahan bakar. 

Baca Juga: Beli Mobil Sport Impian, Tips dan Daftar Harga Termurah!

Jika indikator yang menunjukkan tangki bahan bakar masih penuh, tentu Anda akan semakin panik bukan. Mogoknya mobil di jalan memang bisa membuat siapapun menjadi panik, apalagi jika tidak memahami mesin kendaraan. 

Sebenarnya, ketika mendapati kondisi ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghindari panic. Anda harus tenang serta mulai mendorong mobil ke bahu atau pinggir jalan sehingga tidak akan mengganggu kendaraan lain yang melintas. 

Penyebab Mobil Mogok di Jalan

Penyebab Mobil Mogok di Jalan _Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!
Penyebab Mobil Mogok di Jalan _Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Sebenarnya, ada berbagai penyebab yang menyebabkan mobil tiba-tiba mogok di jalan. Berikut berbagai macam penyebabnya, seperti:

  • Catalytic Converter Rusak

Catalytic converter merupakan alat yang digunakan untuk mengendalikan emisi buang dan berguna untuk mengubah gas polutan agar mempunyai kadar racun yang rendah. Jika Catalytic converter rusak, mesin bisa mati secara mendadak dan akhirnya adaptor mengalami masalah. Jika kejadian ini berulang, knalpot akan terbebani dan pembuangan menjadi kurang optimal. 

  • Gearbox Kehabisan Oli

Transmisi atau gearbox yang kehabisan oli bisa menjadi penyebab mesin mobil mati mendadak. Sebagai sebuah pengatur gerak kendaraan, gearbox adalah bagian paling penting dari kendaraan. Oleh sebab itu Anda harus mengecek pelumas sesering mungkin. Jangan sampai gearbox kehabisan oli, pada dasarnya banyaknya oli bergantung dari model dan jenis kendaraan. 

  • Overheat

Penyebab lain mobil mogok di jalan adalah overheat. Biasanya, overheat disebabkan karena pemilik kendaraan tidak pernah melakukan pengecekan air radiator. Bila air radiator berkurang atau malah habis, masalah ini bisa terjadi. Selain itu jika tidak ada pendingin untuk menjaga suhu mesin, komponen yang ada bisa berakibat fatal seperti piston kendaraan akan meleleh dan fungsinya mengalami penurunan. 

  • Masalah Kelistrikan

Kelistrikan menjadi sebuah masalah serius untuk kendaraan, bahkan jika kelistrikan tidak diperhatikan dengan baik, alternator bisa mengalami kerusakan. Namun, bagian ini memiliki fungsi yang penting yakni penyuplai listrik ke bagian aki. Bila aki bisa terisi secara optimal, performa kendaraan juga akan ikut optimal. Rusaknya alternator biasanya disebabkan karena umur mobil sudah melebihi 5 tahun. 

  • Baut

Bila melakukan service mobil besar-besaran bahkan hingga turun mesin, hal ini bisa menjadi masalah di kemudian hari. Terlebih jika pemasangan baut tidak optimal. Pemasangan baut tidak boleh terlalu kencang atau terlalu kendor. 

Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!
Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Saat mobil tiba-tiba berhenti di jalan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Memeriksa Baterai dan Starter

Saat menyalakan mesin starter, Anda bisa mendengarkan suara dari mesinnya. Bila suara mesin tersebut tidak terdengar sama sekali, besar kemungkinan penyebabnya adalah baterai yang mati. Bila terdengar suara klik, penyebabnya bisa disebabkan karena starter tidak mempunyai cukup tenaga agar bisa menyala. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa sambungan baterai dengan membuka kap mobil dan memeriksanya. 

Ada 2 sambungan yakni sambungan negative dan positif. Agar keduanya bisa menghantarkan listrik, logam di kedua sambungan harus bersih dari debu dan karat. 

  • Pastikan Bahan Bakar Mobil Terisi Secara Maksimal

Untuk mengatasi penyebab mobil mogok di jalan, Anda bisa memastikan jika bahan bakar sudah terisi dengan penuh. Bila Anda merasa mobil berjalan seperti tersendat-sendat padahal gas telah diinjak dengan constant, Anda harus waspada karena bisa jadi ini menjadi tanda bahan bakar mobil habis. 

  • Periksa Sistem Pembakaran

Cara lain mengatasi mogoknya mobil di jalan adalah melihat system pembakaran. Anda bisa mengecek ada atau tidak masalah yang berada di dalam sistem pembakaran. Bila warnanya abu-abu, berarti tidak terdapat masalah di busi mobil. Namun jika Anda menemukan warna hitam di dalamnya, berarti bahan bakar yang berada di dalam mesin terlalu banyak. Bila busi terbakar bahkan meleleh, hal ini menandakan jika mesin kelebihan panas atau sering disebut dengan overheat. 

Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan

Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!
Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Ketika mobil mogok, pasti Anda langsung bingung, lebih-lebih jika masih amatir. Berikut beberapa langkah untuk memperbaiki mobil yang mogok di jalan, seperti:

  • Ketahui Pengetahuan Dasar untuk Mengencangkan Serta Melonggarkan Mur

Ketika mobil mogok, Anda harus mengetahui pengetahuan dasar seperti melonggarkan serta mengencangkan mur serta baut. Hindari berlebihan dalam mengencangkan karena bisa membuatnya menjadi rusak. 

