Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

0
671
Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!
Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

Tahukah Anda jika di masa sekarang ini, ada beberapa Hypercar termahal yang diburu oleh kaum miliarder dari seluruh dunia. Bagi yang belum tahu, Hypercar masuk ke dalam jajaran mobil yang sudah memiliki kualitas dan tingkatan berbeda jika dilihat dari performanya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!

Selain Hypercar, ada nama lain mobil yang bernama Supercar, Sportcar dan Muscle Car. Semua jenis mobil tersebut memiliki kualitasnya masing-masing jika dilihat dari performanya. Tentu saja mobil yang masuk ke dalam jajaran tersebut, akan dinyatakan berkualitas dan spesial.

Tidak tanggung-tanggung, setiap mobil yang ada juga memiliki harga jual yang fantastis. Harga dari mobil yang memiliki status, akan berharga lebih tinggi dari mobil standar pada umumnya. Hal ini terjadi karena performa mesin, tampilan dan kualitasnya sudah berada di level berbeda.

Di 2 tahun terakhir, deretan beberapa Hypercar termahal di dunia selalu mengalami pergantian karena ada produk baru yang muncul. Setiap produk baru berasal dari rancangan yang sudah ada sejak zaman dulu dan produknya baru muncul di tahun 2019 sampai 2021.

Tentu persaingan di dunia otomotif semakin berkembang lebih sengit. Era persaingan Ferrari dan Lamborghini sudah berakhir setelah kemunculan produk baru. Meskipun perusahaan ini masih memiliki gelar pencipta Supercar, namun tetap saja semua itu sudah menjadi masa lalu.

Kemunculan mobil Hypercar disambut baik oleh para penggemar otomotif. Banyak orang melihat mobil ini sebagai ajang bergengsi karena kualitasnya dan performanya. Bahkan, mobil juga bisa menjadi bukti seberapa tinggi status sosial jika dilihat dari harganya di pasaran.

Mengenal Mobil dengan Status Sportcar

Di era sekarang ini mobil dengan performa tinggi sudah dibagi ke dalam 4 kategori yaitu Hypercar, Sportcar, Muscle Car dan Supercar. Setiap mobil memiliki karakteristiknya masing-masing baik itu dari penampilan, kecepatan, interior dalam, kecanggihan sampai harganya.

Bahkan untuk beberapa Hypercar termahal, hanya diproduksi sedikit dan tidak sampai 10 karena kualitas mobilnya sudah seperti edisi terbatas. Dari keempat kategori yang ada, jenis Sportcar adalah mobil dengan tingkatan terendah dibandingkan ketiga mobil lainnya. 

Selain itu, harga mobil ini juga jauh lebih tinggi dibandingkan versi standarnya. Sportcar lebih sering digunakan untuk beraktivitas dibandingkan model Supercar dan Hypercar. Biasanya model Sportcar diberi performa mesin yang tinggi namun tidak jauh dibandingkan versi standarnya. 

Namun dari segi tampilan, Sportcar tampak mewah dan elegan. Contoh beberapa mobil Sportcar yang populer adalah Porsche 911, BMW z4, Toyota GT86, Audi TT-RS dan lainnya. Semua mobil itu memiliki tingkat yang lebih tinggi dari standar, namun juga rendah dari ketiga kategori lainnya.

Mengenal Mobil Hypercar dan Supercar

Ketika membicarakan performa kecepatan, kita bisa mencoba mengenal kategori mobil Hypercar dan Supercar. Pada dasarnya kedua jenis mobil ini memiliki tingkatan yang hampir sama. Namun untuk Hypercar, tingkatannya lebih tinggi karena mesin yang digunakan berbeda jauh.

Dari beberapa Hypercar termahal sudah banyak yang bisa mengalahkan performa dan kecepatan mobil Supercar atau Muscle Car. Alasannya adalah mobil Hypercar kebanyakan menggunakan mesin jet dan memiliki tingkatan yang sama seperti mobil Formula 1 atau F1.

