Trik Memilih Mobil Bekas di bawah 100jt Yang Berkualitas

0
391

Pada masa pandemi ini, kebutuhan akan sarana transportasi pribadi ternyata tetap ada. Banyak pilihan mobil yang ditawarkan mulai dari mobil baru hingga mobil bekas. Mobil bekas di bawah 100jt saat ini memiliki banyak peminat. Harga yang cukup terjangkau membuat orang bisa berhemat namun tetap bisa memiliki mobil pribadi.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2021

Pilihan mobil bekas dengan harga di bawah 100jt tidak terbatas hanya pada mobil jenis MPV. Mobil-mobil bekas jenis SUV dan LCGC juga banyak yang ditawarkan denganĀ  harga di bawah 100jt. Pembelian mobil bekas bisa dilakukan langsung dari pemilik mobil atau melalui dealer mobil bekas.

Trik Memilih Mobil Bekas Di Bawah 100jt Yang Penting Diketahui

Mobil bekas di bawah 100jt

Membeli mobil bekas tidak selalu berarti mendapatkan mobil dengan kondisi kurang baik. Banyak mobil bekas yang dijual masih dalam kondisi prima. Tidak hanya bodimobil yang masih mulus, namun juga kondisi mesin, kaki-kaki mobil, interior dan aksesori yang masih sangat bagus. Inilah trik memilih mobil bekas di bawah 100jt.

Periksa Bodi Mobil

Langkah pertama untuk memilih mobil bekas adalah dengan memeriksa bodi mobil. Bagian bodi merupakan bagian yang bisa dengan mudah dilihat tanpa harus membuka mobil. Kesan pertama pada mobil bekas bisa didapat dari bagian bodi. Bagian bodi mobil yang wajib diperiksa meliputi beberapa bagian penting berikut ini.

Cat mobil

Periksa secara teliti apakah cat mobil masih bagus atau sudah mengalami perubahan. Apabila cat mobil tidak mengalami perubahan yang berarti atau pernah diubah warnanya, maka kondisi cat tersebut masih dalam kategori bagus.

Panel Mobil

Langkah selanjutnya untuk memeriksa mobil bekas di bawah 100jt adalah dengan memeriksa panel mobil. Periksa apakah pada bagian panel ini terdapat kerusakan yang berarti atau masih dalam kondisi prima.

Chasis Mobil

Bagian yang tidak bisa dilewatkan untuk diperiksa saat memilih mobil bekas adalah bagian chasis. Sistem rem, sistem suspensi mobil, roda, ban, dan sistem kemudi merupakan beberapa bagian dari chasis yang wajib untuk diperiksa. Bagian in sangat penting dalam menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara.

Kap Mesin Dan Kaca Mobil

Saat memilih mobil bekas di bawah 100jt, periksa juga bagian kap mesin dan kaca mobil. Dua bagian ini harus dipastikan masih dalam kondisi bagus. Cek apakah kaca mobil tidak tedapat kerusakan sehingga masih dapat berfungsi dengan baik. Periksa juga apakah kaca mobil bersih atau banyak ditumbuhi jamur.

Periksa Bagian Interior

Setelah selesai memeriksa bagian bodi atau eksterior dari mobil, maka selanjutnya perlu untuk melakukan pemeriksaan pada bagian interior mobil. Mobil bekas di bawah 100jt banyak yang memiliki interior menarik dan masih dalam kondisi bagus. Bagian interior mobil yang perlu diperiksa antara lain yaitu :

  1. Dashboard mobil
  2. Jok mobil
  3. Karpet alas kaki
  4. Bagian audio dan entertainment mobil
  5. AC mobil
  6. Sabuk pengaman
  7. Lampu kabin

Pastikan bagian-bagian tersebut di atas masih dalam kondisi yang bagus. Periksa apakah AC mobil masih berfungsi dengan baik sehingga suku dalam kabin tetap nyaman. Sabuk keselamatan juga menjadi bagian yang wajib diperiksa di bagian interior mobil bekas di bawah 100jt.

Periksa Kondisi Mesin

Bagian terpenting saat membeli mobil bekas di bawah 100jt adalah memeriksa kondisi mesin. Apabila tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai mesin mobil, ada baiknya untuk mengajak orang yang mumpuni perihal mesin mobil. Teknisi ahli mobilĀ  dapat menjadi pilihan untuk diajak memeriksa kondisi mobil.