  • Pastikan Sudah Menggunakan Alat yang Sesuai

Memperbaiki mobil, jangan sampai menggunakan alat yang salah contohnya seperti menggunakan ukuran obeng yang keliru. Hal ini bisa membuat kepala mur menjadi hancur, bila sudah terjadi seperti ini, situasi malah menjadi semakin sulit. 

  • Cari Informasi di Artikel atau Video

Jika Anda memiliki gadget, hal tersebut akan mempermudah Anda untuk mencari informasi mengenai penyebab mobil mogok di jalan. 

  • Beli Buku Manual

Untuk mengatasi mogoknya mobil di jalan, sebenarnya tidak ada salahnya Anda membekali diri dengan membeli buku manual untuk pemula bukan untuk profesional. Biasanya di dalam buku manual ini terdapat cara yang tepat untuk mengatasi masalah mogok kendaraan. 

  • Hindari Mengutak-atik Kabel

Kabel mobil merupakan bagian yang sangat rumit, sehingga ketika mobil mogok, hindari mengotak atiknya. 

Komponen yang Harus di Cek Saat Mobil Mogok di Jalan

Komponen yang Harus di Cek Saat Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!
Komponen yang Harus di Cek Saat Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Selain berbagai tips di atas, ada berbagai macam komponen yang dapat Anda cek ketika mobil berhenti di jalan, berikut beberapa diantaranya:

1. Lampu Indicator Oli

Anda bisa memeriksa lampu indikator oli. Besar kemungkinan jika mogok ini disebabkan karena oli mesin yang kurang. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuka kap mesin yang berada di bagian depan. Anda bisa melepaskan batang oli mesin kemudian memeriksa apakah oli tersebut sudah terlalu kering serta membutuhkan tambahan atau tidak. 

2. Switch Starter

switch starter menjadi komponen yang sering disepelekan, tetapi siapa yang menyangka jika switch starter memiliki peran penting. Ketika mobil mogok di jalan, memeriksa switch starter menjadi hal yang harus dilakukan. 

Switch starter mempunyai peran sangat penting pada kinerja mobil. Anda dapat memeriksa apakah switch starter ini masih berfungsi dengan baik. Jika terjadi kerusakan pada switch starter, wajar jika mobil mogok. 

3. Sekring Mobi 

Ketika mobil mogok, Anda bisa memeriksa mengecek sekring mobil. Sekring mobil menjadi salah satu bagian yang sangat sering dilupakan. Anda dapat memeriksa sekring di box bagian bawah kap mesin serta kemudi dengan menyeluruh. 

Anda harus memastikan jika semua masih berfungsi dengan optimal tanpa ada yang meleleh atau putus. Bila terdapat bagian yang rusak, akan lebih baik melakukan penggantian agar masalah bisa teratasi. 

4. Kopling Aus 

Kopling aus sering ditandai dengan mesin yang ngos-ngosan, jika mesin ngos-ngosan serta tidak bisa berjalan di tanjakan, ini menjadi tanda kopling aus. Selain itu kopling aus juga sering ditandai dengan kemunculan bau tidak sedap di bawah dan dalam mobil. 

Cara Menghindari Mobil Mogok di Jalan

Cara Menghindari Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!
Cara Menghindari Mobil Mogok di Jalan_Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Pada mobil yang sudah tua atau berusia lebih dari 5 tahun. Arus listrik yang berada di bagian koil bisa mengalami penurunan drastis dan mengakibatkan proses pembakaran menjadi kurang sempurna. 

Untuk mengatasi mobil yang mogok di jalan, salah satu alternatif paling praktis adalah menghubungi jasa derek. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mogok mobil, antara lain:

1. Rajin Melakukan Service Berkala

Melakukan perawatan secara rutin menjadi hal yang penting untuk menjaga performa mobil tetap terjaga dengan baik. Waktu yang tepat untuk melakukan perawatan adalah 2 bulan sekali. Selain itu, Anda juga harus secara rutin melakukan penggantian oli mesin serta tune up agar bisa mengecek kondisi mobil secara keseluruhan. 

2. Cek Ketersediaan Bahan Bakar

Sebelum menggunakan mobil untuk berkendara, pastikan mengecek bahan bakar. Anda bisa memastikan apakah bahan bakar tersebut aman untuk melakukan perjalanan. 

Anda juga dapat memanaskan kendaraan untuk menghindari mobil mogok di jalan. Dengan memanaskan kendaraan, mobil juga bisa bekerja dengan optimal. 

3. Sedia Nomor Bengkel Langganan

Pastikan menyimpan nomor bengkel langganan. Menyimpan nomor bengkel langganan ini berguna agar ketika Anda membutuhkan perbaikan, bengkel bisa langsung menuju lokasi yang Anda miliki. 

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Sport Impian? Simak Dahulu Tips dan Daftar Harga Termurahnya

Kerusakan memang bisa terjadi kapan saja serta dimasa saja, oleh sebab itu Anda harus melengkapi kendaraan dengan kebutuhan yang memadai seperti ban serep, dongkrak, senter, sekring hingga minyak rem. Selain itu yang paling penting adalah segitiga pengaman tanda mobil mogok di jalan agar perjalanan lebih tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here