Dari segi tampilan, Supercar hampir sama seperti Sportcar dengan body langsing dan mewah. Berbeda dengan Hypercar yang body secara keseluruhannya dibentuk untuk aerodinamis. Tipe mobil Supercar juga memiliki performa mesin yang mengungguli Sportcar.

Namun hal itu masih belum cukup untuk tingkatan di atasnya karena Hypercar menggunakan tipe mesin jet. Jika kecepatan rata-rata mobil Sportcar dan Supercar adalah 280 Km H, maka kecepatan mobil bertenaga jet bisa mencapai 400 Km H di trek lurus.

Tentunya butuh, sopir berpengalaman untuk bisa berkendara di kecepatan tersebut. Oleh karena itu, beberapa Hypercar termahal bertenaga Jet sangat jarang ditemukan. Bahkan, hanya ada beberapa orang saja yang bisa membelinya dan menyimpannya di dalam koleksi pribadinya.

Perbedaan Muscle Car Dibanding Ketiga Jenis Lainnya

Ketika membicarakan kecepatan dan aerodinamis, maka Sportcar, Supercar dan Hypercar adalah jawabannya. Namun jika kita membicarakan kekuatan mesin dan daya tahannya, maka Muscle Car adalah jawabannya. Mobil ini pada dasarnya unik dan memiliki liga yang berbeda.

Muscle Car memiliki atmosfer kejantanan untuk para pemiliknya. Badan mobil ini pada dasarnya juga tidak jauh berbeda dengan mobil standar seperti sedan. Namun dari kapasitas performa dan kekuatannya, mobil ini mengungguli ketiga jenis lainnya ketika digunakan berkendara.

Beberapa Hypercar termahal pada dasarnya sudah memiliki kecepatan di atas rata-rata. Dari segi aerodinamis di pacuan balap dan lintasan, Supercar selalu menjadi pemenangnya ketika diadu dengan Muscle Car. 

Jadi analisis kekuatan dari seluruh kategori yang ada adalah Muscle Car lebih unggul dari Sportcar. Namun, Muscle Car juga tidak bisa mengungguli Supercar karena kekuatan dan aerodinamisnya.

Beberapa contoh Muscle Car ada Chevrolet Camaro ZL1 2017, Dodge Charger SRT, Dodge SRT Challenger Hellcat 2017, Equus Bass 770 2015 dan Shelby GT500 2013. Semua mobil itu masih populer di tahun 2021 karena kualitasnya memang tidak bisa diremehkan

Beberapa Hypercar Termahal di Dunia Saat ini

Hypercar adalah mobil dengan kecepatan tinggi di atas Sportcar, Supercar dan Muscle Car. Jika ingin membandingkan, kita bisa ambil beberapa mobil dengan spesifikasi tinggi dengan harganya yang mahal. Berikut ini, Hypercar yang memiliki performa, kualitas dan harga fantastis.

  • Koenigsegg CCXR Trevita – (Rp 68,2 Miliar)

    Koenigsegg CCXR Trevita – (Rp 68,2 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!
    Koenigsegg CCXR Trevita – (Rp 68,2 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

Mobil Hypercar termahal yang pertama adalah Koenigsegg CCXT Trevita dengan harga 4,8 juta dolar atau bisa juga disebut Rp 68,2 Miliar. Mobil ini memiliki akselerasi yang cepat yaitu bisa mencapai 100 kmh dalam hitungan 3 Detik saja.

Bahkan untuk mencapai 200 km h, mobil ini hanya memerlukan waktu 8,75 detik. Kecepatan maksimum dari mobil ini adalah 410 kmh di track lurus. Oleh karena itu, mobil ini bisa disebut sebagai Hypercar karena kecepatannya yang mencapai 400 kmh.

Kemudian, untuk kekuatan output dari mobil ini sendiri adalah 1018 Bhp di dalam 7000 RPM. Ada juga kekuatan maksimum yang dapat diberikan yaitu 1080Nm dengan 5600 RPM. Untuk lebih jelasnya, masih ada beberapa Hypercar termahal yang kekuatannya menyamai mobil ini.

