9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya

0
69
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya

Beberapa waktu belakangan ini, ada beberapa brand otomotif yang merilis mobil listrik murah di Indonesia. Ini merupakan bukti kalau pasar otomotif dalam negeri memang sangat potensial. Para produsen berlomba-lomba memasarkan produk terbarunya di negeri ini.

Baca juga: Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui

Jika kalian memiliki minat untuk membeli mobil satu ini, tentu saja ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan mobil listrik berbeda jauh dengan mobil yang menggunakan BBM. Jadi jangan sampai kalian salah pilih.

Pertimbangan ketika membeli mobil listrik tentu berbeda dengan pertimbangan ketika membeli mobil BBM. Kalian butuh saran dan rekomendasi dari seorang ahli agar bisa mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan. Tapi tenang saja karena kita akan membahas caranya untuk kalian.

Rekomendasi Mobil Listrik Murah di Indonesia

Ada banyak sekali rekomendasi mobil listrik yang bisa kalian pilih di pasaran saat ini. Datang dari berbagai brand kelas dunia, sudah tentu masing-masing produk dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan. Fitur yang ada pada mobil listrik ini terbilang jauh lebih futuristik daripada mobil biasa. 

Menurut prediksi para ahli beberapa tahun kedepan kendaraan listrik akan mulai mendominasi jalanan. Di negara maju, penggunaan kendaraan listrik seperti ini memang sudah bukan hal yang aneh. Karena itu tidak ada salahnya jika kalian mengenal beberapa produk mobil listrik terpopuler yang ada di negeri ini.

Di sini kita telah merangkum 10 varian mobil listrik dengan harga terbaik yang bisa kalian temukan di Indonesia. Beberapa kendaraan yang kita masukkan di sini juga memiliki banyak kesesuaian dengan karakteristik pengemudi di Indonesia. 

1. Smart EQ ForTwo

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_1. Smart EQ ForTwo
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_1. Smart EQ ForTwo

Rekomendasi mobil listrik murah yang pertama adalah Smart EQ ForTwo. Meskipun tidak secara langsung diproduksi oleh Mercedes Benz, produsen kendaraan satu ini memiliki afiliasi yang sangat kuat dengan perusahaan otomotif tersebut.

Menyandang nama besar, sudah tentu kualitas dari kendaraan satu ini tidak perlu kalian ragukan lagi. Mobil yang dibanderol di harga Rp 380 jutaan ini memiliki desain yang sangat minimalis dan cenderung imut. Satu kali pengisian daya bisa digunakan untuk menempuh jarak 93 km.

2. Nissan Leaf

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_2. Nissan Leaf
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_2. Nissan Leaf

Sebagai salah satu brand terbaik dunia, Nissan Motor juga tidak mau kalah dalam persaingan mobil listrik murah. Mereka sudah merilis produknya yang dinamai Nissan Leaf. Produk ini juga sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Namun terbatas hanya di beberapa kota saja. 

Harga mobil satu ini setara Pajero dan Fortuner karena dibanderol di harga Rp 500 jutaan saja. Ada dua varian Nissan Leaf yang bisa kalian temukan saat ini. Varian pertama adalah standar yang mampu menempuh 241 km dalam satu kali pengisian daya. Sedangkan varian Plus mampu menempuh 363 km.

3. Hyundai Ioniq Electric

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_3. Hyundai Ioniq Electric
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_3. Hyundai Ioniq Electric

Produk terbaik lain yang bisa kalian pilih datang dari Hyundai Motors. Perusahaan ini memang cukup rajin memproduksi kendaraan listrik. Salah satu produk terbaik mereka adalah Ionic Electric. Mobil listrik murah satu ini dibanderol di kisaran harga Rp 600 jutaan saja. 

Mobil yang diproduksi oleh produsen asal Korea Selatan ini memiliki desain yang sangat futuristik dan elegan. Jarak tempuhnya juga lumayan tinggi karena satu kali pengisian daya mampu menempuh jarak 199 km. Tidak heran kalau produk ini cukup laris di negeri asalnya.

4. Volkswagen e-Golf

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_4. Volkswagen e-Golf
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_4. Volkswagen e-Golf

Produk lainnya datang dari brand Eropa Volkswagen. Mobil listrik yang mereka produksi dinamai e-Golf. Harganya juga cukup terjangkau karena dibanderol di harga Rp 452 jutaan saja. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mobil satu ini adalah pengisian dayanya yang sangat cepat.

Anda hanya membutuhkan waktu satu jam saja untuk pengisian baterai hingga 80%. Hebatnya, baterai 80% tersebut mampu menempuh jarak hingga 201 Km. Produk satu ini kini bisa kalian pesan langsung di Indonesia.

5. Fiat 500e

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_5. Fiat 500e
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_5. Fiat 500e

Mobil listrik murah selanjutnya adalah Fiat 500e. Kendaraan satu ini dijual di kisaran harga Rp 472 jutaan saja di pasaran. Desain yang diusung oleh kendaraan tersebut terbilang cukup minimalis dan cenderung imut. Namun peminat dari kendaraan satu ini cukup tinggi.

Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah jarak tempuh yang lumayan tinggi. Pengisian daya penuh pada mobil tersebut mampu menempuh jarak hingga 135 km. Sangat pas bagi kalian yang sering bepergian jauh bersama keluarga.

