Pentingnya Memilih Oli Mesin Mobil Agya Simak Ulasannya

0
613
oli mesin mobil agya

Pertanyaan mendasar sebelum membeli mobil adalah karena kebutuhan atau sekedar gengsi. Hal ini perlu dipertimbangkan. Karena membeli mobil memerlukan perawatan. Salah satunya memperhatikan oli mesin mobil agya secara berkala.

Baca Juga : Beberapa Keuntungan Mobil Agya Yang Perlu Diketahui

Minimalnya dengan rutin mengecek oli mobil yang mempunyai peranan sangat penting sebagai pelumas. Sehingga kondisi antar komponen dapat terhindar gesekan. Lalu bagaimana cara memilih oli yang sesuai ? yuk disimak ulasannya.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Oli Mesin Mobil

Sebelum lebih jauh membahas tentang oli mesin mobil agya ada baiknya terlebih dulu mengenal apa itu yang disebut dengan oli? Oli mesin merupakan cairan kental yang bentuk dan warnanya seperti minyak goreng. Lalu apa saja fungsinya?

Fungsi dan Jenis Oli

oli mesin mobil agya

Oli mesin mobil agya ini memiliki beberapa fungsi penting dalam menggerakkan mmesin mobil. Berikut beberapa fungsi oli yang merupakan salah satu kebutuhan penting bagi semua komponen mesin mobil.

  1. Sebagai Pelumas

Oli mesin mobil agya ini fungsinya yang pertama sebagai pelumas semua komponen mesin mobil agar tidak saling bergesekan.

  1. Menghindari Terjadinya Aus Pada Komponen Mesin Mobil

Fungsi oli mesin yang kedua adalah untuk menghindati terjadinya aus akibat gesekan antar komponen pada mesin mobil.

  1. Merawat dan Melindungi Semua Komponen Mesin Dari Karat

Fungsi oli mesin berikutnya adalah untuk merawat dan melindungi semua komponen mesin mobil agar bebas karat.

  1. Melindungi Kebersihan Mesin Mobil

Fungsi oli mesin mobil selanjutnya adalah dapat melindungi dan menjaga kebersihan kondisi mesin mobil agar tetap bersih.

Jenis-Jenis Jenis Oli

oli mesin mobil agya

Keberadaan oli bagi mesin mobil ini sangatlah penting. Sehingga apabila jenis oli yang dipakai tepat maka semua komponen mesin mobil akan selalu terawat juga akan lebih awet dan berusia lebih lama. Adapun jenis jenisnya sebagai berikut.

  1. Oli Jenis Mineral

Oli mineral ini biasanya disebut juga dengan nama oli non sintetis. Oli atau pelumas jenis ini terbuat dari minyak bumi yang masih mentah dan diolah dengan cara tertentu.

Oli mineral biasanya memiliki sifat lebih cepat panas sehingga akan berakibat kurang baik bagi mesin mobil. Selain itu oli mineral juga akan lebih cepat menguap dan lebih cepat teroksidasi.

  1. Oli Jenis Sintetis

Jenis oli sintetis ini merupakan oli atau pelumas buatan yang terbuat senyawa kimia artifisial. Salah satu komponen untuk membuat oli jenis ini berasal dari minyak bumi dan diproses secara kimia.

Jadi jenis oli sintetis ini merupakan hasil terbersih dari pemilihan oli mineral atau oli non sintetis. Sehingga memiliki kualitas lebih unggul dari oli jenis non sintetis atau oli mineral.

Pentingnya Memilih Oli Mesin Mobil Agya

Melakukan perawatan mobil sebaiknya harus diperhatikan agar kondisinya lebih awet dan tahan lama. Merawat mobil ini sebaiknya dilakukan secara keseluruhan termasuk salah satunya adalah memilih jenis oli mesin mobil agya.yang tepat.

Salah satu yang menjadi alasannya karena penggunaan oli ini oleh pompa akan langsung disirkulasikan ke semua komponen mesin mobil. Sehingg oli memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin mobil.

Mengingat peranannya yang sangat penting ini maka penting juga untuk memilih oli mesin mobil agya yang cocok dan juga sesuai. Karena apabila salah memilih oli maka akan merusak dan membahayakan kondisi mesin mobil.

Lalu bagaimana cara memilih jenis oli yang tepat agar cocok dan sesuai dengan jenis mobilnya? Berikut beberapa hal yang sebaiknya perlu diperhatikan bagaimana dalam memilih jenis oli mesin mobil agya sesuai, yuk disimak ulasannya.

Begini Cara Memilih Oli Mesin Mobil Yang Cocok Dan Sesuai

oli mesin mobil agya

Sebelum menentukan pilihan jenis oli apa yang cocok den sesuai untuk sebuah mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar tidak salah dalam memilih jenis oli yang akan dipakai. Sehingga kondisi mesin akan tetap prima.

Memilih Jenis Oli Mobil Yang Tepat Dan Sesuai

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih jenis oli adalah tingkat  kekentalannya. Meskipun secara prinsip pada dasarnya semua jenis oli mesin mobil itu sama fungsinya yaitu sebagai pelumas.

Hanya saja yang membedakannya itu tingkat kekentalannya disesuaikan dengan pemakain untuk masing masing jenis mesin yang berbeda. Mesin mobil diesel tentu saja berbeda dengan mesin mobil bensin.