  • Bugati Divo – (Rp 83,8 Miliar

    Bugati Divo – (Rp 83,8 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!
    Bugati Divo – (Rp 83,8 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

Di urutan kedua ada Bugati Divo dengan harga 5,9 juta dolar atau Rp 83,8 miliar. Kecepatan dari mobil ini mencapai 380kmh di dalam trek lurus. Meskipun kecepatannya di bawah tipe Koenigsegg CCXR, namun mobil ini sangat mendominasi di dalam tikungan.

Bentuk badannya saja dibuat memanjang dan aerodinamis sehingga meningkatkan energi gravitasi atau downforce. Tipe mesinnya menggunakan W16 silinder dengan bahan bakar Gasoline. Tenaga mesinnya sendiri berada di tingkatan 1479Bhp dalam 6700 RPM.

  • Bugatti Centodieci – (Rp 127,9 Miliar)

    Bugatti Centodieci – (Rp 127,9 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!
    Bugatti Centodieci – (Rp 127,9 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

Ketiga ada Bugatti Centodieci di harga 9 Juta dolar atau disebut Rp 127,9 Miliar. Mobil ini jadi salah satu mobil edisi terbatas karena hanya ada 10 unit di dunia. Performa mesin dari mobil ini tidak kalah dari Koenigsegg karena mampu mencapai 300kmh dalam waktu 13 detik.

Mesin yang digunakan menggunakan konfigurasi W16 sama seperti Bugati Divo. Kecepatan maksimal mobil masih sama seperti beberapa Hypercar termahal lain yaitu di angka 380kmh. Tenaganya sendiri di kisaran 1600hp dengan kapasitas 8000cc dan 3 buah tangki turbo.

  • Bugatti La Voiture Noire – (Rp 177,6 Miliar)

    Bugatti La Voiture Noire – (Rp 177,6 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!
    Bugatti La Voiture Noire – (Rp 177,6 Miliar)_Mengenal Beberapa Hypercar Termahal yang Ada di Dunia!

Masih di pabrikan yang sama, mobil Hypercar keempat dengan harga termahal dan tercepat adalah Bugatti La Voiture. Mobil ini memiliki harga 12,5 juta dolar dan dikeluarkan pada tahun 2019 lalu. Kecepatan maksimal dari mobil ini 418kmh dan melebihi Koenigsegg CCXR Trivita.

Untuk akselerasi mobil ini mampu mencapai 300kmh dalam waktu 13 detik. Mesin memakai Quad Turbocharged W16 dan lebih unggul dari sejenisnya. Mobil ini juga dinyatakan terbatas karena hanya ada sedikit yang diproduksi oleh pihak Bugatti.

Mengapa Beberapa Hypercar Termahal Dibuat Terbatas?

Membatasi peredaran mobil buatannya adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh beberapa perusahaan oto ternama. Hal ini dikarenakan, target pemasaran bertujuan untuk menarik minat orang kaya dari seluruh dunia.

Semakin sedikit barang, maka akan semakin tinggi juga harganya seperti rumus ekonomi. Selain itu, Hypercar juga membutuhkan proses yang lama di dalam produksinya. Butuh tes dan uji coba berkali-kali supaya mobilnya dapat bergerak stabil di dalam kecepatan tinggi.

Jangan lupa masih ada G-force yang harus diperhatikan ketika melakukan akselerasi dan belokan. Hal seperti ini perlu diwaspadai oleh perancang mobil cepat. Karena sopir bisa dalam bahaya jika keadaan mobil tidak baik, apalagi di saat kecepatannya sedang tinggi.

Baca Juga: Info dan Tips Otomotif Agar Kendaraan Aman saat Musim Hujan!

Oleh karena itu Hypercar hanya dibeli oleh kaum miliarder yang memiliki uang banyak. Hypercar seperti ini sangat jarang untuk digunakan di jalanan umum karena kecepatannya. Jadi, beberapa Hypercar termahal di atas sangat jarang digunakan dan hanya disimpan sebagai koleksi pribadi saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here