Buka kap mobil dan nyalakan mesin

Membuka kap mobil dan menyalakan mesin adalah salah satu cara memeriksa kondisi mesin. Pastikan tidak terdapat suara atau gerakan mesin yang tidak wajar. Periksa bagian blok mesin, pastikan tidak terdapat kebocoran pada oli pada bagian blok atau pada komponen mesin lainnya.

Lakukan test drive

Saat pemilik atau showroom meminta untuk melakukan test drive, manfaatkan kesempatan ini untuk menguji kenyaman mobil. Apabila mereka tidak menawarkan test drive, mintalah untuk melakukannya. Perhatikan tarikan gas, tarikan rem, fungsi-fungsi transmisi, hingga kaki-kaki dan per mobil apakah masih bagus atau tidak.

Lihat Riwayat Servis

Salah satu cara untuk melihat apakah mobil bekas di bawah 100jt tersebut dirawat dengan baik adalah dengan mengetahui riwayat servisnya. Servis rutin dan berkala yang dilakukan pada mobil menjadi salah satu jaminan bahwa mobil dalam kondisi yang baik. Dari riwayat servis dapat diketahui juga apakah oli mobil rutin diganti.

Cek Kelengkapan Dokumen Mobil

Apabila sudah memeriksa kondisi fisik mobil, hal berikutnya yang harus diperiksa adalah mengenai dokumen mobil. Pastikan mobil yang diinginkan memiliki dokumen resmi secara lengkap. STNK dan BPKB adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh mobil bekas yang akan dibeli.

Sabar Dan Teliti

Trik ini mungkin terdengar klise dan tidak berhubungan langsung dengan kondisi mobil. Meski demikian trik ini sangat penting untuk dilakukan. Kesabaran dan ketelitian dalam memilih mobil bekas di bawah 100jt sangat diperlukan untuk mendapatkan mobil yang masih prima kondisinya.

Jangan Tergiur Harga Terlalu Murah

Salah satu hal yang kadangkala menjadi kesalahan saat memilih mobil bekas adalah tergoda dengan harga yang terlalu murah. Harga biasanya akan berbanding lurus dengan kondisi kendaraan. Harga terlalu murah yang ditawarkan bisa jadi karena kondisi mobil memang sudah tidak bagus.

Daftar Mobil Bekas Di Bawah 100jt

mobil bekas di bawah 100jt

Mobil MPV menjadi salah satu jenis mobil bekas yang memiliki banyak peminat. Hal ini karena kapasitas mobil yang cukup besar sehingga dapat memuat lebih banyak orang dibandingkan dengan mobil jenis sedan. Berikut adalah beberapa jenis mobil bekas yang bisa dibeli dengan harga di bawah 100jt.

  1. Wuling Confero S 2017
  2. Daihatsu Terios TS 2014
  3. Ford Fiesta S 2011
  4. Suzuki X-over AT 2012
  5. Nissan March 2013
  6. Toyota Avanza G 2010
  7. Nissan evalia XV 2012 At
  8. Toyota Etios Valco G 2013
  9. Nissan Xtrail T30 dan T31
  10. Grand Livina keluaran tahun2006 hingga 2014
  11. Toyota Yaris tahun 2016
  12. Daihatsu Xenia 1.3 R 2013
  13. Datsun Go+ MT 2015
  14. Peugeot 206
  15. Honda Jazz i-Dsi 1.5 2004
  16. KIA Picanto MT 2011
  17. Hyundai i10 2010
  18. Toyota Vios produksi tahun 2008 hingga 2010
  19. Honda City produksi tahun 2004 hingga 2008
  20. Honda CR-V keluaran tahun 2005 an 2005

Saat bermaksud membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan pengecekan kondisi mobil secara menyeluruh. Hal ini untuk menghindari kerugian yang dapat terjadi karena kurang teliti dalam memeriksa kondisi mobil. Showroom mobil bekas yang memiliki reputasi bagus apat menjadi pilihan untuk mencari mobil bekas.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Mobil Bekas Di Bawah 50 Juta Paling Baru

Demikianlah beberapa trik dan juga daftar mobil bekas di bawah 100jt yang dapat digunakan sebagai referensi. Mobil bekas yang berkualitas prima tidak hanya menghemat anggaran pengeluaran pembelian mobil namun juga menghemat biaya perbaikan. Selamat berburu mobil bekas idaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here