6. Hyundai IONIQ 5

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_6. Hyundai IONIQ 5
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_6. Hyundai IONIQ 5

Jika sebelumnya kita sudah membahas Hyundai Ioniq Electric, ada produk lain dari brand ini yang tidak kalah recomended. Produk tersebut bernama Hyundai IONIC 5. Perakitan mobil satu ini dilakukan langsung di Indonesia, tepatnya di daerah Cikarang. 

Mobil satu ini sudah resmi diluncurkan dalam pameran IIMS Hybrid 2022. Sudah tentu keberadaannya sangat menarik perhatian pengunjung. Berdasarkan informasi yang kita dapat, kendaraan ini dibanderol di kisaran harga Rp 688 hingga Rp 799 juta per unitnya.

7. Hyundai Kona Electric

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_7. Hyundai Kona Electric
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_7. Hyundai Kona Electric

Masih dari Hyundai, mobil listrik murah selanjutnya adalah Kona Electric. SUV Listrik satu ini mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Satu unit Kona Elektrik dibanderol di kisaran harga Rp 742 jutaan saja. Ukuran mobil memang terbilang bongsor.

Namun penggunaan daya dari kendaraan satu ini benar-benar hemat. Bayangkan saja, satu kali pengisian daya pada Hyundai Kona mampu menempuh jarak hingga 154 KM. Sangat pas untuk kalian yang sudah berkeluarga dan sering bepergian jauh.

8. Lexus UX 300e

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_8. Lexus UX 300e
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_8. Lexus UX 300e

Pilihan terbaik lainnya adalah Lexus UX 300e. Jika dibandingkan dengan beberapa produk sebelumnya, mobil ini memang masuk ke dalam kalangan premium. Namun tetap saja harganya terbilang terjangkau. Mobil listrik murah satu ini dibanderol di kisaran harga Rp 1,4 M untuk satu unitnya.

Kendaraan satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keren yang tidak akan kalian temukan pada produk lainnya. Salah satunya adalah head unit dengan dimensi 10,3 Inch, fitur keselamatan tingkat tinggi, Lexus Safety System++. hingga speaker di 13 titik pada interiornya.

9. DFSK Gelora E

9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_9. DFSK Gelora E
9 Mobil Listrik Murah di Indonesia dan Tips Memilihnya_9. DFSK Gelora E

Masih kurang? Tenang saja kita punya rekomendasi terakhir yakni DSFX Gelora E. Brand asal China ini menyediakan dua opsi mobil listrik murah untuk kalian.  yang pertama adalah Blind Van. Sedangkan versi lainnya adalah Minibus.

Berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari situs resminya, DFSK Gelora E Blind Van dijual di kisaran harga Rp 480 jutaan saja untuk setiap unitnya. Sedangkan versi lainnya yakni Mini Bus dipasarkan dengan harga Rp 510 juta.

Keunggulan Mobil Listrik Murah yang Harus Kalian Ketahui

Sebagai salah satu produk yang banyak dicari di era modern, tentu saja ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh mobil listrik ini. Penting sekali bagi kalian untuk memahami deretan kelebihannya agar tidak ragu lagi ketika hendak membelinya. 

  1. Mobil listrik memiliki suara yang sangat senyap karena menggunakan tenaga listrik. Ini membuat siapapun yang mendengarnya jauh lebih nyaman dan tidak terganggu.
  2. Cara pengisian bahan bakar mobil listrik juga jauh lebih efektif dan efisien karena menggunakan sistem baterai dengan penampungan arus listrik.
  3. Beberapa pengguna mengklaim kalau penggunaan mobil listrik ini jauh lebih mudah dan hemat. Hal ini dikarenakan tidak ada sistem pembuangan pada mobil listrik jenis apapun.
  4. Harga yang ramah dikantong menjadi alasan lain, terbukti dengan keberadaan mobil listrik murah yang sudah kita jelaskan sebelumnya.
  5. Beberapa varian kendaraan dilengkapi dengan baterai DC Fast Charging sehingga proses pengisian daya berlangsung sangat cepat. 

Dengan deretan keunggulan yang dimilikinya tersebut, tidak heran jika saat ini kendaraan listrik menjadi salah satu sarana transportasi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Bukan hal yang tidak mungkin jika kedepannya, jenis kendaraan ini akan mengalahkan kendaraan dengan BBM.

Tips Memilih Mobil Listrik yang Benar

Tertarik untuk membeli jenis kendaraan satu ini? Ada beberapa tips yang harus kalian lakukan terlebih dahulu. Tentu saja tujuannya agar kalian mendapatkan mobil listrik dengan kualitas terbaik dan sesuai kebutuhan. Ini dia tipsnya :

  • Pertimbangkan jarak tempuh dari mobil listrik murah yang kalian beli
  • Sesuaikan pembelian kendaraan dengan daya listrik di rumah
  • Cek seberapa banyak stasiun pengisian daya pada kendaraan tersebut
  • Jangan lupa untuk mempertimbangkan usia pakai baterai

Baca juga: Mengenal Honda CR-V Hybrid Mobil Canggih Idaman Semua Orang

Penting sekali untuk menerapkan beberapa tips yang sudah kita jelaskan di atas. Dampaknya akan sangat besar terhadap ketepatan kalian dalam pembelian mobil listrik itu sendiri. Kita pastikan kalian mendapatkan produk mobil listrik murah dengan kualitas terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here