Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada

0
134
Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada
Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada

Bagi yang belum paham secara pasti apa itu blind spot, sepertinya harus mengetahuinya dari sekarang. Tidak sekadar mengendarai mobil secara mahir. Hal-hal di lapangan juga harus dikenali dengan baik situasinya.

Baca juga: Perbedaan Mengisi Tekanan Udara Ban Pakai Nitrogen dengan Udara Biasa

Termasuk mengetahui tentang titik buta. Jika Anda justru tidak paham dan asal berkendara, dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu blind spot, sebaiknya simak beberapa poin ulasan berikut. 

Definisi Apa Itu Blind Spot yang Semestinya Diketahui Semua Pengendara

Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada
Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada

Blind spot merupakan istilah bahasa Inggris yang menyebutkan arti titik buta. Seperti namanya, titik buta ini merupakan tempat dimana Anda tidak akan terlihat oleh pengendara lain, karena berada di titik tertentu.

Area tertentu di belakang kendaraan memang tidak selamanya terlihat oleh pengendara lain. Bahkan bisa membuat sesama pengendara tidak menyadari keberadaan Anda. Hal ini bisa saja terjadi, karena keterbatasan fokus dan jarak pandang saat di jalanan.

Apa itu blind spot bisa diartikan sebagai keadaan pengemudi tidak bisa melihat area pandang di beberapa fase tertentu. Sebenarnya titik buta ini lumrah terjadi, bukan menjadi kesalahan pengemudi. Walau demikian, ternyata perannya sangat tinggi dalam menyumbang angka kecelakaan.

Kecelakaan pengendara bahkan sampai 60% lebih, seringnya disebabkan karena titik buta ini. Sebagai pengendara yang baik, tentu harus paham apa itu blind spot secara lebih detail. Bahkan bisa melalui beberapa fakta seperti:

  • Titik Buta Setiap Kendaraan Ternyata Berbeda

Parahnya lagi, blind spot setiap kendaraan ternyata berbeda-beda, tidak tetap sifatnya. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, sehingga membuat perbedaan terasa signifikan,misalnya saja:

  1. Jangkauan spion yang ternyata terbatas
  2. Desain kendaraan tidak sama 
  3. Bagaimana ruwetnya kondisi jalanan yang juga tidak sama

  • Titik Buta Sudah Diantisipasi Produsen Kendaraan

Risiko kecelakaan karena blind spot memang tidak terhindarkan. Memang teknologi sudah sedemikian rupa dirancang untuk mengurangi dampak lebih buruk. Hal ini dilakukan oleh produsen kendaraan, yang ternyata sudah memperhitungkan titik buta ini.

Banyak produsen mobil yang sudah menyematkan fitur khusus, anti titik buta. Walau sudah banyak fitur yang tersedia, akan tetapi tidak membuat Anda lengah dengan potensi kecelakaan karena kondisi demikian. 

Apa Itu Blind Spot Bisa Diketahui dari Faktor Pemicunya

Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada_Apa Itu Blind Spot Bisa Diketahui dari Faktor Pemicunya
Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada_Apa Itu Blind Spot Bisa Diketahui dari Faktor Pemicunya

Selain secara definisi, blind spot juga bisa dikenali dari beberapa faktor pemicunya. Mengenali faktor pemicu titik buta ini sangat penting, agar sebagai pengendara Anda akan selalu aware dengan keselamatan diri dan sekitar. 

Zona titik buta memang bisa disebabkan karena adanya keterbatasan kaca spion. Selain itu, sebenarnya ada beberapa hal lain yang bisa memicu terjadinya blind spot ini, seperti contohnya. 

  • Faktor Cuaca

Cuaca ekstrem seperti hujan deras dan kabut ternyata bisa menjadi pemicu titik buta. Walau terkesan tidak relevan, nyatanya kabut dan hujan akan berpengaruh terhadap jarak pandang. 

Tentu saja hal ini menjadi penyebab yang sulit diantisipasi. Pencegahan blind spot karena faktor ini bisa dimulai dari kewaspadaan diri sendiri, akan keselamatan. 

  • Faktor Dimensi Kendaraan

Tidak hanya cuaca, dimensi kendaraan juga ada pengaruhnya terhadap blind spot. Apa itu blind spot sebaiknya dikenali juga dari risiko dimensi kendaraan. Semakin besar ukuran mobil, tentu titik butanya juga sama.

Mengurangi muatan bagasi sangat penting untuk upaya antisipasinya. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan memodifikasi spion. Modifikasi tanpa mempertimbangkan standar SNI, hanya akan membuat Anda semakin kesulitan di jalanan.

Memang faktor pemicu dari titik buta ini bisa datang dari beberapa kondisi. Kenali juga beberapa posisi yang memungkinkan kendaraan berada di titik buta, seperti contohnya:

  1. Bagian belakang di sisi kanan hingga kiri mobil, terutama di dua jalur
  2. Bagian 1/ sisi belakang mobil saat hendak belok, dimana risiko benturan yang paling rawan terjadi
  3. Area belakang mobil persis, dimana kaca spion kehilangan jarak pandangnya. Terlebih jika kaca belakang modelnya tertutup, maka titik buta akan semakin besar
  4. Pejalan kaki yang muncul tiba-tiba saat macet bisa menyebabkan timbulnya titik buta apalagi yang menyalip. Biasanya ada pejalan kaki yang menyelip di beberapa kendaraan, dan hal ini sulit dijangkau penglihatan
  5. Pengemudi motor paling banyak memberikan peran. Titik buta bisa terjadi saat pengemudi roda dua ini meliukkan kendaraanya dari belakang. Setelah itu, berpindah ke jalur depan sehingga tidak bisa dijangkau
  6. Motor atau kendaraan lain yang menyalip secara tiba-tiba, tanpa memberikan aba-aba terlebih dahulu. Apa itu blind spot harus diketahui agar selalu waspada dengan kondisi demikian
  7. Kendaraan yang ada di samping persis, sehingga sopir tidak bisa melihat keberadaannya karena keterbatasan jarak pandang

Setelah Tahu Apa Itu Blind Spot, Bagaimana Antisipasinya?

Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada_Setelah Tahu Apa Itu Blind Spot, Bagaimana Antisipasinya?
Mengenal Apa Itu Blind Spot agar Semakin Waspada_Setelah Tahu Apa Itu Blind Spot, Bagaimana Antisipasinya?

Mengenal apa itu titik buta memang menjadi perhatian yang wajib, agar kecelakaan dapat diantisipasi. Walau sudah ada teknologi khusus untuk meredamnya, tetap sebagai pengendara harus tahu antisipasinya, dengan beberapa cara ini.

  • Memberi Tanda Peringatan Kepada Sesama Pengendara

Hal utama yang bisa Anda lakukan setelah tahu apa itu blind spot adalah peduli terhadap sesama pengendara. Anda bisa melakukannya dengan memberi tanda peringatan ke sesama pengguna jalan. 

Tanda peringatan ini bisa dilakukan saat hendak menyalip kendaraan lain. Anda bisa menyalakan lampu sign kanan saat hendak menyalip. Tujuan utamanya agar pengendara di depan atau belakang akan bersiap dengan manuver yang dilakukan oleh Anda.  

  • Memperluas Area Pandang dengan Kaca Tambahan

Titik buta memang bisa dialami karena keterbatasan jarak pandang. Spion yang disetel oleh pabrik sebenarnya sudah cukup. Akan tetapi, untuk memaksimalkan keamanan, Anda bisa memperluas area pandang tersebut.

Caranya bisa menambahkan kaca di titik tertentu, seperti memakai kaca cembung. Saat memakai tambahan kaca cembung ini, diharapkan Anda lebih hati-hati karena jarak pandangnya akan lebih jauh.

Untuk pemasangan kaca tambahan ini, bisa Anda lakukan di beberapa bagian mobil. Misalnya saja di bawah spion baik itu yang di area utama, hingga di bagian dalam. 

  • Atur Spion Secara Tepat, Sebelum Melajukan Kendaraan

Mengenal apa itu blind spot memang sangat identik dengan peran kaca spion. Jenis kaca ini berguna untuk membantu penglihatan pengendara, terutama jika membawa mobil di area padat. Anda akan lebih mudah tahu kondisi area di belakang, sehingga memutuskan manuver jauh lebih tepat.

Pentingnya kaca spion ini harus dipersiapkan sedini mungkin. Anda harus mengatur bagian kaca ini sampai penglihatan tidak terhalang. Jangan langsung mengendarai jika hal ini belum Anda lakukan.

  • Hindari Menyalip dari Sisi Kiri Karena Sangat Merugikan

Menyalip dari sisi kiri merupakan kebiasaan yang sangat buruk. Biasanya hal tersebut sering dilakukan oleh kendaraan-kendaraan kecil seperti motor. Memang saat macet, menyalip dari sisi tersebut kerap dilakukan, agar laju kendaraan tidak terlalu tersendat.

Padahal, tindakan demikian akan membuat pengendara lain kaget. Pengemudi yang memakai setir sebelah kanan akan kurang waspada terhadap pergerakan di sisi kiri. Hal tersebut tentu berisiko menimbulkan kecelakaan.

  • Tempatkan di Zona Aman

Agar blind spot tidak menimbulkan bahaya, sebaiknya tempatkan kendaraan Anda di area aman saja. Tempatkan mobil di bagian terbuka dan zona aman, agar kendaraan lain juga mudah saat menyalip. Selain itu, hal ini juga sangat berguna untuk menjaga keselamatan Anda. 

  • Konsentrasi Terhadap Kondisi Jalan

Konsentrasi merupakan modal utama dalam berkendara, terlebih untuk mengantisipasi apa itu blind spot. Perhatikan bagaimana jalanan saat Anda berkendara, dan putuskan sesuai dengan kondisinya. 

Misal saat lengang, sebaiknya lajukan mobil dengan kecepatan lebih tinggi, tetapi dalam batas aman. Sebaliknya saat macet, jangan ngotot ingin lebih cepat karena bisa berdampak pada keselamatan bersama. 

  • Pakai Sensor Modern

Hal lain dalam mengantisipasi bahaya blind spot dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Ada sensor modern di beberapa kendaraan yang mengantisipasi risiko titik buta ini. Sensor ini berguna mengurangi titik buta pada para pengendara.

Untuk versi sensornya ada beberapa macam. Salah satu yang paling canggih adalah sensor yang sudah terintegrasi dengan rem. Memang mahal, tetapi untuk menjamin keselamatan tentu worth it. 

Baca juga: Apa Ancaman Sanksi Untuk Mengemudi dalam Pengaruh Alkohol ?

Ternyata mengetahui titik buta sebagai antisipasi keselamatan sangat penting. Upaya menjaga keselamatan di jalanan memang wajib untuk selalu diperhatikan. Apa itu blind spot, sebaiknya dipahami secara baik serta diterapkan metode amannya saat di jalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here