Memilih Jenis Oli Mesin Mobil Yang Memiliki Setifikasi

oli mesin mobil agya

Hal selanjutnya yang sebaiknya perlu diperhatikan dalam memilih jenis oli yang sudah memiliki sertifikasi agar kualitasnya lebih terjamin.  Karena sudah sesuai dengan standar yang ditentukan agar lebih aman.

Dalam hal ini biasanya jenis oli yang memiliki sertifikasi ini telah dikeluarkan oleh beberapa badan yaitu ILSAC, ACEA, JASO dan juag API. Dengan adanya sertifikasi ini maka dalam memilih jenis oli mobil menjadi lebih tenang.

Memilih Oli Yang Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrikan Mobil

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam memilih salah satu jenis oli mesin mobil agya. Sebaiknya pilihlah jenis oli yang sesuai dengan jenis oli yang direkomendasikan pabrikan mobil.

Dengan demikian memilih jenis oli mobil yang sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan ini merupakan salah satu cara termudah. Sehingga tidak perlu ragu memilih jenis oli yang tepat dengan spesifikasi jenis mesin mobilnya.

Rekomendasi Oli Untuk Mesin Mobil Agya Yang Tepat

oli mesin mobil agya

Sebenarnya setiap oli mesim memiliki kode angka tersendiri dalam kemasnnya. Salah satunya pada jenis oli mesin mobil agya yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Toyota.

Dalam hal ini jenis oli mesin mobil agya yang direkomendasikan Totota adalah oli full sintetis TMO yang merupakan kependekan dari Toyota Motor Oil. Jenis oli ini memiliki kode  angka yaitu SAE OW-20 dan SAE 5W-30.

Biasa oli dengan kode angka yang lebih rendah tingkat kekentalan olinya lebih encer bila dibandingkan dengan yang kodenya angkanya lebih besar. Untuk jenis oli dengan kode SAE OW-20 Harganya Rp 190.000 dan SAE 5W-30 Rp 170.000.

Kedua jenis oli yang direkomendasikan tersebut sudah memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh API atau American Petrolium Institue. Sehingga jenis oli ini kualitasnya sudah pasti terjamin. Sehingga pemilik mobil tidak perlu khawatir.

Selain sudah bersertifikasi, jenis oli mesin mobil agya yang direkomendasikan ini sudah dilengkapi dengan teknologi Actifilm. Teknologi ini berfungsi untuk menjaga molekul oli agar selalu melapisi semua jenis komponen mesin bagai lembaran film.

Kebutuhan Oli Untuk Mesin Mobil Agya

Untuk kebutuhan oli mesin mobil agya dengan mobil agya dengan spesifikasi mesin 1000 cc 3 silinder oli yang diperlukan sebanyak 3 liter. Sedangkan mobil agya dengan spesifikasi mesin 1200 cc 4 silinder kebutuhan olinya sebanyak 4 liter.

Dengan demikian kebutuhan biaya yang diperlukan untuk perawatan setiap penggantian untuk oli mesin mobil agya menggunakan oli SAE OW-20. Untuk agya dengan spesifikasi mesin 1000 cc sebesar Rp 570.000,-.

Sedangkan untuk mobil agya dengan spesifikasi mesin 1200 cc kebutuhan biaya yang diperlukan untuk setiap penggantian oli SAE OW-20 adalah sebesar Rp 510.000,-.

Besarnya biaya penggantian oli tersebut tergantung dari jenis oli yang digunakan. Apakah akan menggunakan oli SAE OW-20 atau SAE 5W-30. Tergantung pemilik mobil mau menggunakan jenis oli yang mana.

Untuk mendapatkan jenis oli mesin mobil yang direkomendasikan pabrika Toyota ini pemilik kendaraan dapat membelinya di seluruh bengkel Auto 2000. Tentu saja yang terdekat dengan tempat tinggal pada masing masing wilayah.

Alasan Terbaik Kenapa Harus Menggunakan Oli Yang Direkomendasikan Pabrikan Mobil

oli mesin mobil agya

Alasan terbaik kenapa pemilik mobil agya harus menggunakan oli mesin mobil yang direkomendasikan pabrikan mobil Toyota yaitu TMO karena beberapa hal. Berikut beberapa alasannya yaitu

  1. TMO dapat menjaga performa mobil agar tetap baik
  2. TMO sesuai dengan karakter mesin
  3. Formula oli mesin TMO sudah disesuaikan dengan kinerja mesin produk Toyota
  4. TMO sudah disesuaikan dengan standar spesifikasi Toyota secar global.
  5. TMO mempunyai beberapa varian seperti 10W-30SL, 15W-40 CH4 dan masih banyak varian lainnya. Namun varian untuk mobil agya adalah SAE OW-20 dan SAE 5W-30.

Jadi kesimpulannya dengan menggunakan oli TMO maka semua komponen mesin mobil agya akan lebih awet dan juga terawat. Sehingga dapat menghemat biaya perawatan.

Baca Juga : Rekomendasi Beberapa Oli Mesin Mobil Brio Terbaik

Demikian informasi mengenai pentingnya oli mesin mobil agya. Semoga dapat bermanfaat khusunya bagi pemilik mobil Toyota Agya atau mobil toyota yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here